Cara Beternak Bebek Pedaging dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Cara Beternak bebek pedaging – Bebek pada mulanya berasal dari daratan di Amerika yang mana dulunya adalah sebagai itik liar (Anas moscha). Selanjutnya dalam waktu yang cukup panjang dan lama telah dijinakkan oleh manusia sehingga muncullah jenis itik ternakan (Anas Domesticus) seperti yang kita lihat saat ini.

Dewasa ini bebek banyak dijadikan sebagai bahan masakan kuliner yang banyak digemari terutama di Indonesia. Di restoran maupun di warung makanan terdapat banyak sekali jenis olahan berbahan dasar daging bebek yang bisa dinikmati dengan lezat.

Selain bisa memproduksi telur, bebek juga bisa dimanfaatkan dagingnya sehingga menghasilkan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ternak bebek pedaging bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi saat ini peluang usaha ternak bebek pedaging ini masih kurang pasokan terutama di wilayah Asia.

Permintaan terhadap daging bebek semakin lama semakin meningkat bahkan permintaannya sudah tergolong sangat besar. Dengan memakai pola peternakan secara organik, maka diharapkan bisa membantu untuk meningkatkan hasil ternak yang sehat dan juga menguntungkan.

Nah, supaya beternak bebek pedaging cepat tumbuh besar sebetulnya bukanlah sesuatu yang sulit, asalkan tekun dan ulet dalam merawatnya.

Cara Beternak Bebek Pedaging

Berikut di bawah ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dan cara beternak bebek pedaging.

Kandang

Kandang
www.youtube.com

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam beternak bebek pedaging yakni masalah kandang. Lokasi kandangnya yang perlu diperhatikan betul-betul yakni berada jauh dari keramaian atau juga jauh dari pemukiman penduduk. Selain itu lokasinya juga mudah dijangkau dari lokasi-lokasi pemasaran.

Bahkan iklim di lokasi kandang juga harus diperhatikan, yakni iklimnya kondusif terhadap produktivitas ternak. Di samping itu, kondisi lokasi bebek dan kandangnya tidak rawan terhadap penggusuran dalam beberapa periode dalam produksi.

Pastikan juga bahwa lokasi kandang bebek pedaging aman dari mangsa predator, mulai dari ular, biawak, berang-berang dan hewan predator lainnya. Sedangkan jika di lokasi kandang tersebut terdapat tempat untuk mandi para bebek, maka hal tersebut jauh lebih baik.

Sebaiknya dalam membuat kandang bebek disesuaikan dengan berdasarkan besar atau kecilnya anggaran yang sudah disiapkan. Akan jauh lebih baik dan bahkan disarankan agar kandang bebek dibuat dengan sistem panggung dan arahnya menghadap ke timur atau menghadap matahari terbit.

Mengapa disarankan menggunakan kandang panggung? Hal tersebut dikarenakan kandang panggung sendiri lebih terjaga kebersihannya. Selain itu kesehatan dari bebek pedaging sendiri akan lebih terjaga dengan baik sebab kotorannya bisa dipisahkan.

Akan tetapi, apabila tidak memakai kandang berbentuk panggung, maka masih bisa menggunakan cara lain yakni dengan lapisan pasir, sekam padi maupun kapur guna memisahkan bebek dengan kotorannya. Sedangkan kapur sendiri memiliki fungsi menjadi pH tanah, mempercepat proses penyerapan kotoran bebek serta mengendalikan penyakit.

Nah, dengan menggunakan tambahan kapur dan juga sekam padi yang sudah tercampur dengan kotoran-kotoran bebek, maka hal tersebut setelah beberapa tahun sekitar 3 sampai dengan 5 tahun akan memiliki manfaat yang besar yakni dipakai untuk membuat bahan dasar bokashi atau pupuk organik.

Terdapat 3 jenis kandang yang dapat dipakai dalam ternak bebek pedaging, seperti:

  • Harus mempunyai kandang boks yang mana kandang tersebut dipakai untuk menaruh anakan bebek atau DOD yang masih berukuran sekitar 1 hingga 2 meter yang mampu menampung hingga 50 ekor DOD.
  • Siapkan kandang brower yakni kandang yang khusus dipakai untuk memelihara bebek yang sudah remaja.
  • Harus mempunyai kandang layer yakni dipakai untuk bebek pedaging yang sudah dewasa. Usahakan juga kapasitas dari kandangnya bisa menampung bebek pedaging 4 sampai dengan 5 ekor bebek dewasa.

Dengan memerhatikan pengelolaan kandang bebek pedaging yang baik dan benar, maka bisa diharapkan bebek pedaging dapat berkembang dengan baik dan sehat sehingga menghasilkan daging yang bisa tumbuh secara maksimal.

Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat kandang bebek pedaging sebaiknya dari bahan dasar yang kuat serta tahan lama. Hal tersebut juga dimaksudkan supaya menjadi inventaris untuk melakukan peternakan bebek pedaging yang berkualitas.

Selain itu, sediakan pula tempat untuk makan serta minum bagi bebek yang mencukupi sesuai dengan jumlah bebek yang terdapat di dalam kandang. Dalam menjalankan usaha ternak bebek pedaging, maka ada syarat yang harus diperhatikan sebagai syarat kandang yang ideal, di antaranya:

  • Tingkat kelembaban udara ideal berkisar 60% sampai dengan 65%
  • Suhu kandang berkisar 39°C sehingga bebek akan lebih menyukai kondisi dari kandangnya karena lumayan terik dan panas
  • Penerangan dalam kandang diberikan supaya mempermudah dalam mengatur kandang supaya tata kandang bisa sesuai dengan fungsi masing-masing bagian kandang.
  • Penyiapan sarana prasarana

Beberapa tipe kandang di antaranya adalah sebagai berikut:

Tipe kandang postal

Tipe Kandang Postal
Tipe kandang postal

Tipe kandang yang pertama yaitu tipe kandang postal yang cocok untuk beternak itik. Tipe kandang postal ini digunakan dalam menempatkan ternak-ternak peliharaan di dalam satu ruangan kandang yang cukup besar dengan jumlah ternak tertentu.

Kemudian untuk pemberian makan dan minumnya akan ditempatkan pula di dalam ruangan besar tersebut. Dengan demikian, maka ternak yang dipelihara akan selalu berada di dalam ruangan.

Tipe kandang postal ini biasanya digunakan untuk memelihara bebek yang hanya dipakai untuk bebek grower dan juga starter atau disebut juga dengan masa pertumbuhan. Akan tetapi, kandang postal ini tak jarang juga dipakai untuk bebek periode layer.

Sedangkan kapasitas bebek yang bisa menggunakan kandang postal ini tergantung dari jenis bebek yang diternakkan. Apabila beternak bebek berumur starter, maka bebek yang ditempatkan di kandang postal tersebut sekitar 10 sampai 15 ekor per meter persegi.

Sedangkan jika bebek umur grower, maka kapasitasnya sekitar 6 sampai 8 ekor per meter persegi. Akan tetapi, jika dipakai untuk bebek periode layer, maka hanya bisa muat 3 sampai 5 ekor per meter persegi saja.

Tipe kandang ranch

Tipe Kandang Ranch
www.sentraitik.com

Tipe kandang ranch adalah kandang dari pengembangan kandang postal yang mana di bagian depan halamannya telah disediakan tempat untuk bermain bebek.

Kandang tipe ini biasanya disebut dengan kandang umbaran yang mana biasanya terdapat kolam serta saluran air yang berfungsi untuk membersihkan kotoran di badan bebek dan untuk mandi bebek. Di samping itu, kolam tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh bebek saat cuaca panas di siang hari.

Hal tersebut dikarenakan bebek merupakan salah satu jenis unggas yang tidak bisa tahan terhadap panas. Maka dari itu, di kandang bebek harus disediakan air yang nantinya dipakai untuk mendinginkan tubuhnya. Tipe kandang ranch ini sebenarnya sangat cocok untuk berternak unggas air.

Tipe kandang battery

Tipe Kandang Battery
hobiternak.com

Tipe kandang selanjutnya yakni tipe kandang battery yang mana setiap satu ekor ternak dikandangkan dalam satu kotak yang ukurannya muat dengan satu ekor bebek dewasa. Ukurannya adalah panjang 45 cm x lebar 45 cm x tinggi 35 cm.

Dengan menggunakan tipe kandang battery ini, maka biaya yang dikeluarkan relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandang tipe yang lainnya. Dengan menggunakan tipe kandang battery ini, maka sistem perkawinannya harus dibuat dengan sistem perkawinan buatan atau inseminasi buatan yang mana bisa dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya atau disebut juga dengan inseminator.

Dalam penggunaan tipe kandang battery ini, maka kondisi ternak atau juga produksi telur bebek dapat dikontrol satu persatu dengan mudah. Selain itu juga bisa untuk mengetahui apakah ternak ada yang terserang penyakit atau tidak.

Pemilihan Bibit

cara beternak bebek pedaging - Pemilihan Bibit
www.teknikkita.com

Dalam proses pemeliharaan bibit ternak bebek pedaging yang memiliki kualitas unggul mempunyai peran yang begitu penting terhadap peternak bebek pedaging. Hal tersebut memang memiliki hubungan dengan keuntungan berternak bebek pedaging yang nantinya akan didapatkan.

Ada baiknya jika melakukan pemilihan bibit bebek pejantan yang berkualitas unggul, sebab akan sangat memberi pengaruh terhadap keturunan-keturunannya di kemudian hari dibandingkan dengan pemilihan bibit bebek betina.

Apalagi faktor kecepatan pertumbuhan pada bebek jantan jauh lebih unggul apabila dibandingkan dengan bebek betina. Dengan demikian bebek jantan banyak dijadikan sebagai pilihan. Selain itu, dilihat dari harga bibitnya juga lebih murah daripada harga bibit bebek betina.

Berikut ini adalah beberapa cara agar bisa mendapatkan bibit bebek pedaging yang memiliki kualitas unggul:

  • Bibit bebek atau DOD sebaiknya dibeli di tempat yang rekomended dan disarankan oleh Dinas Peternakan atau direkomendasikan oleh pihak-pihak terkait.
  • Bibit bebek pedaging sebaiknya dibeli dari hasil tetasan bebek petelur yang memiliki kualitas yang sudah terjamin.
  • Mengawinkan antara bibit bebek pejantan dengan bebek betina yang mempunyai kualitas unggul supaya nantinya bisa menetaskan telur-telur bebek yang akan dijadikan bibit bebek pedaging.
  • Pastikan bahwa bibit bebek atau DOD dalam keadaan sehat dan tidak cacat atau sakit sedikitpun. Ciri-cirinya adalah memiliki bulu yang mengkilap serta memiliki warna bulu yang kuning segar.

Syarat-syarat untuk memilih bibit bebek atau DOD jantan berumur 1 sampai 7 hari sebagai bebek pedaging:

  • Minimal memiliki bobot 40 gram
  • Memiliki bulu yang kering dan bersih
  • Punya nafsu makan yang bagus
  • DOD berumur 4 hari
  • Matanya jernih, tubuhnya tegap dan kakinya kokoh
  • Tidak cacat
  • Tidak diserang penyakit unggas

Setelah bibit bebek pedaging atau DOD sampai di kandang, maka masukkanlah ke dalam box pemeliharaan serta diamkan hingga 2 jam. Namun sebelum memasukkan bibit bebek ke dalam box, berilah panas buatan untuk menggantikan indukannya.

Selanjutnya berilah minum 1 liter air beserta dengan 1 ons gula merah 1 tutup botol SOC atau juga 10 ml gram ditambah lagi 1 kapsul curcuma atau temulawak dari HCS serta 1 kapsul herbal noni dari HCS untuk setiap 100 ekor DOD.

Mengapa bibit bebek dalam box harus didiamkan selama 2 jam? Hal tersebut bertujuan untuk menetralkan kondisi tubuh DOD serta suasananya. Sedangkan pemberian minumnya memiliki fungsi untuk prebiotik, mengganti cairan tubuh yang hilang serta anti stres.

Dengan demikian, DOD tidak akan kehilangan berat badannya dan bisa memulihkan kesehatan menjadi normal lagi. Apabila terlambat dalam menangani DOD, maka akan terjadi ketidakseragaman dalam pertumbuhan.

Pemberian Pakan

Pemberian Pakan
www.pertanianku.com

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam beternak bebek pedaging yakni pemberian pakan yang bergizi dan berkualitas. Hal tersebut bisa mempengaruhi proses pertumbuhan bebek pedaging dengan cepat dan sehat serta tahan terhadap penyakit.

Tahap dalam beternak bebek pedaging 40 hari yakni bisa dilakukan dengan memberikan pakan yang bisa dibuat sendiri. Seperti menggunakan bekatul atau dedak, tepung jagung, tepung bulu unggas, tepung ikan dan ditambah dengan daun pepaya, mengkudu serta batang pisang beserta aneka sayur untuk penunjang serat organik.

Pakan buatan sendiri memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pakan yang dibuat oleh pabrik. Selain itu, faktor suhu dan cuaca tempat berternak bebek pedaging juga sangat dibutuhkan guna menjaga bebek pedaging tetap dalam kondisi sehat dan pertumbuhannya cepat.

Sedangkan dalam pemberian pakan bebek pedaging di usia 1 sampai 7 hari dilakukan dengan sering namun diberikan sedikit demi sedikit sekitar 5 kali dalam sehari. Hal tersebut bertujuan guna merangsang bebek supaya makan terus dan sekaligus untuk memperhatikan kondisi bebek yang bisa di pantau terus.

Jika terlihat ada bebek yang kalah saing atau kurang sehat, maka segera dipindahkan atau dikarantina dengan diberikan pakan produksi pabrik sesuai standar yakni 511/BR 1 atau juga yang setara. Pakan konsentrat 511 tersebut diberikan untuk bebek yang berusia 1 sampai 14 hari.

Sedangkan bebek yang berusia 14 hari hingga panen, maka bisa diberikan pakan campuran yakni 60% pakan buatan sendiri dan 40% konsentrat. Waktu pemberian pakan 3x sehari pada jam 07.00, jam 12.00 serta jam 16.00. Minumnya harus diberi SOC sebanyak 2,5 ml dengan dicampur air sebanyak 5 liter.

Perawatan

Perawatan
tanipedia.co.id

Sanitasi kandang harus dilakukan saat berternak bebek pedaging serta memberikan tindakan preventif guna mencegah penyakit. Hal tersebut harus dilakukan sejak dini guna mewaspadai datangnya penyakit yang bisa mengancam pertumbuhan bebek pedaging.

Selain itu, ada hal yang tak kalah pentingnya yakni perawatan dan pemeliharaan. Tantangan terbesar dalam berternak bebek pedaging yakni hama dan penyakit. Bebek pedaging ini umumnya terkena penyakit Duck Cholera dan Salmonelosis. Ciri-cirinya yakni sesak nafas dan diare.

Hal tersebut bisa dicegah dengan memperhatikan kebersihan kandang serta melakukan sanitasi kandang. Di samping itu, jangan lupa untuk memberikan vaksin seusai dengan dosis yang sudah ditentukan. Apabila telah memperoleh bibit bebek yang berkualitas, maka segar lakukan penempatan dalam kandang untuk mulai dirawat.

Letakkan DOD secara merata dengan memberikan suhu yang sesuai. Selanjutnya berikan vitamin serta makan dan minum pada bibit bebek pedaging tersebut. Sedangkan jenis pakan dan takarannya harus dibedakan dengan berdasar usianya.

Sedangkan dalam pemeliharaan bibit bebek pedaging starter atau DOD adalah tahap penting yang bisa menjadi tahap awal guna memperoleh bebek pedaging yang berkualitas baik. Pemeliharaan di periode starter ini bertujuan meminimalisir terjadinya kematian serta bisa meningkatkan berat badan bebek yang sesuai dengan yang diinginkan saat berumur 6 minggu.

Bibit bebek pedaging yang berumur 0 sampai dengan 16 hari sebaiknya memberikan pakan pada wadah yang datar supaya memudahkan untuk memakannya. Sedangkan untuk bebek pedaging yang sudah berumur 16 sampai dengan 21 hari sebaiknya berikan pakan dengan disebar ke lantai kandang atau juga bisa diberikan ke  wadah datar.

Dan saat bebek pedaging sudah berumur lebih dari 21 hari, maka cukup dengan menyebarkan pakan ke lantai dan ditambahi dengan tepung ikan, bekatul dan juga jagung.

Beberapa tantangan yang mengancam peternak bebek pedaging, antara lain :

  • Kurangnya pengetahuan dalam melakukan ternak unggas
  • Bencana alam yang tak disangka-sangka
  • Kurangnya tindakan
  • Salah dalam membeli DOD sehingga mendapatkan yang palsu, bisa berupa betina atau bahkan memiliki kualitas yang kurang baik sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan
  • Tidak adanya dukungan dari masyarakat di sekitar
  • Bau limbah, namun masih bisa diatasi dengan pola pakan fermentasi seperti probiotik SOC HCS dan teknologi
  • Melimpahnya hasil panen, sehingga harga jual menjadi turun
  • Gangguan kesehatan dan penyakit yang bisa mengancam bebek

Meskipun hal-hal di atas tidak memberikan akibat yang fatal, akan tetapi penyakit serta gangguan kesehatan pada bebek bisa di waspadai. Tanda-tanda bebek terkena serangan penyakit yakni tidak nafsu makan, tidak bersuara serta lamban bergerak.

Penyakit bebek ini sebagai besar dikarenakan mikroorganisme seperti bakteri, virus dan juga protozoa. Bahkan juga bisa disebabkan oleh tata letak kandang yang kurang tepat dan juga defisiensi zat.

Beberapa contoh penyakit yang mengancam bebek, di antaranya:

  • Berak Kapur

Penyakit ini ditandai dengan kotoran bebek yang berwarna hijau dan bercampur bercak keputihan. Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya bakteri salmonella typhimurium. Pengobatannya bisa dengan memberikan sulfa, nitrofuran maupun antibiotik yang lainnya seperti mencampurkan pakan dengan Furasodidon 0,0011%.

  • Bebek Lumpuh

Kelumpuhan bebek ini bisa diakibatkan makanan yang kadaluarsa atau basi, terlalu sering berada di tempat yang becek serta makan bangkai. Bisa diatasi dengan menelankan butiran es batu kepada bebek yang lumpuh.

Dianjurkan juga untuk tidak memberikan pakan yang berjamur atau pakan nabati, seperti bungkil dan jagung yang sudah lama sebab pakan yang sudah kadaluarsa mengandung Aspergillasis flavur yang bisa menjadi racun dan menyebabkan kelumpuhan pada bebek.

  • Tidak Nafsu Makan

Apabila bebek tidak nafsu makan, maka berikan campurkan prebiotik SOC 2,5 ml gram atau juga trace elemen yang lainnya serta vitamin ke dalam air minum bebek sebanyak 1 liter. 

  • Gangguan Tenggorokan

Gangguan tenggorokan pada bebek pedaging biasanya disebabkan karena adanya cacing yang menempel di tenggorokannya. Cara mengatasinya dengan mencabut cacing tersebut dengan menggunakan pinset. Selanjutnya berikan obat Tetrachlor.

Pemasaran

Pemasaran
poskotanews.com

Biasanya, tahap awal dalam beternak bebek pedaging jantan akan mendapatkan harga yang lebih murah. Di samping itu, bebek jantan juga memiliki proses pertumbuhan yang cepat dan bisa cepat panen. Secara detailnya, bisa panen bebek pedaging jantan dalam jangka waktu 40 hari dengan mempunyai bobot standar.

Disarankan agar menjual bebek pedaging jantan yang masih berusia muda. Hal tersebut dikarenakan daging bebek yang masih berusia muda memiliki daging yang masih empuk serta gurih dengan kandungan gizi yang masih sangat tinggi.

Baca Juga: Tanaman Paku

Nah, itulah tadi bagaimana proses ternak bebek pedaging beserta seluruh seluk beluknya terkait dengan bebek pedaging. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.