5+ Contoh Surat Paklaring Berbagai Posisi Kerja dan Penguat Lamaran

Surat PaklaringKetika seseorang keluar dari perusahaan biasanya yang bersangkutan meminta surat paklaring dari perusahaan. Apa itu surat paklaring? paklaring adalah surat pernyataan rekomendasi dari perusahaan tempat bekerja tersebut. Mari simak contoh surat paklaring dan fungsi umumnya disini.

Selagi jiwa muda masih bergelayut dalam diri boleh –boleh saja keluar, namun jangan lupa untuk meminta surat paklaring untuk berkas pendukung ketika keinginan kembali bekerja mulai muncul. Berikut ini ada beberapa contoh surat paklaring yang bermanfaat untuk pengetahuan dan pengalaman dalam mengenal dokumen diri.

Contoh Surat paklaring dibawah ini menyatakan untuk berbagai posisi di perusahaan yang berbeda. Namun surat paklaring tetap berdasarkan ketentuan dan syarat tertentu. Kepentingan surat paklaring ini sangat baik bagi siapa saja yang ingin dirinya direkomendasikan oleh sebuah perusahaan lain.


Apa Fungsi Surat Paklaring

Apa Fungsi Surat Paklaring

Sekilas surat ini tidaklah begitu penting. Karena hanya sebuah surat yang berisikan data diri dan pernyataan bahwa seseorang tersebut pernah bekerja di perusahaan tersebut. Dalam contoh surat paklaring ini tentu sebagian orang bertanya apa fungsi surat tersebut?

  • Surat paklaring bertujuan memberikan rekomendasi atas dedikasi atau nilai mutu seseorang dalam bekerja di bidangnya. Oleh sebab itu bisanya surat paklaring berisi penilaian secara khusus kepada orang bersangkutan seperti jujur, disiplin dan memiliki motivasi yang tinggi.
  • Untuk membuktikan bahwa seseorang telah pernah bekerja dan memiliki pengalaman dalam bekerja sehingga kemampuannya tidak lagi diragukan tentunya perusahaan akan lebih menyukai karyawan yang telah berpengalaman.
  • Sebagai nilai lebih bagi perusahaan yang akan memperkerjakan seseorang. Dengan adanya surat Prnyataan paklaring dari perusahaan tertentu perusahaan menjadi lebih percaya terhadap potensi yang dimiliki dan pengalaman yang menguntungkan. Kalau baru tanpa pengalaman tentunya akan ada proses melatih dan mengenal terlebih dahulu.
  • Pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima seseorang bekerja di perusahaannya. Dengan adanya surat tersebut tentunya perusahaan akan lebih mempertimbangkan daripada harus membuang waktu untuk mengajari atau memberikan pelatihan kepada karyawan baru .
  • Atas kemampuan dan dedikasi diri seseorang dalam bekerja, maka ntuk memberikan kesan yang beda ketika mengirimkan lamaran ke perusahaan surat paklaring akan menambah nilai lebih untuk dipilih.

Baca Juga: Contoh Surat Pengangkatan Karyawan


Contoh Surat Paklaring Untuk Berbagai Posisi Kerja

Contoh Surat Paklaring Untuk Berbagai Posisi Kerja

Sebagai contoh surat paklaring ini dapat dijadikan contoh juga dapat dikombinasikan dengan pernyataan lain namun tetap dalam kontekstual yang  sesuai dengan ketentuan. Masing-masing surat ini menunjukkan penilaian dan dedikasi seorang karyawan yang keluar dari perusahaan tersebut tetapi bukan berhenti karena alasan pemecatan, atau melanggar peraturan.

Surat Paklaring Untuk Berbagai Posisi Kerja

Jaya Swara Karya

Jln. Nusa Dua Nomor 5 Gang Selanga Medan Sumatera Utara

Telf. 0622762287/ [email protected]. Id

Surat Paklaring

Nomor  : 871/HRD/Aktif/2019

Bahwasanya dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Prawira Kurniawan

Jabatan            : Direktur PT Jaya Swara karya

Dengan ini menyatakan dan menerangkan saudara dengan data dibawah ini:

Nama               : Dendi Eko Ptanawirawan

Alamat             : Jln. Melati Pagi Kecamatan Pematang Jering Kabupaten Asahan

Bahwasanya dengan keterangan data diatas saya selaku PT jaya Swara Karya menyatakan bahwa saudara atas data tersebut benar telah kerja di perusahaan sejak tanggal 23 Januari 2017.

Adapun jabatan serta posisi saudara tersebut selama bekerja di Perusahaan ini menjabat sebagai Staff Executive dan berakhir pada tanggal 20 Februari 2019.

Dengan demikian disini kami dari pihak perusahaan PT jaya Swara Karya ingin menyampaikan bahwa selama menjabat posisi dan bekerja di perusahaan kami saudara yang bersangkutan cukup baik.

Dapat menyelesaikan tugas dan tanggungjawab, tidak melakukan kesalahan dan merugikan pihak perusahaan . loyalitas, disiplin kerja menjadikan saudara adalah sosok karyawan yang sangat disiplin, berdedikasi, serta sangat loyalitas kepada perusahaan kami.

Demikianlah surat ini saya perbuat dengan sebaik-baiknya. Semoga saudara akan tetap menjadi karyawan yang baik, dan sukses dimasa yang akan datang.

Medan, 5 Maret 2019

Direktur

Prawira Kurniaan


Contoh Surat Paklaring Dari Perusahaan Industri

Contoh Surat Paklaring Dari Rumah Sakit

Pabrik industri pasti membutuhkan pekerja yang sudah tahu sistem kerja produksi. Posisi sebagai karyawan untuk bidang produksi pasti sangat dibutuhkan. Namun biasanya untuk bagian produksi perusahaan menawarkan sejumlah peraturan dan  ketentuan yang berlaku. Oleh sebab itu pengalaman bekerja di bagian produksi sangat bermanfaat untuk mencari pengalaman kerja yang lebih baik.

Surat Paklaring Dari Perusahaan Industri

Industri Pakan Ceria

Jln. Delima Raya Kecamatan Medang Kuala Kecamatan Riau Pekan Baru

Telf. 0219877656

Surat Paklaring

Nomor: 7/KLH/10/HJTU6

Bahwasanya dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Glen Parna Jaya

Jabatan           : Pimpinan Utama PT Industri Pakan Ceria

Dengan ini menyatakan dan menerangkan saudara dengan data dibawah ini:

Nama               : Pipit Eka Buana

Alamat             : Jln. Perjuangan Pasar VIII depan Kantor Camat Indrapura

Berkenaan dengan surat ini saya selaku pimpinan PT Industri Pakan Ceria ingin menyampaikan bahwa saudara Pipit Eka Buana tersebut benar adanya telah bekerja di Perusahaan milik kami.

Selama bekerja di perusahaan ini saudara yang bersangkutan diatas tercatat sebagai karyawan yang berkelakuan baik, penuh semangat, jujur dan loyalitas.

Berdasarrkan penilaian produktifitas kerja saudara tersebut yang dilakukan oleh pihak manajemen secara mendalam bahwa saudara tersebut tidak pernah melanggar peraturan serta merugikan pihak perusahaan.

Keluarnya saudara dari pekerjaan tersebut adalah keinginannya sendiri dengan tujuan untuk mencari pengalaman kerja yang lebih lagi. Demikian surat ini disampaikan sebaik-baiknya tanpa paksaan siapapun.

Pekan Baru, 4 Oktober 2019

Pimpinan Utama

Glen Parna Jaya


Contoh Surat Paklaring Dari Rumah Sakit

Contoh Surat Paklaring Dari Rumah Sakit

Rumah sakit adalah merupakan tempat layanan kesehatan masyarakat. Dengan demikian tentu saja orang-orang yang sudah bekerja di rumah sakit pasti memiliki manajemen yang sangat baik. Jika memiliki pengalaman bekerja di rumah sakit sebaiknya mintalah surat paklaring dari rumah sakit tersebut untuk rekomendasi.

Surat Paklaring Dari Rumah Sakit

Rumah Sakit Cidelaras

Jln. Purworejo Kecamatan Limapuluh Kabupaten Sidotani

Telf. 0222 5647898

Surat Paklaring

Nomor: 8/RMCidelaras/6257/

Bahwasanya dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Deden Setiyoso

Jabatan           : Kepala Rumah Sakit Cidelaras

Dengan ini menyatakan dan menerangkan saudara dengan data dibawah ini:

Nama               : Ririn Soemarno Am, keb

Alamat             : Jln. Pasar IA Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun.

Saya sebagai pihak Rumah Sakit Cidelaras ingin menyampaikan bahwa benar adanya Ririn Soemarno Am, keb salah satu petugas kesehatan yang telah mengabdi  Rumah sakit ini. Pengabdiannya selama bekerja di sini sangat membantu khususnya membantu menjaga dan menyelamatkan kesehatan para ibu-ibu yang hendak melahirkan di Rumah Sakit Cidelaras.

Selama bekerja disini saudara yang bersangkutan dikenal sangat ramah, disiplin, dan berpengalaman dalam kebidanan. Keluarnya saudara tersebut dari rumah sakit ini disebabkan keinginan sendiri karena beliau hendak melanjutkan pendidikanyna ke jenjang berikutnya. Terimakasih atas perhatiannya semoga kelak dedikasi saudara akan dapat diteladani di Rumah sakit ini.

Kepala Rumah Sakit 20,Desember 2019

Deden Setiyoso MM

Baca Juga: Contoh Surat Hibah


Contoh Surat Paklaring Sebagai Tenaga Pendidik

Contoh Surat Paklaring Sebagai Tenaga Pendidik

Selain di perusahaan bekerja sebagai tenaga pendidik juga sangat membutuhkan pengalaman yang dapat diakui. Oleh sebab itu jika hendak melamar pekerjaan sebagai tenaga pendidikan di lembaga pendidikan yang bonafit serta surat paklaring dari sekolah-sekolah sebelumnya yang pernah di jalani untuk mendapatkan pengalaman kerja, seperti contoh dibawah ini:

Surat Paklaring Sebagai Tenaga Pendidik

SMA Swasta Tuanku Iman Nadjid

Jln. Rasyid hasan Nomor 65 Aceh Timurr

Telf. 06542568

Surat Paklaring

Nomor: 76/HL/hl/3243/LM

Bahwasanya dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Wahyu Prasetio Budiadmajaya

Jabatan           : Kepala Sekolah SMA Swasta Tuanku Iman Nadjid

Dengan ini menyatakan dan menerangkan saudara dengan data dibawah ini:

Nama               : Fitri Susanti Febriana SPd

Alamat             : Jln Martadinata nomor 7 Kelurahan Bijaksana Kabupaten Asahan

Sebagaimana yang akan disampaikan melalui surat ini bahwa sanya benar adanya saudara ibu Susanti febriana Spd telah mengajar di Sekolah SMA Swasta Tuanku Iman Nadjid ini dengan sangat baik.

Dengan ini saya menyampaikan juga bahwa saudara tersebut juga selama bekerja di sekolah ini sangat jujur dan berdedikasi tinggi. Dan tidak pernah melakukan perilaku yang merugikan dan mencemarkan lembaga pendidikan.

Bersamaan dengan surat ini saya juga menyatakan semoga dapat mengajar ditempat yang lebih baik lagi.  Terimakasih atas dedikasi dan perhatiannya dan atas perhatiannya.

Medan, 26 Oktober 2019

Wahyu Prasetio Budiadmajaya

Baca Juga: Contoh Surat Masuk


Contoh Surat Paklaring Sebagai Asisten Kepala Bagian

Contoh Surat Paklaring Sebagai Asisten Kepala Bagian

Masing-masing posisi dalam perusahaan memberikan pengalaman sendiri-sendiri. Lain perusahaan lain juga peraturan yang berlaku. Dan begitu juga dengan pengalaman bekerja di perusahaan memberikan suasana dan pengalaman yang berbeda dan tiap-tiap orang tentunya berbeda. Berikut contoh surat paklaring berikut ini untuk bagian asisten kepala bagian.

Surat Paklaring Sebagai Asisten Kepala Bagian

Tri Bina Kencana Putra

Jln. Suasana Mesra Kecamatan Ledang Padang Lawas

Telf. 062293736357

Surat Paklaring

Nomor: 7365378/HK/98765/

Bahwasanya dengan ini saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Putri Innaya Amirah

Jabatan           : Direktur Perusahaan

Dengan ini menyatakan dan menerangkan saudara dengan data dibawah ini:

Nama               : Budi Sanjaya Indrajaya

Alamat             : Jln. Mesjid Lama Kecamatan Ledong Raya Padang Lawas

Bahwasanya dengan ini saya selaku pemilik perusahaan menyatakan dengan ini bahwa saudara tersebut diatas telah bekerja di perusahaan dengan sangat baik. Selama bekerja dan menjadi asisten kepala bagian saudara tersebut sangat menunjukkan semangat kerja yang tinggi serta memiliki motivasi yang maju.

Bersamaan dengan ini juga saya menyatakan bahwa selama menjadi karyawan di perusahaan saudara yang bersangkutan tidak pernah melakukan kesalahan yang melanggar hukum dan merugikan perusahaan.

Demikian surat ini saya perbuat semoga dengan bekerjanya saudara tersebut ditempat atau di perusahaan yang baru menjadi lebih baik dan sukses.  Terimakasih atas perhatiannya dan semoga surat ini dapat bermanfaat bagi diri saudara .

Padang Lawas, 21 Oktober 2019

Direktur Perusahaan

Puti Innaya Amira

Itulah contoh surat paklaring yang sangat penting bagi seorang pekerja yang ingin keluar dari sebuah perusahaan tempat bekerja. Oleh sebab itu jika keluar dari perusahaan maka pastikan untuk meminta perusahaan atau pihak manajemen mengeluarkan surat ini untuk kepentingan rekomendasi.

Kesuksesan seseorang memang tidak ditentukan dari surat paklaring namun dengan memilikinya secara tidak langsung kita telah berusaha pekerja dengan baik. Contoh surat paklaring diatas dapat dijadikan contoh serta acuan jika meminta surat paklaring ke perusahaan tempat bekerja

Surat Paklaring

Tinggalkan komentar