6+ Contoh Cover Letter Menarik yang Bisa Kamu Jadikan Refrensi

Contoh Cover Letter – Ketika seseorang hendak melamar suatu pekerjaan, pasti akan menyiapkan beberapa dokumen untuk diserahkan ke pihak perusahaan. Dokumen tersebut merupakan syarat yang diberikan oleh perusahaan kepada pelamar. Berkas dokumen biasanya berupa cover letter, curriculum vitae atau CV, ijazah terakhir, dan sertifikat pendukung.

Tidak hanya CV, contoh cover letter adalah salah satu berkas berkas yang perlu buat sendiri dengan baik atau sering juga disebut sebagai surat pengantar. Karena dokumen cover letter ini merupakan dokumen yang akan diletakkan di bagian depan dari dokumen-dokumen lainnya.Itu menjadi alasan jika dalam membuat cover letter tidak boleh asal-asalan.

Surat pengantar adalah dokumen yang dikirimkan bersama dengan resume seseorang sebagai informasi lain tentang pengalaman serta keterampilan yang dimiliki. Bisa dibilang, cover letter seperti sebuah promosi dalam dunia perdagangan. Dengan begitu orang yang bisa ‘menawarkan’ dirinya sebagai seorang yang berkualitas. Berikut adalah contoh cover letter yang menarik:


1. Contoh Cover Letter Untuk Magang

Contoh Cover Letter Untuk Magang

Contoh cover letter ini tidak hanya diperlukan pada saat seseorang ingin melamar pekerjaan tetap. Tetapi juga bisa diperuntukan seseorang yang akan melamar untuk mengajukan magang di sebuah perusahaan. Biasanya magang hanya dilakukan untuk beberapa bulan.

Jika seseorang ingin melamar sebuah pekerjaan paruh waktu atau magang , disarankan untuk menyebutkan identitas. Termasuk beberapa hal yang penting yang bisa dicantumkan di dalam cover letter. Pasalnya, hal ini juga akan mempermudah untuk proses seleksi, serta tentunya usaha seseorang akan bisa dilihat oleh perusahaan.

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya adalah seorang  mahasiswa yang berada semester 7 di Universitas [Nama Universitas] dengan prodi [Nama Jurusan]. Berkenaan dengan informasi yang saya dapat mengenai dibukanya program magang di website [media/web] saya menulis surat ini untuk mengisi posisi yang dibutuhkan di perusahaan [nama bidang internship] di PT [Nama Perusahaan] selama [waktu magang]. Saya memiliki keyakinan  bahwa pengalaman yang saya miliki dan minat saya terhadap [bidang internship] sesuai dengan kualifikasi kandidat yang diperlukan.

Sebagai seorang mahasiswa, saya telah mempelajari ilmu pengetahuan dan praktek  mengenai [subjek yang berkaitan dengan internship dan prodi] dengan baik. Selain itu saya pernah menjadi seorang  asisten dari dosen pada mata studi [Nama mata studi yang relevan] selama 2 semester berturut-turut ketika saya menginjak semester 5 dan 6. Program ini bisa menyediakan kesempatan yang baik bagi saya untuk  membantu perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan juga untuk mengembangkan kemampuan bidang ini. Berdasarkan hal tersebut saya sangat berharap bahwa Bapak/Ibu pimpinan berkenan mempertimbangkan dalam memilih kandidat internship yang diperlukan [nama bidang internship].

Saya memiliki keyakinan bisa menyelesaikan program internship [nama bidang internship] yang diselenggarakan oleh PT [Nama Perusahaan] dengan baik dan rasa tanggung jawab. Saya berharap bisa  melakukan wawancara dan berbicara secara langsung dengan Bapak/Ibu PImpinan.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

Dalam contoh cover letter yang tertulis di atas, hal-hal yang perlu ditulis seperti dijelaskan sebelumnya sudah mulai terlihat. Tak hanya itu, di dalam contoh ini juga menjelaskan secara jelas  studi yang relevan dengan lamaran magang. Perlu sekali memperhatikan  dalam menggunakan bahasa yang digunakan dalam membuat cover letter.

Dalam membuat cover letter, jangan menggunakan deskripsi yang terlalu panjang dan bertele – tele. Pelamar bisa langsung menjelaskan tujuan dan tulis hal penting dalam cover letter. Cover letter yang memiliki banyak paragraf membuat pembaca menjadi bosan dan tidak tertarik.


2. Contoh Cover Letter Fresh Graduate

Contoh Cover Letter Fresh Graduate

Setelah seseorang  menyelesaikan pendidikan beberapa tahun, fresh graduate pasti akan memiliki pandangan baru. Pastinya akan memiliki fokus baru untuk mencapai sebuah karir atau pekerjaan. Karena itu membutuhkan informasi yang jelas dan mencari referensi contoh cover letter yang baik dan benar.

Baiknya isi di dalam cover letter bukanlah informasi ulangan dari resume yang telah dibuat. Tetapi merupakan informasi baru dan unik sebagai karyawan yang memberikan perekrut wawasan baru. Jika seperti itu maka dari perusahaan akan tertarik untuk bertemu dengan si pelamar.

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya ingin memberikan keterangan bahwa saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pada posisi [Nama Jabatan/Pekerjaan]. Saya yakin bahwa saya adalah seorang kandidat yang ideal untuk mengisi posisi tersebut.

Saya baru saja lulus dan mendapatkan gelar sarjana [gelar] dari universitas [nama universitas]  dengan nilai yang baik pada tahun [tahun lulus]. Dengan kegiatan pembelajaran  yang telah saya tempuh selama belajar di kuliah, saya percaya bahwa saya dapat melakukan tugas dengan tanggung jawab sebagai [nama jabatan/pekerjaan] di PT [Nama perusahaan].

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari [sumber informasi pekerjaan], Bapak/ibu membutuhkan seseorang yang memiliki [kualifikasi inti dari pekerjaan]. Saya juga memiliki kemampuan dan juga pengalaman magang yang berkaitan dengan bidang tersebut. Pengalaman ini menjadi sebuah wawasan tambahan  dan kemampuan saya di bidang [pekerjaan] karena saya mampu meraih beberapa pencapaian selama menjalani magang seperti [sebutkan pencapaian dari tanggung jawab selama magang].

Meskipun saya baru saja lulus dari sebuah universitas dan pengalaman magang  saya mendapatkan pelajaran yang berharga untuk melakukan pekerjaan secara profesional serta belajar untuk terus melakukan perbaikan dalam melaksanakan tanggung jawab. Untuk itu saya telah melampirkan CV terbaru saya. Saya berharap dapat berbincang untuk melakukan wawancara.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

Itulah contoh cover letter fresh graduate yang bisa dijadikan sebuah referensi. Meski memiliki status fresh graduate, seseorang bisa menceritakan tentang pengalaman selama belajar di lembaga pendidikan. Ceritakan juga bagaimana hasil pendidikan yang sangat menunjang untuk terjun di dunia kerja.


3. Contoh Cover Letter Kerja Part Time

Contoh Cover Letter Kerja Part Time

Untuk contoh yang kedua ada juga contoh cover letter untuk melamar pekerjaan part-time. Walaupun part-time, tapi dalam membuat cover letter ini juga perlu memperhatikan penulisan dan pemilihan kata. Apalagi jika ingin melamar di perusahaan yang cukup besar maka pastinya memiliki standar kualitas yang tinggi.

Jika seseorang  ingin melamar sebuah pekerjaan paruh waktu, bisa disarankan untuk menyebutkan beberapa hal yang penting di cover letter. hal ini juga akan mempermudah untuk seleksi, serta tentunya usaha yang dilakukan akan diapresiasi oleh sang perekrut. Biasanya kerja paruh waktu ini dibutuhkan seseorang yang juga memiliki kesibukan lain.

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth, HRD…..

PT……….

Jl. ………

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari media ……. , bahwa perusahaan……… sedang membutuhkan tenaga kerja baru untuk pekerjaan part time, maka dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ……………….

Tempat, Tanggal lahir: ………………….

Alamat: ………………………….

Pekerjaan: …………….

Status: ………………..

Saya dalam kondisi kesehatan yang baik dan terbiasa bekerja menggunakan komputer. Saya juga sangat mengutamakan pada ketelitian tugas  dan kejujuran dalam bekerja dan juga siap untuk bekerja maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

Pas foto terbaru

Foto copy KTP

Foto copy Tanda Mahasiswa

Daftar riwayat hidup

Foto copy Ijazah SMA

Saya sangat berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu wawancara kerja dengan tujuan dapat menjelaskan secara lebih jelas tentang potensi diri saya kepada Bapak/Ibu pimpinan.

Demikian yang dapat saya sampaikan , atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Nama Terang

Contoh cover letter kerja part time di atas bisa menjadi referensi bagi seseorang yang masih bingung bagaimana cara membuat cover letter  kerja part time yang baik dan benar. Informasi-informasi yang terdapat pada surat lamaran kerja di atas bisa ubah sesuai dengan kebutuhan. Format dan susunan kalimat pada surat lamaran kerja di atas pun bisa ubah agar lebih baik lagi sehingga semakin menarik perhatian perusahaan.


4. Contoh Cover Letter Sedang Tidak Bekerja

Contoh Cover Letter Sedang Tidak Bekerja

Tidak apa menyebutkan alasan jika berhenti ataupun diberhentikan dari sebuah pekerjaan. Tetapi perlu untuk memberikan alasan mengapa tetap berhak agar bisa berkembang di tempat kerja baru. Di bawah ini merupakan contoh cover letter untuk seseorang yang tidak bekerja yang bisa dijadikan sebuah referensi

Disaat akan melamar sebuah pekerjaan, akan ada banyak hal yang perlu diperhatikan dengan baik dan teliti. Mulai dari kelengkapan serta ketepatan dokumen yang dibutuhkan. Etika penulisan dalam mengirim serta membalas email, hingga bagaimana persiapan interview harus dipersiapkan dengan baik.

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Sebagai seorang [nama profesi] yang memiliki beberapa pengalaman, saya ingin mengungkapkan bahwa saya tertarik dengan pembukaan lowongan kerja [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan]. Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai [posisi yang relevan] di PT [Nama Perusahaan] selama […tahun]. Dalam perusahaan tersebut saya bertanggung jawab sebagai  :

( deskripsi poin-poin  pekerjaan sebelumnya yang relevan )

Secara konsisten saya selalu  [deskripsi pencapaian dan prestasi kerja.

Pada tahun [tahun], perusahaan tersebut  melakukan restrukturisasi dan akhirnya posisi saya dihapuskan.

Saya yakin dengan pengalaman yang saya miliki  dan etika kerja saya akan mampu meningkatkan performa perusahaan [sebutkan target sesuai bidang]. JIka Bapak/Ibu menyetujui atas pengalaman yang  saya miliki akan mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan Bapak/Ibu, maka Bapak/ Ibu bisa menghubungi saya di nomor xxxxx atau melalui e-mail saya xxxxxxx.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

Yang  harus diperhatikan dalam cover letter cobalah menyebutkan secara jujur mengapa alasan berhenti dari pekerjaan yang sebelumnya. Contoh diatas bisa dijadikan sebuah referensi, bisa di cantumkan juga tambahan tambahan lampiran yang mendukung informasi. Berikan informasi yang menarik dan memicu perusahaan untuk menerima lamaran itu.


5. Contoh Cover Letter Untuk Ganti Pekerjaan

Contoh Cover Letter Tanpa Pengalaman Magang

Cover ini digunakan seseorang Jika seseorang masih dalam posisi bekerja namun ingin melamar ke perusahaan lain. Dengan pekerjaan yang memiliki berbeda profesi tentunya karakteristik dari  cover letternya pun akan berbeda. Sebab pengalaman seseorang di perusahaan sebelumnya akan kurang relevan di perusahaan yang akan didaftar.

Oleh sebab itu sangat disarankan agar menyatakan alasan yang relevan untuk berganti pekerjaan. Ditambah keterangan kemampuan apa yang dimiliki dan ditawarkan pada perusahaan yang akan dilamar. Berikut ini adalah contoh cover letter yang dapat menjadi referensi.

Kepada Yth

Bapak/Ibu [Jabatan] [Nama Pimpinan]

[Alamat Perusahaan]

Saya ingin mengungkapkan bahwa saya memiliki ketertarikan saya pada posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan]. Pekerjaan ini di luar dari pengalaman yang saya miliki  dan prestasi saya yang tercantum dalam CV yang saya lampirkan. namun saya akan sangat senang untuk menjelaskan langsung informasi yang Bapak/Ibu butuhkan.

Sebelumnya saya bekerja di sebuah perusahaan yang bernama  [nama perusahaan] dengan menjabat posisi sebagai  [nama posisi] dimana saya bertanggung jawab untuk [tanggung jawab pekerjaan sebelumnya]. Selama saya bekerja diperusahaan tersebut , saya melakukan tugas yang melaksanakan dengan tanggung jawab yang baik hingga mendapatkan beberapa pencapaian. Tujuan utama saya mengisi posisi [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] adalah karena saya ingin merubah arah karir saya sesuai passion saya selama ini yaitu : [bidang passion yang relevan].

Mengapa saya yakin bisa sukses dalam industri ini? Minat dan antusiasme. Selama ini saya telah belajar dan mengikuti pelatihan yang  berkaitan [bidang passion yang relevan]. Saya juga termasuk dalam  orang yang mampu mendapatkan motivasi dari diri sendiri. Dengan kombinasi kedua hal tersebut saya memiliki keyakinan bahwa bekerja sebagai [posisi pekerjaan] di PT [Nama Perusahaan] akan menjadi kesempatan terbaik untuk mengembangkan kemampuan dan memberikan kemajuan bagi perusahaan.

Saya sangat berharap dapat melakukan wawancara dan berbincang secara langsung dengan Bapak/Ibu.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat Saya

[Nama Lengkap]

Seperti contoh cover letter diatas pelamar bisa menambahkan alasan mengapa tertarik dengan bidang yang akan dijalani. Tulislah ketertarikan secara baik dan relevan terhadap bidang tersebut dengan menggunakan bahasa yang baik. Pengalaman yang dimiliki bisa menjadi nilai tambahan bagi pelamar, jadi berikan cover letter yang terbaik.


6. Contoh Cover Letter Tanpa Pengalaman Magang

Contoh Cover Letter Tanpa Pengalaman Magang

Tidak apa menyebutkan alasan jika seorang pelamar tidak memiliki pengalaman dalam magang atau kerja tidak tetap. Tetapi pelamar perlu memberikan alasan mengapa tetap berhak agar bisa berkembang di tempat kerja yang akan dilamar. Di bawah ini merupakan contoh cover letter untuk seseorang yang tidak memiliki pengalaman magang yang bisa dijadikan referensi.

(nama penerima)

(jabatan pekerjaan)

(alamat)

Yang terhormat (salam & nama)

Mohon terima resume saya sebagai lamaran untuk jabatan terbuka sebagai Asosiasi Penjualan di perusahaan Saudara. Sebagai mahasiswa yang berasal dari program studi  Administrasi Bisnis, saya merasa posisi tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan minat karir saya.

Menjadi mahasiswa di Universitas XYZ, saya tidak hanya mempertahankan nilai yang baik tapi saya juga menjadi anggota tim sepak bola sekolah yang sangat kompetitif dan sukses.

Latar belakang saya sebagai seorang pelajar dan atlet telah mengajarkan saya untuk menjadi disiplin, fokus, dan juga percaya diri yang merupakan satu dari kualitas penting yang dibutuhkan oleh semua professional di industri niaga. Pengalaman saya bekerja dalam kelompok telah menanamkan nilai-nilai kerja sama dalam diri saya.

Sebagai seorang anggota dalam sebuah kelompok, saya sangat berkontribusi dalam meningkatkan semangat, dan solidaritas anggota lain di tim kami dalam berbagai kegiatan yang saya selenggarakan. Jika dinilai dari skala 1-10 (10 adalah nilai tertinggi), tim kami mendapatkan nilai 8 untuk ‘kesuksesan kegiatan dalam hal engagement’. Dengan semua pencapaian sebagai seorang pelajar,  saya akan membuktikan bahwa saya adalah orang yang bersemangat dan berdedikasi dalam setiap hal yang saya kerjakan dalam tugas atau tidak.

Meskipun ini akan menjadi yang pertama kalinya saya bekerja di bidang perniagaan, saya cukup percaya diri bahwa dengan keterampilan dan kemampuan, saya bisa belajar dengan cepat dan berkontribusi langsung terhadap tim dan juga perusahaan.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya berharap dapat mendengar kabar selanjutnya dari Saudara.

Hormat saya,

(tanda tangan)

(nama lengkap)

(alamat email & nomor kontak)

Dalam contoh cover letter yang tanpa memiliki pengalaman  di atas, etika dalam penulisan perlu diperhatikan. Tunjukan bahwa pelamar memiliki kemampuan yang lain. Perlu sekali diperhatikan dalam menggunakan bahasa sapaan yang digunakan dalam membuat cover letter.

Itulah contoh cover letter untuk berbagai macam tujuannya. Sesuaikan dengan latar belakang yang dimiliki oleh pelamar. Dan tentu saja pelamar bisa memodifikasi cover letter sesuai kebutuhan.

Sekian contoh cover letter yang bisa di gunakan untuk menjadi point tambahan untuk melamar ke perusahaan. Semoga bisa dijadikan sebuah referensi dalam membuat cover letter yang menarik. Harus diingat juga dalam penggunaan tata bahasa yang digunakan.

Contoh Cover Letter

Tinggalkan komentar