30+ Contoh Penutup Pidato Efektif dan Menarik Berbagai Tema

Contoh Penutup Pidato – Definisi dari pidato menurut KBBI merupakan sebuah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Salah satu bagian penting dalam sebuah pidato adalah penutup pidato.

Penutup pidato. Bagi yang tidak terlalu mahir membuatnya, banyak contoh penutup untuk pidato yang bisa didapatkan dari berbagai sumber. Beberapa contoh penutup pidato diantaranya ada disini, dengan berbagai tema yang dapat dijadikan referensi.

Penutup biasanya terdapat sebuah ucapan yang dapat mengajak dan menyentuh hati dan pikiran pendengar agar tergerak dalam melakukan suatu hal yang dapat bermanfaat.

Serta mendapat pengetahuan yang baru setelah mendengar pidato tersebut. Pembawaan penutup pidato pun tergantung pada hal yang ingin disampaikan. Dapat berupa penyampaian yang menyenangkan maupun dengan sedikit nada menurun penuh penekanan.


Daftar Isi Artikel

Unsur dari Penutup Pidato 

Unsur Dari Penutup Pidato 

Sebelum langsung menuju contoh penutup pidato. Terdapat beberapa unsur yang menjadi bagian penting dalam penutup sebuah pidato yang perlu diketahui. Unsur-unsur ini dapat disesuaikan dengan tema pidato yang disampaikan.

Tujuannya untuk melengkapi atau mengakhiri pidato dengan memastikan bahwa pendengar telah memahami maksud dari pidato yang disampaikan. Adapun unsur dari penutup sebuah pidato yang dapat digunakan.

1. Diawali dengan Harapan

Dalam awalan penutup sebuah pidato, kalimat pertama yang biasanya dipakai yaitu berupa kalimat-kalimat harapan dari orang yang berpidato kepada pendengarnya. Hal ini dapat menjadi penting dalam penutup sebuah pidato.

Misalkan jika sedang membawakan pidato dengan tema pendidikan. Maka pada harapan dalam penutup pidato, perlu mengandung unsur yang mengharapkan pendengar akan lebih menggiatkan pembelajaran.

Unsur harapan ini perlu disusun secara jelas dan tegas. Agar semua pendengar dapat memahami maksud yang disampaikan. Sehingga pendengar dapat merasakan harapan yang disampaikan oleh pembicara yang sedang menyampaikan pidatonya.

Baca Juga: Contoh Teks Cerita Sejarah

 2. Kesimpulan

Kesimpulan dapat menjadi penutup yang penting dari sebuah pidato. Dalam kesimpulan ini terdiri dari inti keseluruhan dari pidato yang disampaikan. Isi yang disampaikan biasanya berupa hal-hal penting yang telah dirangkum dengan tambahan kalimat yang menguatkan sebuah pidato yang telah disampaikan sebelumnya.

3. Menghimbau

Unsur dari kalimat penutup yang selanjutnya yaitu berisi himbauan, dimana kalimat yang mengajak pendengar untuk melakukan suatu tindakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

Himbauan ini dapat bersifat menarik semua pendengar, menggerakkan penonton, dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi guna mencapai tujuan yang bermanfaat.

4. Permintaan Maaf

Setelah mengungkapkan kesimpulan, biasanya akan diucapkan kalimat permintaan maaf pada akhir pidato. Permintaan maaf tepat saat pidato selesai dilakukan. Karena topik yang diberikan tidak selalu sempurna, mungkin telah membuat kesalahan dalam membuat pidato yang salah atau membuat kesalahan interpretasi. Jadi ada saatnya untuk melakukan permintaan maaf, karena hal ini sangat masuk akal jika terjadi.


Contoh Penutup Pidato Pernikahan

Contoh Penutup Pidato Pernikahan

Pada acara pernikahan biasanya terdapat pidato sambutan dari pihak mempelai wanita maupun pria. Pidato biasanya akan berupa pembahasan mengenai tema rumah tangga yang dibawakan dengan serius sehingga terasa sakral.

Rangkaian kata yang dipilih ditujukan kepada semua yang menghadiri acara tersebut khususnya orang dewasa yang mengingatkan betapa pentingnya menjalin hubungan rumah tangga yang baik. Serta beberapa nasehat yang perlu diingat selama menjalani sebuah pernikahan. Berikut ini merupakan contoh dari penutup pidato saat acara pernikahan.

1. Penutup Pidato saat Pernikahan 

Untuk Ananda yang sangat kami cintai, kalimat terbaik ini adalah kalimat yang memberikan pidato ini sebagai pengingat kehidupan masa depan. Ingatlah hari ini untuk lebih memperkuat ikatan keluarga. Pernikahan berarti bersiap untuk menjaga satu sama lain, saling mencintai dan setia satu sama lain sampai mati.

Jadi tolong selalu berjalan bersama dan hadapi jika ada kendala. Sebagai orang tua, kami hanya bisa membawa kalian semua ke pintu pernikahan ini. Selain itu, di dalam bahtera kehidupan, kalian semua harus berusaha untuk konsisten dalam menjalaninya

Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatiannya, semoga kita semua senantiasa selalu diberi keberkahan, aamiin.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.


Contoh Penutup Pidato Sekolah

Contoh Penutup Pidato Kemerdekaan 

Guru atau kepala sekolah sering melakukan pidato di depan para murid dalam berbagai acara. Baik acara perpisahan, upacara bendera, dan Lain Sebagainya. Pada saat tersebut pidato didengar oleh para siswa yang biasanya terkandung isi berupa himbauan, ajakan, dan menyemangati mengenai program sekolah maupun ajakan lebih giat belajar.

Penutup pidato yang disampaikan pun harus memiliki informasi yang dapat dikemas dengan baik agar d tersampaikan dengan baik kepada para pendengar di sekolah. Berikut inilah contoh penutup pidato yang bertema penutup pidato sekolah.

1. Penutup Pidato Saat Upacara Bendera

Marilah seluruh warga sekolah sekalian untuk senantiasa meningkatkan kinerja, baik kinerja dalam belajar, mengajar maupun dalam bekerja. Karena dengan kinerja yang baik dapat memajukan sekolah ini menjadi lebih baik lagi kedepannya. Kinerja yang baik pula akan memberikan manfaat yang baik untuk diri sendiri dalam mengembangkan karakter diri

Demikian yang dapat disampaikan dalam pidato hari ini. Diharapkan seluruh warga sekolah dapat memahami isi pidato yang telah disampaikan. Menerapkan sepenuhnya dalam kehidupan sehari-hari Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

2. Penutup Pidato Saat Acara Perpisahan

Seluruh siswa yang berbahagia, ingatlah bahwa hari ini bukanlah akhir dari segalanya. Justru ini merupakan sebuah awal dari sebuah tahapan baru yang akan dilalui untuk menuju masa depan yang lebih indah. Berbagai tahapan telah dilalui di sekolah ini, hingga akhirnya kalian semua selesai sesuai dengan harapan saat awal masuk sekolah ini.

Diharapkan kenangan, pertemanan, dan hubungan baik antara siswa saat ini dapat bertahan hingga nanti. Teruslah berjuang menjadi lebih baik dan melangkah ke arah yang lebih baik lagi di dunia yang baru diluar sana. Semoga perjuangan yang akan dilakukan nanti dapat membuahkan kesuksesan dunia dan akhirat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Penutup Pidato Saat Ulang Tahun Sekolah

Diharapkan Semua anggota sekolah selalu bekerja sama untuk mencapai sekolah yang nomor satu. Oleh karena itu marilah kita semua belajar secara aktif dan juga aktif melaksanakan kegiatan guna memberikan prestasi yang terbaik bagi sekolah ini.

Prestasi akan dapat diwujudkan dengan siswa-siswa yang bersemangat tinggi dan juga dibimbing oleh para guru yang aktif dalam membantu siswanya belajar. Sehingga dapat meraih mimpi yang tinggi sekali pun dan dimanapun.

Sekian pidato yang dapat disampaikan. Mohon maaf jika ada salah-salah kata yang telah terucapkan. Terimakasih atas perhatiannya. Semoga pidato yang telah disampaikan dapat memicu semangat seluruh warga sekolah ini dalam mengembangkan prestasi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Penutup Pidato Kemerdekaan 

Contoh Penutup Pidato Kemerdekaan 

Pidato saat hari kemerdekaan sering dilakukan saat upacara bendera dengan isi yang biasanya berisi tentang semangat perjuangan para pahlawan dahulu. Perjuangan mereka yang sangat perlu dihargai dalam membela tanah air hingga akhir hayat para pejuang kemerdekaan.

Hari kemerdekaan juga merupakan sebuah momen yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Dimana pada hari tersebut terjadi peristiwa yang mengubah bangsa ini menjadi mandiri seperti yang sekarang dialami hingga hari ini. Berikut merupakan penutup pidato yang biasanya disampaikan saat hari Kemerdekaan.

1. Contoh Penutup Pidato Kemerdekaan di Kantor

Perjuangan harus terus dipertahankan hingga akhir. Untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan segenap tumpah darahnya. Maka dari itu, mari kita sebagai masyarakat yang berjiwa cinta tanah air untuk selalu bersama dalam meneruskan cita-cita mulia para pahlawan dalam memajukan negeri ini.

Caranya dengan mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras, memberikan kinerja yang baik. Tidak hanya di lingkungan kerja, tetapi juga di lingkungan masyarakat. Menjunjung tinggi semangat perjuangan yang disertai dengan akhlak dan moral yang baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kata yang tidak sepatutnya saya ucapkan. Terimakasih atas perhatian rekan-rekan kerja yang saya banggakan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Contoh Penutup Pidato Kemerdekaan di Sekolah

Warga sekolah sekalian, perjuangan para pahlawan yang telah lalu perlu dihargai setinggi-tingginya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan yang terbaik bagi bangsa ini dimulai dengan hal kecil. Seperti belajar sungguh-sungguh, membanggakan orang tua, sekolah dan masyarakat dengan prestasi.

  12+ Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan, Lingkungan dan Lainnya

Mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai positif di kehidupan sehari-hari. Jadilah putra putri bangsa yang meninggikan nilai moral, kasih sayang terhadap sesama. Sekian pidato yang dapat disampaikan. Terimakasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah dalam bertutur kata saat melakukan pidato ini.

Salam sejahtera untuk kita semua.


Contoh Penutup Pidato Bertema Pendidikan

Contoh Penutup Pidato Bertema Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, hampir semuanya pernah mengalami saat dimana berbicara di hadapan banyak ataupun berpidato. Biasanya hal yang disampaikan tidak jauh dari topik bertemakan pendidikan. Isi dari tema ini tidak hanya berupa nasihat belajar, akan tetapi terdapat juga nilai gagasan seseorang terhadap suatu masalah dalam dunia pendidikan.

Kata yang dikeluarkan saat pidato pendidikan juga perlu memiliki maksud yang jelas. Pembahasan yang lebih mengecil membuat pendengar dapat lebih memahami apa maksud dari yang menyampaikan pidato tersebut. Berikut adalah contoh dari penutup pidato pendidikan yang dapat dijadikan inspirasi dalam menulis pidato.

1. Penutup Pidato Pendidikan Karakter

Marilah kita bersatu dan bersama untuk membentuk karakter yang baik untuk anak bangsa yang lebih bermartabat, lebih santun, dan lebih baik. Karena harapan bangsa ini ada pada mereka anak-anak muda yang akan menjadi penerus bangsa ini. Jangan mudah terprovokasi dengan kabar-kabar yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya, jadilah pemegang peranan penting dalam pembentukan karakter anak bangsa.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan hari ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dari pemilihan kata yang kurang baik. Semoga maksud saya dalam pidato ini dapat tersampaikan dengan baik kepada para pendengar yang hadir disini.

Wassalamualaikum Wr.Wb

2. Penutup Pidato Membangun Bangsa

Mengajar bukan hanya membuat murid menjadi pandai. Namun, mengajar perlu juga membangun karakter yang baik dari siswa tersebut. Karena pendidikan karakter itu sangat penting dalam membangun kepribadian bangsa yang besar. Dimana dalam bangsa yang besar terdapat nilai-nilai moral yang baik. Tujuan tersebut tentunya perlu sinergi yang baik antara banyak pihak.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga pidato ini membuat kita semua dapat membentuk sinergi yang baik hingga mampu untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik. Apabila ada salah kata mohon dimaafkan, karena manusia tidak pernah terlepas dari yang namanya salah. Terimakasih atas perhatian hadirin sekalian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi


Contoh Penutup Pidato Cinta Lingkungan

Contoh Penutup Pidato Cinta Lingkungan

Pidato jenis ini biasanya digunakan pada acara-acara tertentu yang terkait dengan tema cinta lingkungan. Seperti memperingati hari bumi contohnya pada tanggal 22 April. Dimana dengan pidato ini lebih mengingatkan masyarakat untuk melestarikan alam sekitar dengan cara lebih memperhatikan lagi tentang kebersihan dan kepedulian pada alam.

Disertai juga dengan himbauan-himbauan seperti, tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan deterjen berlebihan, membuang limbah sembarangan dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh pidato penutup bertemakan cinta lingkungan.

1. Penutup Pidato Hari Bumi

Bumi yang semakin tua, banyaknya pemanasan global dan berbagai permasalahan sampah mendorong kita untuk lebih memperhatikan dan melindungi bumi. Dalam rangka memperingati Hari Bumi ini, marilah kita bahu membahu menciptakan bumi yang lestari dan menjadikan bumi sebagai tempat untuk diwariskan kepada anak cucu kita kelak.

Melindungi bumi dengan menjaga lingkungan sekitar dan berperan aktif dalam mengurangi pemanasan global dan krisis persampahan untuk melindungi bumi. Mari kita lindungi bumi ini bersama-sama. Akhir kata, apabila penyampaiannya salah mohon maaf dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk semua.

2. Penutup Pidato Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pada hari lingkungan hidup ini, sebaiknya kita mulai dari hal yang kecil seperti menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Menggunakan apa yang ada di lingkungan dengan seperlunya. Itu semua dilakukan demi masa depan yang cerah akan kelestarian lingkungan hidup.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dalam acara menyambut hari lingkungan sedunia kali ini. Semoga setelah ini kita sebagai masyarakat semakin peduli dengan lingkungan sekitar. Jangan lelah untuk mengingatkan sesama kita untuk mencintai lingkungan hidup kita. Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Penutup Pidato Kebersihan

Contoh Penutup Pidato Kebersihan

Tema ini biasanya menjadi salah satu tema pidato yang biasa digunakan dalam berbagai acara. Hal ini dikarenakan faktor kebersihan yang menjadi salah satu bentuk menjaga kelestarian alam. Kebersihan dari lingkungan dapat meminimalisir terjadinya bencana seperti banjir dan wabah penyakit. Berikut adalah beberapa contoh dari penutup pidato bertemakan kebersihan lingkungan.

1. Pidato Kebersihan di Sekolah

Menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dari mulai lingkungan sekolah perlu dilakukan sedini mungkin. Dimulai dari lingkungan rumah hingga lingkungan sekolah terlebih dahulu. Cara ini dapat dilakukan untuk menekan angka terjadinya banjir dan menjaga kebersihan lingkungan.

Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Dengan kebersihan juga akan menghasilkan badan dan lingkungan yang sehat. Sehingga membuat nyaman proses belajar dan mengajar. Semoga hal tersebut dapat dilakukan oleh segenap warga sekolah ini demi sekolah yang lebih maju.

2. Penutup Pidato Kebersihan Untuk Acara Kantor

Menjaga kebersihan berlaku untuk semua kalangan, tidak peduli atasan ataupun bawahan semua sama. Kebersihan bisa dimulai dari diri sendiri. Sebagai contoh, jika datang ke ruangan lebih awal sebaiknya membersihkan sampah terlebih dahulu. Jangan menunggu office boy datang bila masih bisa dilakukan sendiri.

Selain itu dalam lingkungan yang bersih dapat meningkatkan peluang produktivitas yang lebih dari perusahaan. Karena itu perusahaan perlu menyalakan semangat para pegawainya dalam menjaga kebersihan dari lingkungan kerja. Sekian terimakasih pidato kebersihan kali ini, mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan selama berpidato disini.

Wassalamualaikum wr. Wb.

3. Penutup Pidato Kebersihan dalam Keagamaan

Menjaga diri dari kebersihan merupakan salah satu cara menegakkan iman. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu, marilah kita semua selalu menjaga kebersihan dimulai dengan hal-hal kecil disekitar kita. Mungkin hal kecil tadi bisa jadi contoh untuk orang disekitar untuk menjaga kebersihan.

Dimulai dengan tubuh yang bersih, hingga lingkungan yang bersih dapat menekan laju penyebaran penyakit. Terima kasih atas perhatiannya, semoga pidato tadi dapat meningkatkan kesadaran kita semua mengenai pentingnya kebersihan. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata maupun penyampaian dalam pidato ini.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

4. Penutup Pidato Kebersihan Kalangan Masyarakat

Kesadaran perlu dibangun untuk menjaga kebersihan yang dapat meningkatkan taraf hidup sehat. Hidup yang sehat akan membuat diri lebih produktif, lebih teratur dan terbebas dari penyakit. Maka dari itu marilah kita semua bergotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan kita. Mulai dari halaman rumah masing-masing, menyediakan tempat sampah, membersihkan jalanan depan rumah.

Semoga yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya yakin dengan terciptanya lingkungan yang bersih dapat meminimalisir penyakit yang datang ke wilayah masyarakat ini. Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Ambil yang baiknya, buang yang buruknya. Selalu ingat untuk jaga kebersihan.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Contoh Penutup pidato Kesehatan

Contoh Penutup Pidato Kesehatan

Dalam penutupan sebuah pidato mengenai kesehatan, diperlukan ajakan yang mengedukasi pendengar dalam berbagai kalangan. Bukan hanya mengedukasi, tetapi juga penutup tersebut harus berisi pesan yang dapat memotivasi para pendengarnya. Berikut adalah contoh penutup pidato mengenai kesehatan.

1. Pidato menjaga pola hidup sehat

Berbagai manfaat yang didapatkan dari menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga teratur dan menjaga asupan gizi yang seimbang. Salah satunya yang akan didapatkan adalah kesehatan tubuh yang maksimal dan meminimalisir terhadap penularan penyakit yang akan terjadi. Beragam manfaat yang disebutkan tentu memerlukan usaha yang besar juga.

Oleh karena itu saya mengajak masyarakat sekalian untuk menjaga pola hidup sehat. Meskipun sulit, namun kebiasaan ini dapat diterapkan secara perlahan. Semoga pidato pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya. Sehingga menambah motivasi diri dalam meningkatkan kesehatan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Pidato Pentingnya Olahraga

Kesimpulan dari pidato ini, menekankan bahwa olahraga dapat dijadikan sebagai sarana pencegah beberapa penyakit. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Marilah mulai dari sekarang kita laksanakan rutin berolahraga yang memiliki beragam manfaat ini. Berolahraga membuat badan akan terasa lebih ringan.

Tunggu apa lagi? Berbagai yang manfaat akan dirasakan dengan berolah raga telah menunggu untuk diraih. Demikian yang dapat saya ucapkan pada pidato kali ini. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dan juga semoga dapat memotivasi kita semua untuk berolahraga. Mohon maaf bila ada kekurangan dalam pidato ini. Saya cukupkan sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Pidato Menjaga Kesehatan Mata

Adanya berbagai ancaman yang dapat merusak mata, yang dimana bukan hanya dari radiasi saja. Namun dapat disebabkan oleh polusi yang dapat menyebabkan iritasi pada mata. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, oleh karena itu sebaiknya kita menjaga kesehatan mata kita. Sedini mungkin kurangi penggunaan gadget berlebihan dan rajin memakan makanan yang mengandung vitamin a.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Meskipun kedengarannya menjaga kesehatan mata itu sulit. Namun tidak akan terasa berat bila dibiasakan mulai dari sekarang. Saya sudahi saja pidato mengenai kesehatan mata ini. Maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian dan saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum Wr.Wb.

4. Penutup Pidato Kesehatan Jantung

Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah dengan berjalan kaki. Anda dapat melakukan aktivitas olahraga sebanyak mungkin. Jangan membebani jantung karena olahraga berlebihan. Karena hal ini bisa menyebabkan serangan jantung mendadak. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengenali kemampuan atletik Anda sebaik mungkin.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang sehat. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol, karena hal itu dapat melemahkan hati. inilah yang bisa saya katakan pagi hari ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga dapat menginspirasi kita untuk menjaga kesehatan jantung, sekian dan terimakasih.

  13+ Contoh Teks Recount Tentang Liburan dan Pengalaman Pribadi

Contoh Penutup Pidato isra Miraj

Contoh Penutup Pidato Isra Miraj

Dalam pidato yang mengangkat tema isra miraj biasanya akan menekankan kepada haridirin untuk senantiasa meningkatkan keimanan. Biasanya akan dibawakan pada acara yang diadakan oleh beberapa instansi, majelis ilmu yang turut memperingati hari besar ini. Berikut adalah penutup pidato yang bertemakan Isra Miraj yang bisa dijadikan acuan ataupun sekedar inspirasi.

1. Penutupan Pidato Pada Lembaga Pendidikan

Hadirin yang saya banggakan, serta anak-anak yang saya cintai. Peristiwa Isra Mi’raj adalah perjalanan keagamaan Nabi Muhammad SAW, dan ini harus kita gunakan sebagai dasar dan motivasi dalam meningkatkan ibadah kita semua. Karena hal ini membuktikan bahwa kebesaran Allah benar-benar melampaui apapun di muka bumi.

Oleh karena itu, jangan sampai kita menjadi sombong dan sombong terhadap saudara kita, terutama sesama muslim. Di akhir sambutan, mari kita tingkatkan kualitas ibadah bersama, khususnya shalat lima waktu yang merupakan fondasi ataupun dasar agama Islam. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya, saya meminta maaf atas kesalahan ucapan selamat saya berpidato disini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Pidato Sejarah Isra Miraj

Allah mengutus malaikat Jibril untuk menemani Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan spiritual yang sangat luar biasa melalui Sidratul Muntaha. Selama perjalanan Isra dan Miraj ini, Nabi Muhammad SAW tidak hanya bertemu dengan para nabi dan rasul sebelumnya, tetapi Allah juga menunjukkan beberapa peristiwa yang menggambarkan syurga dan neraka setelah kematian.

Hanya dengan keyakinan yang kuat terhadap Allah SWT. Kita dapat menerima semua peristiwa yang terjadi selama Israel dan Mirai. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperingati Isra dan Mirai agar kita dapat mengetahui sejarah dari Isra dan Miraj itu sendiri.

Hanya itu yang bisa sampaikan terkait pidato singkat tentang sejarah Isra dan Miraj, dan saya minta maaf untuk kesalahan selama saya berbicara disini.

Wassalamualaikum wr. wb.

1. Pidato Isra Miraj di Lingkungan Masjid

Doa adalah pesan penting yang terjadi di Israel dan Mirai, dan itu juga merupakan praktik terpenting dalam penyelesaian kehidupan selanjutnya. Peristiwa Isra dan Miraj merupakan tanda penting bahwa Allah SWT memilih umat Islam sebagai umat yang terbaik, mereka diperintahkan untuk shalat lima waktu. Kita patut bersyukur, mari kita lindungi doa kita bersama, jangan sampai kita mengabaikan perintah untuk berdoa, apalagi meninggalkannya.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para donatur atas segala bantuan dan donasinya sehingga acara ini dapat terselenggara dengan khusyuk dan juga lancar. Apabila masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam penyampaiannya kami mohon maaf sebesar besarnya. Demikianlah yang dapat saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr.Wb

2. Pidato Acara isra Miraj di Majlis ilmu

Nabi Muhammad bertemu dengan nabi dan rasul yang terdahulu dalam perjalanan panjangnya melalui syurga ketujuh. Selain perintah solat, ketika Miraj (diangkat sebagai syurga ketujuh) Nabi Muhammad SAW bertemu langsung dengan Allah SWT, pernyataan ini dibenarkan oleh para ahli hukum Islam, bahwa Nabi Muhammad melihat Allah dengan matanya sendiri.

Perjalanan Isra Miraj membuktikan kecintaan Allah pada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita umat Islam untuk mencontoh Nabi Muhammad SAW dan segala haditsnya. Semoga kita bisa ikut serta meningkatkan keimanan dalam peringatan Isra dan Miraj hari ini, agar kita menjadi manusia yang lebih baik dan selalu mencontoh Nabi Muhammad. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga pembahasan ini menjadi berkah bagi kita semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga: Contoh Teks Ceramah


Contoh Penutup Pidato Hari Kartini

Contoh Penutup Pidato Hari Kartini

Setiap perayaan Hari Kartini biasanya diadakan upacara pengibaran bendera di lingkungan sekolah untuk mengakui pengabdiannya. Tidak hanya itu, mungkin juga terjadi kompetisi antar kelas, seperti ceramah, membaca puisi atau karya sastra lain yang berkaitan dengan Kartini. Berikut beberapa contoh dari penutup pidato hari kartini yang dapat menginspirasi.

1. Penutup Pidato Kartini Penuh Inspirasi

Sesuai dengan judul bukunya, Habis gelap terbitlah terang. memang benar pikiran Kartini dalam kegelapan tersampaikan kepada keturunan jaman cerah ini. Semangat perjuangannya telah menginspirasi banyak perempuan adat dan bermanfaat bagi masyarakat saat ini. Semoga kedepannya akan terlahir Kartini-Kartini muda selanjutnya yang bisa mewarisi semangat beliau.

Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini. Jika saya melakukan kesalahan dalam perkataan atau kesalahan dalam perbuatan mohon dimaafkan, ini adalah pidato yang bisa saya berikan untuk merayakan ulang tahun Ibu Kartini. Mohon maafkan saya dan terima kasih atas kesempatan dan waktunya.

2. Penutup Pidato Kartini yang Penuh Makna

Saya berkesimpulan bahwa, eksistensi perempuan patut diapresiasi dan dicintai.  Bukan hanya dimanfaatkan hanya karena keberadaannya saja, yang jika tidak dibutuhkan lagi akan dibuang. Hingga Kisah-kisahnya yang abadi akan diteruskan dari mulut ke mulut dari waktu ke waktu, jadi meskipun tubuhnya tidak lagi ditelan oleh bumi, pikiran besarnya akan tetap sama. Itulah Kartini, ibu dari semua wanita Indonesia.

Ini semua pembicaraan yang bisa saya sampaikan tentang era Kartini. Saya minta maaf jika kata-kata yang diucapkan terdapat kesalahan dalam penyampaiannya. Semoga kisah perjuangan Ibu kita Kartini dapat menjadi pemicu semangat kita semua untuk tidak mudah menyerah terhadap keadaan, terutama untuk para perempuan di Indonesia tercinta ini.

3. Penutup Pidato Kartini dengan Semangat Perjuangan

Raden Ayu Kartini tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Dia akan terus diperkenalkan kepada setiap generasi secara turun temurun dan menceritakan kisah-kisah indah dalam hidupnya yang akan menginspirasi generasi mendatang. Terus memperjuangkan haknya sendiri, terutama bagi perempuan. Selama masih ada wanita, Kartini akan terus hidup melalui pikiran dan semangatnya.

Ibu Kartini bertahan dan berjalan bersama wanita Indonesia. Sekian pidato yang berisikan nilai-nilai perjuangan kartini yang dapat memotivasi kita semua yang hadir pada hari ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam bertutur kata pada pidato kali ini. Selalu ingat semangat pantang menyerah yang harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

terimakasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Penutup Pidato Hari Guru

Contoh Penutup Pidato Hari Guru

Saat ini dimana zaman perkembangan teknologi yang semakin maju. Sehingga membuat orang dapat belajar dimana saja melalui internet. Namun, peran guru masih tetap memiliki peran yang takkan tergantikan. Guru tidak hanya dapat memberikan pembelajaran berupa materi saja. Namun pembelajaran terkait moral dan etika yang harus didapatkan oleh murid dan tidak didapatkan dari internet.

1. Contoh Penutup pidato Pahlawan tanpa tanda Jasa

Sekarang ini saatnya kita sangat menghargai dan mengapresiasi guru. Kita juga harus mengungkapkan rasa terima kasih yang dalam kepada guru kita dan berterima kasih kepada mereka karena telah melakukan yang terbaik untuk mengajar dan mendidik kita. Mulailah dengan bimbingan, jadilah panutan yang baik, berikan pengetahuan, berikan motivasi, nasehat dan inspirasi untuk menjadikan seseorang yang berguna untuk suatu hari.

Saya akan mengakhiri pidato kali ini. Semoga kita semua bisa lebih berdedikasi, menghormati dan mencintai guru. Karena guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Cintai gurumu, seperti kamu mencintai orang tuamu. Sekian yang dapat saya sampaikan, dalam pidato saya ini masih terdapat kekurangan yang saya  mohon untuk dimaafkan.

2. Contoh Penutup Pidato Berterima Kasih pada Guru

Dapat disimpulkan bahwa guru adalah pelita dan terang negara dan negara. Guru juga menjadi pemandu dan jembatan untuk mewujudkan impian dan cita-cita kita semua. Sebagai seorang siswa, kami akan melakukan yang terbaik untuk mengganti semua jasa-jasa Anda tanpa mengecewakanmu.

Terima kasih sekali lagi. Semoga perkataanmu menjadi jalan pahala. Dalam pidato saya kali ini. Atas nama seluruh siswa dan siswi yang di sekolah ini, saya mengucapkan selamat Hari Guru dan terima kasih atas semua cinta dan pengetahuannya. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam pidato ini, sekian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih.

3. Contoh Penutup Pidato Mengingat Sosok guru

Teman-teman yang terkasihi, kita sepatutnya berbakti pada guru kita. Karena mereka adalah orang-orang yang berdiri di depan kita setiap hari untuk mengajarkan kita ilmu-ilmu yang tidak kita ketahui sebelumnya, memberikan wawasan yang luas, memberikan penjelasan di kelas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat kita pahami.

Guru sendiri merupakan kata yang terdiri dari 4 huruf, yang sangat penting. Keberadaaan seorang guru di masa modern ini tetap sangat penting. Mereka mendidik dan membentuk karakter anak bangsa. Pada Hari Guru, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas semua yang telah Anda berikan untuk saya dan kita semua. Semoga kami bisa membalas budi kalian semua para guru yang terhormat.

Demikian, melalui beberapa contoh penutup pidato diatas, semoga dapat digunakan sebagai referensi selama menulis pidato. Selain menekankan pada ajakan dan daya tarik bagi audiens, gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami saat menulis pidato. Pidato penutup itu sendiri akan mempengaruhi audiens untuk mencapai tujuan dari tema tersebut. Akhir dari pidato merupakan bagian yang sangat penting untuk menutup topik yang disajikan.

Di akhir pidatonya penonton akan memperhatikan tujuan dari pidato tersebut. Oleh karena itu, dalam memberikan sambutan, tetap perlu diciptakan suasana yang menyenangkan bagi hadirin agar mencapai klimaks pada pidato penutupnya. Selain itu, penonton secara sadar akan mencapai tujuan bersama untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Contoh Penutup Pidato

Tinggalkan komentar