10 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif – Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah kualitatif dan kuantitatif? Apabila Anda seorang pelajar, mahasiswa atau pengajar, pastilah mengerti tentang dua hal tersebut. Biasanya istilah tersebut kerap dijumpai dalam penelitian maupun tesis-tesis.

Meskipun sering Anda dapati, apakah Anda paham benar mengenai arti dari kualitatif dan kuantitatif? Ya, sayang sekali sebagian besar masyarakat Indonesia tidak begitu tahu definisi dan perbedaan dari kualitatif dan kuantitatif. Padahal mereka adalah seorang pelajar, mahasiswa bahkan dosen yang seharusnya mengerti akan hal tersebut.

Banyak orang yang mendefinisikan kualitatif dan kuantitatif secara simpel, yaitu kualitatif terkait dengan kata, sedangkan kuantitatif terkait dengan angka. Memang simpel, namun apakah Anda tahu bahwa pengertian tersebut tidaklah sepenuhnya benar?

Secara harfiah, penelitian kualitatif adalah sebuah metode atau cara yang lebih menekankan pada sisi pemahaman yang mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan itu secara keseluruhan atau general. Hasil dari penelitian kualitatif adalah berupa deskripsi yang berisi analisis-analisis yang rinci dan bermakna dalam.

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Menurut Para Ahli

Pengertian Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Menurut Para Ahli
www.rrokum.tv

Berikut ini kami paparkan berbagai pengertian kualitatif dan kuantitatif menurut para ahli yang bergerak di bidang keilmuan. Pengertiannya adalah sebagai berikut:

  • Saryono

Saryono mempunyai pendapat bahwa penelitian kualitatif itu berkaitan dengan penyelidikan, penggambaran dan penemuan sebuah kualitas. Penelitian kualitatif memiliki keistimewaan yang lebih dari pengaruh sosial, dan tidak dapat dijelaskan melalui penelitian kuantitatif.

  • Sugiyono

Sugiyono, salah satu ahli di Indonesia mempunyai pendapat tersendiri terhadap metode penelitian kualitatif dan kuantitatif ini. menurutnya, metode penelitian kualitatif adalah sebuah metode penelitian yang mempunyai dasar filsafat ‘post positivisme.’

Apa itu post positivisme? Adalah sebuah metode di mana penelitian ini dilakukan pada objek yang bersifat alami, berbeda dengan yang biasanya yaitu eksperimen. Peneliti dimanfaatkan sebagai salah satu instrumen kunci atau penting. Pengambilan sampel atau sumber data dari penelitian kualitatif dilakukan secara purposive dan snowball.

Metode pengumpulannya menggunakan teknik tri-anggulasi atau gabungan, analisis data bersifat induktif. Dan yang paling utama adalah hasil dari penelitian kualitatif ini menekankan pada arti dari generalisasi. Sedangkan di satu sisi, beliau juga menjelaskan mengenai penelitian kuantitatif.

Menurutnya, metode penelitian kuantitatif adalah sebuah metode penelitian yang mempunyai pondasi terhadap filsafat positivisme. Apa itu filsafat positivisme? Adalah sebuah metode yang digunakan dalam meneliti sampel dan populasi penelitian.

Teknik pengambilan sampel metode penelitian kuantitatif biasanya dijalankan secara acak atau bahasa bakunya adalah ‘random sampling’. Cara pengumpulan data dari metode penelitian kuantitatif adalah dengan memanfaatkan instrumen penelitian yang dipakai.

Analisis data yang digunakan metode penelitian ini bersifat kuantitatif, yang artinya bisa diukur. Tujuan dari metode penelitian kuantitatif adalah untuk menguji teori yang diterapkan.

  • Strauss dan Corbin

Menurut Strauss dan Corbin, definisi dari penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang hasilnya berupa penemuan-penemuan unik, yang hanya bisa dihasilkan oleh penelitian kualitatif saja. Jadi hasil temuan dari penelitian kualitatif ini tidak akan bisa Anda temukan dengan cara metode lain, seperti pendekatan kuantitatif.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif
www.keepsoh.com

Penelitian kualitatif dan kuantitatif sudah jelas memiliki perbedaan yang mencolok. Anda dapat melihat perbedaan tersebut di berbagai segi. Meskipun terdapat perbedaan-perbedaan, kedua pendekatan tersebut tidak selalu bertentangan satu sama lain. Ada beberapa hal yang mirip dan sama dari kedua pendekatan tersebut.

Desain Penelitian :

  • Penelitian kualitatif  mempunyai sifat yang general, dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu. Penelitian ini dapat berkembang dan mengikuti proses selama penelitian.
  • Penelitian kuantitatif berbeda dengan kualitatif, mempunyai sifat yang rinci dan statis. Perencanaan kuantitatif tidak bisa dirubah semena-mena pada saat proses penelitian berlangsung.

Analisis Data :

  • Penelitian kualitatif dapat langsung dianalisis walaupun penelitian sedang berada di tengah-tengah.
  • Penelitian kuantitatif tidak bisa dianalisis di tengah-tengah penelitian, melainkan harus di tahap akhir setelah semuanya selesai dalam bentuk laporan.

Istilah Subjek Penelitian :

  • Penelitian kualitatif menyebut subjek penelitian sebagai narasumber.
  • Penelitian kuantitatif menyebut subjek penelitian sebagai responden.

Cara Memandang Fakta :

  • Penelitian kualitatif memandang sebuah kebenaran atau fakta tergantung pada bagaimana peneliti itu menerjemahkan data yang ada. Kenapa? Karena di dalam penelitian kualitatif, terdapat hal-hal yang kompleks, tidak bisa dijelaskan oleh angka dan kepastian.

Contohnya adalah perasaan manusia, pendapat manusia dan lain sebagainya. Dari situ, penelitian kualitatif bergerak menuju teori-teori yang dianggap cocok dan relevan, untuk menguatkan teori tersebut atau melahirkan sebuah teori yang baru.

  • Penelitian kuantitatif memandang sebuah kebenaran atau fakta langsung pada objek penelitiannya. Peneliti harus bersifat objektif, tidak memihak alias netral. Apapun yang ada di lapangan, itulah yang menjadi fakta dan dijadikan kumpulan data yang nantinya akan menjadi laporan akhir.

Pengumpulan Data :

  • Penelitian kualitatif pada dasarnya lebih cenderung ke hal-hal yang tidak bisa diukur dengan kebenaran. Jadi, penelitian kualitatif ini lebih meneliti suatu hal secara mendalam, sedalam-dalamnya. Penelitian kualitatif tidak ditentukan dari banyaknya narasumber yang diwawancarai, namun juga bagaimana peneliti tersebut memproses dan menggali informasi yang sudah ada dari para narasumber.
  • Penelitian kuantitatif dilakukan umumnya dengan cara kuesioner atau tes pada beberapa objek penelitian. Data yang terkumpul kemudian dirangkai menjadi sebuah laporan sebuah kategori yang sudah direncanakan sebelumnya. Banyaknya responden yang terlibat akan menjadikan penelitian kuantitatif ini lebih akurat.

Representasi Data :

  • Penelitian kualitatif mempunyai hasil penelitian berupa sebuah teori baru, yang berisi fenomena-fenomena. Laporan kualitatif cenderung memiliki banyak deskripsi.
  • Penelitian kuantitatif mempunyai hasil penelitian berupa penghitungan yang bisa dihitung, alias matematis. Hasil penghitungan tersebut merupakan sebuah hasil akhir dan dianggap fakta dari penelitian yang sudah dilakukan. 

Implikasi Hasil Riset :

  • Penelitian kualitatif mempunyai implikasi yang kurang luas alias sangat terbatas apabila dihadapkan dengan situasi-situasi tertentu. Penelitian kualitatif ini tidak bisa diterapkan dan digeneralisasikan pada tempat lain yang mempunyai faktor berbeda.
  • Penelitian kuantitatif mempunyai fakta atau teori yang berlaku secara general. Jadi penelitian kuantitatif ini berlaku di manapun dan kapanpun Anda berada.

Macam Metode :

  • Kualitatif: etnografi, fenomenologi, historis, grounded theory, studi kasus.
  • Kuantitatif: expost facto, analisis jalur, eksperimen, korelasi, regresi, survey.

Tujuan Penelitian :

  • Penelitian kualitatif bertujuan untuk memiliki pemahaman secara mendalam, membandingkan dengan teori yang sudah pernah ada sebelumnya dan mengembangkan teori tersebut ke arah yang lebih baik dan terbaru.
  • Penelitian kuantitatif bertujuan untuk menjelaskan secara rinci hubungan antara variabel, menguji teori yang sudah ada sebelumnya dan melakukan sebuah generalisasi terhadap objek atau kasus yang diteliti.

Jenis Data :

  • Kualitatif: eksploratif dan deskriptif
  • Kuantitatif: statistik dan numerik

Baca Juga: Perbedaan Data dan Informasi

Demikianlah tadi artikel kami mengenai metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Sudah kami jelaskan bagaimana definisi masing-masing penelitian, bagaimana pendekatannya, apa yang membedakan dan apa titik yang sama dari kedua penelitian tersebut.

Kami harap dengan adanya artikel ini, dapat menambah wawasan Anda mengenai penelitian kualitatif dan kuantitatif. Khususnya apabila Anda seorang mahasiswa S1 yang sedang membuat skripsi, atau mahasiswa S2 dan S3 yang tengah menggarap tesis, pengetahuan ini harus Anda ketahui sebagai dasar Anda dalam mengerjakan karya ilmiah Anda tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.