7+ Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank untuk Semua Posisi Terima !

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank – Bank merupakan salah satu tempat yang mungkin sangat banyak dicari oleh para pekerja. Namun untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut bukanlah perkara yang mudah, pasalnya harus memiliki latar belakang pendidikan dan kualifikasi yang baik, serta menulis surat lamaran yang sesuai.

Untuk itu, para calon pelamar bisa melihat contoh surat lamaran kerja di Bank yang telah dicantumkan di bawah ini. Tidak jauh berbeda dengan menulis surat lamaran kerja lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti struktur penulisan surat yang tepat sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Mulai dari tempat dan tanggal surat, perihal, lampiran, alamat tujuan, salam pembuka, isi surat, salam penutup hingga nama dan tanda tangan sebagai pelengkap identitas. Penulisan surat permohonan kerja yang baik akan menjadi sebuah pertimbangan bagi pihak penerima atau perwakilan perusahaan.

Maka sebisa mungkin buatlah dengan informasi yang jelas dan sebenarnya agar bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Untuk mengetahui informasi lain mengenai fungsi dan juga contoh surat lamaran kerja di bank, maka simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui penjelasan mengenai surat lamaran kerja, tentunya harus mengerti fungsi dari surat itu sendiri. Berikut inilah fungsi dari surat lamaran kerja di Bank yang sangat penting untuk diketahui, antara lain:

1. Bukti Tertulis

Fungsi pertama surat lamaran kerja adalah sebagai bukti tertulis pelamarnya. Mulai dari bukti langsung identitasnya, latar belakang sekolah dan lampiran ijazah, fotokopi kartu identitas hingga tanda tangan sebagai bukti pertanggungjawaban. Hal ini tentunya bisa menjadi acuan untuk bisa dipertimbangkan dalam penerimaan pegawai baru.

2. Sebagai Media Komunikasi

Tidak hanya sebagai bukti tertulis, namun juga sebagai media komunikasi antara pelamar dengan perwakilan perusahaan. Sehingga bagian penerima mengetahui betul identitas sang pelamar, lampiran ijazah terakhir, hingga lainnya dengan cukup jelas.  

3. Bahan Pertimbangan

Surat lamaran kerja juga menjadi suatu hal yang dipertimbangkan oleh pihak penerima atau perwakilan perusahaan. Pasalnya latar belakang pendidikan dan juga pengalaman calon pelamar tertera jelas di dalam surat satu ini. Sehingga penerima akan dengan mudah mengetahui apakah pelamar memiliki kualitas bekerja yang baik atau tidak.


Hal Penting Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Hal Penting Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui fungsi dari surat lamaran kerja di bank, tentu ada baiknya untuk mengerti apa saja hal yang perlu diperhatikan pada saat menulis surat. Pertama, pastikan untuk menggunakan paragraf pembuka dan juga penutup yang baik sesuai aturan penulisan. Kemudian pastikan bahwa surat tersebut ditujukan pada penerima secara jelas, yaitu mulai dari nama, gelar, jabatan hingga alamat bank dengan benar.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menuliskan informasi dengan padat, ringkas dan jelas agar lebih mudah dimengerti oleh pihak penerima. Sampaikan pula rasa antusias untuk bekerja pada paragraf terakhir untuk menunjukkan bahwa Anda sudah siap bekerja agar lebih disukai oleh pihak HRD. Terakhir, bubuhkan tanda tangan dengan rapi untuk menunjukkan kesan yang baik.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank

Dalam menulis surat lamaran kerja memang tidak dibutuhkan skill khusus. Namun meskipun begitu, ada beberapa hal yang wajib dicantumkan dan tidak boleh terlewatkan. Berikut inilah contoh surat lamaran kerja di Bank yang bisa menjadi acuan, antara lain:

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BCA

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank BCA

Bekerja di Bank BCA memang tidak semudah yang dibayangkan. Tentunya membutuhkan skill dan juga kompetensi yang cukup baik. Maka dari itu, standar untuk menjadi karyawan Bank satu ini pun juga pasti sangat tinggi. Apabila ingin mengajukan permohonan pekerjaan, maka bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja di bank BCA berikut ini, antara lain:

Surat Lamaran Kerja di Bank BCA

Pasuruan, 24 Oktober 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD Bank BCA

Kantor Cabang Pasuruan

Pasuruan

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan, bahwa Bank BCA Kantor Cabang Pasuruan sedang membuka lowongan kerja untuk posisi teller. Sehingga saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : Fitria Rahmawati

Tempat/Tgl Lahir    : Pasuruan, 02 Januari 1995

Jenis Kelamin          : Perempuan

Pendidikan              : S-1 Perbankan

Telp                         : 089123456787

Alamat                                : Jl. Hang Tuah, No. 56, Kota Pasuruan

 

dengan ini bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di Bank BCA Kantor Cabang Pasuruan dengan posisi teller sesuai dengan yang Bapak/Ibu butuhkan.

Adapun pengalaman pekerjaan saya adalah pernah bekerja di bank swasta di Kota Pasuruan selama kurang lebih selama 2 tahun. Ada pula berupa pengalaman dan ilmu yang saya peroleh dari mengikuti beberapa seminar dan workshop yang berkaitan dengan dunia akuntansi maupun perbankan.

Tidak hanya itu, bersama ini saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

Besar harapan saya agar bisa mengikuti wawancara dan diterima menjadi salah satu pegawai Bank BCA Kantor Cabang Pasuruan. Terima kasih atas perhatian dan juga kesempatan yang diberikan oleh bapak/ibu.

 

Hormat Saya,

 

Fitria Rahmawati


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Mandiri Syariah

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank Mandiri Syariah

Tidak hanya Bank BCA, namun Bank lain seperti Mandiri Syariah juga cukup sulit untuk dijangkau oleh para fresh graduate. Namun meskipun begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar menjadi sebuah pertimbangan, yaitu dengan membuat surat lamaran yang benar. Berikut inilah contoh surat lamaran kerja di bank Mandiri Syariah yang bisa menjadi acuan, yaitu antara lain:

Surat Lamaran Kerja di Bank Mandiri Syariah

Pasuruan, 24 Oktober 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD Bank Mandiri Syariah

Kantor Cabang Pasuruan

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di BANK Mandiri Syariah yang dimuat pada harian umum Radar Bromo pada tanggal 23 Oktober 2020 kemarin, dengan ini saya berniat mengajukan lamaran pekerjaan sebagai seorang teller.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut :

Nama                      : Nur Amaliyah

Tempat/Tgl Lahir    : Pasuruan, 18 November 1994

Jenis Kelamin          : Perempuan

Pendidikan              : S-1 Perbankan Syariah

Alamat                                : Jl. Untung Suropati, No. 17, Pasuruan

Telp                         : 081234555667

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

 

Tentunya sangat besar harapan saya agar diberikan kesempatan untuk interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan dan potensi yang ada dalam diri saya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu HRD, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Nur Amaliya


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BRI

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank BRI

Bank BRI menjadi salah satu bank pemerintah yang telah tersebar di seluruh pelosok negeri. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang yang bagus untuk menapaki jenjang karir. Apabila ingin melamar kerja di Bank BRI, maka contoh berikut bisa dijadikan acuan.

Surat Lamaran Kerja di Bank BRI

Probolinggo, 15 Oktober 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Kepala Bagian Personalia

Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk

PO BOX 009/sbs/60400

di SURABAYA

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Koran Jawa Pos hari Rabu tanggal 13 Oktober 2020, bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk membuka lowongan pekerjaan untuk pegawai baru. Sehubungan dengan hal tersebut, saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan sebagai Pegawai di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk pada bagian FRONTLINER.

 

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut :

Nama                      : Adam Al Akbar

Tempat/Tgl Lahir    : Probolinggo, 05 Mei 1995

Jenis Kelamin          : Laki-laki

Pendidikan          : S-1 Akuntansi

Alamat                                : Jl. Gebang no. 12, Probolinggo

Telp                     : 081567899919

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

 

Cukup besar harapan saya agar diberikan kesempatan untuk mengikuti interview dan bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai kemampuan dan potensi yang saya miliki.

Demikian surat permohonan kerja yang saya buat dengan jelas dan sebenarnya. Atas perhatian dan waktu yang diberikan, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu HRD.

 

Hormat Saya,

 

Adam Al Akbar


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Danamon

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank Danamon

Menulis surat lamaran kerja untuk bekerja di Bank Danamon memang tidak harus panjang ataupun bertele-tele. Namun harus disertai dengan tata penulisan dan bahasa yang sopan agar bisa dipertimbangkan dengan baik. Salah satunya yang bisa menjadi contoh adalah sebagai berikut.

Surat Lamaran Kerja di Bank Danamon

Malang, 17 Oktober 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD Bank Danamon

Kantor Cabang Malang

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi adanya lowongan kerja di  Bank Danamon sebagai marketing yang diunggah dalam akun instagram @lokermalang pada hari Senin tanggal 15 Oktober 2020, maka dengan ini saya :

Nama                      : Anita Asih

Tempat/Tgl Lahir    : Malang, 24 Januari 1997

Jenis Kelamin          : Perempuan

Pendidikan          : SMA

Status                      : Belum Menikah

Telp                     : 087890123456

Alamat                            : Jl. Ijen no. 46, Malang

bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di Bank Danamon dengan posisi sebagai marketing seperti yang Bapak/Ibu butuhkan. Sebelumnya saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai marketing di sebuah perusahaan swasta di Surabaya selama kurang lebih 3 tahun.

Berikut inilah beberapa dokumen saya lampirkan untuk bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

Demikian surat untuk permohonan kerja ini saya buat dengan informasi sebenar-benarnya. Tentunya sangat besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari tim marketing di Bank Danamon. Terakhir, saya mengucapkan banyak terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan.

 

Hormat Saya,

 

Anita Asih

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran CPNS


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Mandiri

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank Mandiri

Seperti halnya Bank BRI, bank Mandiri juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Tentunya hal ini membuatnya semakin familiar di telinga banyak masyarakat dan bisa menjadi kesempatan yang baik untuk bekerja disana. Berikut inilah contoh surat lamaran kerja di bank Mandiri yang bisa menjadi acuan, antara lain:

Surat Lamaran Kerja di Bank Danamon

Sidoarjo, 19 April 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD Bank Mandiri

Kantor Cabang Sidoarjo

 

Dengan hormat,

Dengan adanya informasi mengenai lowongan kerja di Bank Mandiri sebagai teller, maka dengan ini saya :

Nama                      : Farah Fadilah

Tempat/Tgl Lahir    : Sidoarjo, 11 Agustus 1994

Jenis Kelamin          : Perempuan

Pendidikan          : S1-Akuntansi

Status                      : Belum Menikah

Telp                     : 085678912345

Alamat                            : Jl. Sudirman no. 90, Sidoarjo

 

bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di Bank Mandiri dengan posisi sebagai teller seperti yang Bapak/Ibu butuhkan. Sebelumnya saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai teller di sebuah perusahaan swasta di Malang selama kurang lebih 1 tahun.

Berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen yang bisa menjadi bahan pertimbangan, antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sejelas-jelasnya, tentunya sangat besar harapan saya untuk bisa bergabung di Bank Mandiri sebagai teller. Atas perhatian dan juga kesempatan yang  telah diberikan, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu.

 

Hormat Saya,

 

Farah Fadilah


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Muamalat

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank Muamalat

Ketika melamar ke sebuah bank, tentunya ada banyak posisi yang bisa disesuaikan dengan latar belakang pendidikan. Salah satu posisi yang sangat diincar adalah customer service di Bank Muamalat. Apabila ingin melamar pekerjaan, maka bisa menggunakan acuan surat berikut ini.

Surat Lamaran Kerja di Bank Muamalat

Tulungagung, 11 Oktober 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD PT Bank Muamalat, Tbk

Kantor Cabang Tulungagung

Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

 

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : Alika Ilyas, S. Ak

Tempat/Tgl Lahir    : Tulungagung, 30 Desember 1995

Jenis Kelamin          : Perempuan

Pendidikan          : S1 Perbankan Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

IPK                           : 3.48

Status                      : Belum Menikah

Telp                     : 089991234567

Alamat                            : Jl. Imam Bonjol, Kel. Rampis, Kec. Ronini, Kab. Tulungagung, Jawa Timur

bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di Bank Muamalat dengan posisi sebagai Frontliner (Customer Service) seperti yang Bapak/Ibu butuhkan. Sebelumnya saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai Frontliner di sebuah perusahaan swasta di Surabaya selama kurang lebih 2 tahun.

Berikut ini saya lampirkan dokumen untuk dijadikan pertimbangan, antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

Cukup sekian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Saya berharap bisa bergabung di Bank Muamalat sebagai Frontliner. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan juga kesempatan yang Bapak/Ibu berikan.

Hormat Saya,

 

Alika Ilyas

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BNI

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank BNI

Sebagian besar para pelamar kerja memilih Bank BNI sebagai tujuan utama. Pasalnya Bank satu ini memiliki jaringan yang cukup luas di Indonesia. Maka dari itu melamar pekerjaan dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut sangatlah diimpikan. Apabila berminat untuk melamar kerja, maka contoh berikut bisa menjadi acuan.

Surat Lamaran Kerja di Bank BNI

Lamongan, 20 Juli 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

HRD Bank Negara Indonesia (BNI)

Kantor Cabang Lamongan

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan di harian Jawa Pos pada tanggal 17 Juli 2020, sepertinya bank BNI Cabang Lamongan sedang membutuhkan karyawan untuk ditempatkan sebagai teller. Melalui surat lamaran ini, saya mengajukan diri untuk bergabung dengan bank BNI Cabang Lamongan sebagai seorang teller seperti yang Bapak/Ibu butuhkan. Adapun identitas singkat saya adalah sebagai berikut :

Nama                      : Annisa Mayang Wibisono

Tempat/Tgl Lahir    : Lamongan, 21 April 1996

Jenis Kelamin          : Perempuan

Pendidikan          : S1-Perbankan

Status                      : Belum Menikah

Telp                     : 083111222333

Alamat                            : Jl. Tembok Asri No. 156, Lamongan

Sebelumnya saya juga sudah memiliki pengalaman kerja sebagai teller di sebuah perusahaan swasta di Lamongan selama kurang lebih 1 tahun. Tentunya sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu HRD, bersama ini saya juga melampirkan dokumen penting, yaitu antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkrip Nilai
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotocopy SKCK

Demikian surat permohonan kerja yang saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berkeinginan cukup besar  untuk bisa bergabung di Bank BNI sebagai teller. Atas kesempatan dan waktu yang telah diberikan, tentunya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Annisa Mayang Wibisono


Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian, fungsi dan juga contoh surat lamaran kerja di Bank yang bisa dijadikan acuan. Tentunya pengetahuan mengenai hal ini sangat dibutuhkan agar surat lamaran bisa dipertimbangkan dengan baik oleh pihak Bank yang dituju.

Namun tidak hanya itu, pastikan bahwa surat lamaran yang dibuat sudah sesuai aturan dan kriteria penulisan yang ada. Sehingga akan mempermudah langkah ketika proses penerimaan pegawai baru dan segera dipanggil untuk melakukan interview. Semoga bermanfaat dan berhasil ya

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank

Tinggalkan komentar