5+ Contoh Surat Penawaran Hotel untuk Gathering, Wedding dan Lainnya

Contoh Surat Penawaran Hotel – Saat mendengar kata hotel, pasti yang terlintas di pikiran kita adalah bangunan mewah dan megah yang digunakan untuk menginap. Tak hanya untuk menginap, hotel juga sering digunakan sebagai tempat meeting, acara pernikahan, gathering, dan lain sebagainya.

Biasanya, pihak hotel akan mengeluarkan contoh surat penawaran hotel kepada pihak yang ingin menggunakannya untuk keperluan tertentu.  Sebenarnya apa sih hotel itu? Hotel secara umum dapat diartikan sebagai bangunan yang mempunyai banyak kamar yang digunakan sebagai tempat menginap atau berbagai keperluan lainnya dan disertai dengan berbagai fasilitas penunjang.

Sebuah bangunan dapat dikatakan sebuah hotel jika memiliki kamar paling sedikit 15 buah dengan luas masing-masing kamar minimal 20 m².  Bagian dalam hotel berisi banyak kamar bagi para tamu hotel, ballroom untuk kegiatan besar, dan berbagai fasilitas tambahan untuk memberi kepuasan pada tamu hotel.

Nah, fasilitas tambahan ini berbeda-beda tergantung kebijakan dan kemampuan pemilik hotel. Mulai dari kolam renang, gym, restoran, spa, hingga ruang sauna. Semakin mahal biaya sewa hotel, maka semakin lengkap pula fasilitasnya.


Fungsi Hotel

Fungsi Hotel

Awal kehadirannya, hotel memang hanya difungsikan sebagai suatu tempat penginapan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan gaya hidup, fungsi hotel mulai mengalami perubahan. Tak hanya sekedar menjadi tempat menginap, kini hotel juga menjadi tempat untuk mengadakan rapat, seminar, resepsi pernikahan, pameran, pertemuan, dan lain-lain.

Bila dilihat dari sisi penerima manfaatnya, hotel memiliki fungsi yang berbeda lagi. Penerima manfaat yang dimaksud adalah pemilik hotel, tamu, karyawan, dan pemerintah. Berikut ini adalah fungsi hotel menurut penerima manfaatnya : 

  • Pemilik Hotel : hotel dapat digunakan sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan finansial atau mendatangkan income
  • Para tamu : hotel menjadi tempat menginap atau beristirahat sementara dan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan memuaskan.
  • Karyawan : hotel memiliki peran yang sangat penting bagi karyawan karena menjadi tempat untuk mencari nafkah dan mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Pemerintah : keberadaan hotel membantu menyediakan lapangan pekerjaan, menambah pendapatan daerah, atau bahkan membantu promosi objek wisata setempat.

Karakteristik Hotel

Karakteristik Hotel

Bila dilihat dari definisi dan tujuan dibangunnya suatu hotel, hotel termasuk dalam salah satu jenis usaha komersial. Usaha komersial maksudnya adalah hotel memberikan pelayanan dengan tujuan mendatangkan keuntungan finansial atau ekonomis. Berbeda dengan badan usaha lainnya, hotel memiliki karakteristik tersendiri, loh! Yuk, simak penjelasan mengenai karakteristik yang dimiliki suatu hotel! 

Karakteristik pertama yaitu hotel termasuk ke dalam badan usaha padat karya dan padat modal. Dalam pengelolaanya, hotel membutuhkan modal yang besar dan jumlah karyawan yang banyak. Hotel juga menghasilkan sekaligus memproduksi jasanya di tempat hotel itu berada. Kelangsungan usaha hotel sangat bergantung pada situasi politik, sosial, ekonomi, budaya, dan keamanan di tempat hotel tersebut beroperasi. 

Uniknya, hotel memperlakukan para pelanggan atau tamu sebagai raja sekaligus partner usahanya. Hotel juga mampu beroperasi selama 24 jam penuh tanpa ada hari libur dalam melayani para pelanggan. Namun, untuk menggunakan fasilitas penunjang hotel, biasanya ada pembatasan waktu tertentu demi kenyamanan dan keamanan bersama.


Jenis-jenis Hotel

Jenis Jenis Hotel

Hotel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis menurut berbagai kategori. Masing-masing kategori tentunya memiliki jenis yang berbeda. Salah satu kategori yang dapat membedakan jenis hotel adalah berdasarkan lokasi atau tempat dimana hotel itu berada. 

Berikut ini adalah beberapa jenis hotel berdasarkan lokasi keberadaan hotel :

  • Residential Hotel : tempat menginap yang satu biasanya berlokasi di tepi kota dan akses menuju tempat bisnis relatif mudah. Hotel ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk keluarga sehingga sangat cocok digunakan para tamu untuk menginap dalam waktu yang lama. 
  • Resort Hotel : biasanya dibangun di pegunungan, tepi pantai, danau, atau aliran sungai. Hotel ini cocok digunakan sebagai tempat berlibur yang dekat dengan alam.
  • City Hotel : didirikan di perkotaan dan ditujukan untuk orang-orang yang akan menginap dalam waktu singkat. Hotel ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas bisnis, seperti ruang rapat, ruang seminar, dan lain sebagainya. 
  • Motor Hotel (Motel) : biasanya didirikan di pinggir jalan raya yang menjadi penghubung antar kota atau terletak di dekat gerbang perbatasan dua kota.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Hotel


Contoh Surat Penawaran Hotel untuk Berbagai Keperluan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain untuk menginap, hotel juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Biasanya, pihak hotel akan mengeluarkan surat penawaran hotel bila ada acara tertentu yang menyewa banyak ruangan. Surat penawaran hotel ini termasuk ke dalam salah satu contoh surat resmi sehingga harus diperhatikan struktur dan gaya bahasanya. Berikut adalah contoh surat penawaran hotel :

Contoh Surat Penawaran Hotel untuk Gathering Perusahaan

Contoh Surat Penawaran Hotel Untuk Gathering Perusahaan

JOY & PEACE HOTEL
Jalan Harapan Indah No. 22, Bali
Telp. 021-902029 Fax. 021-839202
Website : www.joypeacehotel.com
Email : [email protected]

Bali, 21 Mei 2020

 

Nomor : 76/SPH/V/2020

Hal : Penawaran Hotel

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Bumi Satria

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang kami dapatkan bahwa PT Bumi Satria akan mengadakan gathering perusahaan, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran layanan jasa penginapan. Sebagai informasi, Joy & Peace Hotel merupakan hotel bintang lima yang memiliki lebih dari 400 kamar hotel, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, kolam renang, ballroom, karaoke, gym, sauna, dan spa. 

Kami sudah bergerak dalam bidang penginapan ini selama kurang lebih 40 tahun. Berbagai pengusaha ternama, pejabat, hingga para selebritis pernah menginap dan menikmati pelayanan di hotel ini. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, kami akan memberikan beberapa rincian penunjang penawaran yang kami berikan. Harga yang tertera berikut adalah harga untuk rombongan (paket 20 kamar).

  • Standar : 60 juta rupiah
  • Superior : 80 juta rupiah
  • Deluxe : 110 juta rupiah
  • Suit : 145 juta rupiah
  • Presidensial Suit : 190 juta rupiah

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, apabila Bapak/Ibu pimpinan ingin menerima tawaran kami, silahkan hubungi email yang tertera pada kop surat. Sebagai informasi, harga dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. 

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,

 

Pimpinan Joy & Peace Hotel,

Agus Firmansyah, S.E


Contoh Surat Penawaran untuk Resepsi Pernikahan

Contoh Surat Penawaran Untuk Resepsi Pernikahan

Surat Penawaran untuk Resepsi Pernikahan

HOTEL CAHAYA
Jalan Kemuliaan No. 17, Bandung
Telp. 021-738299 Fax. 021-839292
Website : www.cahayahotel.com

Bandung, 8 September 2020

 

Nomor : 32/SPH/HC/IX/2020

Lampiran : 1 Halaman

Hal : Penawaran Harga Sewa Hotel

 

Kepada Yth,

Bapak Andi Afandi

Jalan Geulis No. 113, Bandung

 

Dengan hormat,

Untuk menanggapi surat yang Bapak kirimkan mengenai harga sewa kamar dan ballroom Hotel Cahaya, kami membuat surat penawaran ini. Sebelumnya, izinkan kami memberitahu informasi mengenai hotel yang kami kelola ini. Hotel Cahaya memiliki 350 kamar, 3 ballroom, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya. 

Kami sudah bergerak dalam bidang ini dan mengembangkan usaha perhotelan selama kurang lebih 20 tahun. Hotel Cahaya memang sering dijadikan sebagai pilihan tempat penginapan, rapat, gathering, hingga resepsi. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, kami melampirkan beberapa rincian penawaran harga terbaik yang nantinya dapat didiskusikan kembali untuk mencapai kesepakatan bersama. Sebagai tambahan informasi, untuk mengadakan resepsi, minimal menyewa 10 kamar dan satu ballroom. 

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, apabila Bapak bersedia menerima tawaran kami atau ingin bertanya lebih lanjut, silahkan hubungi email yang tertera pada kop surat. Harga dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. 

Atas perhatian dan waktunya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,

 

Pimpinan Hotel Cahaya

Budi Mulyono, S.E


Contoh Surat Penawaran Hotel untuk Acara Sweet Seventeen

Contoh Surat Penawaran Hotel Untuk Acara Sweet Seventeen

Surat Penawaran Hotel untuk Acara Sweet Seventeen

STAR HOTEL
Jalan Luar Biasa No. 74, Jakarta
Telp. 021-939208 Fax. 021-832920
Email : [email protected]

Jakarta, 19 Februari 2020

 

Nomor : 11/SPH/II/2020

Hal : Penawaran Harga Sewa Hotel

 

Kepada Yth,

Ibu Annisah Kristin

Jalan Sukamaju No. 22, Jakarta

 

Dengan hormat,

Untuk menanggapi surat yang Ibu kirimkan mengenai harga sewa kamar hotel dan ballroom yang akan digunakan untuk pesta ulang tahun anak Ibu yang ke-17, kami membuat surat ini untuk menawarkan berbagai paket promo dan harga yang menarik.

Sebelumnya, izinkan kami memberitahu informasi mengenai hotel yang kami kelola ini. Star Hotel memiliki 300 kamar, 2 ballroom besar, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. 

Kami sudah bergerak dalam bidang ini dan mengembangkan usaha perhotelan selama kurang lebih 30 tahun. Star Hotel sudah sering melayani para tamu untuk berbagai acara, mulai dari meeting, gathering, resepsi, hingga pesta ulang tahun. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, kami akan memberikan rincian penawaran harga yang nantinya dapat didiskusikan kembali untuk mencapai kesepakatan bersama. Harga yang tertera adalah paket ulang tahun, dilengkapi harga dekorasi dan event organizer.  

  • Sederhana (5 kamar hotel + ballroom + EO tingkat 1 + dekor sesuai keinginan) : 65 juta rupiah
  • Mewah (10 kamar hotel + ballroom + EO senior + dekor sesuai keinginan + kue ulang tahun) : 120 juta rupiah
  • Sultan (20 kamar hotel + ballroom utama + EO profesional + band + dekor sesuai keinginan + kue ulang tahun) : 300 juta rupiah 

Kami akan memastikan kelangsungan acara nantinya akan menyenangkan dan berkesan. Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, apabila Ibu bersedia menerima tawaran kami atau ingin bertanya lebih lanjut, silahkan hubungi email yang tertera pada kop surat. Atas perhatian dan waktunya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,

 

Pimpinan Star Hotel

Handoko Suroso, S.E

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama Event Organizer


Contoh Surat Penawaran Hotel untuk Rapat

Contoh Surat Penawaran Hotel Untuk Rapat

Surat Penawaran Hotel untuk Rapat

HOTEL MELATI PUTIH
Jalan Semangat Perjuangan No. 19, Jakarta
Telp. 021-728191 Fax. 021-674282
Email : www.melatiputihh.com

Jakarta, 23 September 2020

 

Nomor : 21/SPH/IX/2020

Lampiran : 1 Bundel

Hal : Penawaran Hotel

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Sinar Elektro,

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang kami dapatkan bahwa PT Sinar Elektro sedang mencari perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan untuk menyewa ruang rapat selama beberapa hari, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran layanan ruang rapat. Sebagai informasi, Hotel Melati Putih merupakan hotel bintang empat yang memiliki lebih dari 250 kamar hotel, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, kolam renang, dan ballroom.  

Kami sudah bergerak di bidang ini selama kurang lebih 6 tahun dan kami juga menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan untuk berbagai kepentingan yang berbeda.  

Untuk penjelasan lebih lanjut, kami melampirkan beberapa rincian berkaitan dengan harga, proses transaksi, dan lain sebagainya. Apabila Bapak/Ibu pimpinan memiliki pertanyaan atau bersedia menyewa ruang rapat kami, silahkan hubungi nomor kami di 0821 6282 8291. 

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Sebagai informasi, harga dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,

 

Pimpinan Hotel Melati Putih,

Ir. Hudi Syarifuddin, S.E


Contoh Surat Penawaran Hotel untuk Seminar

Contoh Surat Penawaran Hotel Untuk Seminar

Surat Penawaran Hotel untuk Seminar

HOTEL BINTANG
Jalan Seminyak No. 1178, Bali
Telp. 022-639291 Fax. 022-742929
Email : [email protected]

Bali, 21 Juni 2020

 

Nomor : 28/SPH/VI/2020

Lampiran : 1 Halaman

Hal : Penawaran Hotel

 

Kepada Yth,

Rektor Universitas Mentari,

Jalan Siantar No. 1190, Bali

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang kami dapatkan bahwa Fakultas Psikologi Universitas Mentari akan mengadakan seminar dalam rangka memperingati ulang tahun jurusan psikologi yang ke-34, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran layanan jasa penginapan. Kami menawarkan berbagai pilihan kamar dengan rentang harga 250 ribu hingga 1 juta rupiah. 

Hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas ruang rapat, ballroom, dan ruang seminar. Untuk penjelasan lebih lanjut, kami melampirkan harga paket sewa kamar hotel beserta ruang seminar. 

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, apabila Bapak/Ibu rektor tertarik menerima tawaran kami, silahkan hubungi email yang tertera pada kop surat. Sebagai informasi, harga dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. 

Besar harapan kami agar Bapak/Ibu sudi mempertimbangkan penawaran ini dan bersedia menerimanya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

 

Manager Hotel Bintang,

Sri Mulyono, S.E

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Barang Furniture


Klasifikasi Hotel Berdasarkan Bintang

Klasifikasi Hotel Berdasarkan Bintang

Hotel berbintang dibedakan menjadi beberapa tingkatan dan dilambangkan dengan simbol bintang, mulai dari bintang satu hingga bintang lima. Penilaian terhadap hotel ini akan dilakukan oleh Dirjen Pariwisata secara rutin setiap 3 tahun sekali. Berikut adalah klasifikasi hotel berdasarkan bintangnya :

1. Hotel Bintang Satu

Sebuah hotel dapat dikatakan berbintang satu apabila memiliki jumlah kamar standar minimal 15 dengan luas masing-masing kamar minimal 20 m². Selain itu, hotel berbintang satu juga harus memiliki kamar mandi didalam kamar hotel.

2. Hotel Bintang Dua

Untuk dapat masuk ke kategori hotel berbintang dua, setidaknya hotel harus memiliki 20 kamar standar dengan luas minimal 20 m² dan 1 kamar suite dengan luas 44 m². Kamar mandi berada di dalam kamar hotel juga sangat membantu penilaian. Selain itu, hotel ini harus dilengkapi dengan TV, AC, Lampu, Jendela, Telepon, Bar, dan Sarana Olahraga. 

3. Hotel Bintang Tiga

Untuk dapat dikatakan hotel bintang tiga, minimal memiliki 30 kamar standar dan 2 kamar suite dengan luas minimal masing-masing 24 m² dan 48 m². Fasilitasnya sama dengan hotel bintang dua, namun ditambah lagi dengan lobi, restoran, dan valet parking.

4. Hotel Bintang Empat

Sebuah hotel dapat dikatakan berbintang empat jika memiliki 50 kamar standar dan 3 kamar suite dengan luas masing-masing 24 m² dan 48 m². Hotel bintang ini harus menyediakan kamar mandi air panas/dingin, lobi dengan luas 100 m², dan berbagai fasilitas mewah lainnya. Meskipun fasilitasnya lengkap, perabotan kamar hotel masih tergolong berkualitas standar.

5. Hotel Bintang Lima

Suatu hotel dapat dikatakan berbintang lima bila memiliki kamar standar minimal 100 dan kamar suite minimal 4 dengan luas masing-masing 26 m² dan 52 m². Tempat tidur serta perabot kamar juga harus berkualitas tinggi. Fasilitas di hotel berbintang lima hampir sama dengan hotel bintang empat, namun harus lebih lengkap dan menawarkan pelayanan yang berkelas.

Nah, sekarang sudah tahu lebih banyak mengenai hotel, kan? Hotel memang menjadi salah satu pilihan bila kita sedang dalam perjalanan dan membutuhkan tempat untuk beristirahat. Untuk menyewa sebuah hotel dalam jumlah kamar yang banyak, biasanya pemilik hotel akan memberikan contoh surat penawaran hotel terkait biaya dan fasilitas yang ditawarkan.

Salah satu contoh surat penawaran hotel diatas dapat digunakan oleh pihak pengelola hotel yang bersangkutan sebagai referensi. Karena bersifat resmi, penulis harus memperhatikan gaya bahasa, struktur, dan berbagai hal penting lainnya. Selain itu, pastikan harga yang ditawarkan cukup bersahabat dan ramah di kantong para tamu. Semoga bermanfaat, ya!

Contoh Surat Penawaran Hotel

Tinggalkan komentar