Contoh Slip Gaji

Contoh Slip GajiUang selalu menjadi bagian terpenting dalam setiap aspek kehidupan, hampir semua yang dikerjakan oleh manusia membutuhkan uang sebagai faktor pendukungnya. Begitu pun dengan orang yang bekerja, semua pekerja baik itu kantoran ataupun lainnya pasti membutuhkan upah dari apa yang sudah dikerjakannya. Biasanya upah ini disebut gaji yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan adanya bukti konkrit seperti contoh slip gaji.

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memenuhi hak setiap karyawannya, seperti memberikan besaran gaji sesuai dengan bidang dan pekerjaan yang telah diselesaikannya. Biasanya gaji ini dibayarkan setiap sebulan sekali, tetapi ada beberapa pekerja atau orang yang mendapatkan gajinya per minggu atau bahkan per hari. Semua itu tergantung kesepakatan yang telah disepakati oleh pihak atasan dan para pekerja pada saat menandatangani kontrak kerja.

Biasanya gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan setiap bulannya disertakan dengan slip gaji. Hal ini memang penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya seperti tunjangan, terdapat pemotongan untuk BPJS, pembayaran pajak, ataupun hal-hal mengenai keuangan yang lainnya. Contoh slip gaji ini banyak sekali didapatkan di perusahaan-perusahaan yang memiliki karyawan yang tetap.


Pengertian Slip Gaji Secara Umum

Pengertian Slip Gaji Secara Umum

Secara umum, slip gaji bagi perusahaan merupakan tanda otentik atau bukti yang resmi bahwa sebuah perusahaan tersebut telah memberikan gaji kepada para pekerja atau pegawainya. Sedangkan bagi pekerja slip gaji merupakan bukti atau informasi  yang  konkrit terkait potongan-potongan seperti pajak penghasilan sehingga tertera jelas berapa besaran pendapatan bersih dan juga pendapatan kotor yang didapatkan dalam satu periode pengupahan.

Pemberian slip gaji dari perusahaan kepada para pekerja ini untuk memberikan bukti tertulis yang jelas juga nyata untuk menghindari persepsi yang nantinya muncul. Persepsi yang dikhawatirkan sehingga slip gaji perlu diperadakan adalah perbedaan pandangan mengenai hak-hak yang selesai atau belum dituntaskan oleh pihak pemberi gaji kepada pihak penerima gaji disetiap periode pengupahan.

Dalam hukum Indonesia juga sangat jelas diatur perihal pemberian slip gajii oleh perusahaan atau instansi kepada para pekerjanya. Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan pasal 78 tahun 2015  misalnya, disana tertera jelas bahwa untuk pengupahan perusahaan wajib memberikan bukti berupa rincian pembayaran atau gaji yang diterima oleh karyawan atau pekerja pada saat upah dibayarkan setiap bulannya.


Manfaat Slip Gaji

Manfaat Slip Gaji

Selebaran slip gaji ini pastinya tidak dibuat begitu saja tanpa ada manfaatnya bukan? Ya slip gaji sangatlah bermanfaat, beberapa diantaranya dapat digunakan oleh orang-orang sebagai :

1. Syarat Mengajukan KPR

KPR adalah Kredit Kepemilikan Rumah, bagi seseorang yang ingin membeli rumah, maka syarat wajib yang harus dipenuhi olehnya adalah memiliki slip gaji. Mengapa demikian? Karena slip gaji menjadi acuan bank dalam menganalisa kemampuan seseorang dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya. Jadi, jika ingin kredit rumah, pastikan gaji yang diterima lebih besar dari angsuran rumah setiap bulan.

2. Syarat Mengajukan Kredit Motor & Mobil

Contoh slip gaji yang biasanya ditunjukkan seseorang jika ingin mengkredit barang ini memang sangat penting. Termasuk juga jika ingin mengajukan kredit kendaraan baik beroda dua maupun empat. Slip gaji ini ikut dilampirkan jika ingin mengambil kredit tadi. Tentunya, jenis, merek, dan down paymentnya akan berbeda setiap orangnya.

3. Syarat Mengajukan Kredit Barang Elektronik

Tak hanya property dan kendaraan, slip gaji juga bermanfaat bagi seseorang yang ingin mengajukan kredit barang-barang elektronik. Seseorang yang ingin mengkredit barang elektronik ini harus melampirkan slip gajinya. Hal ini bertujuan sebagai jaminan bahwa calon kreditur mampu membayar angsuran setiap bulannya.

4. Syarat Melamar Pekerjaan Baru

Mungkin ada sebagian orang yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa perusahaan yang baru bisa menerima karyawan jika karyawan yang melamar tersebut menyertakan slip gajinya. Artinya, karyawan yang akan melamar ini seharusnya sudah memiliki pengalaman kerja sehingga tidak susah untuk menyesuaikan diri dengan kesibukan perusahaan. Factor lain dari dimintanya slip gaji adalah agar perusahaan tau gaji sebelumnya sehingga kesepakatan gaji ideal bisa disepakati.

5. Syarat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Hampir semua pengajuan kredit membutuhkan contoh slip gaji terakhir sebagai jaminan. Begitu pun jika ingin mengajukan kredit tanpa agunan. KTA ini tergolong banyak diminati karena pihak peminjam tak perlu memiliki property sebagai jaminan agar permohonan kreditnya disetujui. Pemohon hanya perlu menyetorkan beberapa berkas termasuk slip gaji sebagai jaminan bahwa pemohon bisa membayar angsuran setiap bulannya.


 Komponen Yang Terdapat Dalam Slip Gaji

Komponen Yang Terdapat Dalam Slip Gaji

Format setiap slip gaji itu berbeda-beda setiap orangnya, tergantung di perusahaan mana ia bekerja. Biasanya perusahaan membuat slip gajinya berbeda dengan perusahaan lainnya. Format slip gaji ini berbeda dikarenakan komponen penyusunnya juga berbeda, dibawah ini beberapa komponen dari slip gaji :

1. Nama Perusahaan

Komponen yang pertama ini merupakan komponen pertama yang terdapat dalam contoh slip gaji karyawan. Nama perusahaan ini merupakan tanda pengenal atau tempat seseorang bekerja yang kemudian mendapatkan upah setiap bulan atas apa yang telah dikerjakannya.

2. Privasi Dokumen

Dalam selembar slip gaji yang biasanya diterima oleh karyawan di awal bulan sebagai bayaran atas pekerjaan terdapat kata “rahasia”. Dimana kata rahasia ini menunjukkan bahwa isinya hanya boleh diketahui oleh pemiliknya saja.

3. Besarnya Gaji Dan Jumlah Pajaknya

Komponen selanjutnya adalah jumlah gaji dan juga jumlah pajak beserta potongan-potongan didalamnya. Keseluruhan potongan dan pajak yang tertera dalam slip gaji memperjelas pemilik gaji tentang berapa pendapatan bersih yang ia dapatkan selama sebulan.

4. Data Karyawan Dan Tanggal Pembayaran

Data karyawan sangat penting untuk ikut disertakan dalam slip gaji, data seperti nama, divisi pekerjaan sangat perlu untuk dicantumkan. Selain itu tanggal pembayaran juga harus dilampirkan agar pembukuan keuangan oleh perusahaan menjadi jelas.

5. Keterangan Lengkap

Komponen yang selanjutnya adalah keterangan lengkap tentang hal-hal terkait, seperti jumlah bonus yang didapatkan karena bekerja lembur, pajak yang harus dibayar, pengurangan komisi, dan lain-lain. Hal ini penting untuk memimalisir kecurigaan dan transparansi perusahaan juga nantinya.

6. Tandatangan

Sebagai tanda sah, membubuhkan tanda tangan diatas slip gaji juga sangat penting. tanda tangan ini  terdiri dari tanda tangan pihak penanggung jawab (pemberi gaji) dan pihak penerima gaji (karyawan). biasanya penerimaan upah ini bisa diwakilkan asalkan wali atau yang diamanahkan diketahui identitasnya.

7. Stempel Perusahaan

Selain tanda tangan slip gaji juga bisa dibubuhkan stempel perusahaan yang membuktikan bahwa  tanda terima gaji sudah sah dan dikeluarkan resmi oleh perusahaan. Stempel ini bisa digantikan oleh tandatangan ataupun sebaliknya.


Beberapa Contoh Slip Gaji

Beberapa Contoh Slip Gaji

Setelah mengetahui pengertian, manfaat, komponen dari slip gaji ada baiknya kita juga mengetahui beberapa contoh slip gaji yang umumnya dimiliki oleh para pekerja-pekerja, berikut contoh dan juga penjelasannya :

1. Slip Gaji Perusahaan

Slip gaji perusahaan ini biasanya ditandatangani oleh pihak HRD dan ditujukan kepada masing-masing karyawan setiap bulannya.  Berikut contoh slip gaji perusahaan :

Bosowa Indonesia

Cover Letter untuk Beasiswa

SLIP GAJI                              Tanggal           : 11/11/19

Jl. Poros  Maros-Pangkep, Sulsel                                                                     Kode Karyawan : Hendra

Nama Karyawan : Hendra

Jabatan                  : Keuangan

Alamat                   : Jl. Andi Tonro No. 2 Maros

  1. Gaji Pokok Rp2.000.000,-
  2. Bonus Rp0,-
  3. Lain-lain Rp200.000-,
  4. Hutang Bulan Lalu Rp300.000,-

Total                                                                      Rp1.900.000,-

 

Penerima                                                                                                                                            11 Nov 2019

Hendra                                                                                                                                            Bosowa Indonesia

2. Slip Gaji Guru

Bekerja sebagai guru yang mendapatkan gaji setiap bulannya pasti memiliki slip gaji. Slip gaji sangat bermanfaat karena informasi didalamnya bisa dipergunakan dengan semestinya. Berikut contoh contoh slip gaji guru :

Cover Letter untuk Beasiswa

Nama Sekolah                   : SMP 2 Makasar

Periode Pembayaran     : November

Nama Guru                         : Sriyanti S. Pd

 

  1. Tunjangan Ketenagakerjaan Rp150.000,-
  2. Tugas Mengajar Rp400.000,-
  3. Kepala Sekolah Rp600.000,-
  4. Kepala Jurusan Rp200.000,-
  5. Potongan Kasbon Honor Rp154.000,-

Honor Yang Diterima                                     Rp1.196.000,-

Tanggal Penyerahan                                       4/11/19

Diterima oleh                                                    Sriyanti S. Pd

 

3. Slip Gaji Sederhana

Sebenarnya slip gaji sederhana ini sama halnya dengan contoh slip gaji yang lain yang terdiri dari beberapa komponen. Berikut contohnya :

Slip Gaji Sederhana

Gaji Periode       : Juni 2019

Nama                    : Husni Wisyadi

Jabatan                : Contentwriter

  1. Gaji Pokok : Rp2.000.000,-
  2. Tunjangan Jabatan : Rp200.000,-
  3. Tunjangan Transport : Rp200.000,-
  4. Potongan : Rp250.000,-

Total                                      : Rp2.399.750,-

 

4. Slip Gaji Karyawan BUMN

Bekerja di Badan Usaha Milik Negara memang menjadi sesuatu yang banyak diminati oleh orang-orang dengan gaji yang cukup lumayan karena banyak memberikan tunjangan-tunjangan bagi pekerjanya. Berikut ini contoh slip gaji karyawan BUMN :

Slip Gaji Sederhana

KERETA API INDONESIA

RINCIAN PEMBAYARAN PENGHASILAN PEGAWAI

Bulan Gaji           : November 2019

Nama                    : Bambang Wiyanto

Jabatan                : Pelaksana

 

Penerimaan                                                                    Potongan

  1. Gaji Pokok Rp1.900.000,-                                    1. Iuran Perusahaan        Rp70.862,-
  2. Tunjangan Beras Rp60.000,-                              2. Iuran Pegawai               Rp34.000,-
  3. Tunjangan Transport Rp200.000,-
  4. Tunjangan Kinerja Pegawai Rp150.000,-
  5. Tunjangan Perumahan Rp300.000,-
  6. Tunjangan Pajak Rp26.589,-

Total  Penerimaan : Rp2.572.000,

 

6. Slip Gaji Karyawan Swasta

Bukan hanya perusahaan-perusahaan negara yang memberikan slip gaji kepada karyawannya. Perusahaan swasta pun juga memberikan selebaran informasi gaji kepada para karyawan agar proses pengupahan bisa terjadi secara transparan dan tidak terkesan ada yang disembunyikan. Berikut ini contoh slip gaji perusahaan swasta :

Slip Gaji Sederhana

SINAR MENTARI

Shipping & Marine Supplier Indonesia

Jalan Melati No. 28 Jakarta Utara

NIK         : MI-007

NAMA  : Muhammad Farid

Jabatan : Marketing Manager

Status   : Karyawan Tetap

Penerimaan

  1. Gaji Pokok : Rp1.800.000,-
  2. Tj. Jabatan : Rp900.000,-
  3. Tj. Konsumsi : Rp455.000,-
  4. Tj. Harian : Rp520.000,-
  5. Bonus Target : Rp752.000,-
  6. Potongan pph : Rp180.000,-
  7. Dll : Rp0,-

Total Penerimaan                            : Rp4.247.000,-

 

Jakarta Utara, 30 November 2018

Manajer Operasional

 

Handayani

 

 

 

Jika dulunya slip gaji dibuat manual setiap bulannya, di zaman sekarang dimana teknologi sudah begitu canggih, pembuatan slip gaji juga sudah bisa dibuat secara mudah oleh seseorang dengan memanfaatkan aplikasi computer. Selain cepat, pembuatan menggunakan aplikasi ini lebih efektif dan efisien, karena tidak membutuhkan waktu yang lama karena slip akan otomatis dikeluarkan oleh sistem dan biaya yang digunakan juga tergolong lebih hemat dibandingkan membuat dengan cara manual.

Slip gaji itu termasuk dokumen penting, dan aturannya sangat jelas dalam Undang-Undang. Jadi, jangan sepelekan keberadaan slip gaji ini. Slip gaji ini selain sebagai informasi lengkap tentang pengupahan, juga banyak memiliki manfaat yang sangat membantu aktivitas-aktivitas penting pemiliknya. Jadi, simpan baik-baik slip gaji yang didapat, agar nantinya bisa mempermudah urusan penting lainnya yang mengharuskan ada slip gaji sebagai jaminan.

Itulah tadi beberapa penjelasan penting terkait contoh slip gaji dan lengkap juga pengertian, komponen, serta manfaat yang ternyata sangat penting bagi aktivitas dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini juga bisa bemanfaat bagi para pembaca, dan dapat menjadi referensi serta sumber-sumber bacaan yang bermutu tentang slip gaji yang biasa dimiliki oleh orang-orang yang telah bekerja.

Contoh Slip Gaji

Tinggalkan komentar