Pengertian Akhlak : Jenis, Ruang Lingkup, dan Menurut Agama Islam

Pengertian Akhlak – Di dalam agama Islam, pastinya kita sering mendengar istilah tentang akhlak. Akhlak biasanya mencerminkan perilaku seseorang. Nah, supaya Anda lebih paham mengenai pengertian akhlak, marilah kita bahas lebih lanjut tentang hal tersebut.

Pengertian akhlak secara umum adalah suatu sifat atau perangai yang melekat pada diri seseorang serta tercermin dari perbuatan dan tindakan orang tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.

Ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa pengertian akhlak merupakan perilaku atau budi pekerti seseorang yang tercermin dari kebiasaan orang tersebut secara spontan. Akhlak merupakan bentuk manifestasi pencerminan serta refleksi jiwa dan batin orang tersebut.

Secara etimologi, akhlak berasal dari bahasa Arab yakni “khuluq” yang berarti perilaku. Pengertian secara umum bisa berarti perilaku terpuji atau tercela. Akhlak seseorang dapat tercermin dari perilaku sehari-hari tanpa banyak pertimbangan serta tidak ada unsur paksaan dari luar.

Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli

Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli
Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli

Supaya Anda lebih paham tentang pengertian akhlak maka sebaiknya merujuk pendapat ahli. Berikut telah kami rangkumkan untuk Anda.

  • Pengertian Akhlak Menurut Abu Hamid Al Ghazali

Akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa yang ada sejak lahir yang mana lahir perbuatan-perbuatan mudah tanpa memikirkannya.

  • Pengertian Akhlak Menurut Muhammad Ali Asy Al Jurjani

Akhlak adalah suatu sifat yang terdiri dari sifat baik serta buruk yang ada sejak lahir dalam diri seseorang.

  • Pengertian Akhlak Menurut Ibnu Maskawaih

Akhlak adalah suatu sifat yang sudah tertanam dalam jiwa yang mampu mendorong untuk melakukan segala perbuatan tanpa perlu memerlukan pemikiran serta pertimbangan.

  • Pengertian Akhlak Menurut Ahmad Bin Musthofa

Akhlak adalah suatu ilmu yang dapat mengetahui keutamaan dan mengendalikan kekuatan dalam diri manusia yaitu kekuatan berpikir kekuatan syahwat dan kekuatan marah.

  • Pengertian Akhlak Menurut F Gabriele

Akhlak adalah moral di dalam diri manusia yang sering kita sebut dengan adab berasal dari terminologi Arab yang berarti adat istiadat kebiasaan etika atau sopan santun. Inilah tatanan yang seringkali digunakan manusia dalam berinteraksi dengan sesama manusia.

Jenis-Jenis Akhlak

Jenis Jenis Akhlak
Jenis-Jenis Akhlak

Seperti yang telah Anda simak pada ulasan sebelumnya, bahwa akhlak meliputi dua jenis. Yakni akhlak terpuji dan akhlak tercela. Secara spesifik marilah kita bahas dua jenis akhlak tersebut pada ulasan di bawah ini.

Akhlak terpuji

Akhlak terpuji merupakan sifat atau perilaku seseorang pada orang lain yang dilakukan sesuai dengan norma-norma yang berlaku pada masyarakat.

Ada beberapa contoh akhlak terpuji, diantaranya:

  • Sikap jujur, yakni perilaku yang ada pada diri seseorang yang mau mengungkapkan sesuatu dengan sebenarnya Tujuan dari sikap jujur adalah supaya tidak menyebabkan kerugian untuk dirinya sendiri dan juga orang lain.
  • Rasa malu, merupakan sebuah bentuk emosi negatif yang ada pada diri seseorang sehingga membuat orang tersebut meninggalkan perbuatan yang tercela. Rasa malu ini akan melindungi seseorang dari melakukan perbuatan dosa.
  • Perilaku baik yakni reaksi psikis dari seseorang untuk merespon hal-hal yang ada di sekitarnya dengan cara-cara yang terpuji.
  • Murah hati, adalah sifat seseorang yang dapat dengan mudah memberikan sesuatu pada orang lain tanpa ada keinginan untuk memamerkan atau rasa pamrih.
  • Rendah hati, yang berarti sifat pribadi seseorang yang selalu memposisikan dirinya sederajat dengan orang lain serta tidak merasa lebih unggul ketimbang orang lain.
  • Sabar, yaitu sifat yang ada pada diri seseorang yang mana bisa bersikap bijak atau menahan diri dalam menyikapi segala sesuatu yang terjadi pada dirinya. Sabar tidak hanya dilakukan oleh seseorang ketika mendapati hal-hal yang buruk, sabar juga bisa diartikan sebagai sikap seseorang dalam menanggapi hal baik yang terjadi padanya.

Akhlak Tercela

Akhlak yang tercela merupakan sifat atau perilaku seseorang pada orang yang lain serta cenderung melanggar norma-norma yang berlaku pada masyarakat. Ada beberapa tindakan yang termasuk pada kategori akhlak tercela meliputi:

  • Pemarah, yaitu sifat seseorang yang mudah merasa naik pitam apabila mendapati sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya.
  • Mencuri, yaitu sifat serta perbuatan seseorang yang mengambil hak milik orang lain tanpa seizin pemiliknya.
  • Fitnah, yaitu komunikasi pada satu orang atau lebih dengan tujuan memberikan stigma negatif pada pihak lain yang berdasar pada fakta palsu serta bisa mempengaruhi Wibawa penghormatan dan juga reputasi seseorang.
  • Berbohong, yakni sifat seseorang yang suka mengatakan hal-hal yang tidak sesuai dengan fakta pada orang lain.

Ruang Lingkup Akhlak

Ruang Lingkup Akhlak
satujam.com

Akhlak yang baik atau buruk dari diri seseorang akan mempengaruhi keadaan lingkungannya. Sehingga ruang lingkup akhlak dapat dibedakan menjadi beberapa kategori. Meliputi:

  • Akhlak pribadi merupakan perilaku pribadi seseorang untuk menyikapi hal-hal yang menyangkut dengan dirinya sendiri contohnya adalah etika, motivasi, emosi, kreativitas, dan sebagainya.
  • Akhlak berkeluarga merupakan perilaku seseorang untuk menyikapi hubungan dengan keluarganya yang merupakan ruang lingkup akhlak berkeluarga meliputi kewajiban anak orangtua dan juga kerabat. Contoh dari akhlak berkeluarga adalah tanggung jawab orang tua pada anak-anaknya, etika pada orang tua dan sebagainya.
  • Akhlak bermasyarakat merupakan perilaku seseorang menyikapi hubungannya dengan anggota lain di masyarakat sekitarnya. Contoh dari akhlak bermasyarakat adalah saling menghargai antara tetangga, saling membantu, toleransi, dan sebagainya.
  • Akhlak bernegara merupakan tingkah laku serta tindakan seseorang untuk menyikapi hubungannya dengan bangsa dan negara contoh dari akhlak bernegara adalah menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa, membayar pajak untuk pembangunan, dan sebagainya.
  • Akhlak beragama adalah tingkah laku serta tindakan seseorang dalam melaksanakan kewajibannya pada kepercayaan masing-masing baik kepada Tuhan maupun kepada manusia.

Pengertian Akhlak Dalam Islam

Pengertian Akhlak Dalam Islam
Pengertian Akhlak Dalam Islam

Pengertian akhlak dalam Islam merupakan perangai atau tingkah laku yang ada pada diri seseorang yang telah melekat dilakukan serta dipertahankan secara terus menerus. Ada dua sudut pandang mengenai pengertian akhlak:

  • Pertama, menurut sudut pandang suluk Azh-Hariyah, akhlak adalah suatu cara yang memperlihatkan hal-hal yang tampak pada diri manusia seperti tingkah laku tutur kata serta watak yang menjadi ukurannya.
  • Sementara pengertian akhlak menurut sudut pandang batiniyah yakni Ilmu yang membahas berbagai masalah manusia yang terkait hal kejiwaan.

Akhlak sangat erat kaitannya dengan perilaku. Jika seseorang melakukan perbuatan yang baik, maka perbuatan dikatakan sebagai akhlak yang mulia. Sebaliknya, apabila seseorang melakukan perbuatan yang buruk maka dapat dikatakan sebagai akhlak yang tercela.

Demikian pengertian akhlak menurut bahasa istilah dan menurut sudut pandang yang berbeda. Pastikan Anda bisa memahami pengertian akhlak terpuji tercela dan contoh-contohnya setelah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.