Peta Kalimantan : Letak, Provinsi dan Negara yang Ada Di Pulau Kalimantan

Peta kalimantan – Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Terletak di utara Pulau Jawa, Kalimantan memiliki daratan yang begitu luas. Bahkan, jika dicermati dalam peta Kalimantan, maka pulau ini membentang dan mencakupi tiga negara sekaligus, yaitu Indonesia, Malaysia dan juga Brunei Darussalam.

Namun, meskipun pulau Kalimantan termasuk yang paling besar di Indonesia, penduduk di Kalimantan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan pulau lainnya. Dengan luas pulau Kalimantan sekitar 743.330 meter persegi, penduduk yang berdiam di pulau ini hanya sekitar 21 juta jiwa saja. Tentu, hal ini membuat lahan di Kalimantan masih banyak tersisa.

Hal menarik lain terkait Kalimantan selain ukuran pulau yang besar adalah keadaan pulau. Kalimantan adalah pulau dengan jumlah hutan asli yang masih sangat banyak. Bahkan, hutan di pulau ini terkenal sebagai salah satu paru-paru dunia. Hanya saja, sayangnya karena kerakusan kapitalis, hutan Kalimantan digunduli untuk dijadikan industri.

Letak Pulau Kalimantan

Letak Pulau Kalimantan
Letak Pulau Kalimantan

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Kalimantan, maka perlu diketahui terlebih dahulu di mana letak dari pulau tersebut. Ya, pengetahuan mengenai letak ini cukup penting agar penentuan batas wilayah dan lokasi pasti Kalimantan bisa ditentukan dengan cepat.

  • Letak Secara Astronomis

Penentuan letak pulau Kalimantan bisa ditentukan melalui posisi astronomis. Secara astronomis, letak Kalimantan ada di posisi 4ᵒLU sampai 4ᵒLS dan juga terletak diantara 108ᵒBB sampai 119ᵒ BT. Mengacu pada posisi ini, maka Kalimantan merupakan salah satu pulau yang dilewati oleh garis lintang 0 derajat atau garis khatulistiwa.

Garis khatulistiwa adalah garis lintang yang membelah bumi bagian tengah dan membaginya menjadi utara dan selatan. Garis ini menentukan iklim suatu daerah. Karena dilewati oleh garis khatulistiwa, maka iklim di Kalimantan dan juga Indonesia pada umumnya menjadi iklim tropis dan memiliki sinar matahari yang cukup banyak.

  • Letak Secara Geografis

Penentuan letak Kalimantan juga bisa dilakukan secara geografis. Dalam hal ini, secara geografis, Kalimantan terletak di bagian utara dari Indonesia. Pulau ini terletak di perairan Laut Cina Selatan. Di sebelah utara, Kalimantan berbatasan dengan Laut Sulu. Sedangkan di bagian timur, Kalimantan berbatasan dengan Laut Jawa.

Bagian barat Kalimantan berbatasan dengan Laut Cina Selatan sedangkan di bagian selatan, Kalimantan berbatasan dengan Selat Karimata. Batas-batas ini penting untuk diketahui guna menentukan koordinat yang tepat. Tentu, batas yang mengelilingi tersebut bisa dilihat secara lebih jelas di peta Kalimantan.

Negara yang Ada di Pulau Kalimantan

Negara Yang Ada Di Pulau Kalimantan
id.wikipedia.org

Sebagaimana diketahui tadi bahwa Kalimantan mencakupi tiga negara dalam satu pulau. Ini adalah salah satu keistimewaan Kalimantan di mana biasanya satu pulau hanya dimiliki oleh satu negara saja.

Dalam peta Kalimantan terlihat jelas pembagian wilayah Kalimantan dengan tiga negara yang berbeda. Adapun negara-negara yang memiliki pulau Kalimantan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki sebagian besar wilayah Kalimantan. Ya, lebih dari setengah luas Kalimantan dimiliki oleh Indonesia dan dibagi menjadi 5 provinsi yang berbeda. Bahkan, kelima provinsi yang dimiliki Indonesia di Kalimantan tersebut bisa dikatakan memiliki wilayah yang cukup luas.

Meskipun memiliki wilayah yang besar di Kalimantan, namun Indonesia tidak meletakkan pusat kegiatan administrasi mereka di pulau ini. Hal ini dikarenakan Indonesia lebih memilih Jakarta yang ada di Pulau Jawa sebagai tempat untuk pusat pemerintahan.

Hanya saja, akhir-akhir ini terdapat isu pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Tentu saja perlu pemahaman yang mendetail mengenai rencana ini, terlebih bagaimana proses pemindahan nantinya berlangsung.

  • Malaysia

Malaysia adalah negara yang memiliki wilayah kedua terbesar di Kalimantan. Kawasan Malaysia yang ada di Kalimantan adalah Serawak dan Sabah. Kedua bagian dari negara ini memiliki ibukota masing-masing, yaitu Kinabalu untuk Sabah dan Kuching untuk Serawak.

Perlu diketahui bahwa Malaysia adalah negara di Kalimantan yang berbatasan langsung secara darat dengan Indonesia. Masyarakat Indonesia dan Malaysia yang berada di perbatasan sudah sangat terbiasa hidup rukun dan damai. Hal ini dibuktikan dengan minimnya konflik yang terjadi di wilayah perbatasan ini.

  • Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negara yang memiliki wilayah terkecil dari Kalimantan. Berbeda dengan Malaysia yang memiliki wilayah lain di luar Kalimantan, maka Brunei Darussalam hanya memiliki wilayah yang terpusat di Kalimantan saja. Akan tetapi, meskipun negara ini kecil, namun tingkat kemakmuran negaranya sangat tinggi.

Kemakmuran Brunei Darussalam ditopang dengan tambang minyak bumi mereka yang dikelola dengan sangat baik serta pemerintah yang sangat peduli dengan rakyatnya. Saat ini, Brunei Darussalam disebut sebagai salah satu negara petro dollar di Indonesia.

Brunei Darussalam memiliki ibukota Bandar Seri Begawan. Wilayah Brunei Darussalam berada di bagian utara dari Kalimantan dan tidak berbatasan langsung secara darat dengan Indonesia, melainkan dengan Malaysia.

Ketiga negara tadi adalah negara-negara yang terletak di Pulau Kalimantan. Di peta Kalimantan bisa dilihat secara jelas batas-batas wilayah dari negara yang berbeda tersebut.

Provinsi yang Ada di Kalimantan

Provinsi Yang Ada Di Kalimantan
Provinsi yang Ada di Kalimantan

Sebagaimana dibahas di awal bahwa Indonesia memiliki sebagian besar luas Kalimantan kemudian membaginya menjadi 5 provinsi yang berbeda. Nah, untuk menambah pengetahuan mengenai Kalimantan dan sebagai ciri warga negara yang baik, mengetahui apa saja provinsi yang ada di Kalimantan menjadi hal yang penting.

  • Provinsi Kalimantan Timur

Provinsi pertama di Pulau Kalimantan Timur. Provinsi yang satu ini memiliki ibukota Samarinda. Nah, di provinsi ini, ada beberapa suku yang hidup dan berkelompok. Adapun beberapa suku tersebut adalah suku Banjar, suku Dayak dan lainnya.

Apa yang menarik dari provinsi ini adalah bentang alamnya yang masih sangat asri. Di Kalimantan Timur terdapat hutan yang begitu luas. Selain itu, ada banyak sungai panjang yang ada di provinsi ini. Bahkan, sungai terpanjang di Indonesia ada di Kalimantan Timur, yaitu Sungai Kapuas.

  • Provinsi Kalimantan Barat

Provinsi kedua di Kalimantan adalah Kalimantan Barat. Provinsi ini berbatasan langsung dengan provinsi Kalimantan Timur. Pontianak adalah ibukota dari Kalimantan Barat dan provinsi ini memiliki wilayah yang paling luas diantara provinsi lainnya yang ada di pulau Kalimantan.

Suku asli yang mendiami wilayah ini adalah suku Dayak. Selain menjadi tempat tinggal suku Dayak, apa yang menarik dari provinsi ini adalah sebutan seribu sungai. Ada banyak sekali sungai yang terdapat di Kalimantan Barat. Bahkan, di provinsi ini ditemukan pasang terapung yang berada di atas sungai besar.

  • Provinsi Kalimantan Tengah

Provinsi Kalimantan Tengah adalah provinsi selanjutnya yang ada di Pulau Kalimantan. Sama seperti namanya, provinsi ini terletak di bagian tengah pulau Kalimantan. Apa yang terkenal dari provinsi ini adalah perkebunan sawitnya yang sangat luas.

Memiliki ibukota Palangkaraya, provinsi ini menjadi target pemerintah untuk pemindahan ibukota. Selain perkebunan sawit, Kalimantan Tengah juga memiliki hutan yang sangat lebat dan luas. Tidak heran jika di provinsi ini terdapat banyak sekali hewan liar yang hidup secara bebas di habitat asli mereka.

  • Provinsi Kalimantan Selatan

Provinsi selanjutnya di Kalimantan adalah Provinsi Kalimantan Selatan. Provinsi ini memiliki ibukota bernama Banjar Baru. Apa yang terkenal dari provinsi ini adalah adanya pasar terapung di sungai yang besar.

Aktivitas pasar di sungai tersebut menjadi salah satu ciri yang unik dari masyarakat yang ada di provinsi ini. Ya, hal ini dipengaruhi pula dengan kondisi di Kalimantan Selatan di mana banyak sekali sungai yang ada di provinsi ini. Tidak hanya banyak, sungai yang ada di provinsi ini juga memiliki luas yang cukup besar.

  • Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi terakhir yang ada di Kalimantan adalah provinsi Kalimantan Utara. Ini adalah provinsi yang bisa dikatakan paling muda diantara provinsi lainnya. Hal ini dikarenakan provinsi Kalimantan Utara merupakan pemekaran dan baru terbentuk sekitar tahun 2012 yang lalu. Ibukota dari provinsi ini adalah Tarakan.

Nah, Kalimantan Utara adalah provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia melalui jalur darat. Oleh karena itu, di provinsi ini dibangun cukup banyak pos-pos penjagaan tentara untuk meminimalkan adanya konflik yang terjadi antar dua suku bangsa yang berbeda.

Tidak hanya menjadi batas dari Indonesia dengan Malaysia, Kalimantan Utara memiliki salah satu hutan yang paling lebat di Kalimantan. Di provinsi ini terdapat cukup banyak hutan yang sangat luas dan menjadi tempat hidup satwa liar serta masih banyak ditemukan pohon dengan ukuran yang begitu besar.

 

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai Kalimantan dengan beberapa provinsi yang ada di dalamnya dan negara-negara yang ada di pulau tersebut. Bisa disimpulkan bahwa Kalimantan adalah pulau dengan keanekaragaman hayati yang sangat lengkap dengan wilayah hutan yang begitu lebar.

Dengan mengetahui seluk beluk mengenai Kalimantan, tentu kita bisa melihat bagaimana kekayaan Indonesia sesungguhnya. Pelajari peta Kalimantan dengan baik dan temukan apa saja hal yang menarik di sana. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.