20+ Contoh Teks Drama Persahabatan, Sekolah, Romantis, Komedi (DLL)

Contoh Teks Drama

Contoh Teks Drama – Banyak orang yang senang memainkan sebuah peran yang sering kita kenal dengan sebutan drama pertunjukan, mulai dari anak-anak  remaja sampai dengan orang tua.

Tidak hanya memainkan peran dalam sebuah drama pertunjukan, tetapi juga membuat contoh teks drama. Sebuah drama tidak akan berjalan sempurna apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan naskahnya.

Selain pertunjukan drama yang menjadi sebuah pusat perhatian, naskah drama juga termasuk dalam salah satu karya seni sastra yang patut untuk diapresiasi. Naskah drama dengan berbagai macam genre yang tentu saja  memiliki daya tarik masing-masing. Banyak drama yang dijadikan sebuah pertunjukan untuk acara acara yang menarik  dan berkualitas.

Membuat sebuah naskah drama menjadi hal yang paling menarik bagi seseorang yang mempunyai ketertarikan terhadap dunia seni. Di sisi lain, banyak orang berfikir jika membuat sebuah naskah drama menjadi hal yang sulit.

Berikut ini adalah penjelasan dan contoh teks drama dari berbagai jenis tema yang bisa dijadikan sebuah referensi.


Pengertian Teks Drama

Pengertian Teks Drama

Drama adalah permainan peran yang menggambarkan sebuah kehidupan sehari hari, sifat dan dialog perbincangan yang menjadi cerita menarik. Di dalam sebuah drama juga memiliki konflik yang runtut dan emosional yang digunakan membangun sebuah drama. Tokoh yang dimainkan juga terlihat seolah-olah nyata agar membuat drama menarik.

Membuat pertunjukkan drama, membutuhkan karangan teks yang sering dikenal naskah drama. Naskah drama adalah sebuah bentuk cetak atau teks tertulis yang biasanya terdapat sebuah dialog dan menggambarkan watak. Di dalam naskah memiliki sebuah cerita mulai dari orientasi sampai dengan resolusi.

Baca Juga: Contoh Teks Hikayat


Contoh Teks Drama Menarik

Naskah drama memang selalu menjadi hal penting untuk sebuah pertunjukan drama. Sebuah naskah harus dibuat dengan memiliki konsep harus  disusun dengan baik dan rapi. Di bawah ini ada beberapa contoh teks drama dari berbagai jenis drama yang bisa dijadikan sebuah referensi.

1. Contoh Teks Drama Tragedi

Contoh Teks Drama Tragedi

Drama tragedi adalah jenis drama yang menceritakan kesedihan. Biasanya drama tragedi ini mengangkat tema gelap. Memiliki kisah yang tidak beruntung, seperti naskah drama di bawah ini.

Hari ulang tahun Mawar, Arum dan Nisa sebagai sahabatnya  sudah mempersiapkan kejutan ulang tahun untuk Mawar.

Arum  : Kamu kenapa, kok lemes?

Mawar   : Nggak papa kok cuman tadi malem kecapekan nyari contoh naskah drama.

Nisa :  Gara-gara nyari contoh naskah drama tentang kesehatan jadi kecapekan gitu kamu.

Mawar   : Tenang aja, aku baik baik aja kok.

Arum  dan Nisa meminta Mawar untuk memasuki ruangan yang telah dihiasi properti ulang tahun.  Dan  terkejutnya Mawar ketika melihat Nanda ada di dalam kelas tersebut.

Mawar   : Loh, Kak Nanda? Kok bisa di sini?

Nanda   : Ya karena aku juga ikut menghias ruangan ini.

Mawar   : Makasih banyak ya semuanya. Ini adalah kejutan paling bagiku.

Arum      : Dan sekarang, ini..

Belum sempat diterima kado tersebut, dinda mendapat sebuah telepon. Setelah itu, dinda harus pulang karena di telpon ayahnya.

Mawar   : Eh, aku nitip contoh teks drama ini buat Ayu, kelompokku dia katanya mau ambil habis ini.

Semenjak pesta ulang tahun Mawar, Mawar seringkali izin dan tidak datang ke sekolah. Setelah membuat beberapa naskah drama Arum dan Nisa memutuskan setelah pulang sekolah ingin menemui Mawar serta mengajak Nanda.

Arum : Assalamualaikum.

Nisa : Mawarnya ada, Om?

Ayah Mawar : Sebenarnya, Mawar selama ini mengidap  penyakit kanker darah. Tetapi Mawar  tidak ingin jika ada seorang pun yang tahu. Namun akhir ini keadaannya sangat parah. Pada hari itu Mawar memaksa untuk datang ke sekolah  untuk menepati janjinya dengan kalian.

Arum      : Jadi, saat ulang tahun Mawar, itu juga terakhir kami melihat Mawar?

Arum, Nisa dan Nanda  tidak pernah menyangka bahwa perayaan ulang tahun Mawar adalah saat terakhir mereka akan melihat Mawar.


2. Contoh Teks Drama Komedi

Contoh Teks Drama Komedi

Yang kedua adalah contoh naskah drama komedi. Drama komedi adalah sebuah drama yang di dalamnya memiliki kelucuan. Di dalam naskah juga tokoh yang memainkannya memiliki karakter yang lucu.

Drama komedi dibilang menjadi lawan dari drama tragedi. Pertunjukannya memiliki nuansa yang ceria dan bertujuan untuk menghibur penonton. Berikut adalah contoh teks drama komedi yang bisa menghibur penonton.

Pak Gatot  pun melanjutkan pembelajaran nya. Namun jokoyang di depan tidak memperhatikan penjelasan, namun Joko hanya mengalamun, dan akhirnya pak Gatot pun marah kepadanya.

Pak Gatot  : Joko, kamu ini merhatiin penjelasan saya gak sih? Kamu mau gantiin saya?

Joko : Wow boleh pak (menuju ke meja guru) karena saya menjadi guru di sini kalian saya perbolehkan untuk pulang.

Asep dan Dono : Horeeeeeee(menuju pintu keluar)

Pak Gatot : Lho, lho… mau kemana kalian?

Dono  : Kata pak guru, Joko boleh pulang, kan?

Pak Gatot : Nggak ada ya. Kalian semua bapak hukum.

Dono : Loh, kok malah dihukum sih, Pak?

Pak Gatot : Sekarang cepat kerjakan soal di buku halaman 77, dan kamu Joko kembali ke tempat duduk kamu.

Joko  :  Baik, Pak.

Mereka pun mengerjakan tugas yang diberikan, namun mereka masih sambil bercanda dan terdengar sangat ramai.

Pak Gatot : Eh kok malah jadi rame gini kayak Admin Lambe Turah.

Joko  : Masak ngobrol aja nggak boleh, Pak?

Pak Gatot : Mau kamu yang keluar atau Bapak?

Joko  : Bapak saja yang keluar.

Pak Gatot : Wokey kalo begitu!(keluar kelas).

Joko, Asep, dan Dono : Dada bapak (melambaikan tangan kepada pak Gatot).

Itulah contoh teks drama komedi di dalamnya memang hanya mengandung sebuah cerita sederhana. Namun, memiliki banyak jenaka dan peran yang sangat lucu. Berbeda sekali dengan drama tragedi yang mengusung kesedihan.


3. Contoh Teks Drama Tragedi Komedi

Contoh Teks Drama Tragedi Komedi

Disebut tragedi karena drama ini memiliki sebuah tragedi yang unik. Drama ini biasanya menceritakan kisah yang lucu dan menarik. Berikut adalah contoh teks drama tragedi komedi.

Pelajaran berasa sangat lama namun mereka bertiga tidak memperhatikan. Ibu guru memberikan sebuah tugas untuk membuat contoh naskah drama mengenai persahabatan.

Oky   : Hai Queen, kamu mau jalan-jalan keliling sekolah nggak, aku temenin yok!

Seto   :  Dari pada sama Oki jalan-jalan. mending makan siang saja sama aku.

Fajar   : Mending kamu ngerjain buat contoh teks drama aja sama aku, tapi berdua aja, haha.

Oky   : Awas minggir, pasangan paling cocok mau lewat.

Seto : Nggak bisa gitu dong, kan aku yang ngajak dia duluan.

Oky : Terus kenapa? Nggak peduli.

 (Queen meninggalkan mereka tanpa mereka bertiga menyadarinya dan ibu guru datang)

Seto   : Langsung tanya ke Queen aja dia maunya sama siapa.

Oky, Fajar : Oke kalo gitu.

Seto   :  Jadi Gimana,-

Ibu guru  : Gimana apanya? Sudah, masuk kelas sana. Sudah selesai yang buat contoh teks dramanya? Hah?

Seto : belum Bu, hehe.

Saat pulang sekolah Oky, Fajar, dan Seto mengejar Queen dan menanyakan kepada Quen siapa yang akan dipilih diantara ketiga temannya itu.

Fajar : Queen sekarang kamu pilih aku, Oky, atau Seto, ayo pilih.

Seto : Kok malah jadi bingung gitu, ayo pilih.

Queen : Aku mau pilih yang mau menerima aku apa adanya, bukan karena aku cantik.

Fajar   : Ya itu mah pasti aku, nggak usah diragukan lagi.

Oky : Apaan sih, ya aku lah kelihatan banget.

Queen : Serius?

Seto : Ya iyalah.

Queen : Sebenarnya, aku ini dulunya laki laki.

Seto : APA?! aku tadi salah ngomong, aku pulang dulu ya, mau makan dah ditunggu emak gua.

Fajar, Oky: Eh, iya aku juga

Tragedi itu mulai tersebar dan cowok yang berada di kelas menjadi pendiam dan tidak pernah mengganggu murid baru lagi.


4. Contoh Teks Drama Teater

Contoh Teks Drama Teater

Drama teater adalah sebuah pertunjukan drama yang mencakup semua jenis seni. Dalam pertunjukan teater juga mengusung tari, nyanyi dan musikal. Di bawah ini adalah contoh teks drama teater yang bisa menjadi sebuah gambaran.

Bel pulang pun perbunyi semua murid pulang ke rumah masing-masing. Di saat ingin pulang tiba tiba Tina dan Roni di panggil oleh ibu guru.

Ibu Guru: Roni, Tina sebentar itu mau tanya sesuatu sama kalian?

Roni : Iya Bu, Bagaimana?

Ibu Guru: Tadi Ibu lihat kalian mengobrol dengan Novan, menurut kalian gimana perilaku Novan?

Roni : Kalo menurut saya dia agak pendiam Bu, masih nunduk gitu kalo diajak ngobrol.

Ibu Guru: Syukur kalo begitu, Novan adalah salah satu korban gempa. Orang tuanya meninggal dunia dan dia hanya bersama adiknya.

Septi : Ya Tuhan, berat banget cobaan yang dihadapi si Novan.

Ibu Guru: Iya untung saja keluarganya yang di Bandung itu sangat baik dan merawat Novan..

Roni : Oh iya dia tadi bilang membawa bekal dan tidak jajan di kantin.

Ibu Guru: Ya sudah itu saja dari Ibu, tolong dia ditemani, jangan sampai dia merasa tersendiri.

Sesampai dirumah Roni mengerjakan tugas contoh teks drama. Setelah Roni memiliki ide untuk teman barunya. Roni langsung menghubungi Tina dan Septi untuk merencanakan sesuatu.

Roni : Kalian bawa kan yang kemarin?

Tina : Bawa dong, yok kita duduk dekat Novan.

Septi : Hai Novan, bolehkah kita duduk di sebelah kamu?

Novan : Eh, iya.. Boleh.

Dengan makan bersama setiap hari Roni berharap bahwa Novan akan merasa nyaman. Teman-teman lain juga ikut membawa bekal dan setiap istirahat selalu makan.

Drama teater memang sangat menjadi pusat perhatian ketika ada sebuah even. Contoh naskah drama teater tidak hanya tentang sebuah drama namun ada tambahan lain. Campuran seni seperti musik dan ditambah dengan gerakan tari dan nyanyian.


5. Contoh Teks Drama Romantis

Contoh Teks Drama Romantis

Drama romantis adalah sebuah drama yang menceritakan tentang sebuah percintaan. Biasanya contoh teks drama tentang romantis menggambarkan tentang kecintaan dan kebahagiaan. Terdapat juga sepasang kekasih yang saling memberi kan kasih sayang.

Pada suatu fajar, terdapat sepasang suami istri berjalan berdampingan akan menuju masjid untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Dialog

Ayah : Bunda nanti habis kita sholat isya ketemu lagi ya di sini.

Bunda : Iya Ayah, nanti sambil Bunda bawakan minuman hangat. (Senyum hangat)

Masuklah pasangan itu kedalam masjid untuk melakukan sholat berjamaah. Setelah sholat berjamaah selesai mereka berdua ketemu lagi di depan namun bunda terlihat kebingungan dan seperti mencari sesuatu.

Ayah : Kenapa Bun, kok bingung gitu?

Bunda : Ini kok sandal Bunda nggak ada ya, perasaan tadi taruh sini deket sama punya Ayah.

Ayah : Ya udah biarin aja, mungkin tadi emang ada yang salah mengambil, ikhlasin aja ya Bun.

Bunda : Lah terus Bunda nggak pakai sandal nih?

Ayah:  Ayah gendong sini, biar kaki Bunda juga nggak kotor.

Bunda : Ih, malu diliatin banyak orang, Bunda juga berat lho.

Ayah: Udah ayo, keburu ujan nih, kan nggak bawa payung.

Di punggung ayah bunda menangis terharu melihat betapa sayangnya Ayah dengan Bunda. Bunda memeluk di pundak Ayah dengan hangat.

Ayah: Kok malah nangis, Ayah cuman ingin bahagiain Bunda.

Bunda : Bunda cuman nangis bahagia aja, Yah.

Ayah : Semoga kita begini terus sampai maut memisahkan ya, Bun.

Bunda : Aminn, Ya Allah.

Dari contoh teks drama diatas bisa dilihat menceritakan sebuah cerita yang bertema cinta. Di dalamnya ada seorang sepasang kekasih yang saling berbagi kasih satu sama lain. Tidak hanya sepasang kekasih namun juga percintaan dalam sebuah hubungan keluarga.


6. Contoh Teks Drama Tema Persahabatan

Contoh Teks Drama Tema Persahabatan

Drama persahabatan adalah sebuah drama yang menceritakan tentang sebuah solidaritas dari sahabat. Biasanya contoh teks drama tentang persahabatan menggambarkan tentang kepedulian  dan kasih sayang. Terdiri dari beberapa orang yang saling peduli.

Ayu : Don, aku pengen cerita nih.

Doni : Cerita apa? Soal mimpi gilamu?

Ayu : Kok tau aja sih, haha. Kali ini aku mimpinya realistis banget dan ingin aku wujudkan. Aku ingin jadi penulis novel, aku merasa bahwa penulis lebih bisa aku wujudkan.

Doni : Tumben banget mimpi realistis? Contoh teks drama kamu bagus, sih. Kamu udah bikin naskah?

Ayu : Udah aku kasih ke penerbit malahan.

Doni : Keren banget, semoga lancar semua deh urusan kamu.

Ayu : Makasih banyak ya, Don. Kamu memang sahabat terbaik aku.

Beberapa minggu kemudian

Doni : Gimana naskah novelmu diterima nggak sama penerbit?

  15+ Contoh Teks Hikayat Singkat : Definisi, Unsur, Tujuan dan Strukturnya

Ayu : Belum diterima, aku masih disuruh revisi. Mana revisiannya banyak. A,h mungkin emang bukan mimpiku sih.

Doni : Yaelah cuman disuruh revisi bukan ditolak. Penerbit itu mau yang terbaik juga dari kamu. Kamu harus buktiin dong yang terbaik.

Ayu : Iya sih. Makasih banget ya, Don. Sumpah cuman kamu yang nemenin aku terus.

Doni : Iya sama-sama. Kamu juga sering bantuin aku juga.

Doni selalu memberikan dukungan kepada Ayu. Singkat cerita akhirnya aAu diterima naskahnya oleh penerbit. Itu semua berkat sahabatnya yang setia kepadanya.

Dari contoh teks drama diatas bisa dilihat menceritakan sebuah cerita yang bertema persahabatan. Di dalamnya ada sahabat sohib yang saling berbagi kasih satu sama lain. Menemani di saat susah maupun senang.


7. Contoh Teks Drama Tema Pendidikan

Contoh Teks Drama Tema Pendidikan

Drama bertema pendidikan adalah karya seni pertunjukkan drama yang di dalamnya memiliki nilai karakter pendidikan. Pendidikan menerapkan karakter dan nilai nilai sekolah bagi seorang pelajar. Berikut adalah contoh teks drama pendidikan.

Di sebuah sekolah menengah pertama, pelajaran akan segera dimulai. Guru mengajar pun sudah sampai di kelas masing-masing.

Pak Heri : Selamat pagi anak-anak, gimana kabarnya?

Murid : Selamat pagi Pak, alhamdulillah kabar kita sehat semua.

Pak Heri : Alhamdulillah, jadi bagaimana sudah dikerjakan kan tugas rumah yang Pak Guru berikan kemarin, apakah ada kesulitan dalam mengerjakan?

Murid : Sudah di kerjakan, Pak.

Pak Heri : Bagus, kalian memang murid yang pintar dan rajin. Zidan kamu sudah mengerjakan tugas, kan?

Pak Heri : Zidan kamu dengar Bapak tidak? Sudah dikerjakan apa belum tugasnya? Ini kok malah bengong aja.

Zidan : Mmm, maaf Pak, saya belum mengerjakan tugas.

Pak teguh : Kenapa belum kan saya cuman nyuruh kamu buat contoh teks drama temanya juga bebas? Kamu ngapain saja di rumah?

Zidan : Saya bingung Pak, saya kurang paham dengan materi Pak. Saya sudah coba buat contoh drama tetapi saya mulai kebingungan lagi.

Pak Hari : Zidan, kan Bapak sudah sering bilang pada saat pelajaran, jika murid kurang paham boleh sekali bertanya kepada Bapak. Kenapa kamu tidak bertanya?

Zidan : Maaf pak, saya kemarin malu untuk bertanya dengan Bapak.

Dinda : Kenapa harus malu, Zidan? Jika kamu bertanya kamu malah akan lebih mengerti. Daripada kamu nantinya malah kebingungan sendiri juga.

Fatih : Ingat Dan, malu bertanya, sesat di jalan.

Pak Hari : Benar kata teman-teman kamu, mulai sekarang kamu tidak boleh takut lagi, kamu harus percaya diri karena itu juga demi kebaikan kamu sendiri.

Zidan  : Iya Pak. Terimakasih. maaf Pak.

Pak Hari : Baik semuanya, sekarang kita bahas tugas rumah kalian.


8. Contoh Drama Tema Keluarga

Contoh Drama Tema Keluarga

Sebuah drama yang menceritakan tentang sebuah cerita keluarga. Biasanya contoh teks drama tentang keluarga menggambarkan tentang masalah kehidupan di sebuah rumah tangga. Terdiri dari beberapa anggota keluarga. 

Devi : Kenapa kok kelihatan serius gitu?

Sani : Nggak ada apa-apa kok. Cuman itu si Dila cerita kalau kemarin dia disuruh ibunya beli bumbu dapur. Tetapi dia malah kelupaan.

Dila : Iya aku lupa nih,

Devi : Terus kenapa serius gitu?

Dila : Ya iyalah, ibuku sudah nungguin aku di rumah. Tapi aku malah lupa sama pesanan Ibu.

Sani : Betul itu. Harusnya kamu nggak lupa. Apalagi perintah orang tua.

Devi : Yaelah gitu doang, kalau lupa mah aku sering. Santai aja nanti Ibu kamu juga bisa beli sendiri. Atau kamu bilang aja sama Ayah kamu.

Sani : Ih, kamu kok gitu sih, Ya betulah kalo Dila itu merasa bersalah, dia kan tidak bisa memperhatikan perintah orang tua.

Devi : Ya namanya juga lupa kan manusiawi. Masa ya cuman gara-gara lupa orang tua kita langsung marah.

Dila : Ya kita seharusnya memang harus memperhatikan orang tua kita. Itu juga bentuk dari kita berbakti sama kedua orang tua kita. Apalagi mereka sudah mengasihi dan memberi semua tenaga untuk kita anaknya.

Devi : Ya itukan tanggung jawab orang tua. Kita juga nggak minta lahir di dunia ini.

Dila : Astaga Dev, kamu nih setan ya. Jangan lawan orang tua. Nanti hidup kamu nggak tenang. Kalo kamu nggak hormat sama kedua orang tua.

Sani : Betul sekali. Kamu jangan sampai berani sampai orang tua. Apalagi kamu berani sama orang tua.

Devi : Iya.. iya. Aku ngerti kok. Aku sadar.

Itulah contoh teks drama yang menceritakan tentang sebuah keluarga. Cerita drama ini memang memiliki kisah yang sedikit. Banyak sekali cerita dunia keluarga yang bisa dinikmati dalam pertunjukan.

Baca Juga: Contoh Teks Deskripsi


9. Contoh Teks Drama Modern

Contoh Teks Drama Modern

Drama modern adalah sebuah jenis pertunjukan yang memberikan gambaran tentang kehidupan. Pertunjukan kehidupan di zaman modern ini dan masalah yang muncul. Banyak sekali tema yang bisa digunakan untuk pertunjukan drama modern.

Di sebuah sekolah menengah atas ada 4 siswa yang sedang membahas mengenai  kabar yang membuat kaget.

Rafi : Gaes kalian udah denger kabar buat ulangan besok nggak?

Mely : Ulangan apa? Nggak tau tuh?

Jeje : Astagaaaaaa, apaan?

Rafi : Nanti kalau kalian dapat nilai yang jelek kalian juga dapat hukuman loh, beneran deh.

Doni : Hukuman apaan, palingan maju depan kelas.

Rafi : Hukumannya adalah tambahan pelajaran. Tuh rasain. Udah pada belajar.

Doni : Ya jelas udah kalau aku mah.

Mereka mulai bertaruh,dan ada juga yang berbuat curang dalam mengerjakan tugas.

(Saat Ujian)

Pak Budi : Oke anak-anak, selamat mengerjakan tugas.

Rafi  : Bismillah.

Pak Budi : Bapak keluar dulu ya, jangan menyontek.

Doni : Gas buka catatan haha, ini bukan sih. (membuka contekan yang sudah dibuat)

Rafi : Uhuy selesai. (tersenyum puas melihat teman-temannya)

Akhirnya ulangan pelajaran Bahasa Indonesia selesai. Beberapa hari kemudian Pak Budi membagikan hasil ulangan kepada murid.

Pak Budi : Ini hasil yang kalian dapatkan.

Mely : Asyik dapat 85.

Jeje : Aku dapat 70 ih,

Rafi : Loh kok saya cuman dapet 50?

Pak Budi : Karena kamu nggak lihat soal yang masih ada di belakang kertas.

Rafi : Emang masih ada soal?

Robi : Apa? Masih ada soal lagi?

Jeje : Kamu kalah Fi, dan kamu tidak boleh menyontek lagi pada saat ujian haha

Pak Budi : Apa? Kamu nyontek? Kalau begitu nilai kamu saya kurangi.

Rafi : Astaga Paak, Maafkan saya.

Semenjak itu, Robi menyadari kesalahannya dan berjuang keras untuk belajar. Dia tidak pernah menyontek saat ujian lagi.


10. Contoh Teks Drama Tradisional

Contoh Teks Drama Tradisional

Drama tradisional adalah sebuah contoh drama yang memiliki genre tradisional. Menceritakan tentang sebuah legenda atau kejadian masa lalu. Dalam memainkan nya terkadang menggunakan bahasa daerah atau juga pakaian daerah.

Malin kundang adalah seorang anak yang merantau dan meninggalkan tanah kelahirannya. Namun setelah dia sukses di lupa dengan orang tuanya. Singkat cerita dia menikah dengan putri dari saudagar kaya.

Malin : Istriku tersayang, inilah tanah kelahiranku dahulu.

Putri : Sunggah indah dan permai tanah kelahiranmu, Kakanda.

Maende : Malin, kau kah itu? (sambil berteriak kegirangan mendengar anaknya pulang)

Putri : Kanda, siapakah seorang wanita tua itu?

Malin : Aku tidak tahu siapa wanita tua itu. Mungkin itu hanya pengemis yang meminta sumbangan kita. Jangan pedulikan dia. Biarkan saja.

Mande : Malin anakku, ini ibumu, Nak. Apakah engkau lupa dengan ibumu?

Malin : Wahai wanita tua, aku tidak mengenali kau. Jadi pergilah kau. Ibuku sudah meninggal sejak lama. Jangan kau sentuh aku, bajuku harus beli di tanah seberang.

Mande : (menangis) Kenapa anakku yang kurawat sejak kecil ini berubah. Apa salahku, ya Tuhan? jika dia memang bukan anakku aku akan maafkan dia. Namun jika dia adalah anakku maka hukumlah dia, dia telah menjadi anak yang durhaka.

Tiba tiba ada suara petir dan menggelegar, dan petir itu merubah tubuh Malin menjadi sebuah batu. Itulah kekuatan doa seorang ibu, janganlah sampai durhaka dengan kedua orang tua.


11. Contoh Teks Drama Tentang Impian

Contoh Teks Drama Tentang Impian

Drama mengenai impian adalah menggambarkan seseorang atau beberapa orang tentang perjuangan. Memberikan dukungan dalam mencapai sebuah impian. Berikut ini adalah contoh teks drama yang bertema Impian yang bisa dinikmati.

Bony : Eh guys, kalian memilih mana jika nanti kalian dihadapkan oleh 2 pilihan, antara perusahaan besar gaji kecil atau perusahaan kecil gaji besar.

Dinda : Kalo aku yang perusahaan kecil tapi memberikan gaji yang besar.

Nurvan : Aku sih pilih perusahaan besar dengan gaji kecil. Kalo kita bekerja di perusahaan besar, masa depan kita pasti terjamin.

Bony : Kalo kamu gimana, Dan?

Dania : Kalo aku yang penting potensi ke depannya baik.

Bony : Itu artinya kamu memilih perusahaan besar dari pada perusahaan kecil.

Nurvan : Kalau kamu gimana, Bon?

Bony : Ya kalau sama kayak Dania. Aku milih yang perusahaan besar, karena itu juga pasti ada jaminannya. Kalo kita di perusahaan kecil apakah juga ada jaminan untuk ke depannya?

Nurvan : Iya bener juga. Yang paling penting itu jenjang karir masa depan nanti.

Dania : Buat apa gaji besar tapi hanya sementara. Apalagi perusahaan kecil itu terkadang juga rawan bangkrut.

Dinda : Mulai sekarang kita harus lebih semangat dan teliti untuk masa depan kita. Agar waktu melamar kerja, kita akan tahu mengenai perusahaan yang akan dilamar.

Nurvan : Iya kita harus punya plan mulai sekarang, di mana akan melanjutkan kerja atau sekolah.

Bony : Tidak hanya itu sih kita juga semangat sekolah, karena sebuah perusahaan akan memilih seseorang berkualitas.

Dinda : Iya betul. Kita harus bekerja di perusahaan yang tidak menggunakan banyak tenaga tetapi menggunakan kecerdasan kita.

Dania : Makanya kualitas kemampuan itu memang sangat penting.

Bony : Semangat teman-temanku, tunjukan bakat dan kualitas yang ada pada diri kalian.

Dania : Tentu saja kita harus semangat.

Nurvan: Percaya deh, bahwa kalian akan menjadi orang hebat


12. Contoh Teks Drama untuk Dua Orang

Contoh Teks Drama Untuk Dua Orang

Drama terkadang hanya dikenali untuk lebih dari 3 orang dalam pertunjukannya. Namun drama juga bisa dilakukan untuk dua orang atau seperti dialog. Berikut adalah contoh teks drama dua orang tokoh.

Di jam istirahat sekolah. Jojo dan Lili menghabiskan waktu dengan memakan makanan ringan di kantin. Tetapi di hari itu sikap  Lili sangat aneh, dia terlihat seperti habis menangis. Jojo mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada Lili

Jojo : Eh, Li kamu tahu nggak, kenapa ikan hidup di air?

Lily : Nggak tahu, kenapa?

Jojo : Kok cemberut gitu sih, kan aku cuman nanya.

Lily : Aku lagi ada masalah, banyak pikiran.

Jojo : Kenapa? Cerita aja? Kan, kita juga udah temenan lama.

Lily : Ceritanya panjang. Aku lagi pengen sendiri.

Jojo : Jangan disimpan sendiri, sini cerita. Nanti kamu malah stress. Barangkali aku juga bisa bantu kamu.  Apa gunanya aku sebagai sahabat coba kalo begini.

Lily  : Beberapa minggu ini orang tuaku ribut terus.

Jojo : Memangnya ada masalah apa?

Lily : Nggak tahu, intinya mereka udah nggak akur, berantem aja tiap harinya.

Jojo : Yang sabar ya Ly, semoga semua masalah ini cepat selesai. Kamu harus banyak berdoa juga biar masalahnya segera selesai.

Lily : Semoga saja, Jo.

Jojo : Nggak ada masalah tanpa solusi. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Begitu pun dengan  masalah yang keluarga kamu hadapi. Kamu tidak boleh menyerah Lily.

Lily : Terima kasih banyak ya, Jo, kamu mau dengerin curhatanku. Setidaknya aku juga lebih lega karena ada teman ngobrol.

Jojo : Nah gitu kan enak. Sekarang senyum dong, nggak boleh cemberut lagi

Akhirnya Lily merasa terhibur dengan keberadaan dari Jojo, bisa berbagi masalah yang ada dengan Jojo. Begitupun sebaliknya Jojo juga selalu curhat dengan Lily.


13. Contoh Teks Drama Tema Kejujuran

Contoh Teks Drama Tema Kejujuran

Drama pertunjukan memiliki banyak tema yang bisa diangkat menjadi sebuah cerita. Salah satunya kejujuran, karena kejujuran juga merupakan hal penting untuk dijunjung dalam sehari hari. Berikut adalah contoh teks drama yang mengusung tema kejujuran.

Bel sekolah berbunyi, murid bergegas menuju ke kantin. Murid bergegas untuk memesan makanan yang  yang ingin disantap.

Disky : Makan di kantinnya Bu Sri yuk.

Ilham : Ayo. Eh Dit, kenapa kamu kok lemas gitu?

Adit : Nggak papa, lagi nggak mood aja.

Disky : Ada masalah apa cerita aja, nanti tau aja kita bisa ngasih solusi.

Adit : Aku nggak papa kok, dah yok pesan makanan.

Ilham : Aku mau soto nggak pedes, kalian mau apa?

Risky : Aku juga sama deh, soto nggak pedes.

Adit : Yaudah sama.

Risky : Habis pulang sekolah maen PS, yuk?

Adit : Aku nggak ikut ah, aku nggak punya uang.

Ilham : Nanti aku yang bayarin. Asal bia main

Truuut truuuttt…..! (hp Disky berbunyi)

Disky : eh bentar ya aku harus ke gerbang, bapakku mau nganter kunci.

Disky pergi meninggalkan mereka berdua.

Adit  : Aku mau bilang sesuatu sama kamu.

Ilham : Iya kenapa, Kok kamu aneh gitu?

Adit : Ilham aku mau minta maaf.

Ilham : Kenapa, sih?

Adit : Kamu nggak ngerasa kehilangan uang kemarin. Aku mengambil uang kamu kemarin Rp50.000. Aku benar benar minta maaf.

Ilham :  (tersenyum) Its okay, lain kali kamu kalau memang perlu uang bilang aja. Kalo aku ada pasti aku bantu.

  30+ Contoh Penutup Pidato Efektif dan Menarik Berbagai Tema

Adit : Aku sungguh sangat menyesal, Ham. Aku minta maaf

Ilham : Aku senang punya teman kayak kamu. Kamu sudah mau jujur dengan aku. Aku sangat menghargai itu.

Adit : Besok kalo aku ada uang akan aku ganti. Aku serius

Ilham : Tenang aja. Yang penting kita tetap menjadi sahabat


14. Contoh Teks Drama Epilog

Ucapan Selamat Malam Untuk Teman Recovered Recovered Recovered Recovered

Struktur sebuah teks drama terdiri dari 3 bagian utama ada prolog, dialog, epilog. Epilog adalah narasi bagian akhir adalah naskah narasi bagian akhir dari naskah drama. Epilog ini mengandung pesan pesan yang ingin disampaikan.

Prolog :

Deni, Ani, dan Gina adalah sahabat dari SMA. Namun mereka memilih universitas dan jurusan kuliah yang berbeda. Bertahun tahun mereka tidak berkomunikasi.

Gina : Kita pesen makan dulu ya.

Ani : Iya sekalian kita istirahat dululah. Capek juga keliling Malioboro

Gina  : Gimana kuliahmu? Lancar?

Ani : Alhamdulillah lancar, besok 3 minggu lagi sidang.

Gina : Aku juga alhamdulillah udah di-ACC reviannya.

Deni : Silakan Kak, ini menunya.

Ani : Eh, Deni kamu kerja di sini? Lama banget nggak ketemu.

Gina : Ini Deni temen SMA kita kan? bener gak?

Deni :  Ani, Gina, akhirnya aku ketemu kalian. Gimana kabarnya?

Ani : Alhamdulilah kita baik, kamu gimana?

Deni : Baik juga. Lama banget gak ketemu ya.

Gina : Kok kamu di sini. Kuliah mu gimana?

Deni : Ah ceritanya panjang. Intinya aku keluar dari kampus.

Ani : Oalah gitu, yaudah nggak papa. Tetap semangat ya.

Gina : Siapa tahu kamu jadi pengusaha, kan keren.

Epilog :


Drama merupakan karya sastra yang biasanya berbentuk dialog, percakapan atau lainnya. Sedangkan teks drama merupakan naskah yang berisikan jalan cerita serta arahan sebuah drama yang akan dipentaskan. Untuk contoh teks drama sendiri sudah sangat beragam jenisnya.

Beragam contoh ini karena saat ini banyak sekali yang membutuhkannya, apa lagi anak sekolah yang memiliki pelajaran drama. Hal ini tentunya akan mempermudah memperoleh referensi drama yang diinginkan.

Untuk itu hanya perlu mencari tahu contoh masih-masing dari drama yang biasanya paling dicari. Berikut teks drama yang populer dan sering dijadikan contoh:


15. Contoh Teks Drama Romantis

Contoh Teks Drama Romantis

Kisah yang romantis memang cukup banyak peminatnya, hal ini karena penonton akan banyak tertarik dengan kisah manis sepasang kekasih. Berikut contoh teks drama romantis yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Romantis

Air Mata Haru

Saat pagi buta ada seorang suami istri yang berjalan menuju Masjid, mereka berjalan penuh kebahagiaan untuk menjalankan sholat Subuh.

Suami: Bu, kita ketemu lagi sehabis sholat di sini ya.

Istri: iya Yah (istri tersenyum dengan hangat pada suaminya begitu juga sebaliknya).

Masuklah mereka ke dalam Masjid dan keluar lagi saat selesai sholat. Saat itu sang istri yang terlebih dahulu selesai, ia kebingungan mencari sendalnya yang menghilang.

Suami: kenapa bu?

Istri: sendal ibu enggak ada, padahal tadi ibu letakkan di samping sendal ayah.

Suami: ya sudah bu, mungkin yang mengambil memang lebih perlu sendal itu dari ibu.

Istri: iya Yah, tapi ibu berarti harus pulang dengan jalan tanpa alas kaki.

Ayah: sini Bu biar ayah gendong.

Istri: jangan Yah, ibu berat.

Ayah: ayo cepat, kalau kita kelamaan keburu anak-anak bangun.

Akhirnya sang istri mau digendong suaminya. Air mata sang istri jatuh menetes ke punggung suaminya karena terharu dengan ke baikan dan romantis dari suaminya.

Ayah: jangan jadikan perbuatan Ayah menjadi alasan air mata Ibu jatuh, Ayah hanya ingin melihat Ibu bahagia.

Ibu: saat ini Ibu sangat bahagia, memiliki suami seperti Ayah.

Ayah: terus rawat aku dan anak-anak ya Bu sampai kita tua.

Ibu: iya Yah, Ayah juga jangan lelah menjaga dan menasihati Ibu dan anak-anak.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi


16. Contoh Teks Drama Persahabatan

Contoh Teks Drama Persahabatan

Selain romantis contoh teks drama persahabatan juga memiliki cukup banyak peminatnya. Semua itu karena jalan cerita ringan namun cukup meninggalkan banyak kesan. Berikut contoh teksnya yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Persahabatan

Amplop untuk Dela

Dela, Riza, Rifwan dan Lia sedang serius menyaksikan Satia yang sedang bertanding. Mereka memang tidak satu SMA namun akrab karena dulu satu SMP. Sehingga terlihat jelas kompak dan mereka saling mendukung sahabatnya seperti contohnya hari ini.

Namun tidak tahu kenapa seperti ada yang aneh dengan Dela hari ini, dia hanya diam dan tentu saja Lia menyadari itu.

Lia: elo kenapa Del? Dari tadi diam aja enggak ada semangatnya.

Riza: iya juga ya, biasanya kalau Satia tanding Dela yang paling heboh teriak.

Rifwan: elo sakit Del?

Dela: enggak, gue baik-baik aja, sudahlah gue ke kamar mandi dulu.

Dela melangkah pergi.

Rifwan: iya aneh, kalau enggak aneh enggak mungkin Dela ke kamar mandi sendirian, dia kan penakut pasti minta antar Lia.

Riza sedang asik mengorek isi tas Dela yang memang tidak dibawa Dela, setelah menemukan smartphone nya Riza mendekat ke pada dua sahabatnya yang sedang kebingungan.

Rifwan: jiwa maling dia hebat banget.

Riza: ini namanya jiwa persahabatan.

Dela: di mana hobinya membobol hp orang mulu.

Riza: salah kalian sendiri, buat Pasword gampang diingat.

Mereka membaca isi chat Dela dan benar saja ternyata Dela sedang ada masalah karena keluarganya sedang kesusahan jadi Dela sudah menunggak uang komite sekolah.

Rifwan memberi tahu Satia yang baru selesai tanding dan kebingungan melihat sahabatnya bertingkah aneh. Setelah selesai bercerita akhirnya mereka menemukan solusinya.

Pertandingan selesai dengan Satia sebagai pemenang, dia menerima hadiah sebesar 5 juta. Untuk membuat masalah Dela terselesaikan tanpa Dela curiga akhirnya Satia memberikan ke empat temannya amplop.

Satia: gue kan menang, entah kenapa jiwa kaya raya gue menjerit mau obral amplop ke kalian.

Rizal: jiwa miskin gue berteriak histeris.

Satia: tapi Cuma satu amplop yang isi uang, sisanya kosong.

Mereka memang sudah bekerjasama dan menandai amplop yang kosong sehingga hanya sisa amplop berisi uang ke pada Dela.

Dela: serius ini uang untuk gue? Kalian enggak ada yang iri.

Lia: jelas elo yang hoki.

Seketika Dela menangis dan langsung dipeluk oleh Lia. Sedangkan yang lainnya menyemangati Dela.


17. Contoh Teks Drama Sekolahan

 

Biasanya guru yang memberikan tugas membuat pentas drama untuk anak sekolahan lebih menyarankan tema sekolahan juga. Hal ini membuat teks drama sekolahan juga cukup populer. Berikut contoh teksnya yang dapat dijadikan referensi :

Teks Drama Sekolahan

Si Arya

Pagi itu seperti biasa murid di kelas sedang bersiap-siap untuk melaksanakan upacara bendera. Tidak ada hal aneh yang terjadi sampai Bendahara kelas kehilangan uang Kas kelas yang ada di dompetnya.

Arya yang duduk dengan Septi memang terkenal sering terlambat ke sekolah. Pagi itu Riko meminta Septi untuk memberi tahu Arya jangan nyumput di kelas saat keadaan kelas kosong.

Saat di pertengahan upacara Rika akhirnya memilih ke UKS karena sakit. Setelah selesai upacara semua kembali ke kelas.

Septi menangis saat membuka tasnya karena uang Kas yang tadi pagi ada sudah tidak ada.

Riko: tenang Sep, nanti kita cari. Gue bilang wali kelas dulu ya.

Rika: jangan Ko.

Riko: kenapa Ka?

Rika: coba kita cari dulu jangan langsung bilang wali kelas, nanti kelas kita tercemar. Arya tadi saat gue masuk kelas elo ada di kelas kan nyumput.

Arya: maksutnya elo nuduh gue?

Rika: siapa yang nuduh, gue mau nanya aja, lo liat orang lain lagi apa enggak.

Arya: uda lagi Ka, bilang aja kalau elo nuduh gue.

Medi: sensi amat Ya, lagian emang lo nyurigain si setiap upacara nyumput terus di kelas. Uang gue waktu itu juga pernah hilang hari senin tapi karena enggak gede gue diam.

Arya: jadi kalian nuduh gue? periksa ni baju sama tas gue.

Septi: uda dong, jangan nyudutin Arya, gue yakin bukan dia. Udalah nanti gue ganti aja uangnya.

Aulia: enggak bisa gitu Sep, ini kan bukan salah elo tapi emang ada maling disini.

Seketika Arya membuka pakaiannya dan mengibaskannya, berjatuhan uang receh sebanyak 4 keping. Arya juga mengambil tasnya dan menumpahkan isinya, tidak ada yang jatuh selain buku dan alat tulis yang lusuh.

Arya: gue emang miskin tapi orang tua gue enggak pernah nyuruh maling.

Seketika suasana menjadi canggung selang beberapa hari malingnya ketahuan yaitu adalah Rika. Namun sejak saat itu Arya tidak berangkat ke sekolah. Rika yang merasa bersalah akhirnya mendatangi Arya yang sedang berjualan koran, Rika meminta maaf dan membujuk Arya kembali bersekolah.


18. Contoh Teks Drama Komedi

Contoh Teks Drama Komedi

Kisah drama yang lucu sehingga mampu membuat siapapun yang membacanya tertawa juga cukuplah banyak dicari. Hal ini karena drama akan terasa jauh lebih ceria dan ramai, berikut contoh teks drama komedi yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Komedi

Cinderlela Vs Emak Tiri

Dikisahkan hiduplah Cinderlela dengan emak tiri serta kedua putrinya Cindelulu dan Cindelola. Tidak seperti kisah Cinderella yang telah mendunia, kisah ini jelas berbeda. Saat itu karena buru-buru Cinderlela memakai sepatu milik ibu tirinya dan pergi ke pesta.

Pangeran: Kau sangat cantik, boleh aku mengetahui namamu?

Suara bel berbunyi menandakan pukul 12 malam telah tiba, Cinderlela berlari meninggalkan Pangeran dengan terburu-buru, sehingga sepatunya terjatuh.

Cinderlela: Adu sepatuku. Sudahlah tinggalkan saja (Cinderlela kembali berlari).

Pangeran dan semua ajudannya mendatangi setiap rumah yang ada untuk mencocokkan kaki setiap wanita dengan sepatu yang ditinggal saat malam pesta. Tibalah pangeran di rumah emak.

Ajudan: siapapun wanita yang ukuran kakinya pas untuk sepatu ini akan menikah dengan pangeran. (Ajudan mengeluarkan sepatu dari kotak)

Emak: ( dalam hatinya “Kok kaya kenal sama sepatu itu”).

Cinderlulu dan Cinderlola saling dorong-dorongan untuk mencoba sepatunya. Sedangkan Cinderlela dikurung dalam kamarnya. Sayangnya sepatu kekecilan untuk Cinderlulu dan kebesaran untuk Cinderlela.

Dengan kekuatan bulan dan bantuan para iblis akhirnya Cinderlela berhasil keluar dari kamarnya dengan mendobrak pintu.

Cinderlela: aku pasti cocok dengan sepatu itu.

Namun tentu saja Cinderlela pun tidak cocok dengan sepatu itu karena kebesaran.

Emak: boleh saya mencobanya?

Pangeran: silakan.

Tentu saja sepatu itu muat di kaki emak karena memang itu sepatunya. Keributan tidak dapat terelakkan antara emak dan Cinderlela, mereka saling menjambak satu sama lain.

Namun tentu saja Pangeran tetap menepati janjinya dan menikah dengan emak. Tetapi berselang seminggu Pangeran menikah lagi dan istri keduanya memfitnah emak hingga diusir dari istana.

Sedangkan Cinderlela hidup bahagia dengan sederhana di rumahnya.


19. Contoh Teks Drama Horor

Contoh Teks Drama Horor

Selain drama yang mengundang tawa ada juga satu drama favorit yaitu horor. Penonton akan dibuat ketakutan namun tetap saja banyak peminatnya. Berikut contoh teks drama horor yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Horor

Jangan Ketuk 3 Kali

Nina masih saja asik dengan smartphone nya padahal jam sudah menunjukan pukul setengah 12 lewat, hanya beberapa menit lagi tepat tengah malam. Saat ini Nina sedang membaca cerita horor di Webtoon.

Nina: ceritanya benar enggak ya, kalau ada yang mengetuk kaca 3 kali tepat tengah malam bisa ketemu penghuni dalam dunia kaca.

Nina menatap lekat-lekat kaca yang tergantung di dinding kamarnya. Ada perasaan ragu karena takut namun tidak tahu kenapa rasa penasarannya yang besar mengalahkan semuanya.

Sehingga akhirnya Nina berjalan ke arah kaca, sempat beberapa detik memandangi dirinya yang ada di kaca akhirnya Nina nekat mengetuk kaca.

Ketukan pertama tidak ada perubahan, Nina lanjut mengetuk ke dua kali juga tidak ada perubahan tetap hanya wajah dirinya yang ada di kaca. Tepat ketukan ketiga juga tidak ada perubahan.

Nina: boong aja ni cerita, udalah tidur aja gue.

Saat Nina memperhatikan ada yang aneh dengan kamarnya, seketika kamarnya menjadi suram dan seperti gudang. Banyak debu dan darah di mana-mana.

Nina menatap ke cermin dan melihat seorang wanita menyerupai dirinya namun dengan wajah penuh darah. Tersenyum pada Nina.

Wanita Dalam Cermin: Terima kasih sudah mau bertukar dunia dengan ku.

Setelah itu wanita itu melangkah menjauhi cermin dan mulai tidur di kasur Nina, sedangkan Nina tidak dapat keluar dari cermin walaupun sudah didobrak sekencang apapun.

Nina: Tolong! Keluarkan aku dari sini!

 

Akhirnya mereka dipertemukan kembali dan saling tukar nomor. Deni menyadari jika dia kurang bersungguh-sungguh dalam kuliahnya. Namun Ani dan Gina sebagai sahabatnya masih mendukung dan menyemangati apa pun yang terjadi kepada Deni.

Banyak sekali contoh teks drama yang bisa dijadikan sebuah gambaran untuk seseorang jika ingin membuat sebuah pertunjukan. Dalam membuat naskah drama harus memperhatikan unsur-unsur yang ditetapkan dan juga kreatif dalam membuatnya. Karena unsur unsur yang terkandung dalam naskah sangat penting dan membangun untuk sebuah pertunjukan drama menarik.

Terdapat beberapa jenis drama sesuai dengan tipe genre drama masing-masing. Contoh teks drama diatas adalah contoh drama sesuai dalam tema dan penyajiannya ketika pertunjukan. Naskah juga bisa sesuai dengan judul dan jenis penyampaian yang digunakan dalam membuat teks drama pertunjukan.

Contoh Teks Drama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *