8+ Contoh Abstrak : Skripsi, Karya Ilmiah dan Makalah Singkat

Contoh Abstrak

Contoh AbstrakAbstrak merupakan ringkasan penulisan yang berada pada halaman-halaman awal laporan makalah ilmiah, skripsi, tesis, maupun makalah lainnya. Abstrak berguna untuk memberikan gambaran mengenai isi laporan.

Agar yang membaca makalah atau laporan seseorang dapat memahami isinya dengan baik. Contoh abstrak banyak bertebaran di internet dan bisa diambil sebagai referensi.

Namun, sebelum mengambil contoh abstrak di internet, perlu mempelajari terlebih dahulu cara menulis laporan ilmiah yang tepat. Dan juga harus dicocokkan dengan jenis makalah apa yang ingin ditulis.

Karena banyak sekali mahasiswa atau pelajar lainnya yang asal mengambil referensi di internet, namun hanya disalin saja. Hal ini dapat menimbulkan plagiarisme dalam makalah.

Contoh abstrak haruslah dijadikan acuan untuk menulis abstrak berdasarkan makalah yang dibuat. Bukan asal disalin saja.

Banyak yang masih belum memahami hal ini terutama mahasiswa-mahasiswa muda yang baru diberikan tugas menulis makalah. Ada beberapa tata cara dan tahapan yang harus dilakukan agar seseorang dapat menulis abstrak yang baik dan benar.


Cara Mencari Contoh Abstrak yang Sesuai dengan Makalah yang Ingin Ditulis

Cara Mencari Contoh Abstrak Yang Sesuai Dengan Makalah Yang Ingin Ditulis

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa contoh abstrak tidak bisa asal dicari apalagi hanya disalin untuk tugas laporan saja.

Agar abstrak yang ditulis dapat sesuai dengan kaidah-kaidah ketentuan laporan, seseorang harus dapat memahami terlebih dahulu apa yang ia tulis. Berikut ini cara mencari contoh abstrak agar sesuai dengan topik tulisan yang ditulis :

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup

1. Pahami Pengertian Abstrak Lebih Dalam Lagi

Abstrak bukanlah sekedar rangkuman yang bisa ditulis seperti merangkum biasa pada umumnya. Butuh tata bahasa yang harus digunakan sesuai kaidah penulisan laporan yang benar.

Pelajari lagi terlebih dahulu mengenai fungsi-fungsi abstrak secara mendalam. Bisa dengan cara membaca-baca contoh skripsi yang pernah dibuat senior, atau jenis laporan lainnya.

Ketika sudah menjadi mahasiswa, biasakan untuk selalu membaca-baca bacaan seperti jurnal dan makalah ilmiah. Secara tidak sadar, hal ini akan membantu mempermudah memahami tata cara penulisan laporan ilmiah.

Dan menulis abstrak pun menjadi lebih mudah. Jangan mencari contoh penulisan abstrak di internet hanya ketika diberikan tugas penulisan saja.

Mengikuti mata kuliah apapun, cobalah untuk membiasakan diri membaca -baca artikel ilmiah. Dari situ bisa dilihat bagaimana tata bahasa dan penulisannya.

Ketika nanti mendapat tugas membuat laporan, penulisan langsung bisa dilakukan tanpa harus melihat-lihat contoh lagi. Terutama pada tulisan abstrak, mencari contoh pun nantinya akan lebih mudah karena sudah memahaminya.

2. Jangan Langsung Menulis Abstrak, Tulis Dahulu Makalah yang Akan Dibuat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa abstrak merupakan ringkasan mengenai makalah yang akan dibahas pada tulisan.

Gunanya abstrak adalah untuk mempermudah pembaca yang hendak membaca makalah yang dibuat penulis. Karena itu, sebelum memikirkan bagaimana cara menulis abstrak dan mencari contohnya, tulis terlebih dahulu makalahnya.

Minimalnya, tulislah poin-poin dan kerangka penulisan yang akan dibahas. Buat rumusan masalah mengenai topik yang akan dibahas.

Rumusan masalah ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dibahas pada tulisan. Dan di kesimpulan akhir haruslah bisa menjawab rumusan masalah yang ditetapkan.

Pada isian abstrak, nantinya akan ditulis poin-poin mengenai rumusan masalah yang dibahas pada penulisan. Bisa diliat pada contoh penulisan abstrak yang terdapat pada berbagai jenis laporan.

Setelah membaca abstrak, di bab berikutnya pada bab pendahuluan pasti akan berkaitan dengan rumusan masalah tersebut.

3. Cari Terlebih Dahulu Sumber Referensi yang Dijadikan Acuan untuk Makalah

Sebelum memulai mencari contoh tulisan untuk menulis abstrak, cari terlebih dahulu referensi untuk tulisan makalah yang dibuat.

Abstrak bisa ditulis nanti meskipun terdapat pada urutan awal penulisan laporan. Yang terpenting, carilah referensi untuk tulisan topik makalah yang akan ditulis. Setelah selesai menentukan rumusan awal masalah.

Jangan lupa bahwa tulisan makalah ditulis bukan untuk dibaca sendiri. Melainkan akan dibaca juga untuk orang lain. Patikan menggunakan bahasa yang baik, benar, dan juga masih dipahami oleh para pembaca yang ditergetkan untuk membaca tulisan ini.

Jangan menyalin sumber referensi, selalu tulis ulang menggunakan bahasa sendiri untuk menghindari adanya plagiarisme.

Setelah makalah selesai ditulis berdasarkan sumber referensi yang didapat, abstrak langsung bisa ditulis. Mencari contoh penulisan abstrak tidak harus contoh tulisannya, melainkan contoh tata bahasa yang digunakan pada kalimat-kalimat abstrak.

Sesuaikan dengan tata bahasa makalah yang telah disusun. Agar pembaca yang membacanya bisa langsung mengetahui target penulisan setelah membaca abstrak.

4. Pahami Jenis Abstrak Seperti Apa yang Ingin Ditulis

Ada beberapa jenis penulisan abstrak yang perlu diketahui sebelum mencari contohnya. Setelah mengetahui jenis-jenisnya, identifikasikan abstrak yang akan ditulis termasuk ke dalam jenis yang mana.

Hal ini akan mempermudah dalam pencarian contoh penulisannya. Pada umumnya, jenis abstrak dibagi sebagai berikut:

  1. Secara deskriptif. Penulisan abstrak ini menjelaskan tentang gambaran pembahasan makalah yang mencakup tujuan, rumusan masalah, dan metode penilitian. Pada abstrak ini tidak ditulis kesimpulan dari hasil penelitian yang dibahas pada makalah. Abstrak bisa ditulis dengan singkat sekitar 200 kata.
  2. Pada jenis penulisan abstrak ini, penulis bertujuan untuk memberikan informasi secara umum mengenai hal-hal yang berhubungan dengan isi makalah. Seperti pembahasan masalah yang paling umum dialami di kehidupan sekitar. Isian abstrak ini bisa sangat panjang sekitar 400 kata. Namun jangan lebih dari satu halaman. Cocok untuk jenis makalah yang membahas kehidupan sosial dan hal-hal ilmiah umum lainnya.
  3. Abstrak ini menjelaskan mengenai isian sebuah penulisan dengan pernyataan-pernyataan umum yang hampir mirip informatif. Hanya saja tidak disertai fakta-fakta berdasarkan data kuantitatif seperti abstrak jenis informatif. Isiannya juga lebih singkat.

5. Mulai Mencari di Internet, Cocokkan dengan Topik yang Dibahas pada Makalah

Setelah menulis makalah hingga hampir selesai, abstrak langsung bisa ditulis. Carilah contoh penulisan abstrak di internet yang sesuai dengan topik makalah yang dibahas.

Pastikan sudah memahami bagaimana cara menulis abstrak yang baik dan benar, setelah mengetahui jenis penulisan abstrak apa yang akan digunakan.

Agar tidak salah, baca kembali tulisan makalah yang dibuat. Saat mencari contoh tulisan abstrak, usahakan cari dengan kata kunci yang berhubungan dengan topik makalah.

Karena di akhir penulisan abstrak, sering terdapat kata kunci penting. Kata kunci inilah yang akan menjadi pemandu pembaca makalah dalam menemukan inti dari tujuan penulisan yang dibuat.

Ada banyak sekali jenis tulisan abstrak di internet. Jangan hanya membaca satu contoh, bacalah contoh-contoh lainnya. Ingat, jangan sekali-kali mencari contoh abstrak yang tidak berhubungan dengan topik makalah.

Karena ini akan membuang waktu dan menyebabkan tidak fokus. Carilah minimal tiga contoh penulisan abstrak yang berhubungan dengan topik. Lalu tulis abstrak berdasarkan contoh yang didapat.


Contoh Abstrak Bahasa Indonesia

Contoh Abstrak Bahasa Indonesia

Untuk para mahasiswa atau penulis makalah lain yang butuh untuk menulis abstrak, mencari contoh abstrak sangatlah diperlukan. Abstrak dapat ditulis dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris tergantung kebutuhan.

  6+ Contoh Kuesioner : Penelitian, Tugas Akhir dan Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa contoh penulisan abstrak dalam Bahasa Indonesia untuk penulisan semua jenis makalah :

1. Contoh Abstrak Informatif

Judul proposal penelitian : Menelusuri Pembuatan Tas Daur Ulang Dari Plastik-Plastik Bekas di Beberapa Daerah Sebagai Salah Satu Upaya Mengurangi Dampak Limbah Plastik Yang Mencemari Lingkungan

Setiap tahun, jutaan sampah plastik menumpuk dan sulit terurai. Sampah plastik merupakan jenis sampah yang butuh waktu untuk terurai kurang lebih 500 tahun.

Waktu yang sangat lama hingga menyebabkan terjadinya pencemaran udara secara tidak langsung akibat penumpukan limbah plastik. Hingga saat ini, usaha pemerintah dalam mengurangi limbah plastik terus dilakukan.

Setiap harinya, ratusan ribuan bahkan jutaan sampah plastik selalu ditemukan di tempat-tempat umum dan juga tempat-tempat alam seperti laut, sungai, hutan, dan pegunungan.

Bahkan, ada sampah plastik yang ditemukan hampir 20 tahun lamanya tertimbun tanah. Laut pun juga terkena dampak dari limbah plastik yang tertimbun di dasar. Menyebabkan jutaan spesies terancam punah.

Usaha mengurangi sampah plastik tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Butuh juga kepedulian dari masyarakat sekitar dalam membantu mengurangi penumpukan sampah plastik.

Di beberapa daerah, banyak kelompok masyarakat yang terlihat aktif melakukan kegiatan membuat tas daur ulang dari plastik. Bahkan banyak yang mendirikan komunitas khusus untuk membantu berjalannya kegiatan ini.

Pada karya tulis ini, penulis melakukan observasi mengenai kegiatan orang-orang yang melakukan pembuatan tas ulang dari plastik bekas.

Metode yang dilakukan antara lain studi observasi ke masyarakat langsung, melakukan wawancara, dan membuat kuisioner tentang seberapa banyak orang yang tertarik menggunakan tas dari plastik.

Nantinya akan dilakukan pengumpulan data dari orang-orang yang menjadi target observasi yang dilakukan oleh penulis.

Melalui usaha ini, penulis berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai pentingnya mengurangi limbah plastik.

Dan diharapkan masyarakat lain dapat juga melakukan kegiatan serupa dalam rangka memanfaatkan plastik-plastik bekas tak terpakai.

Kata kunci : plastik, limbah, tas, daur ulang

Pada contoh abstrak ini, penulis memaparkan fakta-fakta yang terjadi pada lingkungan sekitar mengenai sampah plastik di sekitar.

Kemudian, berdasarkan informasi yang diberikan, penulis langsung memaparkan maksud dan tujuan penulisan yang dilakukan. Serta menjelaskan metode penelitian yang dilakukan guna memberikan informasi kepada pembaca mengenai isi tulisan.

Baca Juga: Contoh Invoice

2. Contoh Abstrak Indikatif

Judul : Meneliti Upacara Kematian Ngaben di Bali yang Tidak Biasa dan Pengaruh Kepercayaan Umat Hindu Kepada Masyarakat Sekitar

Upacara kematian pada umumnya dilakukan dengan menguburkan mayat ke dalam tanah. Diiringi dengan isak tangis para keluarga yang ditinggalkan.

Setiap orang umumnya percaya bahwa kematian merupakan kepergian seseorang dari dunia ini. Namun hal ini berbeda dengan upacara kematian Ngaben di Bali yang memiliki kepercayaan agama Hindu.

Di sana, mayat yang sudah mati akan dibakar sebagai kepercayaan pembersihan tubuh agar arwah yang meninggalkan bisa benar-benar lepas dari tubuh.

Masyarakat disana percaya bahwa setiap jiwa yang mati akan menemui kehidupan yang sebenarnya, berjalan melewati neraka hingga menuju surga. Kemudian jiwa akan dibangkitkan kembali dengan tubuh yang berbeda.

Upacara kematian yang biasanya diiringi dengan isak tangis, khusus untuk Ngaben diiringi dengan sorak sorai. Karena menurut kepercayaan masyarakat disana, seseorang yang sudah mati akan menjalani kehidupan abadi yang bahagia. Terlepas dari semua beban dunia yang membelenggu.

Karya tulis ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai upacara kematian Ngaben yang akan dikupas secara tuntas.

Mulai dari kepercayaan turun temurun, tata cara prosesi kematian, hingga proses alam kematian yang dipercayai umat Hindu. Diharapkan agar semua masyarakat dapat memahami kepercayaan agama lain dan tetap menjunjung toleransi antar umat manusia.

Kata Kunci : Ngaben, Hindu, Bali, upacara, reinkarnasi

Abstrak ini memberikan informasi secara umum yang diketahui masyarakat pada umumnya. Kemudian langsung memberikan maksud dan tujuan penulisan pada akhir tulisan abstrak.

Abstrak jenis ini tidak menyajikan informasi yang berisi fakta-fakta dengan data kuantitatif dan yang lainnya. Jadi, hanya merupakan penjabaran secara umum saja.

3. Contoh Abstrak Gabungan Informatif dan Indikatif

Judul : Penelitian Terhadap Kesiapan Guru Matematika dalam Mengajar Murid-murid di Sekolah Dasar

Hingga saat ini, tenaga guru matematika semakin banyak dibutuhkan di beberapa sekolah dasar terutama sekolah-sekolah baru yang didirikan.

Setiap calon guru yang mendaftar harus diberikan tes terlebih dahulu untuk menguji kesiapan mengajar murid-murid di sekolah dasar. Begitu juga dengan para calon guru yang berada di Kecamatan Jabung, Malang yang diberikan tes khusus untuk menjadi guru.

Sebanyak 42 calon guru akan mengikuti tes matematika agar dapat dinyatakan lulus dan ditetapkan sebagai guru matematika tetap. Berdasarkan informasi dari guru-guru tersebut, bahwa tes matematika dibagi menjadi dua materi yaitu aritmatika dan geometri.

Kedua materi tersebut harus memiliki nilai di atas 65 untuk dinyatakan lulus. Jika kurang dari 65, maka dinilai tidak memiliki kesiapan menjadi guru.

Hasil penelitian memperoleh bahwa sebanyak 75,6% dari calon guru tersebut mendapat nilai di atas 65 untuk ujian aritmatika dan geometri.

Sedangkan sisanya tidak lulus dan dinyatakan tidak memiliki kesiapan menjadi guru matematika. Setelah ujian tertulis, akan dilanjutkan dengan tes wawancara menjadi guru. Untuk dinilai kesiapan mengajar dan menghadapi para muridnyananti.

Tujuan penulisan ini adalah untuk meneliti bagaimana kesiapan guru dalam mengajar murid-muridnya. Serta memberikan informasi kepada masyarakat luas yang ingin mendaftar menjadi guru tetap, apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang guru.

Penelitian ini menggunakan metode studi obvervasi, wawancara pihak sekolah, dan pengumpulan data guru dari sekolah-sekolah yang menjadi tujuan observasi.

Kata kunci : matematika, pengajar, guru, penguasaan materi

Abstrak jenis ini memiliki perpaduan informatif dan indikatif. Terdapat sajian informasi yang disajikan berdasarkan data. Serta penyajian informasi secara umum yang ditulis.

Di akhir penulisan juga sudah dijelaskan mengenai tujuan penelitian dan poin-poin yang merupakan inti dari isi makalah atau laporan penelitian yang dibuat.

4. Contoh Abstrak Deskriptif

Judul : Aplikasi Cerita Interaktif 25 Nabi Berbasis Android

Tugas akhir ini membahas tentang pembuatan aplikasi cerita interaktif 25 Nabi yang dibangun dengan menggunakan Phonegap, jQuery mobile, HTML5, CSS, Javascript dengan tools pengembangan Eclipse Luna. T

ujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk dapat mengedukasi anak-anak muslim mengenai kisah para Nabi dengan cara yang interaktif dan mudah dipelajari.

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat membaca cerita bergambar, memainkan kuis yang menguji pengetahuan tentang 25 Nabi, dan memainkan setiap permainan yang terdapat di dalamnya.

Aplikasi ini diuji pada emulator Android Virtual Device yang terdapat pada Eclipse dan diuji juga pada Smartphone dengan Operating System Android.

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pencarian referensi kisah nabi yang benar, menguji aplikasi dengan anak-anak langsung, dan mengumpulkan data kuisioner. Yang nantinya data ini digunakan untuk meneliti seberapa banyak anak-anak yang terbantu belajarnya oleh aplikasi ini.

Penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik serta orang tua muslim dalam mengajarkan kisah-kisah para Nabi kepada anak-anaknya.

Kata kunci : 25 Nabi, Rasul, Aplikasi Android, Phonegap, Eclipse

Abstrak jenis ini langsung membahas gambaran penulisan laporan. Sehingga dapat memberikan poin-poin kepada para pembaca dengan tepat.

Abstrak deskriptif paling banyak digunakan oleh para penulis makalah karena dapat langsung memberikan informasi isi tulisan secara to the point.


Contoh Abstrak Bahasa Inggris

Contoh Abstrak Bahasa Inggris

Abstrak Bahasa Inggris merupakan terjemahan dari abstrak berbahasa Indonesia yang terkadang sering dibutuhkan di setiap laporan skripsi, tesis, dan lainnya.

  7+ Contoh Laporan Kuliah, Penelitian, Kegiatan dan Berbagai Tema Lain

Abstrak dalam Bahasa Inggris tidak bisa diterjemahkan hanya seadanya melalui bantuan mesin translator. Tata bahasanya harus diubah sesuai ketentuan penulisan. Berikut ini adalah contoh abstrak Bahasa Inggris yang diterjemahkan dari Bahasa Indonesia :

Baca Juga: Contoh Kuesioner

1. Abstrak Informatif Bahasa Inggris

Title of research proposal: Tracing the Manufacture of Recycled Bags from Used Plastics in Several Regions as One of the Efforts to Reduce the Impact of Plastic Waste That Pollutes the Environment

Every year, millions of plastic waste accumulate and are difficult to decompose. Plastic waste is a type of waste that takes about 500 years to decompose. It is a long time to cause air pollution indirectly due to the accumulation of plastic waste. Until now, government efforts to reduce plastic waste have continued.

Every day, hundreds of thousands and even millions of plastic waste are always found in public places and also natural places such as the sea, rivers, forests, and mountains. In fact, there is plastic waste that has been found for nearly 20 years in the soil. The sea is also affected by the plastic waste that is buried at the bottom. It causes millions of endangered species.

Efforts to reduce plastic waste are not only done by the government. The local communities are also must help reduce the accumulation of plastic waste. In some areas, many groups of people are seen actively carrying out activities to make plastic recycled bags. In fact, many have established special communities to help carry out this activity.

In this paper, the author makes observations about the activities of people who make used plastic bags. The methods include observing the community directly, conducting interviews, and making questionnaires about how many people are interested in using plastic bags. The data will be collected from people who are the target of observations made by the author.

Through this effort, the author hopes to provide education to the wider community about the importance of reducing plastic waste. And it is hoped that other communities can also carry out similar activities in order to utilize unused plastic.

Keywords: plastic, waste, bags, recycling

2. Abstrak Indikatif Bahasa Inggris

Title: Researching the Unusual Ceremony of Ngaben Death in Bali and the Influence of Hindu Beliefs on Surrounding Communities

Death ceremonies are generally carried out by burying corpses in the ground. Accompanied by the sobs of the families left behind. Everyone generally believes that death is the departure of someone from this world. But this is different from the Ngaben death ceremony in Bali which has Hindu religious beliefs.

In their belief, corpses that have died will be burned as a belief in cleansing the body so that the departed spirits can be completely separated from the body. People believe that every dead soul will find a real-life, walking through hell to heaven. Then the soul will be resurrected with a different body. This called a reincarnation.

Death ceremonies are usually accompanied by sobs, but specifically for Ngaben, it accompanied by cheers and fun. Because according to the belief of their belief, someone who is dead will lead a happy eternal life. Because the spirit is separated from the body that lives in the burden of the world.

This paper is intended to provide an understanding of the Ngaben death ceremony which will be thoroughly explained. Starting from hereditary beliefs, procedures for the procession of death, to the natural process of death which is believed by Hindus. The author hoped that all people who read this paper can understand the beliefs of other religions and continue to uphold tolerance between human beings.

Keywords: Ngaben, Hinduism, Bali, ceremony, reincarnation

3. Abstrak Campuran Indikatif dan Informatif Bahasa Inggris

Title: Research on the Readiness of Mathematics Teachers in Teaching Students in Primary Schools

Until now, more mathematics teachers are needed in several elementary schools especially newly established schools. Every teacher candidate must be given a test first to discuss the readiness of teaching students in elementary schools. Likewise with mathematic teachers candidate in Jabung District, Malang, who were given special tests to become teachers.

A total of 42 prospective teachers will take a math test in order to graduate and be determined as a permanent mathematics teacher. Based on information from these candidates, the mathematics test is divided into two materials, namely arithmetic and geometry.

Both of these materials must have a value above 65 to be declared graduated. If it is less than 65, then it is agreed to not have the readiness to become a teacher.

The results obtained by 75.6% of these prospective teachers scored above 65 for the arithmetic and geometry exams. While the others not graduating and declared not having the readiness to become a mathematics teacher. After the written exam is done, it will be followed by an interview test to become a teacher. To discuss teaching readiness.

The purpose of this paper is to discuss how the teacher’s readiness for teaching students. As well as providing information to the wider community who want to register as a permanent teacher, what should be provided to become a teacher.

This study uses the study method of observation, interviewing the school, and transferring teacher data from schools that are the purpose of observation.

Keywords: mathematics, teacher, teacher, mastery of the material

4. Abstrak Deskriptif Bahasa Inggris

Title: 25 Prophet’s Interactive Story Applications Based on Android

This final project discusses the creation of an interactive 25 Prophet application story that was built using Phonegap, jQuery mobile, HTML5, CSS, Javascript with Eclipse Luna development tools. The purpose of making this application is to be able to educate Muslim children about the stories of the Prophets in an interactive and easy to learn the way.

In this application, users can read illustrated stories, play quizzes that test the knowledge of 25 Prophets, and play every game contained therein. This application will be tested on the Android Virtual Device emulator on Eclipse and tested also on Smartphones with the Android Operating System.

The research method used by the author is to find references to the true prophet’s story, test the application with children directly, and collect questionnaire data.

The data will be used to examine how many children are helped by this application learning. This research is expected to help Muslim educators as well as Muslim parents in teaching the stories of the Prophets to their students and children.

Keywords: 25 Prophets, Apostles, Android Application, Phonegap, Eclipse

Demikianlah artikel mengenai cara penulisan abstrak berdasarkan contoh abstrak yang disajikan. Diharapkan artikel ini dapat membantu para mahasiswa dan para penulis makalah lainnya dalam menulis abstrak yang baik dan benar. Tulisan abstrak tidak sulit dibuat asalkan sudah menulis struktur penulisan laporan atau makalah yang akan dibuat.

Contoh Abstrak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.