23+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Gambar dan Penjelasan

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Contoh iklan layanan masyarakat merupakan sebuah iklan yang dibuat secara gratis. Istilah Iklan layanan masyarakat yang ada saat ini disebut juga dengan ILK.

Sebuah iklan yang biasanya memberikan himbauan dan pemberitahuan kepada masyarakat. Selain itu pula agar menambah pengetahuan serta meningkatkan nilai kepedulian dengan adanya isu sosial yang ditampilkan dalam iklan layanan masyarakat tersebut.

Ada beberapa kriteria contoh iklan layanan masyarakat yang layak ditampilkan. ILK tidak bertujuan sebagai komersial, sifat ILK sangat umum, jangkauan luas untuk semua kalangan masyarakat, pengajuan iklan oleh organisasi yang diterima dan diakui pemerintah, serta berdampak dan memiliki kepentingan yang tinggi.


1. Iklan Himbauan Tentang Global Warming

Iklan Himbauan Tentang Global Warming

Bumi semakin menua, masyarakat saat ini wajib waspada dengan global warming. Biasanya iklan himbauan tentang global warming menampilkan gambar bumi dengan slogan atau kalimat-kalimat pendek.

Misalnya, “Satu bumi untuk semua, selamatkan bumi dari global warming. Bumi ini Untuk masa depan anak cucu menyongsong masa depan.”

Baca Juga: Contoh Iklan Niaga


2. Iklan Bahaya Merokok

Iklan Bahaya Merokok

Slogan bahaya merokok sering dijumpai, dengan memberikan himbauan larangan merokok serta memberikan alasan pada gambar poster tentang bahaya merokok.

Misalnya,” Sayangi tubuhmu, nikotin akan merusak paru-parumu secara perlahan.”


3. Iklan Kebersihan 3M (Mandi, Cuci, Kakus)

Iklan Kebersihan 3M (Mandi, Cuci, Kakus)

Iklan tentang kebersihan mandi cuci dan kakus diberikan ke desa-desa yang pengetahuan masyarakatnya masih minim. Karena masih menjadikan sungai sebagai tempat untuk mandi, cuci dan kakus untuk kebutuhan sehari-hari.

Contoh iklan layanan masyarakat misalnya, “Lakukan 3M dengan memperhatikan kondisi kelayakan tempat untuk mandi, cuci dan kakus. Agar terjaga kebersihan dan kesehatannya.”


4. Iklan Bahaya Narkoba

Iklan Bahaya Narkoba

Penggunaan narkoba marak menjadi bisnis dan jaringan nasional hingga internasional. Masyarakat diwajibkan waspada terhadap bahaya narkoba. Biasanya poster berisi dengan macam narkoba dan dampaknya, atau slogan singkat.

Contoh slogan bahaya narkoba,” Narkoba merupakan zat berbahaya yang pada akhirnya akan merenggut nyawa.”


5. Iklan Tentang Hemat Energi

. Iklan Tentang Hemat Energi

Dewasa ini pentingnya penghematan energi merupakan salah satu solusi dalam gerakan mencegah global warming. Selain itu hemat energi dilakukan agar menjaga kebutuhan energi di masa depan.

Contoh slogan hemat energi,” Hemat penggunaan energi dengan mematikan lampu satu jam sehari.”

  7+ Contoh Iklan Produk Beserta Gambar dan Penjelasannya

6. Iklan Program Keluarga Berencana (KB)

Iklan Program Keluarga Berencana (KB)

Laju pertumbuhan penduduk bisa ditekan dengan adanya program keluarga berencana yang dijalankan masyarakat. Masyarakat yang paham akan program KB ini membantu pemerintah dalam menjalankan program kesejahteraan masyarakat.

Contoh iklan layanan masyarakat program slogan KB,” Ayo ikut program KB, 2 anak lebih baik. Rencanakan masa depan anak-anak sejak dini.”


7. Iklan Penghematan Air

Lan Penghematan Air

Biasanya sering dijumpai penggunaan air di tempat umum yang boros seperti tidak menutup kran air setelah memakai air. Penghematan air dilakukan agar stabilitas air tetap terjaga.

Contoh slogan hemat air,” Gunakan air seperlunya, matikan kran air setelah memakai air.”


8. Iklan Hemat Listrik

Iklan Hemat Listrik

Penggunaan listrik yang tidak terkontrol mengakibatkan tagihan listrik membengkak. Selain itu pemborosan terhadap listrik juga bisa berpengaruh kepada pasokan listrik.

Contoh iklan layanan masyarakat hemat listrik,” matikan sakelar utama jika meninggalkan rumah beberapa hari.”


9. Iklan Tentang Kesehatan

Iklan Tentang Kesehatan

Kesehatan merupakan komponen penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Terutama keadaan sehari-hari. Sehat merupakan modal utama untuk hidup lebih baik.

Contoh iklan layanan masyarakat tentang kesehatan, “Lakukan gerakan hidup sehat dengan mengutamakan menu empat sehat lima sempurna.”


10. Iklan Tentang Makanan

Iklan Tentang Makanan

Saat ini maraknya produk makanan di masyarakat menjadikan makanan semakin beragam untuk dipilih. Namun, masyarakat harus memperhatikan kebersihan serta kesehatan produk makanan yang ada di luaran.

Slogan tentang makanan, “Makanan yang higenis adalah Makanan yang diolah sendiri di rumah.”

Baca Juga: Contoh Iklan Shampo


11. Iklan Imunisasi

Iklan Imunisasi

Imunisasi merupakan solusi untuk mencegah wabah virus yang bisa mematikan. Anak-anak yang baru lahir wajib diberi imunisasi serta jangan lupa berikan imunisasi lanjutan kepada anak.

Contoh iklan layanan masyarakat tentang imunisasi, “Berikan wajib imunisasi kepada anak untuk menjaga kekebalan tubuhnya terhadap virus dan penyakit.”


13. Iklan Bahaya Virus

Iklan Bahaya Virus

Virus tersebar dimana-mana. Yang paling utama dalam memberhentikan virus yaitu dengan kekebalan tubuh serta vaksinasi. Masyarakat dihimbau untuk lebih waspada menjaga kesehatan.

Slogan tentang bahaya virus, “Covid 19 merupakan wabah besar dunia, jaga kesehatan, kebersihan serta kondisi kekebalan tubuh dengan baik.”


14. Iklan Gerakan Cuci Tangan

Iklan Gerakan Cuci Tangan

Cuci tangan sangat penting dilakukan, ajarkan cuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak. Biasakan cuci tangan sebelum makan agar higenis dan sehat.

Slogan cuci tangan, “Sering melakukan gerakan cuci tangan agar kondisi tangan terjaga dan terhindar dari penyakit.”


15. Iklan Tentang Pendidikan

Iklan Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan hak bagi anak-anak. Dengan adanya program pendidikan gratis yang diberikan oleh pemerintah maksudnya untuk menjangkau masyarakat menengah ke bawah agar tetap bersekolah mengikuti program wajib belajar 9 tahun.

Contoh iklan layanan masyarakat tentang pendidikan, “Ayo sekolah, dukung program wajib belajar 9 tahun.”


16. Iklan Tertib Berlalu Lintas

Iklan Tertib Berlalu Lintas

Adanya aturan lalu lintas dibuat agar kondisi tertib dan aman. Namun, terkadang masyarakat kurang peduli akan ketertiban tersebut. Misalnya saja tentang penggunaan helm saat berkendara roda dua yang sering lalai dilakukan.

  5+ Contoh Iklan Permintaan Beserta Gambar dan Penjelasannya

Slogan tertib lalu lintas, “Sayangi kepalamu dengan menggunakan helm berstandar nasional.”


17. Iklan Himbauan Tentang Sampah

Iklan Himbauan Tentang Sampah

Kesadaran masyarakat tentang sampah harus diperhatikan. Pembuangan sampah harus dikelola agar tidak ada lagi sampah-sampah di sungai. Sungai yang penuh sampah akan mengakibatkan banjir.

Slogan himbauan sampah, “Buanglah sampah pada tempatnya untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.”


18. Iklan Go Green

Iklan Go Green

Pentingnya penghijauan saat ini memberikan dampak positif terhadap global warming. Misalnya dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor agar tidak menebar polusi. Serta berikan tempat terbuka seperti taman-taman di daerah perkotaan.

Contoh iklan layanan masyarakat tentang go green, ” Gunakan pemanfaatan kembali barang bekas, seperti botol, plastik dan barang lain agar bisa didaur ulang kembali.”


19. Iklan Posyandu

Iklan Posyandu

Posyanda merupakan pos pelayanan terpadu bagi balita. Anak-anak balita wajib dibawa ke posyandu untuk mengecek perkembangan dan pertumbuhan serta kesehatan anak.

Slogan Posyandu,” Ayo ke Posyandu, menuju Indonesia Sehat bagi anak dan balita.”


20. Iklan Siskamling

Iklan Siskamling

Lingkungan aman merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat. Adanya siskamling yang dilaksanakan warga merupakan salah satu bentuk menjaga keamanan lingkungan.

Slogan siskamling,” Mari ciptakan keamanan di lingkungan sekitar dengan program siskamling.”


21. Iklan Gerakan Gosok Gigi

Iklan Gerakan Gosok Gigi

Adanya kebiasaan menggosok gigi sejak dini agar menjaga gigi tetap sehat. Lakukan gosok gigi secara rutin 3 kali dalam sehari. Apalagi jika akan tidur, gosok gigi wajib dilaksanakan.

Slogan gosok gigi,” Lindungi gigimu dengan melaksanakan sikat gigi rutin setiap hari. Saat bangun tidur, setelah makan dan akan tidur.”


22. Iklan Tentang Gadget Dan Media Sosial

Iklan Tentang Gadget Dan Media Sosial

Arus informasi saat ini sangat banyak di media sosial. Penggunaan gadget semakin marak. Jika tidak mampu mengurus arus informasi yang masuk maka akhirnya terjadi penyebaran berita yang tidak seharusnya atau disebut juga hoax.

Slogan tentang gadget dan media sosial.
“Jika ada pepatah mulutmu harimaumu, maka saat ini muncul kalimat, jarimu harimaumu. Gunakan jarimu dengan bijak dalam menebarkan informasi. Pilah dengan baik. Karena berita hoax sangat berbahaya untuk disebarkan.”

Baca Juga: Contoh Iklan Pengumuman


23. Iklan Kampanye Anti Korupsi

Iklan Kampanye Anti Korupsi

Saat ini masyarakat dan pemerintah marak memberikan himbauan dan slogan tentang kampanye anti korupsi. Slogan tersebut biasanya ditempel di instansi-instansi pemerintahan. Untuk mengingatkan para jajaran pemerintah dan masyarakat tentang anti korupsi.

Slogan anti korupsi, ” Berantas Korupsi selamatkan bangsa.”
“Katakan tidak pada korupsi, untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.”

Dengan adanya contoh iklan layanan masyarakat ini diharapkan masyarakat bisa memperhatikan banyak aspek di kehidupan berbangsa dan bernegara. Mulai dari pendidikan, kesehatan hingga menjaga ketertiban yang ada di lingkungan masyarakat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Tinggalkan komentar