Suku Bangsa Di Indonesia yang Masih Mempertahankan Budayanya

Suku bangsa – Pastinya kita sudah sering mendengar yang namanya suku bangsa. Namun, yang ada kita tidak faham apa itu suku bangsa. Suku bangsa adalah suatu kelompok yang mendiami suatu daerah karena memiliki kesamaan garis keturunan. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memiliki ribuan suku.

Bahkan, menurut sensus BPS tahun 2010 ini tercatat indonesia memiliki 1340 suku. Dari jumlah suku tersebut, di bagi menjadi 300 kelompok etnik yang tersebar ke seluruh Indonesia. Berbagai suku yang ada di Indonesia tentu terdapat tentunya terdapat beberapa aturan untuk menentukan anggota suku tersebut.

Seperti halnya suku-suku yang menggunakan sistem garis keturunan patrilinial yaitu Suku Batak. Sedangkan Suku Minang menggunakan sistem matrilineal sebagai aturan untuk menentukan keturunannya. Selain itu, Suku Jawa menggunakan aturan dari Suku Minang dan Suku Batak.

Sebagian Suku Jawa juga menggunakan aturan agama, seperti halnya orang melayu Muslim. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai suku bangsa di Indonesia, simak ulasan berikut ini. 

Persebaran Suku Bangsa Di Indonesia

Persebaran Suku Bangsa Di Indonesia
www.kompasiana.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada ulasan artikel kali ini akan dibahas mengenai persebaran suku bangsa di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui suku yang memiliki anggota terbesar di Indonesia yaitu suku Jawa. Sesuai dengan namanya, suku Jawa ini mendiami pulau Jawa.

Namun, ada juga beberapa anggotanya yang bertransmigrasi ke daerah lain. Dengan banyaknya penduduk yang berpindah dari tempat aslinya ke daerah lain,  hal ini menyebabkan persebaran suku di Indonesia tidak begitu jelas. Suku bangsa di Indonesia semakin tidak jelas dengan adanya suku bangsa campuran.

Seperti halnya keturunan  bule dengan melayu mendapatkan julukan orang indo. Sedangkan untuk keturunan melayu dan tiongkok, memiliki sebutan orang peranakan serta keturunan bumiputera dan hispanis dijuluki dengan orang mistis.

Beberapa Suku Bangsa Di Indonesia

Beberapa Suku Bangsa Di Indonesia
www.pnsdanguru.info

Dewasa ini percampuran budaya yang ada pada setiap suku semakin banyak terjadi. Hal ini disebabkan saat ini sudah memasuki era modern, sehingga hal ini tidak bisa dicegah meski percampuran budaya ini sudah sering terjadi. Namun, ada beberapa suku yang tetap mempertahankan adat istiadat sesuai dari nenek moyangnya.

Sehingga tidak menerima budaya dari luar. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan lengkap mengenai suku budaya di Indonesia ini yang masih mempertahankan budayanya hingga sekarang: 

Suku Korowai Di Papua

Suku Korowai Di Papua
www.goodnewsfromindonesia.id

Suku Korowai yang ada di Papua ini merupakan suku yang masih mempertahankan adat istiadat dari nenek moyangnya Selain itu Suku Korowai ini juga memiliki ciri khas yaitu membangun rumah di tengah hutan serta di atas pohon yang setinggi 50-70 meter.

Selain ciri khas tersebut, Suku Korowai ini juga sangat jauh dari kehidupan modern. Hal ini terlihat dari kehidupan sehari-harinya, bahwa Suku Korowai ini tidak mengenal pakaian. Karena tempat tinggalnya yang berada di tengah hutan, Suku Korowai ini keberadaannya baru diketahui pada tahun 1970-an.

Suku Dayak Punan Di Pedalaman Kalimantan

Suku Dayak Punan Di Pedalaman Kalimantan
www.netralnews.com

Di pedalaman Kalimantan terdapat suku Dayak punan yang hingga saat ini tetap mempertahankan budaya yang dibawa nenek moyangnya sehingga suku punan ini sama sekali tidak bisa menerima budaya dari luar, meskipun suku ini masih terbuka dengan dunia modernisasi.

Masyarakat suku dayak punan ini tersebar di beberapa pedalaman yang ada di Kalimantan. Suku ini dinamakan Punan karena berasal dari Yunan daerah di Tiongkok. Jika dibandingkan dengan Suku Dayak lainnya, Suku Dayak Punan ini yang paling terbelakang.

Karena suku ini memilih tinggal di lembah sungai dan goa-goa. Bahkan, pakaian yang digunakan oleh suku ini sangat jauh dari modernitas. Tak hanya itu, suku Dayak Punan ini sangat alergi dengan sabun, sehingga ketika mandi memanfaatkan apa yang ada di alam.

Suku Samin Di Blora, Jawa Tengah

Suku Samin Di Blora, Jawa Tengah
phinemo.com

Suku selanjutnya yang masih mempertahankan adat istiadat leluhurnya yaitu Suku Samin. Suku ini berada di Blora atau lebih tepatnya berada di Jawa Tengah. Suku Samin ini memiliki keunikan dibandingkan dengan suku lainnya yaitu memiliki ajaran sedulur Sikep.

Hal ini dikarenakan Suku Samin ini merupakan keturunan dari para pengikut Samin Surosentiko. Awalnya, alasan Suku Samin ini tinggal di pedalaman karena mengasingkan diri, karena tidak ingin tunduk dengan aturan penjajah. Dampak dari mengasingkan diri itu, Suku Samin ini baru sekitar 3 dekade mengetahui kemerdekaan Indonesia.

Suku Samin ini anggotanya tidak terlalu besar, namun suku ini sudah mendiami beberapa daerah seperti di Blora Jawa Tengah dan Bojonegoro Jawa Timur. 

Suku Kajang Di Sulawesi Selatan

Suku Kajang Di Sulawesi Selatan
www.libsmagz.com

Suku Kajang merupakan suku yang  mendiami Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Suku ini termasuk suku yang hingga saat ini mempertahankan adat istiadat dari para leluhur. Suku Kajang ini dibagi menjadi 2 yaitu Suku Kajang Luar dan Suku Kajang Dalam. 

Untuk Suku Kajang dalam, sama sekali tidak bisa menerima budaya dari luar. Sedangkan dari Suku Kajang Luar, masih tetap menjaga budaya dari leluhur, namun bisa juga menerima budaya dari luar. Namun, untuk kedua Suku Kajang tersebut tetap  berkumpul di Dusun Benteng ketika ada acara adat.

Suku Badui Di Lebak, Banten

Suku Badui Di Lebak, Banten
www.tribunnews.com

Salah satu suku yang paling terkenal dan banyak dikenal orang yaitu Suku Badui. Suku ini menempati daerah di Lebak Banten. Namun, tetap saja Suku Baduy ini tidak bisa menerima budaya dari luar, sehingga anggota suku ini mengisolasi diri dari pengaruh kebudayaan asing.

Selain itu, Suku Badui terbagi menjadi dua yaitu Suku yang bisa merangkul dunia modern dan suku yang tidak bisa merangkul dunia modern. Ada beberapa pendapat mengenai asal usul dari nama Suku Baduy ini.

Baca Juga: Rumah Adat Betawi

Salah satu pendapat mengatakan bahwa nama Suku Baduy ini berasal dari anggotanya yang tinggal secara nomaden di dataran Arab. Selain itu, pendapat lain menjelaskan nama Baduy ini berasal dari nama sungai dan gunung yang ada di utara pemukiman suku tersebut.

Suku Polahi Di Sulawesi Utara

Suku Polahi Di Sulawesi Utara
www.hipwee.com

Di Sulawesi Utara, terdapat sebuah suku bernama Polahi. Suku ini termasuk suku yang tidak bisa menerima budaya dari suku lain. Bahkan, hingga saat ini suku Polahi tetap menggunakan sistem hidup nomaden. Selain itu, Suku Polahi ini juga tidak mengenal sistem kepercayaan.

Suku Kubu Di Jambi

Suku Kubu Di Jambi
traveltribunnews.com

Suku terakhir yang tetap mempertahankan budaya dari nenek moyangnya yaitu Suju Kubu. Suku Kubu ini menempati beberapa daerah di Jambi, Sumatera Selatan. Lebih tepatnya, suku ini disebut juga dengan Orang Rimba atau Suku Dalam. Seperti halnya Suku Polahi, Suku Kubu ini juga memilih hidup dengan sistem nomaden.

Hidup dengan sistem ini yaitu berburu dan meramu di hutan pedalaman di Jambi dan Sumatra Selatan. Sedangkan untuk kepercayaan yang dianut oleh Suku Kubu ini yaitu  animisme dan dinamisme.

Dewasa ini, semakin maraknya pembakaran liat, sehingga keberadaan Suku Kubu ini semakin terancam punah.  Selain itu, penyebab semakin punahnya suku ini yaitu karena banyaknya usaha dari pemerintah dalam melakukan pendekatan dengan suku ini.

Indonesia memang negara yang memiliki berbagai suku. Namun, dari sekian banyak suku yang ada, hanya ada beberapa yang tetap mempertahankan budaya dari leluhurnya. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.