Pengertian Variabel Menurut Para Ahli dan secara Umum beserta Macamnya

Pengertian Variabel – Dalam sebuah tindakan penelitian, tentu dikenal sebuah istilah variabel. Apa sih yang dimaksud variabel itu dan apa saja macamnya? Bagi Anda yang pernah melakukan penelitian ilmiah pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan yang satu ini.

Dapatkan Anda menjelaskan variabel adalah apa dan apa saja macamnya? Dalam pembahasan kali ini akan dijabarkan secara lebih luas dan mendalam tentang apa itu pengertian variabel baik secara umum maupun menurut beberapa ahli, menurut beberapa cabang ilmu beserta macam-macamnya variabel.

Pengertian Variabel Secara Umum

Pengertian Variabel Secara Umum
www.romadecade.org

Variabel memiliki pengertian yang sangat luas, sehingga seseorang kadang memiliki persepsinya masing-masing ketika menjabarkan arti dari variabel itu sendiri. Pada intinya sama, hanya bahasa penjabarannya saja yang berbeda. Karena setiap orang memiliki konsepnya masing-masing dalam memahami suatu hal.

Istilah variabel sendiri digunakan dalam beberapa cabang ilmu seperti cabang ilmu matematika, sains, komputer, dan juga logika matematika. Lalu bagaimana istilah variabel menurut beberapa cabang ilmu ini? Info selengkapnya, berikut beberapa pengertian variabel menurut beberapa cabang ilmu di bawah ini.

  • Pengertian Variabel Dalam Ilmu Sains

Yang pertama pengertian variabel dalam cabang ilmu sains. Dalam sains, variabel adalah sebuah objek penelitian atau segala sesuatu yang akan dijadikan sasaran penelitian. Variabel sering digunakan dalam tindakan penelitian ilmiah yang dapat diisi atau dikosongkan nilainya. Variabel dalam sains ini terdiri dari nama dan nilai.

  • Pengertian Variabel Dalam Ilmu Matematika

Variabel dalam ilmu matematika diartikan sebagai suatu abjad atau karakter yang menjadi wakil dari suatu jumlah yang belum dipastikan. Setiap variabel mengandung sebuah nilai yang dapat mempermudah dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal matematika yang kaitannya dengan aljabar.

  • Pengertian Variabel Dalam Ilmu Logika Matematika

Sedangkan dalam logika matematika, istilah variabel diartikan sebagai salah satu simbol yang mewakili sebuah teori.

  • Pengertian Variabel Dalam Ilmu Komputer

Berbeda dengan pengertian variabel menurut ilmu komputer. Variabel adalah sebuah nama, dapat berupa abjad, karakter, atau kata yang dapat mewakili beberapa nilai dalam memori sebuah komputer.

Pengertian Variabel Menurut KBBI

Pengertian Variabel Menurut KBBI
satujam.com

Ada beberapa pengertian variabel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Sesuatu yang dapat berubah, faktor atau unsur yang dapat menentukan terjadinya perubahan.
  2. Satuan bahasa yang terpengaruhi oleh variasi sosial dan stilistis dalam jangka panjang mudah untuk berubah
  3. Kelas kata yang dapat menyatakan hubungan gramatikal dengan sebuah perubahan bentuk, kelas kata yang dimaksud dalam hal ini berupa verba, nominal, dan adjektif.
  4. Sesuatu yang dapat berubah-ubah, bermacam-macam tentang suatu mutu, harga dan lain sebagainya.

Pengertian variabel Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Variabel Menurut Beberapa Ahli
thegorbalsla.com

Selain beberapa pengertian variabel di atas, untuk semakin mendalami pemahaman Anda tentang apa itu variabel, beberapa ahli juga memberikan pendapatnya tentang pengertian variabel. Adapun pengertian variabel itu sendiri menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut;

  • Menurut F. N Kerlinger

Menurut Kerlinger, variabel adalah  sebuah konsep yang memiliki beragam nilai, variabel adalah sebuah konsep yang telah diubah.

  • Menurut Freddy Rankuti

Variabel merupakan sebuah konsep yang memiliki nilai yang variasi dan nilai itu dapat dibagi menjadi empat data yang berbeda yaitu, ordinal, rasio, internal dan nomina.

  • Menurut Sutrisno Hadi

Menurut Sutrisno, variabel diartikan sebagai variasi dari objek penelitian contohnya manusia yang dibedakan berdasarkan usia, berat badan dan lainnya.

  • Menurut Sugiyono

Variabel adalah segala sesuatu dalam bentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk menjadi objek penelitian sehingga akan diperoleh beberapa informasi tentang objek tersebut yang kemudian akan ditarik hasil kesimpulannya.

  • Menurut Moh. Nazir

Variabel adalah sebuah konsep yang memiliki beragam nilai.

  • Menurut Suharsimi Arikunto

Variabel adalah objek penelitian atau segala sesuatu yang menjadi perhatian khusus suatu titik penelitian.

  • Menurut Bagia Waluya

Variabel diartikan sebagai sebuah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap tindakan eksperimen.

  • Menurut Tia Mutiara

Variabel adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian dan dapat memberikan pengaruh serta memiliki nilai.

  • Menurut Sugiarto

Variabel adalah sebuah karakter yang dapat diamati dari unit amatan dan merupakan suatu pengenal atau suatu atribut dari sekelompok objek yang ada. Yang dimaksud dalam hal ini adalah terjadinya variasi objek antara objek yang satu dengan yang lainnya dalam kelompok tertentu.

  • Menurut Soeyanto

Variabel diartikan sebagai suatu objek yang penting dalam sebuah riset pemasaran.

  • Menurut Farhady & Hatch

Variabel adalah atribut dari seseorang atau objek yang memiliki variasi antara satu dengan yang lainnya.

  • Menurut Kidder

Menurut Kidder, variabel didefinisikan sebagai suatu kualitas dimana sebuah penelitian mempelajari dan mengambil kesimpulan.

  • Menurut Bhisma Murti

Variabel adalah Sebuah Fenomena yang memiliki variasi nilai. Variasi nilai ini dapat diukur secara kuantitatif maupun kualitatif.

  • Menurut Sudigdo Sastroasmono

Variabel adalah karakteristik subjek yang berubah dari suatu subjek satu ke subjek lain dalam suatu penelitian.

  • Menurut Ahmad Watik

Variabel adalah sebuah konsep yang memiliki variabilitas. Konsep sendiri diartikan sebagai sebuah penggambaran atau sebuah abstraksi dari suatu fenomena atau kejadian tertentu.

Konsep ini bisa berupa apapun asal memiliki ciri yang beragam atau tidak hanya satu macam ciri, maka dapat disebut sebagai variabel. Dengan demikian, berarti variabel adalah sebagai segala sesuatu yang bervariasi.

  • Menurut Dr. Soekidjo Notoatmodjo

Variabel adalah suatu yang digunakan sebagai suatu ciri, ukuran dan sifat yang dimiliki atau didapatkan dalam suatu penelitian tentang suatu konsep pengertian tertentu.  Variabel memiliki atau mengandung ciri dan ukuran yang dimiliki oleh anggota-anggota dalam suatu kelompok yang berbeda dengan yang ada pada kelompok lain.

  • Menurut Pearson

Variabel adalah semua karakteristik umum yang dapat berubah dan dapat diukur dalam intensitas, keleluasaan atau keduanya.

 

Baca Juga: Perbedaan akar dikotil dan monokotil

Macam-Macam Variabel

Macam Macam Variabel
thegorbalsla.com

Kini, Anda paham dengan baik bukan, apa itu variabel? Selain beberapa pengertian di atas, variabel juga memiliki beberapa macam jenisnya yaitu sebagai berikut:

  • Variabel Dependen

Yaitu variabel terikat atau tidak bebas dan mempengaruhi setiap variabel bebas.

  • Variabel Independen

Yaitu variabel yang terjadi karena adanya perubahan yang menimbulkan variabel terikat.

  • Variabel Moderator

Yaitu variabel yang mempengaruhi sesuatu menjadi semakin kuat ataupun melemah dan memiliki hubungan dengan variabel bebas atau terikat.

  • Variabel Intervening

Yaitu variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas yang tidak dapat diukur atau diamati.

  • Variabel Kontrol

Yaitu variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas tidak terpengaruh oleh faktor dari luar yang tidak diteliti.

Mengingat variabel merupakan salah satu elemen yang cukup penting dalam beberapa bidang ilmu pengetahuan, memang tidak ada pilihan lain selain memahami betul hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Itulah pembahasan tentang apa itu variabel, baik menurut beberapa ahli, pengertian secara umum beserta macam-macam dari variabel itu sendiri. Setelah membaca informasi di atas Anda sudah lebih paham bukan untuk menjelaskan variabel adalah apa dan bagaimana serta apa saja macam-macamnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.