7+ Contoh Poster Iklan Beserta Gambar dan Penjelasannya

Contoh Poster Iklan

Contoh Poster IklanKetika melakukan sebuah perjalanan, sering dilihat banyak poster iklan yang berada di pinggir jalan maupun dekat dengan toko atau mall-mall.

Adanya poster tersebut bertujuan untuk memperkenalkan sebuah produk maupun jasa tertentu. Contoh poster iklan pun berbagai macam.

Ketika hendak membuat sebuah poster iklan, tentu harus kreatif dan inovatif agar seseorang tertarik untuk membaca. Pada dasarnya sukses tidaknya sebuah poster iklan tergantung dari penilaian 3 detik pertama. Untuk lebih lanjut akan poster iklan yang menarik tersebut, berikut ulasannya


Mengenal Sebuah Poster Iklan

Mengenal Sebuah Poster Iklan

Sebelum pada contoh poster iklan, perlu diketahui apa itu poster iklan itu sendiri. Pada dasarnya antara poster dan poster iklan itu berbeda.

Secara garis besar poster merupakan sebuah media yang berisi kata-kata atau gambar pada media yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah maksud.

Lain halnya dengan sebuah poster iklan yang merupakan sebuah media dimana dibuat oleh perusahaan untuk melakukan sebuah promosi dan juga memperkenalkan untuk menjual produk. Adanya poster iklan tersebut ditujukan kepada masyarakat luas dalam bentuk media tertulis.

Baca Juga: Contoh Iklan Bahasa Jawa


Membuat Poster Iklan Yang Kreatif Dan Inovatif

Membuat Poster Iklan Yang Kreatif Dan Inovatif

Ketika hendak membuat sebuah poster iklan, tentu harus memperhatikan kata dan hal yang berhubungan dengannya. Hal tersebut supaya mampu menjadikan sebuah poster yang menarik. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan ketika hendak membuat poster iklan, diantaranya:

1. Mengusung Tema

Sebelum membuat poster iklan, tentu harus mengetahui tema yang ada. Hal ini bertujuan untuk menentukan desain yang akan dibuat. Pastikan tema yang ada terbilang menarik dan juga update sesuai dengan kondisi terkini.

2. Mudah Dipahami

Ketika membuat poster iklan, jangan sampai tidak mampu untuk menuangkan informasi yang ada. Pastikan untuk mudah dibaca dan juga memberikan informasi yang jelas sehingga tujuan dapat tersalurkan dengan tepat. Adanya hal tersebut juga untuk menghindari adanya kesalahpahaman.

3. Memilih Jenis Dan Ukuran Font

Dalam sebuah poster iklan, jenis dan ukuran font sangat menentukan sukses tidaknya sebuah poster. Hal tersebut karena berimbas pada mudah tidaknya poster iklan dibaca. Gunakan font yang tidak aneh-aneh namun juga tidak terlalu monoton.

  5+ Contoh Iklan Makanan Sehat Beserta Gambar dan Penjelasannya

4. Menentukan Warna Poster

Warna berhubungan dengan tema yang ada. Menentukan warna poster juga perlu memikirkan apa identitas dari produk baik secara singkat maupun keseluruhan. Hal tersebut menjadikan sebuah kefamiliaran bagi target maupun audients atas poster iklan yang dibuatnya.

5. Tidak Terlalu Meriah

Poster berisi kata-kata dan juga gambar simple namun mengena. Jika dalam poster terlalu ramai baik dari segi gambar maupun kalimat yang ada, tentu akan membuat orang malas membaca.bahkan ketika banyak ornamen yang ada, bisa menjadikan target menjadi bingung.

6. Memilih Ukuran Poster Secara Tepat

Ukuran menjadi point penting untuk diperhatikan. Luas bidang dan juga lokasi akan menjadi penentu dari ukuran poster iklan tersebut. ketika menentukan ukuran dari poster iklan ini, tentu juga berimbas pada desain.

7. Mengerti Target Audiens

Mengenal target audiens akan menentukan desain yang disesuaikan dengan tingginya kesukaan audiens tersebut. Ketika mampu menarik perhatian dari audiens tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan sebuah daya tarik dan bisa menjadi peluang yang besar.


Contoh Poster Iklan Yang Kreatif Dan Inovatif

Usaha Rumahan
usaha rumahan

Ketika telah mengetahui apa itu poster iklan dan bagaimana sebuah poster iklan yang kreatif, tentu ketika membuat poster iklan tidaklah sulit. Sebagai gambaran ketika hendak membuat poster iklan tersebut, simak contoh berikut ini!

1. Poster Iklan Untuk Pendidikan

Poster Iklan Untuk Pendidikan

“Dengan pengetahuan, aku semakin mengerti bagaimana dunia ini”

Ketika membuat sebuah poster iklan untuk pendidikan, pastikan membuat sebuah daya tarik dari kata-kata yang ada. Seperti contoh tersebut, terdapat sebuah kata-kata yang membuat penasaran seperti mengerti bagaimana dunia ini jika memiliki sebuah pengetahuan.

Ketika membaca poster tersebut, tentu orang akan sadar ketika tidak memiliki pengetahuan tentu akan tertinggal. Dengan ketidaktahuan akan menjadikan diri ini semakin tertindas.

2. Contoh Untuk Layanan Masyarakat

Contoh Untuk Layanan Masyarakat

“sampahmu yang akan membasmimu, lakukan perubahan sekarang atau takdir itu akan terjadi”

Mungkin orang yang membaca poster iklan tersebut akan berfikir bahwa akan terjadi banyak hal negatif ketika tidak segera mengelola sampah dengan benar. Keprihatinan banyaknya sampah yang dibuang sembarang tentu bisa menjadi malapetaka.

Dari poster iklan tersebut memberikan sebuah arahan untuk melakukan perubahan. Dari perubahan yang ada, tentunya menjadikan sebuah tindakan yang berguna untuk menyelamatkan lingkungan.

3. Poster Iklan Untuk Sepatu

Poster Iklan Untuk Sepatu

“speedy, layaknya superhero dengan sepatu premium yang bersinar”

Contoh poster iklan tersebut memberikan gambaran ketika menggunakan sebuah sepatu, bisa menjadikan langkah lebih cepat layaknya superhero yang cepat dan tangkas. Istilah premium menjadikan gambaran bahwa kualitas sepatu tersebut berkelas.

  5+ Contoh Iklan Minuman Beserta Gambar dan Penjelasannya

Arti dari kata bersinar yang ada pada poster memberikan sebuah rasa percaya diri kepada pengguna sepatu. Dengan pemilihan kata yang menarik menjadikan target untuk bertindak membeli sepatu tersebut.

Baca Juga: Contoh Iklan Barang

4. Contoh Untuk Makanan

Contoh Untuk Makanan

‘’Hemat, kenyang, nikmat, dan tentunya halal’’

Poster iklan makanan tersebut sekaan menjawab semua kebutuhan ketika mencari sebuah kuliner maupun makanan. Dengan budged yang hemat namun menjadikan perut terasa kenyang tentu bisa mejadi pilihan utama.

Tambahan kata halal menjadikan seseorang terutama umat muslim tidak perlu khawatir akan kehalalan yang menjadikan perut nikmat tersebut. semakin banyak kata yang menarik seseorang yang membaca tentu bisa mengambil sebuah tindakan.

5. Kreatif Untuk Penjualan Minuman

Kreatif Untuk Penjualan Minuman

‘’Ceriakan dan segarkan hari-harimu’’

Untuk membuat sebuah poster iklan jenis minuman, berikan kesan yang akan menjadikan tubuh menjadi segar. Ketika tubuh telah kehilangan ion, tentu yang ada hanya sebuah rasa malas danb lesu.

Dengan ditambahkan sebuah kata ceriakan tentu menggambarkan sebuah suasana yang menyenangkan dengan keadaan tubuh yang fit. Hari-hari yang dijalani dengan tubuh fit tentu diimbangi dengan adanya tubuh yang segar pula.

6. Membuat Poster Iklan Untuk Penawaran Apartemen

Membuat Poster Iklan Untuk Penawaran Apartemen

“lebih nyaman dengan hunian yang asri dan juga strategis”

Ketika memilih hunian yang asri, tentu akan menjadikan tempat tinggal yang nyaman. Kenyamanan menjadikan hal utama yang dipilih ketika hendak mencari sebuah hunian.

Tambahan kata strategis menjadikan semua orang lebih mudah dalam mengakses baik untuk pergi kerja maupun untuk pergi ke sebuah lokasi. Pastikan menambahkan kata yang diharapkan ketika ingin mencari sebuah hunian.

Baca Juga: Contoh Iklan Kesehatan

7. Sarana Kreatif Untuk Kendaraan

Sarana Kreatif Untuk Kendaraan

“mencegah tekanan darah tinggi, dengan kuda besi yang bersahabat”

Tidak perlu terlalu memberikan gambaran yang mendetail ketika membuat sebuah poster iklan untuk kendaraan ini. hal tersebut akan membuat seseorang malas untuk membacanya.

Dengan kata-kata mencegah tekanan darah tinggi seseorang bisa berfikir bahwa kendaraan tersebut bisa diandalkan. Terlebih tambahan kata bersahabat, tentunya spesifikasi yang ada sangat mendukung.

Dari berbagai contoh poster iklan yang ada, tentu kesemuanya harus menyesuaikan tema yang ada. Dengan memperhatikan desain dan juga mengetahui target audiens bisa menjadikan sebuah poster iklan yang efektif.

Pastikan tidak memberikan sebuah ornamen yang terlalu berlebihan. Hal tersebut dikarenakan sebuah poster iklan lebih berpeluang memiliki daya tarik jika memiliki desain minimalis. Dengan pengetahuan yang cukup akan poster iklan tersebut, tentu tujuan dari sebuah promosi bisa tercapai.

Contoh Poster Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.