19+ Contoh Teks Ceramah Tentang Keluarga, Pendidikan dan Lainnya

Contoh Teks Ceramah – Dalam menyampaikan informasi pada khalayak ramai, seseorang dapat menggunakan metode pendekatan secara langsung melalui ceramah. Berbicara di depan umum, terkadang membuat penceramah hanyut dalam suasana hingga lupa alur yang sudah ditentukan sebelumnya.

Karena itu, selain mematangkan persiapan, adanya contoh teks ceramah juga dapat dijadikan dasar bahan tertulis.

Lingkup bahasan materi ceramah sangatlah luas, umumnya bersifat keagamaan. Banyaknya topik yang dapat bermanfaat bagi orang lain, meningkatkan jumlah artikel ‘cara merangkai sebuah teks’ beredar. Salah satunya adalah teks ceramah singkat dengan tema berbeda.

Membuat teks yang dapat mengajak setiap orang mengikuti saran positif dari penceramah merupakan tujuan utamanya. Menyebarkan materi dengan mempemudah pemahamannya, akan membuka wawasan masyarakat lebih. Namun, untuk mencapainya dibutuhkan pemahaman cara membuat teks ceramah terlebih dahulu.


Jenis Ceramah 

Jenis Ceramah 

Jenis ceramah dapat dipisahkan berdasarkan fungsi dan target pendengarnya. Selain itu, waktu dan tempat juga diperhitungkan untuk materi yang akan dipilih penceramah. Berikut dua jenisnya :

1. Ceramah Umum

Ceramah umum merupakan pembahasan yang luas dan tidak memiliki batasan siapa pendengarnya. Melingkupi kehidupan masyarakat dalam aspek beragam. Di dalamnya pun terdapat saran positif ataupun hal yang membangun pendengarnya lebih disiplin solusi terhadap satu perkara.

2. Ceramah Khusus

Ceramah khusus menitikberatkan suatu bahasan pada bidang atau golongan tertentu. Materi pun mengikuti susunan dan jenis acara yang mungkin menyelenggaraknnya. Penceramah diharuskan memilih isu dengan menyesuaikan keadaan yang ada.

Baca Juga: Contoh Teks Inspiratif


Ciri-Ciri Teks Ceramah Yang Baik Dan Benar 

Ciri Ciri Teks Ceramah Yang Baik Dan Benar 

Teks ceramah yang mudah dipahami pendengar selalu memiliki penuturan kalimat yang baik dan benar. Tidak berbelit dan memanfaatkan waktu merupakan salah satu yang utama agar pendengar tidak bosan. Diselingi dengan bahasan ringan juga mampu menepis kejenuhan di sekitar. Berikut ciri-cirinya :

  • Memiliki topik atau materi yang memang diperuntukan untuk menambah wawasan khalayak ramai. Sekedar memberi saran dan solusi pada suatu perkara juga dapat dijadikan bahan ceramah. Adapun informasi baru yang penting untuk disebar luaskan.
  • Penceramah dalam suatu acara juga tidak dapat sembarang orang. Diperlukan seseorang yang benar paham dan mengerti dengan pembahasan materi. Segala sumber yang digunakan oleh penceramah pun tidak boleh yang menuai informasi palsu atau masih penuh akan keraguan.
  • Adanya kalimat mengajak untuk melakukan hal positif setelah mendengar ceramah. Perubahan perilaku juga diharapkan menjadi lebih disiplin dari sebelumnya.
  • Segala fakta yang dapat mendukung argumen seorang penceramah sangatlah penting.
  • Hal terpenting lainnya ketika berceramah adalah adanya komunikasi dua arah antara penceramah dan pendengar. Dapat berupa tanya jawab di tengah atau pun setelah penjelasan.

Struktur Dasar Teks Ceramah 

Struktur Dasar Teks Ceramah 

Setiap teks jenis apapun memiliki struktur untuk membangun masing-masing paragrafnya. Seperti awalan, tengah dan akhiran yang berisi kalimat maksud berbeda. Berikut Strukturnya :

1. Pembuka

Bagian pembuka dalam teks berfungsi sebagai pengenalan isu yang dibahas pada isi. Mengerucutkan fokus pendengar ke pokok permasalahan yang akan terjabarkan di setiap paragraf setelahnya. Kalimat pembuka juga dapat digunakan untuk menarik perhatian masyarakat sekitar yang mendengar.

2. Isi

Bagian isi adalah wadah penceramah untuk menjelaskan penjabaran materi yang berdasar pada fakta. Memasukan data tanpa adanya penambahan atau pengurangan, yang telah diteliti terlebih dahulu keakuratannya. Namun, penceramah dapat juga mengutarakan pendapat pribadinya.

3. Penutup

Penutup biasanya berisikan kalimat penegasan pada topik yang sudah dijabarkan sebelumnya. Menekankan bagian terpenting yang ada di dalam isi sebagai sebuah kesimpulan. Mengingatkan kembali pada pendengar tentang apapun yang disarankan atau dijelaskan.

Untuk lebih mendalami penjelasan yang ada, beberapa contoh dibawah ini dapat dijadikan pedoman sebelum membuat teks ceramah dengan kaidah benar. Berikut contoh teks ceramah singkat dengan tema berbeda.


Contoh Teks Ceramah Tema Islam 

Contoh Teks Ceramah Tema Islam 

Seorang tokoh agama dapat menuntun dan memberikan wawasan seputar islam dengan menggelar ceramah. Materi yang dibawa pun akan berpusat pada kehidupan umat muslim.

Contoh Teks Ceramah Tema Islam

Mendalami Kandungan Al-Quran

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmatnya, kita semua masih diberikan kesempatan untuk saling berbagi ilmu dan wawasan dalam keadaan sehat walafiat. Sholawat tak lupa tersirat sebagai pengantar salam untuk Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita kembali ke jalan penuh hidayah. Menjauhkan kita semua dari peradaban jahiliyah yang menyesatkan jiwa.

Hadirin yang dirahmati-Nya, Allah SWT serta Rasul-nya telah memperkenalkan manusia pada suatu kitab suci yang menjadi pedoman umat islam dalam berperilaku dan beribadah. Sesuai dengan perintahnya, umat muslim diwajibkan untuk dapat membaca Al-Quran. Umumnya, keindahan huruf Al-Quran sudah ditanamkan pada anak sejak usia dini.

Al-Quran sendiri memiliki banyak keistimewaan, yang jika kita mengamalkannya pahala mengalir tanpa henti. Hal yang paling sederhana adalah ketika mata mulai memandang huruf hijaiyah dan bibir terbuka melafalkan lantunan ayat-ayat sucinya. Pahala yang didapat pun tidak terhitung dari baris ayat, namun per satu huruf.

Hadirin yang berbahagia, Al-Quran merupakan dasar penuntun langkah kita menjalani kehidupan sehari-hari. Berbagai petunjuk tertera jelas dengan rinci. Bahkan sebab dan akibat yang terjadi ketika manusia lalai menjalankan perintah-Nya pun ada didalamnya.

Baik urusan dalam bersosialisasi, perjodohan, kekeluargaan, usaha, utang piutang, penyakit hingga masalah hati sekalipun Al-Quran memiliki saran dan solusi yang terbaik.

Kesimpulan

Para hadirin sekalian, bagi orang beriman, keutaman membaca Al-Quran adalah mutlak. Disaat tekanan urusan dunia menerpa kita, maka bukalah Al-Quran dan resapi segala makna yang terkandung. Belum lagi, jika kita menemukan jawaban yang selama ini kita cari dengan hanya membacanya. Segala masalah pun akan cepat terselesaikan. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT.

Oleh karena itu, Al-Quran merupakan pemberi peringatan paling tepat bagi umat muslim yang masih mendekati larangan Allah SWT. Membaca surah-surah pendek dan memahami maknanya merupakan solusi lain ketika diri tengah berada dalam kesibukan yang tidak dapat di tinggalkan. Al-Quran diciptakan sebagai amunisi kekuatan ketika berperang melawan tipu duniawi.

Jika nafas masih tersimpan dalam raga, semoga kita dapat bertemu kembali. Terima kasih atas segala perhatian para hadirin, buang segala kekurangannya dan ambilah kelebihannya. Semoga dapat bermanfaat, sekian dari saya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Contoh Teks Ceramah Tema Kesehatan 

Contoh Teks Ceramah Tema Kesehatan 

Ceramah dapat digunakan untuk mengajak hadirin lebih mengenal cara hidup sehat. Menjelaskan secara singkat, namun mudah dipahami.

Contoh Teks Ceramah Tema Kesehatan

Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmatnya, kita semua masih diberikan kebugaran tubuh untuk bisa berkumpul di tempat ini. Sholawat senantiasa mengiringi rasa cinta kita pada Nabi Muhammad SAW disetiap kesempatan. Menuntun langkah kaki ke jalan kebenaran.

Hadirin yang dirahmati Allah, kesibukan padat terkadang menyita banyak waktu kita untuk bisa memperhatikan kebersihan diri sendiri. Menyampingkan satu fakta penting, yaitu adanya bakteri dan virus yang hidup di sekitar kita. Selain ketahanan tubuh dari dalam, fisik luar juga harus selalu diprioritaskan. Umumnya ada 5 cara paling mudah dan efektif yang berguna sebagai penangkal penyakit.

Yang Pertama

Merupakan keseharian umat muslim setiap paginya, yaitu mandi. Menggosok tubuh dan mencuci rambut adalah hal wajib yang harus dilakukan. Keringat yang menumpuk akan memudahkan bakteri untuk menempel pada permukaannya. Belum lagi polusi udara seperti debu, asap bahkan virus yang disebarkan orang lain dapat bertahan cukup lama pada tubuh kita.

Yang Kedua,

Menggosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari, bangun dan sebelum tidur. Rongga mulut adalah salah satu organ paling banyak menyimpan bakteri. Sisa makanan yang kita kunyah dapat menempel pada sela gigi dan menumpuk menjadi penyakit. Semisalnya dengan sikat gigi tidak cukup membersihkan, disarankan menggunakan dental floss.

Hadirin yang berbahagia, yang ketiga kita diharuskan teratur dalam memotong kuku. Selain itu adalah salah satu sebagian dari iman, kuku yang pendek lebih jarang terinfeksi atau memupuk kotoran di selanya. Tak lupa untuk memperhatikan kuku kaki juga, karena jika tidak terawat akan menumbuhkan jamur.

Poin Keempat

Tidak kalah penting bagi kita yang sering berpergian ke tempat umum dan gemar menyentuh barang apapun, yaitu mencuci tangan. Ketika berbaur di tengah masyarakat, kita tidak pernah tahu siapa saja yang sudah menggunakan fasilitasnya.

Penyebaran bakteri dan virus melalui sentuhan merupakan yang tercepat. Sebagai antisipasi, selalu sediakan hand sanitizer dengan kadar alkohol cukup.

Poin Terakhir

Adalah tidur yang cukup. Normalnya sistem tubuh dapat bekerja baik setelah 8 jam diistirahatkan. Namun, tak jarang orang memiliki waktu istirahat yang lebih sedikit, karena tubuhnya memang sudah terasa bugar.

  13+ Contoh Teks Recount Tentang Liburan dan Pengalaman Pribadi

Menjaga kebersihan diri sendiri sama saja dengan menangkal penyakit, karena itu membiasakan hidup sehat baik luar dan dalam tubuh sangat dianjurkan. Tak lupa, selalu berdoa pada Allah SWT untuk dihindarkan dari berbagai kemalangan menjadi satu yang utama.

Demikianlah ceramah yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam bertutur kata, mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Contoh Teks Ceramah Tema Sosial 

Contoh Teks Ceramah Tema Sosial 

Ceramah dapat digunakan sebagai pencegahan terjadinya perilaku menyimpang sosial dengan memberikan penjelasan rinci. Umumnya seputar ruang lingkup keseharian masyarakat.

Contoh Teks Ceramah Tema Sosial

Maraknya Pergaulan Bebas Pada Remaja

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmatnya, kita semua masih diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di Masjid ini. Sholawat senantiasa mengiringi rasa cinta kita pada Nabi Muhammad SAW di setiap kesempatan. Dengan menanamkan aturan dan ajaran beragama yang baik dan diridhai-Nya.

Hadirin yang saya hormati, masa remaja adalah sebuah fase anak menuju dewasa. Dimana pada prosesnya tak jarang mereka memiliki keinginan untuk mencoba berbagai hal baru. Labilnya diri dan pikiran yang belum matang benar, membuat remaja seringkali terjebak dalam lingkup sosial menyimpang.

Seakan menutup mata pada norma dan agama yang selama ini menahan mereka di jalan yang benar, para remaja terkadang memberontak ketika diberitahu. Mereka merasa dewasa jika melakukan hal-hal buruk seperti meminum minuman keras, ketergantungan pada obat-obatan, bahkan berani bepergian dengan yang bukan mahramnya. Astaghfirullah.

Hadirin yang dirahmati Allah, penyebab dari maraknya pergaulan bebas ini beragam. Mungkin kita menjadi salah satunya, seperti kurangnya pengawasan keluarga. Minimnya perhatian akan membuat remaja bebas melakukan apapun yang ia mau. Tidak berpikir mana benar dan salah karena tidak ada orang dewasa yang membimbing langkahnya.

Menyudutkan anak untuk membuang muka mencari pelampiasan di luar rumah. Bertemu dengan lingkungan yang tidak baik. Bersosialisasi dengan kelompok baru yang kita tidak tahu dari mana latar belakangnya. Lalu mereka salah memilih teman dan terjerumus ke dalam dosa besar.

Hal mendasar yang harus dilakukan adalah memperkuat keimanan seorang anak. Mendekatkan diri pada Allah SWT akan membuat anak ragu untuk melakukan tindakan buruk. Memperhitungan baik dan buruk suatu kondisi dengan cepat. Memilah mana yang boleh dilakukan dan tidak. Anak juga akan menyadari posisinya sebagai hamba Allah SWT.

Kesimpulan

Hadirin sekalian, memperluas pengetahuan dengan pendidikan seks pada anak juga mampu mengurangi tingkat pergaulan bebas. Terbukti, remaja yang mengetahui sebab dan akibat dari salah satu perilaku menyimpang ini akan lebih mawas diri. Setelah itu, memperkenalkan anak pada hukum yang berlaku juga akan membuat mereka lebih memperhatikan tingkah laku bermasyarakat.

Menjaga citra keluarga beretika baik untuk tidak menghilangkan kepercayaan yang sudah diberikan pada mereka. Hingga anak dapat membentengi diri dengan menetapkan tujuan hidup. Memfokuskan pandangan pada cita-cita yang berada di depan mata.

Demikianlah ceramah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat mengurangi maraknya pergaulan bebas diantara para remaja. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata, mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Baca Juga: Contoh Teks Editorial


Contoh Teks Ceramah Tema Teknologi 

Contoh Teks Ceramah Tema Teknologi 

Ceramah dapat digunakan untuk memperkenalkan canggihnya suatu teknologi bagi masyarakat. Mempelajari manfaat dan keunggulannya.

Contoh Teks Ceramah Tema Teknologi

Manfaat Internet Bagi Pembelajaran Agama Islam Pada Anak

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmatnya, kita semua masih diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di Masjid ini. Sholawat dan salam tidak lupa tercurahkan untuk Nabi Muhammad Saw, nabi akhir jaman yang membimbing kita ke jalan kebenaran. Dengan menanamkan aturan dan ajaran beragama yang baik dan diridhai-Nya.

Hadirin yang dirahmati Allah, kehebatan teknologi pada masa ini memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Setiap orang selalu membutuhkannya dalam setiap keadaan apapun. Tak terkecuali dalam mempermudah pembelajaran agama islam di masyarakat.

Bentangan umur pengguna internet pun sangatlah luas. Dengan pengawasan yang tepat, anak-anak diperbolehkan untuk mengaksesnya. Dimulai dari bagaimana cara kita memperkenalkan fitur yang ada.

Anak kerap kali bosan dengan hal-hal monoton seperti menjelaskan materi secara lisan dengan kurun waktu panjang ataupun menampilkan gambaran tulisan beralaskan kertas putih. Dapat memanfaatkan internet secara maksimal, menjadi solusi bagi para pengembang permainan dan video untuk menyediakan sarana yang memadai. Menjadikan hiburan sebagai salah satu pendukung pembelajaran anak.

Semisalnya, memvisualkan huruf hijaiyah beragam warna, lengkap dengan lagu sebagai pengiring hafalan anak, tentu akan melepas segala penat yang dirasa. Animasi menarik diselingi karakter lucu cepat menarik perhatian anak. Kuis-kuis ringan mengasah daya pikir, tersemat di dalam permainannya.

Kesimpulan

Hadirin yang berbahagia, meski memiliki banyak hal positif, internet juga kadang dapat meresahkan para orang tua mengenai masuknya iklan-iklan dengan konteks tidak pantas. Memilah aplikasi adalah keputusan tepat sebelum anak menggunakannya. Kita juga diharapkan untuk selalu berada didekat anak ketika mereka tengah mengotak-ngatik berbagai fiturnya.

Selain sebagai sarana untuk memperluas pendidikan anak, pembelajaran agama melalui internet juga terbilang hemat biaya. Bagi mereka yang Alhamdulillah berkecukupan, dapat memasukan anak ke dalam lembaga islam terpercaya akan menjadi pilihan terbaik.

Internet juga dapat memperkenalkan anak pada berbagai bahasa asing penunjang pembelajaran. Contohnya, memperdalam agama islam dengan menggunakan bahasa inggris bukanlah pilihan buruk. Daya serap anak tetap dilatih, tapi dengan suasana riang dan lebih menyenangkan.

Demikianlah ceramah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi hadirin yang ingin menjadikan internet sebagai salah satu saran pembelajaran anak. Jika ada kesalahan kata selama saya menjelaskan, mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Contoh Teks Ceramah Tema Berbagi 

Contoh Teks Ceramah Tema Berbagi 

Ceramah dapat memotivasi pendengar untuk dapat melakukan suatu kegiatan amal. Dengan penjelasan dan dampak positif jika melakukan tindakan tersebut.

Contoh Teks Ceramah Tema Berbagi

Keutamaan Bersedekah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmatnya, kita semua masih dapat berkumpul di acara ini. Berbagi wawasan seputar indahnya islam. Sholawat tak lupa kita lantunkan untuk Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya kembali ke jalan penuh hidayah. Menjauhkan kita semua dari masa jahiliyah. Dengan menanamkan aturan dan ajaran beragama yang baik dan diridhai-Nya.

Hadirin yang saya hormati, islam mengajarkan kita untuk selalu berbagi dengan sesama. Tidak memandang latar belakang, ras, agama, fisik atau yang lainnya. Sedekah dapat diartikan sebagai pemberian sukarela dengan ikhlas seorang muslim pada orang lain. Dalam mengeluarkannya pun tidak dibatasi batasan dan kapan waktu memberikannya.

Selain dapat memakmurkan, sedekah juga akan melipat gandakan amalan kita. Bagi yang sedang mengharapkan kesembuhan dari suatu penyakit, insya Allah diringankan hingga dihapuskan. Senantiasa dilindungi dari berbagai kemalangan dan perisai neraka bagi orang mukmin.

Sedekah juga bukan hanya sekadar pangan dan uang, bisa dengan tasbih, tahlil dan tahmid. Bahkan menyingkir kan sebuah duri dari jalan pun, seorang mukmin sudah memupuk amalan untuk di akhirat kelak. Contoh lainnya, memberi makan hewan kelaparan dan mengasihinya.

Dengan bersedekah maka telah memenuhi salah satu perintah Allah SWT yaitu, menyisihkan penghasilan untuk diberikan pada mereka yang rezekinya mengalir melalui kita. Lalu bagaimana dengan kita yang mungkin berpenghasilan tidak seberapa? Bukankah itu hanya akan menipiskan tabungan saja dan membuat rugi?

Kesimpulan

Hadirin yang dicintai Allah SWT, balasan amalan yang Allah berikan pada kita beragam caranya. Entah dapat merasakan kenikmatan berupa dilipat gandakan rezekinya atau kelapangan hati yang tak kalah membahagiakan. Terlepas dari kadarnya, umat muslim diwajibkan memberi tanpa mengharapkan kembali, karena sedekah merupakan salah satu indikasi tingkat keimanan seseorang pada-Nya.

Oleh karena itu, jika kita akan bersedekah, disarankan mengeluarkan semampunya. Agar tidak ada berat hati dan merasa di rugikan ketika beramal. Allah SWT tidak pernah mempersulit hambanya yang ingin mematuhi perintahnya.

Demikian ceramah mengenai keutamaan bersedekah, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Contoh Teks Ceramah Tema Sifat 

Contoh Teks Ceramah Tema Sifat 

Ceramah dapat menjelaskan suatu sifat yang dimiliki makhluk hidup ataupun dimiliki-Nya. Berdasar pada pedoman yang sudah benar sumbernya.

Contoh Teks Ceramah Tema Sifat

Husnudzon Pada Allah Dalam Keadaan Apapun

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmatnya, kita semua masih diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di kediaman Bapak Suryono ini. Alhamdulillah. Sholawat tak lupa kita lantunkan untuk Nabi Muhammad SAW disetiap kesempatan.

Hadirin yang berbahagia, manusia selalu mendapatkan ujian di setiap saatnya. Datangnya pun tidak terduga dan berbeda jenisnya. Sebagian orang merasakan kesedihan mendalam karena ditinggal seseorang yang dicintai, kemiskinan tiada henti, bahkan kekayaan sekalipun. Namun, semua bukan karena Allah SWT menginginkan kita sengsara, melainkan itu adalah salah satu bukti cinta-Nya.

Ujian yang silih berganti merupakan cara paling ampuh untuk menghapus dosa kita. Itulah sebabnya kita harus selalu berprasangka baik pada Allah SWT, karena setiap hal yang terjadi pasti atas izin-Nya dan ada alasannya. Lebih umum disebutkan dengan Husnudzon.

Husnudzon sendiri merupakan akhlak terpuji yang dimiliki umat muslim. Ciri pemiliknya pun dapat dilihat secara jelas. Dari cara bertutur kata, bersikap dan selalu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Wahai para orang mukmin, jauhilah berprasangka buruk karena itu adalah perbuatan dosa.

Benak manusia itu dipenuhi dengan berbagai perkiraan. Pikiran yang positif akan menambah kesehatan mental dan fisik. Dapat menjalani keseharian dengan lelausa dan lapang dada. Pikiran negatif akan berdampak buruk pada kesehatan pelakunya. Jiwa yang tidak tenang, akan lebih menyudutkan-Nya, untuk kesialan yang terjadi pada hidup mereka.

  5+ Contoh Teks Recount yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Referensi

Kesimpulan

Wahai hamba Allah SWT, tak jarang juga sebagian dari kita memahami cara pandang Husnudzon terlewat keliru. Mendekatkan diri pada kemaksiatan, tidak memanfaatkan prasangka baik untuk beribadah melainkan berpikir jika ada kebaikan dari perbuatan keji itu. Sesungguhnya mereka termasuk orang yang zalim sedang berlumuran dosa.

Beprasangka baik pada Allah SWT akan melahirkan keinginan untuk selalu beramal, berjalan diatasi bumi sesuai perintah dan menjauhi larangan-Nya. Membantu sesama, bersedekah, berusaha giat dan mengajak umat muslim untuk selalu beribadah taat pada-Nya, inilah cara yang benar.

Oleh karena itu, Husnudzon membangkitkan keimanan kita untuk selalu melakukan hal berdasar pada kebaikan terpuji, bukanlah sebaliknya. Sekian ceramah dari saya, semoga dapat menambah wawasan para hadirin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Contoh Teks Ceramah Tema Cinta 

Contoh Teks Ceramah Tema Cinta 

Contoh Teks Ceramah Tema Cinta

Ceramah dapat menyebarkan kasih sayang dengan menumbuhkan rasa empati tinggi. Dengan keluarga, teman ataupun masyarakat luas sesuai dengan syariat islam.

Kasih Dan Kemuliaan Seorang Ibu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmatnya, kita semua masih dapat berkumpul di aula sekolah tercinta kita ini. Sholawat tak lupa kita lantun kan untuk Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya kembali ke jalan penuh hidayah. Menjauhkan kita semua dari masa jahiliyah.

Anak-anakku, yang sangat saya sayangi, setiap dari kalian memiliki seorang wanita yang berperan banyak dalam kehidupan. Melahirkan, merawat dan membimbing langkah kita penuh ketulusan. Tak jarang mereka harus berkorban nyawa jika melihat anaknya dalam bahaya. Melindungi diri kita dari kekejaman dunia.

Ibu adalah sosok wanita paling mulia. Islam mengajarkan kita untuk selalu bertutur kata dan berperilaku baik padanya. Setelah apa yang ia perjuangkan setiap harinya, dapat mendidik dengan benar, mengasihi dan berujar penuh manis, sepantasnya kita sebagai anak berbakti padanya.

Allah SWT bahkan mengangkat derajat seorang ibu melebihi yang lainnya, karena itu ia mendapatkan tiga kali kebaikan lebih besar dari ayah. Seorang ibu memiliki keistimewaan yang teramat, yaitu mujarabnya lantunan doa yang mengalir darinya.

Anak-anakku sayang, ibu juga merupakan sosok yang kuat. Mengandung kita sembilan bulan bukanlah pekerjaan mudah. Sejak ruh masuk ke dalam raga bahkan pertama kalinya jantung berdetak, ibu sudah siap mempertaruhkan nyawa untuk membawa kita ke dunia ini. Tanpa kegigihan dan izin Allah SWT, mungkin kita tidak dapat saling bertatap muka saat ini.

Kesimpulan

Ibu adalah salah satu sosok yang wajib untuk kita bahagiakan. Tidak harus selalu mengimbanginya dengan materi, sesungguhnya ia hanya ingin melihat anak-anaknya tumbuh baik dan sukses. Berikan ibu prestasi kita selama di dunia. Tunjukkan bahwa kita dapat menggapai cita-cita, berkat segala bimbingannya dan jadikan doa sebagai hadiah untuknya di akhirat kelak.

Memohon ampunan pada Allah SWT atas segala perbuatan khilaf dan tidaknya ibu kita juga dapat menjadi salah satu contoh anak berbakti pada orang tua. Manusia tidak pernah jauh dari dosa sekecil apapun, itu sebabnya selama nafas masih berhembus, sepantasnya kita banyak mengucap tobat.

Pernah dengar kalimat surga berada dibawah telapak kaki ibu? Bermakna jika kepentingan dan kemuliaan seorang ibu wajib didahulukan, baik dari diri sendiri ataupun hamba Allah SWT yang lainnya. Kita diwajibkan untuk selalu rendah hati dan lembut terhadapnya, karena segala pahalanya dapat membantu kita meraih surga.

Oleh karena itu, anak-anakku, cintailah ibumu selagi ia masih ada. Jangan sampai air mata penuh penyesalan tumpah karena kita tidak sempat berbakti kepadanya dan hanya dapat menangis di atas nisannya. Sekian dari saya,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Percobaan


Contoh Teks Ceramah Tema Lingkungan 

Contoh Teks Ceramah Tema Lingkungan 

Ceramah dapat digunakan untuk mengajak pendengar untuk saling menjaga lingkungan sekitar. Memperkenalkan sebab dan akibat, mampu membuka kesadaran masyarakat.

Contoh Teks Ceramah Tema Lingkungan

Pentingnya Kesadaran Terhadap Sampah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat nikmat sehat-Nya, kita semua masih dapat berkumpul di depan balai desa ini. Shalawat tak lupa kita haturkan untuk nabi kita Nabi Muhammad Saw yang telah menuntun kita kembali ke jalan terang benderang.

Hadirin yang selalu berbahagia, lingkungan sekitar desa ini adalah salah satu wadah kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Seperti berjualan, bercengkrama, menebar kebaikan bahkan sering kita gunakan ketika ada acara tertentu. Sudah sepantasnya kita selalu memperhatikan kebersihan disekitar kita agar tidak berdampak negatif pada kesehatan.

Namun, lihatlah sekeliling kita saat ini. Terlihat banyak sampah tercecer, dari bungkus makanan, produk, limbah olahan basah, bahkan seperti hal-hal bersifat pribadi. Kesadaran yang kurang akan lingkungan membuat kita lalai dan pada akhirnya terlanjur merasakan dampaknya. Untuk itu saya sarankan, desai ini memiliki jadwal kerja bakti membersihkan lingkungan tiap minggunya.

Kesimpulan

Hadirin yang dirahmati Allah, perkenankan saya menjelaskan terlebih dahulu jenis-jenis sampah. Yang pertama, adalah sampah basah. Ini adalah salah satu penyebab aroma tidak sebab tercium oleh hidung kita. Umumnya adalah sisa makanan, sampah dapur dan sampah kebun yang akan membusuk jika dibiarkan begitu saja dan memancing datangnya penyakit. Sampah seperti ini mudah untuk diuraikan, karena itu jangan malas untuk langsung membuangnya.

Yang kedua adalah sampah kering yang dapat dimanfaatkan kembali jika diolah dengan benar. Sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah ini, contohnya seperti kertas, kardus, tekstil, kaleng, kaca dan sebagainya. Daripada membuangnya padahal memiliki nilai jual cukup menggiurkan, kita bisa membuatnya menjadi kerajinan tangan.

Yang terakhir adalah sampah B3, yaitu singkatan dari Bahan Bahaya dan Beracun. Dari namanya saja sudah dapat menerka seperti apa jadinya lingkungan desa kita ini jika membiarkannya ralung di sungai atau di tanah. Sampah ini lebih meningkatkan bahaya pada kesehatan dan kehidupan organisme lainnya. Contohnya adalah, pestisida, baterai, cat, sampah rumah sakit dan sebagainya.

Oleh sebab itu, harus disadari pada diri masing-masing pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. Agar kelak, kita tetap merasa nyaman tinggal di desa ini tanpa ada gangguan apapun dari sekitarnya. Dengan ini saya harap dapat membuka pemahaman hadirin sekalian tentang sampah, terima kasih atas perhatiannya,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Contoh Teks Ceramah Tema Budaya 

Contoh Teks Ceramah Tema Budaya 

Ceramah dapat memberikan dampak positif bagi sekitarnya melalui pembahasan penceramah. Melestarikan suatu budaya salah satunya. Meningkatkan kesadaran masyarakat kembali tentang pentingnya menjaga kekayaan negeri tercinta, yaitu Indonesia.

Contoh Teks Ceramah Tema Budaya

Disiplin Melestarikan Budaya Indonesia

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat nikmat sehat-Nya, kita semua masih dapat berkumpul di tempat ini. Sholawat tak lupa kita haturkan untuk nabi kita Nabi Muhammad Saw yang telah menuntun kita kembali ke jalan kebenaran.

Hadirin yang dirahmati Allah, membicarakan hal seputar budaya Indonesia mungkin memerlukan waktu cukup panjang. Terlebih, negara kita memiliki begitu banyak keragaman budaya di setiap suku, daerah bahkan pulau sekali pun. Terpecah lagi menjadi beberapa jenis seperti tarian, kesenian, kerajinan, pakaian dan bahasa.

Kebudayaan Indonesia hadir sebagai pelengkap bangsa. Diibaratkan sebuah pakaian yang akan membalut diri ini kemanapun kita melangkah. Dari kebudayaan ini juga tak jarang kita dapat mencari penghasilan dengan jasa atau menekuni proses penciptaan suatu karyanya. Namun, beberapa tahun terakhir, jati diri kita ini berangsur punah.

Generasi lama terlalu lelah untuk dapat meneruskan segala upayanya melestarikan budaya. Generasi muda seakan tutup mata dan tak ingin bergabung untuk melanjutkan apa yang sudah dititipkan padanya. Mereka lebih memilih menolehkan kepala ke arah budaya asing. Meninggalkan perlahan indahnya karya orang-orang terdahulu.

Kesimpulan

Para hadiri yang berbahagia, bukan tidak mungkin suatu saat kita semua benar akan kehilangan budaya asli Indonesia. Membiarkan pihak lain merampas apa yang menjadi hak milik kita. Ini sungguh memprihatinkan jiwa cinta tanah air kita.

Saat ini, kita memang sudah tidak tinggal di jaman yang kuno. Semua bergerak ke arah modern, dimana budaya penuh kecanggihan teknologi lebih menarik untuk diteliti ketimbang mempertahankan sesuatu yang sudah terlihat usang.

Disinilah peran penting para generasi muda untuk cepat bertindak dan membuka kesadaran mereka akan budaya kita. Memanfaatkan perkembangan zaman tanpa melupakan ragam kekayaan Indonesia secara turun-temurun tanpa penerus. Memperjelas fungsi dan tujuan mereka untuk membantu melestarikan budaya. Dimulai dengan hal terkecil, yaitu mencoba menumbuhkan dan mencintai budaya bangsa kita sendiri.

Demikianlah ceramah yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membuka pikiran dan kesadaran para generasi muda, tentang harus seperti apa kedepannya ketika melestarikan budaya Indonesia saat ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Pembahasan seputar hal umum maupun spesifik akan selalu bervariasi. Setiap penceramah diwajibkan untuk menguasai materi sebelum menyampaikannya pada khalayak ramai. Teks ceramah yang tepat dan jelas akan mempercepat seseorang memahami maksud dari rangkaian kata tersirat.

Contoh teks ceramah diatas adalah beberapa cara seorang penceramah menjabarkan materi dari benak menjadi layak untuk disalurkan lewat suara. Jadi dari beberapa contoh di atas tentunya dapat dijadikan referensi yang tentunya cukup mudah untuk diikuti. Pendengar Pun mengharapkan alur yang tidak berbelit dan diselingi bahasan ringan lainnya. Mempersiapkan diri dengan latihan terlebih dahulu bukanlah hal yang buruk. Selamat mencoba.

Contoh Teks Ceramah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.