25+ Contoh Penutup Makalah Berpagai Tema, Bisa Jadikan Refrensi

Contoh Penutup Makalah – Mendengar kata “makalah” mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Namun sebenarnya tidak semua orang bisa membuat sebuah makalah.

Ada beberapa bagian makalah yang perlu diperhatikan. Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas, mulai dari yang dasar pengertian makalah, jenis makalah yang perlu diketahui, karakteristik makalah hingga deretan contoh penutup makalah.

Makalah tidak hanya digunakan oleh mahasiswa, namun secara umum dokumen ini bisa dibuat oleh siapa saja yang berkepentingan. Hal yang diangkat dalam makalah dapat beraneka ragam, mulai yang bersifat umum hingga yang bersifat khusus.

Semua hal yang terjadi disekitar bisa saja diangkat dalam suatu makalah dan diteliti. Lalu kemudian dijabarkan dan diberi jalan keluar sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk kepentingan banyak orang.


Daftar Isi Artikel

Pengertian Makalah

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan makalah masih sangat dibutuhkan. Lalu apa sebenarnya makalah itu? Jadi makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang dibuat mengenai suatu topic tertentu yang mencakup suatu ruang lingkup pengetahuan. Secara umum makalah terbagi atas beberapa bagian.

Mulai dari pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan isi dan penutup atau kesimpulan. Suatu makalah bisa menjadi syarat studi seperti hasil kajian literatur atau laporan atas suatu kegiatan tertentu. Dalam hal ini makalah harus dibuat dalam satu kesatuan sintesis yang utuh didukung dengan penjabaran masalah teoritik yang sedang dikaji.

Beberapa ahli secara gamblang telah menjelaskan mengenai pengertian makalah. Memang diakui ada sedikit perbedaan. Namun secara keseluruhan, definisi dan tujuannya adalah sama. Tidak lupa, perumusan makalah haruslah menggunakan bahasa baku dan disertai dengan istilah ilmu sesuai pada bidangnya masing-masing.

Baca Juga: Contoh Makalah Atletik


Jenis – Jenis Makalah

Secara umum makalah dibagi  menjadi 3 jenis. Yang mana setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri. Sehingga orang lain bisa mengetahui jenis dan penalaran makalah tersebut. Berikut ini adalah jenis makalah yang umum digunakan saat ini :

1. Makalah Deduktif

Jenis makalah yang pertama adalah makalah deduktif. Makalah deduktif sendiri adalah sebuah makalah yang ditulis secara teoritis. Yang mana untuk jenis ini biasanya selalu mengedepankan analisis yang bersumber dari referensi yang relevan.

Hal ini diperlukan guna menganalisis suatu tema yang tengah diangkat. Makalah jenis ini harus menjabarkan hal yang bersifat umum kemudian diikuti dengan hal yang lebih khusus.

2. Makalah Induktif

Secara umum makalah jenis ini bisa diartikan sebagai sebuah makalah yang dibuat berdasarkan data empiris dari beberapa data yang diperoleh atas kajian langsung di lapangan. Data yang didapatkan dari kegiatan penelitian langsung inilah yang kemudian dibuat sebagai analisis objektif atas sebuah makalah.

Adapun setiap pengguna data harus sejalan dan dipilih sesuai tingkat relevansinya. Makalah induktif ini juga bisa didefinisikan sebagai makalah yang memiliki pola induksi. Yang mana penjelasan di awal bersifat khusus lalu disimpulkan menjadi hal yang lebih umum.

3. Makalah Campuran

Seperti namanya jenis makalah yang ketiga ini menggabungkan jenis deduktif dan induktif. Dimana dasar pembuatannya diperoleh dari data empiris dan kajian teoritis. Pada makalah campuran menggunakan paragraf umum yang kemudian diikuti dengan dengan kalimat penjelasan yang lebih bersifat khusus. Lalu contoh penutup makalahnya juga bersifat umum.


Struktur Penyusunan Makalah

Seperti yang telah disinggung di atas, membuat makalah tidak boleh sembarangan. Dimana data yang dicantumkan harus sesuai dengan data real di lapangan. Untuk pembuatannya sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan. Adapun strukturnya adalah sebagai berikut :

1. Judul/Cover

Judul sebuah makalah harus dibuat dengan jelas dan menggunakan huruf kapital serta dicetak tebal. Jadi judul yang dibuat harus singkat, jelas dan informatif. Usahakan untuk membuat judul semenarik mungkin, namun tetap menjelaskan isi makalah tersebut.

2. Abstrak

Abstrak bisa berisikan ringkasan dari makalah, metode penelitian, hipotesa atau sekilas rangkuman hasil penelitian yang dilakukan. Selain itu Abstrak bisa ditulis menggunakan dua versi, yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk penulisan dalam bahasa Indonesia tidak boleh melebihi 250 kata. Sedangkan dalam versi Inggris tidak boleh lebih dari 200 kata.

3. Daftar Isi

Sebelum masuk dalam contoh penutup makalah perlu juga mengetahui bagian ketiga yakni daftar isi. Daftar isi memuat informasi halaman dari makalah. Setiap bab serta sub-bab dicantumkan serta diberikan keterangan halaman agar memudahkan pembaca.

4. Pengantar

Pengantar mencakup seluruh esensi makalah yakni membahas isi makalah umum secara keseluruhan. Hal ini penting, agar pembaca memiliki pandangan umum mengenai penelitian dalam makalah tersebut. Untuk itu buatlah pengantar dengan baik dan benar.

5. Isi Makalah

Bagian isi dari sebuah makalah haruslah jelas namun tidak bertele-tele. Yakni mencakup dari topic pembahasan yang diangkat oleh si penulis. Disini pembaca akan mendapati langkah pembedahan masalah yang coba dijabarkan oleh pembuat makalah.

6. Kesimpulan

Struktur makalah berikutnya yakni kesimpulan yang menjadi inti dari makalah. Dibagian ini disebutkan mengenai hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Bagian ini cukup penting dan bisa dibilang salah satu tolak ukur keberhasilan pembuatan makalah.

7. Daftar Pustaka

Struktur selanjutnya adalah mengenai daftar pustaka. Daftar pustaka berisi referensi yang yang digunakan membuat makalah dalam menyusun sebuah makalah. Referensi yang dimaksud bisa berupa, majalah, website, wawancara langsung dan sebagainya.

8. Lampiran

Bagian terakhir adalah lampiran. Bagian ini berisi mengenai ringkasan sumber data foto penelitian dalam lapangan, atau bisa juga dalam bentuk kuesioner untuk survey lapangan. Sebenarnya lampiran sendiri tidak harus ada, tergantung seberapa perlu data ini dimasukkan.


Karakteristik Atau Ciri-Ciri Makalah

Jika ditelaah makalah memiliki beberapa ciri atau karakteristik. Salah satunya adalah memiliki ciri akurat dan menyeluruh. Maksudnya, makalah yang dibuatkan harus sesuai fakta serta gagasan yang akurat dan lengkap. Sehingga tidak asal membuat tanpa tahu kondisi sebenarnya dari topic yang diangkat.

Kemudian harus ada sumber yang dapat dipercaya dan juga harus seimbang. Adapun makalah yang dibuat haruslah seimbang dengan menyelaraskan kelebihan dan kelemahan. Sehingga penulis harus mengambil dari sudut pandang yang obyektif.

Ciri yang terakhir, makalah haruslah terlihat dan tertata dengan rapi. Penulisan dan penyusunan sebuah makalah penting untuk memperhatikan kerapian tatanannya. Hal ini bisa diwujudkan dengan mengetahui struktur makalah yang baik dan benar. Tidak hanya itu, sebuah makalah harusnya jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.


Contoh Penutup Makalah

Nah, setelah mengetahui perihal makalah, berikut ini akan disebutkan contoh penutup makalah yang baik dan benar sesuai dengan kepentingan pembuatan makalah. Adapun contohnya adalah sebagai berikut :

1. Contoh Penutup Makalah Tentang Bedah Novel

Contoh Penutup Makalah Tentang Bedah Novel

Salah satu bahan yang bisa dibuat makalah adalah membedah isi dari sebuah novel. Seperti contoh di bawah ini adalah makalah yang membahas novel “Catatan Musim”. Bagaimana membuat penutup untuk makalah pembahasan novel karya Tyas Efendy ini? Berikut ulasan selengkapnya :

PENUTUP

1. Kesimpulan

Dalam novel “Catatan Musim” karya Tyas Efendy ini tokoh Tya diketahui punya sisi psikologis yang kurang stabil. Meskipun begitu, Tya juga tetap dapat mengendalikan perasaan ketika dipertemukan dengan kondisi yang cukup menyakitkan. Diantaranya saat dirinya tiba-tiba ditinggalkan oleh Gema ke Lille. Justru ia lebih memilih untuk menyusul.

Namun bagian yang menyedihkannya, ia malah ditinggal menjauh oleh Gema. Saat itulah merupakan klimaks dari perasaan sedihnya. Tya bahkan merasa perasaannya sudah hancur dan tidak mampu lagi untuk melanjutkan hidupnya. Namun, seiring berjalannya waktu Tya mulai bisa menata kembali perasaannya.

Walaupun memilih tidak kembali pulang, melainkan tetap berada di Lille, ia berusaha untuk menjalani kehidupannya menjadi lebih baik. Kesehariannya ia habiskan dengan mengikuti komunitas pecinta buku di lingkungan tempat tinggalnya. Dari situlah, Tya sadar bahwa kasih sayang yang sebenarnya dia butuhkan justru berasal dari teman-teman se komunitasnya.

2. Saran

Pada dasarnya memang novel ini berkisah tentang sebuah hubungan. Namun akan lebih baik jika membuat kelanjutan kisah dari bagian akhir. Mungkin bisa dibuat dengan nuansa dan background yang lebih berbeda. Pada kisah akhir menceritakan tokoh Tya dan Gema melanjutkan hubungan mereka di jenjang pernikahan.

Akan lebih seru lagi jika ditambah kisah lain setelahnya. Misalnya kehidupan pernikahan mereka. Tentu saja ceritanya akan lebih menarik lagi.


2. Contoh Penutup Makalah Tentang Minat Baca

Contoh Penutup Makalah Tentang Minat Baca

Salah satu tema makalah yang bisa menjadi pembahasan adalah tentang minat baca masyarakat misalnya di suatu daerah. Sama dengan makalah lain, makalah dengan teman ini juga harus dibuat bagian penutup pada bagian akhirnya. Termasuk bagian kesimpulan serta penutup. Berikut contoh penutup makalah tentang minat baca masyarakat.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Setelah dilakukan penelitian dan riset, bisa diambil kesimpulan jika minat baca di daerah “xy” bisa dikatakan sangat minim sekali. Hal ini juga diperparah dengan tidak adanya fasilitas pendukung yang mendorong masyarakat agar lebih menyukai buku. Kondisi ini bisa dibilang sangat memprihatinkan.

Karena di era sekarang yang sudah serba digital ini, masih saja ada masyarakat di sebuah daerah yang tidak memiliki minat baca. Padahal pada umumnya masyarakat yang tinggal sedikit jauh dari lingkungan perkotaan seharusnya lebih senang membaca. Pasalnya hanya dengan membacalah mereka baru bisa mengetahui beragam informasi penting.

Akhirnya kami berinisiatif untuk memberi waktu pada mereka selama seminggu untuk membaca. Hari pertama dan kedua perpustakaan tidak tersentuh sama sekali oleh mereka. Namun setelah hari ketiga sudah mulai ada orang yang mencoba datang. Kemudian begitu seterusnya hingga pengunjung lebih banyak setiap harinya. Sampai akhirnya perpustakaan pun diperpanjang pembukaannya.

2. Saran

Keberhasilan kami dalam penelitian dengan sampel daerah “XY” membuat kami punya sebuah saran yang cukup membangun. Yaitu untuk dibangunnya sarana membaca seperti perpustakaan atau dengan media yang lain. Tidak hanya untuk anak-anak saja namun ruang lingkupnya bisa diperluas, hingga orang dewasa.

Tindakan ini sekaligus menjadi cerminan dari peribahasa “habis gelap terbitlah terang”. Gelap dianalogikan dengan masih minimnya minat baca. Dan terang yang bisa diartikan menjadi sudah mulai tumbuhnya minat baca terutama untuk masyarakat daerah “XY”. Pemerintah juga agaknya ikut andil dalam hal ini salah satunya dengan menyediakan fasilitasnya.


3. Contoh Penutup Makalah Untuk Penelitian Apakah Terjadi Monopoli Antar Pedagang Di Pasar Tradisional

Contoh Penutup Makalah Untuk Penelitian Apakah Terjadi Monopoli Antar Pedagang Di Pasar Tradisional

Tidak jarang juga dilakukan penelitian pada sebuah pasar tradisional untuk melihat apakah ada penjual yang melakukan monopoli atau tidak. Seperti contoh di bawah ini yaitu penelitian di sebuah pasar tradisional klewer di daerah malang. Berikut contoh penutup makalah untuk penelitian tersebut.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Terjadinya perbedaan harga di Pasar Klewer Malang antar pedagang sayur agaknya tidak terlalu signifikan. Hal ini disebabkan karena perbedaan harga terhitung hanya kisaran 6,5 persen saja. Dengan pola seperti ini tentunya tidak membuat pedagang saling menjatuhkan. Dari kira-kira 15 pedagang yang diwawancarai, mereka mengaku harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda.

Harga cabai kecil merah bekisar antara 30 hingga 35 ribu rupiah per kilogram. Sementara cabai merah besar ada di kisaran 25 hingga 28 ribu rupiah per kilogramnya. Bawah merah terpantau antara 35 hingga 38 ribu rupiah per kilogram. Dan untuk bawang putih masih kisaran 48 hingga 50 rupiah per kilogramnya.

Jika dilihat dari data-data tersebut tentu saja dapat disimpulkan jika persaingan antar pedagang sayur di pasar klewer terpantau masih sehat. Dengan begitu pula, kegiatan ekonomi terutama di pasar Klewer ini tidak ditemukan adanya monopoli oleh oknum pedagang tertentu.

2. Saran

Dengan melihat kegiatan ekonomi di Pasar Klewer Malang yang berjalan begitu sehat ada sebuah saran yang bisa penulis sampaikan. Agaknya para pedagang di pasar tersebut supaya mau mempertahankan kondisi serta atmosfer perdagangan tersebut. Hal ini jelas sangat penting untuk dilakukan.

  Contoh Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia ( Download file DOC )

Salah satu manfaatnya adalah agar tetap terjadi keseimbangan kegiatan ekonomi. Terutama di lingkungan Pasar Klewer Malang.


4. Contoh Penutup Makalah Tentang Perekonomian

Contoh Penutup Makalah Tentang Perekonomian

Bidang perekonomian Indonesia yang kadang mengalami kondisi naik turun, kini juga banyak dijadikan bahan makalah. Sama dengan pembuatan makalah tema lain, pada bagian akhir harus dibuat pula sub bagian penutup, bagian kesimpulan dan saran. Berikut contoh penutup makalah dengan tema ekonomi.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Kondisi ekonomi terutama di Indonesia saat ini bisa dikatakan mulai menunjukkan sisi penurunan dan kurang stabil. Bukti dari fakta ini terlihat dari makin mahalnya beberapa harga produk di pasaran. Meskipun bila dilihat, harga yang ditawarkan oleh beberapa penjual dengan produk yang sama cenderung tidak jauh berbeda.

Dari pengamatan yang sudah dilakukan, saat pengambilan sampel 10 pedagang yang menawarkan produk yang sama. Ternyata harga produk tersebut tidak jauh berbeda antar pedagang. Ternyata yang membuat daya beli masyarakat dirasa mulai menurun adalah karena faktor lain.

Diantaranya adalah faktor pendapatan yang mereka terima. Ketidaksesuaian pendapatan yang mereka miliki dengan tingkat harga produk yang mereka butuhkan. Termasuk untuk membeli barang-barang pokok. Hal ini juga merugikan dari pihak pedagang. Mereka akhirnya harus rela menurunkan harga jualan sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih sedikit.

2. Saran

Dari sisi pedagang mereka telah mengupayakan sebanyak mungkin agar dagangan mereka bisa laku. Termasuk dengan menurunkan harga barang, walaupun ini akan merugikan karena laba bisa jadi makin kecil. Melihat kondisi ini agaknya pemerintah mau sedikit memperhatikannya.

Salah satunya dengan membatu agar masyarakat lebih meningkat dari sisi daya belinya. Bisa dengan melakukan langkah mengurangi pengangguran dengan menciptakan banyak lapangan kerja. Tidak hanya mencakup wilayah perkotaan saja. Namun diharapkan supaya lebih luas hingga menjangkau masyarakat pedesaan.


5. Contoh Penutup Makalah Tentang Bahaya Bahan Pengawet Pada Jajanan Anak Sekolah

Contoh Penutup Makalah Tentang Bahaya Bahan Pengawet Pada Jajanan Anak Sekolah

PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan informasi serta penjelasan pada pembahasan sebelumnya dapat ditarik sebuah kesimpulan. Yaitu masih banyak ditemukan bahan-bahan pengawet yang menjadi salah satu kandungan jajanan anak-anak sekolah. Tentu saja hal ini dapat membawa`dampak buruk. Terutama untuk kesehatan tubuh anak-anak.

Maka dari itu sudah jelas sangat dibutuhkan peran aktif dari dinas terkait. Khususnya dinas kesehatan untuk mencegah dan menindaklanjuti kondisi tersebut. Selain itu peran warga sekolah pun perlu ikut andil. Seperti melarang siswanya untuk jajan di luar lingkungan sekolah. Selai itu pihak kantin juga sebaiknya lebih selektif untuk memperhatikan jualannya.

Peran orang tua juga sangat diperlukan dalam masalah ini. Misalnya saja dengan memberikan pengertian sejak dini jika tidak semua makanan atau jajanan di sekolah harus dibeli. Bisa juga dengan memberikan bekal sendiri supaya lebih aman. Sinergi antara peran pemerintah, pihak sekolah serta orang tua adalah faktor penting menangani masalah tersebut.

2. Saran

Penulis sebenarnya menghendaki untuk penyusunan makalah yang lebih rapi. Sehingga penyajian makalah juga bisa lebih sempurna dan enak dibaca. Namun penulis menyadari jika masih terdapat banyak kesalahan terutama di beberapa bagian makalah ini.

Salah satunya hal ini karena masih minimnya pengetahuan penulis tentang tema yang diangkat. Oleh karena itu untuk kesempurnaan di lain waktu, penulis memohon kritik dan saran dari para pembaca. Tentu saja yang sifatnya membangun dari makalah ini untuk bahan evaluasi selanjutnya.


6. Contoh Penutup Makalah Dengan Tema Lingkungan

Contoh Penutup Makalah Dengan Tema Lingkungan

Tema lingkungan pun tidak luput dari bahan pembuatan makalah. Hal ini karena masalah lingkungan hingga saat ini sudah dalam taraf yang cukup membahayakan. Untuk itu bahasan tentang lingkungan makin sering diangkat salah satunya dalam bentuk makalah. Berikut contoh penutup makalah dengan tema lingkungan.

PENUTUP

1. Kesimpulan

Lingkungan sudah dapat dipastikan memang harus dijaga. Hal ini berguna agar tercipta suatu keseimbangan antara manusia dengan alam agar semua bisa hidup berdampingan. Dampak apabila tidak memperhatikan keseimbangan alam, tentu saja kehidupan di bumi juga akan terancam.

Banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkan dengan keacuhan manusia dengan lingkungan serta alam. Seperti akan semakin banyaknya penyakit berbahaya.

Diantaranya diare, pernapasan, kolera, tipus, disentri dan masih banyak lagi. Lain halnya dengan jika kita lebih memperhatikan lingkungan maka akan membawa dampak positif bagi kesehatan.

Misalnya lingkungan akan menyediakan lebih banyak lagi sumber energi untuk kebutuhan hidup kita. Selain itu perlu adanya pencegahan penyakit yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah penyebarannya.

Diantaranya adalah dengan membuat sanitasi yang lebih baik. Seperti untuk pengelolaan air minum serta air untung pembuangan yang terpadu.

2. Saran

Dalam penyelesaian makalah tentang lingkungan ini, penulis menyadari bahwa begitu banyak kekurangan. Hal ini tidak lain karena kurangnya pengetahuan penulis tentang tema terkait. Selain itu disebabkan kurangnya sumber serta terbatasnya waktu penyelesaian makalah.

Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Tentu saja kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan penyusunan makalah dengan teman serupa atau lain di masa yang akan datang.

Semoga makalah ini nantinya akan berguna bagi penulis, khususnya bagi pembaca sehingga lebih memahami tentang pentingnya menjaga lingkungan.


7. Contoh Penutup Makalah Penelitian Kesehatan Siswa

Kesimpulan :

Dari fakta dan data yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan jika pengguna pewarna makanan dan pengawet pada jajanan anak sekolah sangat berbahaya untuk kesehatan. Oleh karenanya perlu dilakukan pencegahan yang efektif.

Adapun upaya yang bisa dilakukan guna mencegah hal tersebut adalah disediakannya jajanan sehat yang ada di kantin sekolah. Serta melarang anak jajan diluar sekolah. tidak hanya sampai disini, peran orang tua dan guru sangat penting demi terwujudnya upaya pencegahan ini.

Saran :

Sedikit saran yang bisa diungkapkan adalah pembatasan penjual di lingkungan sekolah. Bisa juga diberikan peraturan larangan penjual asing masuk dalam ruang lingkup sekolah. Dengan demikian diharapkan upaya pencegahan atas makanan tidak sehat bisa terealisasi.

Tiada yang sempurna dalam dunia ini. Meski penulis mengira bahwa makalah ini sudah disusun dengan baik nyatanya masih ada saja kekurangan yang luput dari perkiraan penulis.

Oleh karena itu, kritik dan saran pembaca sangat berharga demi perbaikan untuk kedepannya. Sehingga diharapkan saran pembaca menjadi evaluasi bagi team dan penulis.


8. Contoh Penutup Makalah Agama Islam

Kesimpulan :

Berdasarkan pada pengamatan dan penjabaran seperti yang telah diterangkan di atas. Penulis mengambil kesimpulan bahwa masyarakat yang mampu melaksanakan shalat wajib 5 waktu secara berjamaah dinilai lebih disiplin serta lebih produktif.

Selain itu orang yang tertib dalam melaksanakan ibadah cenderung memiliki pribadi baik serta mampu menjaga perbuatan dalam keseharian.

Bisa disimpulkan juga jika orang yang rutin melaksanakan shalat 5 waktu dan ibadah shalat sunnah lainnya, memiliki kondisi jasmani dan rohani yang lebih baik. Ketepatan waktu dalam beribadah juga dinilai mempengaruhi sehingga diharapkan umat islam bisa selalu mengikuti sunnah yang telah nabi besar Muhammad SAW ajarkan.

Saran :

Selain daripada kesimpulan di atas terdapat pula beberapa saran yang bisa diuraikan. Seperti pentingnya mengajarkan agama pada anak usia dini. Penanaman ibadah shalat juga dirasa penting untuk generasi Islam yang lebih baik.

Tidak hanya itu, sarana pendidikan dan instansi perkantoran serta lembaga pemerintahan juga perlu menerapkan mengenai waktu pelaksanaan ibadah. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas beribadah untuk membentuk pribadi yang lebih baik lagi.


9. Contoh Penutup Makalah Prakerin

Kesimpulan :

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan di atas adalah kegiatan praktek kerja lapangan memberikan banyak manfaat untuk siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan Prakerin ini juga bisa menjadi sarana untuk mengasah keterampilan para siswa dalam bidang yang telah ditekuninya.

Sehingga siswa mengetahui sedikit gambaran kerja nyata saat nantinya bisa benar-benar bekerja. Diharapkan dengan latihan ini dapat membentuk generasi yang tangguh, profesional dan bertanggung jawab.

Saran :

Menilik dari pembahasan seperti yang telah disampaikan di atas. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi evaluasi kedepannya. Sedikit kekurangan yang penulis temukan di beberapa tempat adalah kurangnya factor keselamatan kerja.

Keselamatan kerja menjadi faktor penting dalam mekanisme bekerja. Oleh karenanya standar keselamatan kerja seharusnya diterapkan pada semua industri dan tempat kerja.

Baca Juga: Makalah Otonomi Daerah


10. Contoh Makalah Singkat

Kesimpulan :

Berdasarkan pada teori yang telah dijabarkan di atas. Serta memiliki beberapa data dan fakta di lapangan dapat disimpulkan jika makanan tidak sehat dan mengandung bahan pengawet berbahaya sangat mengancam kesehatan.

Terlebih jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Begitu juga dengan makanan cepat saji yang menjamur di masyarakat ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan.

Saran :

Setelah mengetahui beberapa dampak negatif. Penulis dalam hal ini membuat makalah menyarankan untuk melakukan pencegahan dengan menyajikan makanan sehat atau bekal sehat dari rumah.

Mencanangkan konsumsi makanan sehat baik di sekolah atau ditempat kerja serta memberikan edukasi pengetahuan mengenai dampak dan bahaya makanan cepat saji.


11. Contoh Makalah Penutup Bahasa Indonesia

Kesimpulan :

Selaras dengan penjabaran makalah yang telah dibuat di atas. Dapat disimpulkan jika penekanan budaya membaca untuk anak kelas 1 sangat penting.

Hal ini berguna untuk pemahaman kalimat yang terkadang luput. Sebagian besar anak kelas 1 baru bisa membaca sehingga belum terlalu lancar.

Kemudian apabila dihadapkan pada soal bacaan dan soal cerita, kebanyakan belum paham maksud soal yang diberikan. Sehingga penting untuk meningkatkan minat baca anak agar lebih lancar membaca.

Metode pembelajaran juga tak luput dari penelitian penulis. Tidak jarang proses pembelajaran menjadi salah satu factor anak enggan membaca. Sehingga diperlukan strategi khusus guna menumbuhkan minat membaca yang lebih intens.

Saran :

Menilik salah satu factor yang membuat anak susah membaca yakni mengenai proses pembelajaran yang monoton. Penulis memberikan saran agar pembelajaran anak tidak hanya dilakukan di ruang kelas. Namun ada perlunya belajar di luar ruang kelas dan selaras dengan tema yang dibahas.

Tidak hanya itu, membaca bacaan cerita inspiratif dengan menyajikan buku bacaan yang menarik bisa menjadi upaya lain yang bisa dilakukan.

Terlepas dari hal itu semua, pembelajaran di rumah juga berperan penting. Orang tua harus selalu mengawasi dan memberikan arahan serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di rumah.


12. Contoh Penutup Karya Ilmiah Pendidikan

Kesimpulan :

Pendidikan adalah faktor vital dalam perkembangan hidup manusia serta dalam upaya pembentukan generasi bangsa. Sehingga pembelajaran dalam dunia pendidikan harus dimaksimalkan.

Selain daripada materi pembelajaran serta proses pengajaran, seharusnya tempat belajarnya pun juga harus memadai. Sehingga diharapkan anak-anak bisa belajar dengan nyaman dan tenang.

Tidak sedikit sekolah yang memiliki keterbatasan tersebut dan hal ini sangat disayangkan. Mengingat pentingnya mencetak generasi yang tangguh, hendaknya dapat mencakup semua kalangan. Tidak hanya terpaku di kota besar, namun juga daerah terpencil seperti pedalaman.

Saran :

beberapa saran yang bisa disampaikan adalah memeratakan pendidikan di semua kalangan. Mari benahi sarana dan prasarana pembelajaran yang efektif.

Pemilihan guru yang kompeten dalam proses pembelajaran siswa. Terlepas dari hal itu, proses pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya sukses. Oleh karenanya perlu dukungan banyak pihak tidak hanya dari pemerintah melainkan juga masyarakat sekitar.


13. Contoh Penutup Makalah PKN

Kesimpulan :

Mengarah pada kesimpulan dari hasil penjabaran di atas. Dapat diperoleh hasil jika penanaman nilai pancasila memberikan pengaruh positif pada anak- anak sekolah. Adapun nilai dasar Pancasila sudah cukup sempurna sehingga tidak membutuhkan perbaikan lagi.

Pemahaman dan pendidikan yang diberikan dalam sekolah menimbulkan generasi kuat cinta Pancasila dan bisa menjadi bekal saat tidak lagi menjalani masa sekolah. Sehingga diharapkan kala keluar dari bangku sekolah bisa membawa diri dimanapun dengan nilai Pancasila yang tertanam pada diri.

Saran :

Beberapa saran dirasa perlu diungkap oleh penulis adalah salah satunya tenaga pendidik yang harus selalu menerapkan nilai Pancasila dalam kelas. Memberikan contoh yang baik agar bisa ditiru oleh anak didik.

Tidak sampai disitu, pengajar juga harus memberikan pemahaman kepada seluruh orang tua siswa agar bisa menerapkan nilai dasar Pancasila dalam lingkungan keluarga. Sehingga anak mendapatkan pendidikan yang sama baiknya antara di sekolah dan di rumah.


14. Contoh Penutup Makalah Individu

Kesimpulan :

Dari penelitian dan penjabaran yang diterangkan dalam makalah di atas, maka dapat diambil kesmpulan jika buku yang berjudul “Sedekah Membawa Berkah” patut untuk diedarkan dan sangat layak untuk dibaca.

Pasalnya penulis juga telah membaca, yang mana isi dan unsur yang coba dijelaskan penulis buku bisa dipahami dengan mudah. Tentu hal ini tidak berdasar pada fiksi semata.

Karena di belakang sampul buku juga tertera orang – orang hebat yang juga telah membuktikannya sendiri. Istilah sedekah bukan hal yang asing, terutama untuk umat muslim.

Banyak hadis yang telah menerangkan dasyatnya sedekah. Namun terkadang sering terlupa, jika sedekah tidak harus menunggu mampu atau kaya. Namun sebaik-baiknya sedekah adalah di saat seseorang tengah kesulitan.

Saran :

Tidak banyak saran yang bisa diungkapkan. Namun sebagai bahan evaluasi kedepan. Diharapkan penulis bisa lebih mengenalkan ulama besar Indonesia yang terkadang luput dari pandangan karena kebanyakan berasal dari daerah terpencil.

Perlu juga pengenalan pendidikan agama seperti pondok pesantren sebagai upaya membentuk generasi bangsa yang kental akan ilmu agama.


15. Contoh Penutup Makalah Pendidikan

Kesimpulan :

Terdapat beberapa kesimpulan yang bisa diuraikan yakni sebagai berikut :

  • Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting dan wajib diberikan kepada semua warga Negara.
  • Semua orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak.
  • Sarana dan prasarana wajib diperhatikan demi terwujudnya proses pembelajaran yang maksimal.
  • Tenaga pengajar harus memiliki keahlian khusus dalam bidang ilmu yang diajarkan. Agar penerapan ilmu kepada siswa bisa dilakukan dengan maksimal.
  • Dalam beberapa kondisi khusus, pendidikan bisa dilakukan secara non formal.
  Contoh Makalah Otonomi Daerah dan Penjelasan ( Download file DOC )

Saran :

Dengan tersusunnya makalah ini diharapkan yang memiliki kewenangan khusus dalam dunia pendidikan bisa memperbaiki satu dua hal yang dirasa penting untuk dibenahi. Perlu adanya pengamatan khusus di lapangan dari pihak terkait untuk mengetahui kendala yang dihadapi setiap sekolah.

karena tidak hanya kota besar, namun pendidikan di desa juga memiliki pengaruh besar untuk negeri. Mungkin sudah tidak asing lagi jika banyak orang hebat muncul bahkan berasal dari desa.

Inilah yang menjadi salah satu dasar, pemerataan dunia pendidikan harus diperhatikan. Mengingat pentingnya penerus bangsa yang cerdas, baik dan bermartabat.


16. Contoh Penutup Makalah Novel

Kesimpulan :

Dari pembahasan beberapa bab dalam makalah yang dibuat, penulis menyimpulkan jika novel yang berjudul “Kerudung Merah Jambu” ini cukup menarik untuk dibaca.

Pasalnya pemeran utama dalam novel ini yakni Anisah, memiliki sifat yang tidak bertentangan dengan agama manapun. Meski secara khusus Islam yang paling dominan dalam alur ceritanya namun beberapa agama lain juga ditunjukkan dengan penjabaran sikap yang positif.

Menghargai setiap keyakinan manusia adalah hal yang patut dilakukan. Bahkan dalam Islam sendiri tidak boleh memaksa seseorang untuk percaya dengan agama yang dianut. Sebaliknya sikap yang baik tetap harus dihadirkan dalam hal bermasyarakat.

Saran :

Sebagai orang yang telah membaca keseluruhan dari novel ini, penulis memberikan saran jika berkenan bisa membaca novel “Kerudung Merah Jambu”.

Salah satu hal menarik dari cerita ini adalah kisah ta’aruf antara Anisah dan Abizar. Pada bagian inilah penulis merasa terkesan dengan alur cerita serta bahasa kias yang digunakan.


17. Contoh Penutup Makalah Kelompok

Kesimpulan :

Dengan analisa yang telah dilakukan di Desa Mawar disimpulkan jika Desa tersebut belum sepenuhnya menggunakan pekarangan rumah untuk hal yang lebih produktif.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya lahan kosong yang terbengkalai tanpa digunakan untuk usaha apapun. Oleh karenanya perlu pemahaman mengenai pentingnya pemanfaatan lahan agar menjadi nilai tersendiri bagi si pemilik kebun.

Beberapa warga mengaku sulitnya air yang digunakan untuk aliran sawah. Disinilah tugas dari perangkat desa untuk memberikan solusi dengan musyawarah bersama. Tidak ratanya aliran air yang ada bisa menjadi penyebab warga mengabaikan lahan karena sering gagal panen.

Saran :

Selain daripada masalah air, kurangnya pengetahuan warga mengenai jenis tumbuhan yang bisa ditanam dengan karakteristik tanah disini juga menjadi kendala berikutnya.

Oleh karennya pemerintah setempat harus turun tangan dengan memberikan edukasi merata pada masyarakat Desa Mawar.

Jika memiliki ketidakmampuan dalam penyampaian materi, perlu juga dihadirkan ahli yang berkepentingan dalam bidang tersebut. Tidak hanya itu, pemerintah desa juga harus bisa menyediakan bibit tanaman serta pupuk yang diperlukan untuk usaha pemanfaatan lahan.

Sehingga warga tidak merasa kesulitan mencari. Perlu juga dilakukan antisipasi agar tidak ada penimbunan pupuk oleh oknum yang tak bertanggung jawab.


18. Contoh Penutup Makalah Pramuka

Kesimpulan :

Dari makalah yang telah dibuat dan dianalisis di atas maka dapat diambil kesimpulan jika kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah sebuah kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Selain itu dari pelajaran yang diterapkan dalam kegiatan pramuka, dapat memberikan pengetahuan baru diluar pelajaran formal.

Dapat diharapkan dari sini siswa berlatih keterampilan, belajar kerjasama dalam team, serta belajar menjadi pemimpin yang bertanggung jawab. Sehingga diharapkan setiap siswa mampu bertahan dalam kondisi apapun dan dimanapun dengan bekal yang sudah didapat dalam kegiatan ini.

Saran :

Sebagai salah satu hal yang bermanfaat, tidak ada salahnya untuk mengikuti kegiatan pramuka di sekolah. Karena hanya lewat lembaga inilah siswa bisa mengetahui pengajaran pramuka. Setelah memiliki bekal yang baik, diharapkan ilmu yang didapat nantinya bisa berguna untuk masa depan.

terkadang banyak anak meremehkan kegiatan pramuka. Disinilah peran orang tua dan guru sangat dibutuhkan. Mengingat tidak hanya pendidikan formal yang perlu diasah namun juga pendidikan mental. Sehingga akan lahir generasi penerus yang tidak hanya cerdas namun juga kuat fisik dan mentalnya.


19. Contoh Penutup Makalah Penelitian

Kesimpulan :

Berdasar pada pembahasan makalah diatas dapat ditarik kesimpulan jika istirahat yang mencakup dengan pola tidur yang baik dapat bermanfaat untuk kesehatan serta meningkatkan produktivitas. Karena istirahat cukup bisa meningkatkan imun tubuh, meningkatkan daya ingat serta daya pikir juga bisa memperbaiki suasana hati.

Saran :

Sedikit saran dari penulis yakni untuk menjaga tidur serta membiasakan disiplin tidur. Agar tubuh selalu sehat dan bugar. Sejalan dengan hal itu, lakukan refreshing seperti pergi berlibur atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobi atau kegemaran.

Baca Juga: Contoh Susunan Makalah


20. Contoh Penutup Makalah Kebudayaan

Kesimpulan :

Dari bab-bab yang telah diuraikan dalam makalah di atas dapat diambil kesimpulan jika kebudayaan layak dan wajib dilestarikan dan dipertahankan. Indonesia adalah Negara yang tidak hanya kaya suku namun juga budayanya.

Oleh karena itu pemahaman perihal upaya pelestarian budaya perlu ditegakkan. Tidak sedikit yang justru acuh dengan budaya yang ada. Terlebih generasi milenial yang kini lebih cenderung suka dengan budaya orang luar. Disinilah pentingnya penanaman budaya sejak usia dini.

Peran orang tua guru dan lembaga pemerintahan mulai dari desa hingga kota besar juga berpengaruh. Seharusnya semua unsur bisa bersinergi membangun dan mempertahankan budaya yang ada. Serta belajar menyukai budaya negeri sendiri.

Saran :

Sebagai salah satu warga Negara yang baik, penulis memberikan saran untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya negeri. Melihat dunia luar memang perlu, namun mempertahankan budaya negeri juga harus diperhatikan. Ada banyak suku yang membawa budayanya masing – masing. Oleh sebab itu, mulailah untuk menyukai budaya dari daerah sendiri.


15. Contoh Penutup Makalah Flora Dan Fauna

Kesimpulan :

Dari penjabaran pada bab-bab yang telah dijelaskan dalam makalah ini maka dapat diambil kesimpulan jika Indonesia kaya akan flora dan fauna. Kekayaan ini bisa berbalik baik atau buruk tergantung cara penggunaan dan pelestariannya.

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan aspek ini untuk mencari keuntungan sendiri. Untuk itulah perlunya payung hukum untuk menjaga kelestarian alam flora dan fauna. Kekayaan ini harus bisa dipertahankan demi masa depan penerus bangsa. Mengingat luasnya lautan serta hutan yang dimiliki Indonesia, seharusnya ada payung hukum yang kuat yang berwenang khusus disini.

Saran :

Disini penulis juga akan mengungkapkan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan. Seperti adanya sanksi yang tegas dan jelas mengenai pelanggaran pemanfaatan flora dan fauna di indonesia. Hal ini seharusnya diterapkan kepada semua kalangan tanpa pandang bulu.

Sehingga petinggi atau pejabat yang berani bermain di dalamnya, juga akan merasa takut. Karena tugas ini adalah tugas semua warga Negara. Jadi tidak seharusnya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Melihat banyak hewan langka yang diperjualbelikan rasanya ini sudah keterlaluan.


21. Contoh Penutup Makalah Kesehatan

Menilik dari pembahasan yang telah diuraikan di atas, penulis beserta team mengambil kesimpulan sebagai berikut :

  • Kesehatan adalah faktor utama untuk menjalani kehidupan. Semua orang bisa melakukan kegiatan jika badan sehat.
  • Kesehatan seseorang bisa dipengaruhi dari pola hidup yang baik. Termasuk di dalamnya mencakup pola makan, pola tidur, kebiasaan baik dan olahraga.
  • Kesehatan manusia tak hanya meliputi fisik tapi juga kesehatan psikis.
  • Kesehatan seharusnya tidak memandang usia, sedari dini harus diterapkan pentingnya hidup sehat kepada anak-anak. Disertai dengan makanan yang bergizi sebagai konsumsi wajib setiap hari.

Saran :

Sedikit saran yang bisa disampaikan, yakni untuk terus menjaga kesehatan minumlah air putih yang bersih minimal 8 gelas sehari. Biasakan untuk perbanyak makan buah dan sayur. Terkadang anak sulit untuk memakan sayur. Sebagai orang tua harus pintar membuat kreasi agar anak tertarik konsumsi sayur.


22. Contoh Penutup Makalah Korupsi

Kesmipulan :

Dari pembahasan pada beberapa bab dan sub-bab yang tertuang dalam makalah di atas maka dapat disimpulkan beberapa hasil seperti diantaranya :

  • Korupsi adalah sebuah kejahatan besar yang merugikan semua orang
  • Korupsi yang terjadi di Indonesia sudah sangat besar, hal ini bisa dilihat dari banyaknya laporan penangkapan mulai dari tingkat desa hingga kota.
  • Adapun upaya  pencegahan yang coba dilakukan di Indonesia sudah baik namun belum maksimal. Terlebih adanya beberapa ruu yang kemudian dinilai melemahkan penegak hukum seperti KPK.
  • Sanksi yang diberikan kepada tersangka korupsi belum sepenuhnya maksimal. Sehingga perlu evaluasi dikemudian agar para oknum ini benar – benar merasa jera.

Saran :

Sebagai pelengkap dari penyusunan makalah ini, penulis memiliki beberapa saran. Yakni :

  • korupsi perlu ditumpas sampai ke akarnya.
  • Perlu pengetahuan sejak dini dan pengajaran mengenai korupsi. Sehingga dari kecil sudah mengetahui hal yang menjurus kepada kejahatan korupsi itu sendiri.
  • Perlu adanya jaminan hukum pada pelapor yang berani melaporkan kejahatan korupsi kepada pihak berwenang. Banyak orang merasa takut karena merasa tidak aman saat berhadapan dengan pelaporan kasus korupsi.

18. Contoh Penutup Makalah Objek Wisata

Kesimpulan :

Beberapa kesimpulan yang bisa ditarik dari penjabaran makalah di atas adalah :

  • Tempat wisata adalah aset penting bagi setiap daerah.
  • Ada banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan dengan adanya objek wisata.
  • Perlu dukungan dari pemerintah mengenai pemanfaatan, pelayanan serta peningkatan daerah wisata.
  • Objek wisata bisa menjadi sarana pengetahuan bagi pengunjung.
  • Tugas pengelola dan pengunjung untuk terus menjaga kebersihan tempat wisata.

Saran :

Sebenarnya ada banyak tempat wisata yang tersembunyi di negeri ini. oleh karena itulah perlu promosi intens agar masyarakat umum mengetahui keindahan alam tersembunyi pada suatu daerah. Adanya media sosial bisa menjadi pilihan tepat untuk cara promosi gratis. Perlu adanya musyawarah desa untuk mengatur serta mengelola tempat wisata agar dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

23. Contoh Penutup Makalah Hak Asasi Manusia

Kesimpulan :

Menilik dari semua yang telah diterangkan dalam makalah ini. Maka dapat ditarik kesimpulan jika semua warga Negara memiliki hak wajib yakni hak asasi manusia. Sehingga apabila terjadi ketidakadilan dalam penanganan perihal hukum. Seseorang bisa membuat tuntutan atas dasar hak asasi manusia.

Hal ini penting untuk pemerataan sanksi hukum tanpa memandang status sosial seseorang. Oleh sebab itu, jika terjadi suatu pelanggaran bisa diajukan kepada pihak yang memiliki wewenang tersebut. Dengan begitu tidak ada lagi penindasan hukum di negeri ini.

Saran :

Sedikit saran yang bisa penulis ungkapkan adalah penting menjaga hubungan baik sesama manusia. Tidak perlu memandang siapa orang tersebut dan apa jabatannya. Karena pada dasarnya semua orang sama di mata Tuhan. Kecuali iman dan taqwa yang membedakan.


24. Contoh  Penutup Makalah Bisnis Online

Kesmpulan :

Selaras dengan bab yang telah dijelaskan dalam makalah, maka dapat diambil kesimpulan jika bisnis online merupakan solusi tepat saat ini. Perkembangan dunia teknologi memberikan dampak besar kepada pelaku usaha. Terlebih saat kondisi pandemic yang menyerang seluruh dunia. Hal ini menjadikan daya beli masyarakat beralih ke dunia online.

Sehingga tidak perlu keluar rumah untuk membeli bahan kebutuhan sehari – hari. Ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan dan didukung dengan promosi yang disediakan. Tidak hanya yang berbayar namun juga terdapat promosi secara gratis. Tentu saja dampak yang dihasilkan lebih besar menggunakan promosi yang berbayar.

Untuk melakukan hal ini tidak memerlukan keahlian khusus. Karena ada banyak developer marketing yang siap membantu sesuai dengan kebutuhan. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung keinginan serta fitur yang diberikan. Tidak hanya kalangan muda, ibu rumah tangga pun kini telah banyak menjalankan bisnis online.

Saran :

Beberapa saran yang bisa diuraikan penulis adalah hendaknya memilih menjalankan bisnis online sesuai dengan keahlian atau kegemaran. Penjual juga harus pintar menarik perhatian pelanggan dengan mempertahankan kualitas produk yang ditawarkan. Memberikan diskon juga salah satu upaya menarik pelanggan baru.

Tidak hanya untuk penjual, pembeli juga harus  berhati – hati ketika membeli barang. Ada banyak penipuan online yang telah terjadi. Salah satu upaya untuk menghindari penipuan ini bisa dengan berbelanja di marketplace yang menggunakan pihak ketiga dalam proses pembayarannya. Sehingga uang tidak akan sampai ke penjual jika barang belum diterima pembeli.

Makalah bisa dibuat sesuai dengan kepentingan si pembuat. Ada banyak unsur dan aspek yang bisa diangkat dalam suatu makalah. Hal ini tentu melibatkan beberapa orang demi terwujudnya penyusunan sebuah makalah yang baik dan benar. Seperti halnya saat akan melakukan penelitian di suatu daerah, tentu langkah pertama adalah mendapatkan izin dari yang berwenang di daerah tersebut.

Wawancara secara langsung dengan yang bersangkutan juga sering digunakan sebagai data dalam pembuatan makalah. Semoga contoh penutup makalah seperti yang telah dijabarkan di atas bisa menjadi referensi bagi yang tengah bingung membuat rangkaian kata penutup yang tepat.


Itulah beberapa contoh penutup makalah dari beragam tema. Semua contoh tersebut bisa dijadikan bahan acuan jika sewaktu-waktu ingin membuat sebuah makalah.

Yang paling penting dalam membuat penutup yaitu berikan penjelasan yang cukup lengkap. Tentunya agar tidak membingungkan pihak pembaca.

Contoh Penutup Makalah

Tinggalkan komentar