18+ Contoh Teks Inspiratif Tentang Lingkungan, Persahabatan dan Liannya

Contoh Teks Inspiratif

Contoh Teks Inspiratif – Inspirasi adalah penarik untuk tetap melakukan sesuatu yang sesuai diri sendiri. Setiap manusia membutuhkannya untuk mencapai berbagai tujuan. Untuk itulah teks inspiratif ada. Sesuai namanya, teks inspiratif harus mampu menggugah hati agar pesan moral dapat tersampaikan dan diterapkan dengan baik. Ada berbagai contoh teks inspiratif yang bisa dibaca.

Awal contoh teks inspiratif dimulai dengan orientasi sebagai pengantar cerita, lalu perumitan peristiwa mengantar ke komplikasi alias inti konflik cerita. Kemudian menuju ke resolusi sebagai penyelesaian konflik berisi peristiwa yang menyadarkan pembaca tentang hal baik yang harus dilakukan. Akhirnya ditutup dengan koda yang berisi kesimpulan dan pesan moral kisah itu.

Di dalam teks inspiratif, penulis biasanya menjadi orang ketiga, jadi akan banyak kata ganti orang ketiga di dalamnya. Selain mudah dipahami, teks tersebut harus memiliki makna yang dalam agar pembaca bisa menjadi lebih baik usai membacanya. Berikut adalah beberapa contoh teks inspiratif di dalam berbagai kategori beserta bagian-bagiannya:


Daftar Isi Artikel

Contoh Teks Inspiratif tentang Pengembangan Diri

Contoh Teks Inspiratif Tentang Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah proses pembentukan karakter, sikap, perilaku, kepribadian, dan potensi seseorang melalui pembelajaran dan pengalaman. Proses ini nantinya akan meningkatkan kemampuan diri sampai ke tahap kemandirian.

Selain di dalam kegiatan konseling dan ekstrakurikuler, proses ini juga bisa dilakukan lewat pembacaan teks inspiratif. Berikut adalah beberapa contoh teks inspiratif tentang pengembangan diri:

Baca Juga: Contoh Teks Editorial

1. Contoh Teks Inspiratif 1

Batu Besar

Cerita ini berlatar tempat di suatu jalan raya yang ada di suatu kerajaan. Cerita inspiratif tentang batu besar ini mengajarkan kerajinan untuk kehidupan yang lebih baik.

1. Orientasi

Beratus-ratus tahun yang lalu, seorang raja menyuruh pegawai istana untuk meletakkan sebuah batu besar di jalan raya. Ia bersembunyi di balik semak-semak untuk melihat siapa yang akan memindahkan batu besar itu.

2. Perumitan Peristiwa

Beberapa bangsawan dan pengusaha kaya raya hanya melewati jalan itu. Namun bukannya memindahkan batu itu, mereka malah hanya mengelilinginya untuk bisa melanjutkan perjalanan.

3. Komplikasi

Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengomel sendiri tentang ketidakmampuan sang raja untuk menjaga jalanan tetap bersih. Hingga menjelang terbenamnya sang surya, masih belum ada yang mengangkat batu itu.

4. Resolusi 

Tiba-tiba datang seorang petani yang membawa sayuran. Ia meletakkan sayurannya untuk memindahkan batu itu. Setelah susah payah, akhirnya batu itu berhasil dipindahkan dan jalanan kembali tampak bersih.

Saat ia kembali ke sayurannya, ia melihat sebuah dompet di jalan batu itu berada sebelumnya. Di dalam dompet itu ada banyak sekali koin emas. Ada pula pesan dari raja yang menyatakan bahwa koin-koin emas itu diperuntukkan bagi orang yang memindahkan batu itu dari jalan.

5. Koda

Setiap rintangan di dalam kehidupan memberikan Anda peluang untuk memperbaiki kehidupan Anda. Jangan malas, melainkan gunakan peluang-peluang yang ada sebaik mungkin demi terciptanya kehidupan yang lebih baik.

2. Contoh Teks Inspiratif 2

Orang Bijak

Banyak orang stres yang harus mengunjungi orang bijak untuk memperoleh nasihat untuk berbagai masalah. Namun tak sedikit orang yang tetap kembali dengan keluhan yang sama. Di bawah ini adalah contoh teks inspiratif tentang orang bijak, beserta bagian-bagiannya:

1. Orientasi

Seorang bijak dikunjungi beberapa orang yang mengeluh tentang masalah yang sama berulang-ulang kali. Suatu hari ia menceritakan lelucon kepada mereka, hingga mereka tertawa terbahak-bahak.

2. Perumitan Peristiwa

Setelah diam beberapa menit, ia menceritakan lelucon yang sama lagi dan hanya sedikit yang tersenyum. Beberapa dari mereka bahkan mulai memasang wajah masam.

3. Komplikasi

Setelah beberapa detik, ia kembali menceritakan lelucon yang sama. Kali ini tidak ada satu pun yang tersenyum maupun tertawa.

4. Resolusi

Akhirnya orang bijak itu memandang mereka semua sambil tersenyum. Kemudian ia berkata, “Kalau kalian tidak bisa menertawakan lelucon yang sama berulang kali, kenapa kalian selalu mengeluhkan masalah yang sama?”

5. Koda

Merasakan kesenangan akan hal yang sama berulang kali saja terasa sulit. Maka jangan pula mengeluhkan hal yang sama berulang kali, karena itu pasti menyulitkan dirimu dengan lebih parah. Berhenti membuang waktumu dengan mengeluh, karena itu tidak berguna.

3. Contoh Teks Inspiratif 3

Kebahagiaan

Sejak dahulu hingga sekarang banyak manusia yang kebingungan mencari kebahagiaan. Seberapa keras pun usaha yang dilakukan, entah mengapa selalu terasa kurang. Berikut adalah contoh teks inspiratif tentang kebahagiaan, beserta bagian-bagiannya:

1. Orientasi

Ada seorang lelaki murung yang hidup di sebuah desa. Ia senantiasa mengeluh, hingga membuat semua warga kesal.

2. Perumitan Peristiwa

Semakin lama, perkataannya semakin beracun, hingga menciptakan perasaan tak bahagia bagi orang lain. Semua warga akhirnya berusaha menghindarinya agar tidak tertular kemalangan.

3. Komplikasi

Ia kerap kali berteriak sambil memukul tembok rumahnya. Tak jarang ia membanting barang-barang di rumahnya. Hal itu membuat warga sekitar merasa terganggu, namun tak ada yang berani menegurnya, karena takut.

4. Resolusi

Namun suatu hari di usianya yang ke-80, terdengar desas-desus yang mengherankan. Hampir semua warga membicarakannya. Ia diketahui mulai bahagia dan tidak mengeluh tentang apa pun. Raganya bahkan terlihat sangat segar dan sehat.

Seluruh warga desa pun berkumpul di depan rumahnya untuk menanyakan apa yang terjadi padanya. Orang itu pun menjawab, “Selama 80 tahun saya telah bersusah payah mengejar kebahagiaan, ternyata itu sia-sia. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti mengejarnya dan menikmati hidup ini apa adanya. Itulah alasan saya bahagia sekarang.”

5. Koda

Jika Anda terlalu bersusah payah mengejar kebahagiaan, maka Anda akan kehilangan esensinya. Standar kebahagiaan akan terus meningkat, hingga Anda malah tidak bisa berbahagia atas hal apa pun.

Maka tak perlu terlalu bersusah payah mengejar kebahagiaan. Tetaplah mengusahakan yang terbaik dan nikmati kehidupan ini apa adanya.


Contoh Teks Inspiratif tentang Hubungan

Contoh Teks Inspiratif Tentang Pengembangan Diri

Manusia merupakan makhluk sosial yang tentunya tidak bisa hidup sendirian. Sehebat apa pun seseorang, ia tetap membutuhkan orang lain. Maka dari itu, hubungan antar sesama harus dijaga.

Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan membaca berbagai teks inspiratif tentang hubungan. Berikut adalah contoh teks inspiratif yang bisa diaplikasikan di dalam berhubungan antar sesama manusia:

1. Contoh Teks Inspiratif 1

Pagar yang Berlubang 

Emosi memang tak terpisahkan dari manusia. Namun sebagai makhluk yang berakal budi, manusia harus mampu mengendalikannya. Berikut adalah contoh teks inspiratif tentang emosi, beserta bagian-bagiannya:

1. Orientasi

Seorang anak kecil yang pemarah tinggal bersama ayahnya yang mulai muak dengan sikapnya. Ingin memberi pelajaran, sang ayah akhirnya memberinya sekantong paku. Setiap anak itu marah, ia harus menancapkan satu paku ke pagar.

2. Perumitan Peristiwa

Di hari pertama, anak itu menancapkan 37 paku. Beberapa hari kemudian ia mulai sadar bahwa lebih mudah untuk mengendalikan amarahnya daripada menancapkan banyak paku ke pagar. Maka ia mulai bisa mengendalikan amarahnya, terlebih lagi beberapa minggu ke depannya.

3. Komplikasi

Akhirnya, tibalah saatnya anak itu tidak marah sama sekali. Ia pun memberitahu ayahnya. Kemudian sang ayah menyarankannya untuk melepaskan paku-paku yang telah tertancap itu agar amarahnya semakin terkendali lagi.

4. Resolusi

Hari-hari pun berlalu, akhirnya anak itu bisa memberitahu ayahnya bahwa semua paku telah terlepas. Sang ayah mengajaknya ke pagar itu.

Saat sampai di depan pagar, sang ayah berkata, “Kamu berhasil melakukannya, Nak, tetapi lihat lubang-lubangnya. Kini pagar itu berbekas dan tak akan menjadi sama lagi. Begitu pula ketika kamu menancapkan amarah kepada orang lain.”

5. Koda

Tak peduli berapa kali Anda minta maaf, hati orang yang Anda marahi akan tetap terluka. Jadi, kendalikan emosimu, jangan sampai Anda menyesal karena sesuatu yang Anda katakan ketika sedang marah dan tak bisa berpikir jernih. Jadi, ketika Anda ingin marah, tenangkan dulu dirimu agar bisa berpikir jernih dan menemukan solusi terbaik.

2. Contoh Teks Inspiratif 2

Pemandangan   

Sifat menghakimi memang sulit lepas dari manusia. Parahnya lagi tak jarang manusia menghakimi manusia lainnya tanpa mengetahui kondisi manusia itu. Berikut adalah contoh teks inspiratif tentang penghakiman, beserta bagian-bagiannya:

1. Orientasi 

Seorang lelaki berusia 20 tahun sedang menumpang kereta bersama ayahnya. Sambil melihat keluar jendela, ia tiba-tiba berteriak, “Ayah, lihat pohon-pohon itu! Mereka tertinggal dari kita.” Ayahnya tersenyum, kemudian anaknya kembali berkata, “Ayah, awan menggemaskan itu berlari bersama kita!”

2. Perumitan Peristiwa 

Ayahnya tersenyum, kemudian anaknya kembali berkata, “Ayah, awan menggemaskan itu berlari bersama kita!” Ternyata dari tadi sepasang kekasih di belakang mereka sudah resah terhadap ucapan-ucapan anak itu.

3. Komplikasi

Pasangan itu semakin resah dan tidak lagi bisa menahan diri. Sang lelaki akhirnya bertanya kepada ayah anak itu, “Pak, kenapa anak Anda tidak dibawa ke dokter?”

4. Resolusi

Ayahnya menjawab, “Sudah, kok. Kami baru saja kembali dari rumah sakit. Anak saya yang buta sejak lahir ini akhirnya mendapatkan matanya tadi.”

5. Koda 

Setiap orang memiliki kisah hidup masing-masing. Jika Anda tidak benar-benar mengenal seseorang, jangan hakimi dirinya. Bahkan ketika Anda merasa sangat mengenalnya, Anda belum tentu bisa memahami apa yang dialaminya, karena Anda sendiri tidak mengalaminya.

3. Contoh Teks Inspiratif 3

Anak Anjing 

Tak sedikit manusia yang merasa minder alias rendah diri karena setiap kekurangannya. Padahal di mata Sang Pencipta, semua manusia memiliki nilai yang sama dan sama-sama berharga. Maka manusia harus memperlakukan sesamanya dengan adil. Berikut adalah teks inspiratif tentang hal itu, beserta bagian-bagiannya:

1. Orientasi

Seorang pemilik toko hewan peliharaan memasang tanda di atas pintunya yang bertuliskan: “Dijual Anak Anjing.” Seorang anak melihat tanda itu, mendekati pemiliknya, dan bertanya, “Berapa harga anak anjing yang Anda jual?” Pemilik toko menjawab,”Mulai dari Rp500.000 sampai Rp1.000.000.”

2. Perumitan Peristiwa

Anak itu mengeluarkan uang dari kantongnya dan berkata, “Aku hanya punya Rp100.000, apa boleh aku lihat dulu?” Pemilik toko memanggil para anak anjing dengan siulan. Tidak sampai 2 detik, keluarlah 6 anak anjing yang lincah dan menggemaskan. Namun ada satu yang tertinggal sangat jauh.

3. Komplikasi

Namun ada satu anak anjing yang tertinggal sangat jauh dan tampak timpang.  Anak itu menghampiri anak anjing itu dan bertanya, “Kenapa dia?” Pemilik toko menjawab, “Anak anjing ini timpang seumur hidup karena tidak punya soket pinggul.”

Dengan penuh semangat, anak itu mengelus si anak anjing sambil berkata, “Aku mau beli yang ini.” Pemilik toko berkata, “Untuk yang ini, kamu tidak perlu beli, kok. Aku akan memberikannya gratis untukmu.”

Dengan wajah kesal, anak itu menatap mata pemilik toko dan berkata, “Aku tidak ingin mendapatkannya dengan gratis. Nilai anjing timpang ini sama dengan yang lainnya. Aku akan membayarnya penuh. Buatkan saja tagihannya. Saat ini aku akan membayarnya dengan Rp100.000. Sisanya akan dicicil Rp50.000 per bulan sampai lunas.

4. Resolusi

Kemudian pemilik toko berkata dengan cemas, “Kamu yakin mau membeli anak anjing yang ini? Dia tidak akan pernah bisa berlari, melompat, dan bermain seru denganmu seperti anak anjing pada umumnya, lho.”

Tiba-tiba anak itu menggulung kaki celananya untuk memperlihatkan kaki kirinya yang lumpuh parah dan dibantu sebuah penjepit logam besar. Ia menatap pemilik toko sambil berkata, “Aku juga tidak bisa berlari dengan baik. Kami sama-sama membutuhkan pengertian dari pihak lain, kami saling membutuhkan. Karena itu, saya membelinya dengan harga penuh.”

5. Koda

Semua makhluk hidup memiliki keberhargaan diri yang sama, tak peduli seberapa rusak fisik atau mentalnya. Jadi, perlakukanlah semua makhluk hidup dengan adil.

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Percobaan

4. Contoh Teks Inspiratif 4

Anak Kecil dan Pelayan 

Manusia kerap kali menilai, bahkan menghakimi seseorang terlalu cepat dari penampilan fisik dan harta yang dimiliki. Padahal tidak semua orang kaya dan berpenampilan baik itu memiliki hati yang baik, demikian pula sebaliknya. Berikut adalah contoh teks inspiratif untuk hal ini, beserta bagian-bagiannya:

1. Orientasi

Beberapa tahun lalu ketika harga es krim di Amerika masih jauh lebih murah, seorang anak kecil memasuki kedai es krim. Setelah ia menduduki salah satu kursi, seorang pelayan menanyakan pesanannya.

2. Perumitan Peristiwa

Tidak langsung memesan, anak terlebih dahulu bertanya, “Berapa harga es krim Sundae?”. Pelayan menjawab datar, “Harganya 50 sen.” Anak itu menghitung uangnya, kemudian bertanya lagi, “Berapa sen untuk es krim biasa?”

3. Komplikasi

Melihat para pelanggan lainnya yang sedang menunggu, si pelayan jadi tak sabar dan menjawabnya dengan ketus, “35 sen.” Anak itu kembali menghitung uangnya lalu berkata, “Baiklah, aku pesan es krim biasa.” Setelah mengantarkannya beserta tagihan, si pelayan pergi melayani yang lain.

4. Resolusi

Saat ia kembali ke meja itu untuk membersihkannya, anak itu sudah pulang usai menghabiskan es krimnya. Namun ia menemukan sesuatu di samping piring kosong. Betapa kaget dirinya ketika mendapati bahwa itu adalah tip untuknya sejumlah 15 sen.

5. Koda

Jangan pernah menghakimi, apalagi menghina seseorang dari penampilan atau bahkan hartanya. Mungkin saja ia yang kau hakimi dan hina itu menjadi penolongmu di masa depan, sehingga Anda akan merasa tak enak.

5. Contoh Teks Inspiratif 5

Petani dan Tukang Roti

Karma memang nyata, datangnya tak disangka-sangka. Kerugian yang diakibatkannya pun sering tak terduga. Berikut adalah contoh teks inspiratif tentang karma di antara 2 manusia:

1. Orientasi

Ada seorang petani yang sering menjual mentega ke seorang tukang roti. Si petani juga rutin  membeli satu pon roti dari tukang roti itu.

2. Perumitan Peristiwa

Suatu hari, tukang roti menimbang mentega untuk mengetahui apakah ia mendapatkan jumlah yang sesuai dengan permintaannya. Ia mendapati bahwa jumlahnya kurang. Jadi, ia membawa petani itu ke pengadilan.

3. Komplikasi

Hakim menanyakan takaran apa yang digunakan untuk menimbang mentega kepada si petani. Petani itu mengatakan bahwa ia adalah seorang primitif, sehingga ia tidak memiliki takaran untuk menimbang menteganya. Hakim pun bertanya, “Lalu bagaimana Anda menimbangnya?”

4. Resolusi

Petani itu menjawab, Yang Mulia, jauh sebelum tukang roti itu mulai membeli mentega saya, saya telah membeli satu pon rotinya. Setiap saat ia membawakan roti, saya menimbangkanya dan memberikan mentega dengan berat yang sama. Jadi, jika memang ada yang harus disalahkan, itu adalah si tukang roti.”

5. Koda

Di dalam kehidupan, Anda akan mendapatkan apa yang Anda berikan. Jadi, jangan pernah coba menipu orang lain.


Contoh Teks Inspiratif tentang Pemikiran

Contoh Teks Inspiratif Tentang Pemikiran

Tak jarang pikiran manusia dipenuhi berbagai macam hal, mulai dari yang tidak penting sampai yang krusial. Manusia perlu berpikir kreatif dan mengurangi pikiran-pikiran negatif yang menambah beban kehidupan.

Berbagai teks inspiratif bisa membantu manusia untuk mengatur pikirannya dengan lebih tepat. Berikut adalah beberapa contoh teks inspiratif tentang pemikiran manusia:

1. Contoh Teks Inspiratif 1

Para Gajah 

Masa lalu kerap menghambat langkah manusia menuju masa depan yang cerah. Jangankan melangkah, manusia bahkan masih sering terjebak di masa lalu. Berikut adalah contoh teks inspiratif tentang masa lalu:

1. Orientasi

Di suatu kebun binatang, seorang wanita melihat beberapa gajah yang sedang berada di luar kandang. Meskipun diawasi pawang masing-masing, namun mereka hanya diikat dengan tali yang kecil. Tanpa rantai dan kandang, jelas mudah sekali untuk mereka melepaskan diri, tetapi entah mengapa mereka tetap diam saja.

2. Perumitan Peristiwa

Merasa heran, ia pun menghampiri salah satu pawang. Kemudian bertanya menanyakan hal itu kepadanya.

3. Komplikasi

Sang pawang pun menjelaskan bahwa ketika gajah-gajah itu masih kecil, tali dengan ukuran yang sama digunakan untuk mengikat mereka. Saat itu tali kecil sanggup menahan mereka.

Ketika mereka tumbuh dewasa, mereka dididik untuk percaya bahwa tali itu masih kuat untuk menahan mereka. Akhirnya mereka berhasil diyakinkan dan tidak pernah mencoba untuk melepaskan diri.

4. Resolusi

Wanita itu tertegun lalu berkata, “Sayang sekali mereka percaya. Padahal mereka jauh lebih kuat daripada tali itu dan semua orang di sini.”

5. Koda

Para gajah itu sebenarnya mampu melepaskan diri kapan saja. Tetapi karena masa lalu, mereka jadi berpikir bahwa mereka tidak bisa, sehingga mereka tetap terjebak di tempat yang sama. Begitu pula manusia, jangan pernah terperangkap di dalam masa lalu. Jangan pernah biarkan kegagalan masa lalu menahanmu meraih masa depan yang cerah.

2. Contoh Teks Inspiratif 2

Batu Kerikil  

Di dunia yang semakin tak terprediksi ini, terkadang manusia perlu berpikir jauh lebih kreatif daripada biasanya. Selain untuk mengasah kemampuan otak, juga untuk selamat dari berbagai situasi seperti contoh teks inspiratif di bawah ini:

1. Orientasi

Ratusan tahun lalu di suatu kota kecil di Perancis, seorang pengusaha kecil berutang kepada seorang rentenir tua. Rentenir tua ini ternyata menyukai putri dari si pengusaha itu. Ia memutuskan untuk menawarkan kepada pengusaha itu kesepakatan yang menghapus seluruh utangnya.

2. Perumitan Peristiwa

Si rentenir mengatakan bahwa ia akan memasukkan 2 batu kerikil, satu putih dan satu hitam ke dalam sebuah tas. Putri dari pengusaha itu harus merogoh dan mengambil salah satu dari batu kerikil itu tanpa melihat.

Jika ia mengambil batu kerikil hitam, utang ayahnya akan dihapus, tetapi ia harus menikahi rentenir itu. Jika ia mengambil batu kerikil putih, utang ayahnya akan dihapus dan ia tak perlu menikahi rentenir itu.

3. Komplikasi

Putri dari pengusaha itu memperhatikan rentenir saat ia mengambil 2 batu kerikil. Ia mengetahui bahwa si rentenir mengambil 2 batu kerikil hitam dan memasukkan keduanya ke tas.

Lalu pengusaha itu meminta putrinya untuk merogoh dan mengambil salah satu batu kerikil dari dalam tas tanpa melihat. Ia langsung memikirkan 3 pilihan yang bisa dilakukan. Ia bisa menolak untuk mengambil batu kerikil atau mengeluarkan kedua batu kerikil itu dan menunjukkan kecurangan rentenir.

Pilihan ketiga adalah yang terparah, yaitu pasrah mengambil batu kerikil hitam demi membebaskan ayahnya dari jerat utang. Namun ia akan merasakan penderitaan seumur hidupnya.

4. Resolusi

Ia akhirnya mengeluarkan satu batu kerikil dan sebelum terlihat, langsung berpura-pura menjatuhkannya tanpa sengaja. Kemudian ia berkata kepada rentenir itu, “Maafkan kegugupanku, Tuan. Anda bisa melihat ke dalam tas untuk melihat yang tersisa. Dengan begitu, Anda akan tahu batu kerikil mana yang tadi kuambil.”

Batu kerikil yang tersisa jelas berwarna hitam. Karena sang rentenir tak ingin kebusukannya diketahui, ia harus mengikuti “permainan” putri pengusaha. Akhirnya mau tak mau ia harus membebaskan si pengusaha dari jerat utang tanpa menikahi putrinya.

5. Koda

Putri dari pengusaha itu berpikir sangat kreatif untuk menyelamatkan dirinya dan sang ayah. Tiga pilihan yang awalnya muncul di kepalanya sama-sama memiliki risiko.

Pilihan pertama berisiko tak akan bebasnya sang ayah dari jerat utang, bahkan mungkin saja ia dipenjara. Pilihan kedua pun berisiko untuk dirinya. Usai ditangkap basah curang, si rentenir bisa saja melakukan kecurangan yang jauh lebih licik. Pilihan ketiga tentu berisiko akan hilangnya kebahagiaan hidup karena menikahi orang yang tak dicintainya.

Beruntung ia berhasil berpikir lebih kreatif, hingga seolah tak sengaja menjatuhkan batu kerikil itu. Dengan begitu, ia tak perlu menikahi si rentenir dan ayahnya pun dibebaskan dari jerat utang. Di dalam kehidupan nyata, Anda pun perlu berpikir lebih kreatif demi kehidupan yang lebih berkualitas dan bahagia.

3. Contoh Teks Inspiratif 3

Ikan Hiu 

Ketika mengalami kegagalan beruntun, banyak orang yang akhirnya menyerah begitu saja. Hal itu terjadi karena sudah terlalu lelah berusaha. Padahal mungkin saja keberhasilan itu tinggal selangkah lagi seperti contoh teks inspiratif di bawah ini:

1. Orientasi

Seorang ahli kelautan mengadakan penelitian terhadap ikan hiu. Selama masa penelitian, ia memasukkan seekor ikan hiu ke dalam tangki penampungan beserta beberapa ikan umpan kecil. Sesuai dugaan, hiu itu berenang dengan cepat, menyerang, dan segera memakan ikan-ikan kecil itu.

2. Perumitan Peristiwa

Beberapa saat kemudian si peneliti memasukkan fiberglass bening yang kuat ke dalamnya sebagai partisi. Ia kemudian menempatkan hiu dan ikan-ikan kecil di kedua sisi yang berbeda.

Ikan hiu itu menyerang dengan cepat, namun kali ini ia menghantam partisi dan terpental. Ia terus berusaha setiap beberapa menit sekali, tapi tak kunjung berhasil. Sementara itu, ikan-ikan kecil berenang dengan baik-baik saja di sisi lainnya.

3. Komplikasi

Usai berusaha selama satu jam, hiu itu akhirnya menyerah. Percobaan ini diulangi beberapa kali selama beberapa minggu selanjutnya. Setiap kali menyerang, hiu itu menjadi kurang agresif dan kurang berusaha, sampai akhirnya ia lelah dan berhenti total.

4. Resolusi

Kemudian partisi itu dilepas, tetapi hiu itu tidak menyerang sama sekali. Karena ia telah dilatih untuk percaya bahwa ada partisi di antara dirinya dan ikan-ikan kecil. Jadi, ikan-ikan kecil itu bisa berenang bebas ke mana pun tanpa bahaya.

5. Koda

Meskipun telah beberapa kali mengalami kegagalan, jangan langsung berasumsi bahwa Anda pasti akan senantiasa gagal. Teruslah mencoba, karena Anda tak pernah tahu kapan keberhasilan itu datang.

4. Contoh Teks Inspiratif 4

Segelas Air

Di zaman ini, stres dan kekhawatiran adalah hal yang wajar terjadi. Meskipun wajar, sebaiknya jangan biarkan diri ini terlarut di dalamnya. Simak contoh teks inspiratif tentang stres dan kekhawatiran di bawah ini:

1. Orientasi

Suatu hari seorang dosen psikologi mengajarkan prinsip-prinsip manajemen stres di auditorium yang penuh mahasiswa/i. Ia mengangkat segelas air, tetapi tidak menanyakan pertanyaan umum tentang gelas setengah kosong atau setengah penuh.

2. Perumitan Peristiwa

Ia malah tersenyum sambil bertanya, “Seberapa berat segelas air ini?” Beragam jenis angka dengan satuan ons dan kilogram keluar dari mulut para hadirin itu.

3. Komplikasi

Ia kemudian menjawab, “Berat kaca ini bukan masalah. Berat gelas air ini tergantung berapa lama saya memegangnya.”

Jika saya memegangnya selama 2 menit, itu akan terasa ringan. Apabila dipegang selama satu jam, ia akan semakin berat dan lenganku akan sakit. Kalau saya memegangnya sepanjang hari, lengan saya mungkin akan mati rasa, sehingga gelas ini akan jatuh.

4. Resolusi

Para mahasiswa/i kemudian terkagum-kagum sampai bertepuk tangan. Ia kemudian meneruskan, “Segelas air ini seumpama rasa khawatir dan stres. Jika hanya dipikirkan sebentar, tidak akan ada yang terjadi. Saat dipikirkan lebih lama, Anda akan mulai sedikit sakit. Ketika Anda memikirkannya sepanjang hari, Anda akan lumpuh, tak berdaya, hingga menjatuhkannya.”

5. Koda

Menjadi khawatir dan stres itu wajar. Tetapi jangan terlalu lama memikirkannya. Ambil waktu istirahat agar Anda dapat berpikir jernih dan menemukan solusinya.

Baca Juga: Contoh Teks Recount


Contoh Teks Inspiratif tentang Semangat Hidup

Contoh Teks Inspiratif Tentang Semangat Hidup

Agar mampu menjalankan kehidupan yang berkualitas, manusia harus memiliki semangat hidup. Jika tidak, manusia itu akan merasakan keseganan untuk hidup dan ketakutan untuk mati.

Terdapat banyak teks inspiratif yang bisa menyemangati kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa contoh teks inspiratif untuk menambah semangat hidup:

1. Contoh Teks Inspiratif 1

Kupu-Kupu

Terkadang manusia memang harus memperjuangkan sesuatu sendirian. Tenang saja, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha. Berikut contoh teks inspiratif tentangnya:    

1. Orientasi

Suatu ketika, seorang anak menemukan seekor kupu-kupu yang berjuang keluar dari kepompongnya. Ia duduk dan mengamati perjuangan kupu-kupu itu berjam-jam. Tiba-tiba proses keluarnya kupu-kupu tampak tersendat.

2. Perumitan Peristiwa

Anak itu memutuskan untuk membantu kupu-kupu itu keluar. Ia memotong sisa kepompong dengan gunting. Kupu-kupu itu pun keluar dengan mudah, tetapi tubuhnya bengkak dan sayapnya kecil keriput.

3. Komplikasi

Anak itu pun menunggu sayap kupu-kupu itu membesar, namun itu tak akan pernah terjadi. Kupu-kupu itu tidak bisa terbang, melainkan hanya merangkak dengan sayap keriput dan tubuh bengkak.

4. Resolusi

Meskipun maksudnya baik, anak itu tidak mengerti bahwa kupu-kupu itu harus keluar sendiri dari kepompongnya. Karena perjuangan kupu-kupu keluar lewat lubang kecil itu adalah cara Tuhan untuk memaksa cairan dari tubuhnya tersebar ke sayapnya. Sehingga ia akan siap terbang ketika bebas dari kepompong itu.

5. Koda

Perjuangan yang Anda lalui hadir untuk membuat Anda semakin kuat. Jadi, jangan khawatir dan nikmati saja prosesnya.

2. Contoh Teks Inspiratif 2

Katak  

Kata “toxic” alias racun sering tersebar di berbagai media. Ucapan yang toxic memang tidak perlu dipedulikan, seperti cerita inspiratif di bawah ini:

1. Orientasi

Ketika sekelompok katak sedang melakukan perjalanan lewat hutan, 2 dari mereka terjatuh ke lubang yang amat dalam. Melihat betapa dalamnya lubang itu, katak-katak lain memberitahu keduanya bahwa mereka tidak mungkin bisa keluar dari sana.

2. Perumitan Peristiwa

Saat keduanya berusaha keras untuk melompat keluar, para katak lainnya terus menyuruh mereka untuk menyerah saja. Karena mereka tak akan pernah bisa keluar dari lubang yang sangat dalam itu.

3. Komplikasi

Salah satu katak memperhatikan ucapan itu dan menyerah, terjatuh lebih dalam lagi, dan mati. Sementara katak yang satu lagi terus melompat sekuat tenaga, hingga akhirnya berhasil keluar dan sampai di atas dengan selamat.

4. Resolusi

Ia langsung memasang suatu alat di telinganya. Kemudian katak-katak lain bertanya, “Tidakkah kamu tidak mendengar ucapan kami tadi?” Katak itu menjawab, “Saat aku terjatuh, alat bantu dengarku tertinggal di atas sini. Tanpanya aku tidak bisa mendengar apa pun. Jadi, maaf, tadi aku tidak mendengar ucapan kalian, terima kasih, telah menyemangatiku.”

5. Koda

Katak yang berhasil selamat tidak bisa mendengar ucapan dari katak-katak lainnya yang menyuruhnya menyerah ketika terjatuh ke lubang. Karena itu, ia tetap bersemangat untuk melompat keluar dan malah berpikir bahwa ia sedang disemangati. Abaikan saja ucapan negatif dari orang-orang sekitar dan tetaplah berjuang meraih keinginanmu.

3. Contoh Teks Inspiratif 3

Uang

Banyak orang yang mengalami krisis kepercayaan diri karena berbagai keputusan yang tidak tepat maupun kegagalan, bahkan perkataan orang lain. Padahal nilai manusia tetaplah sama, seperti kisah inspiratif di bawah ini:

1. Orientasi

Ada 300 orang yang berkumpul untuk mendengarkan seminar seorang motivator terkenal. Ia memulai seminar sambil memegang USD100 dan bertanya, “Siapa yang mau USD100 ini?” Tiga ratus tangan terangkat tinggi.

2. Perumitan Peristiwa

Kemudian ia meremas selembar uang itu dan kembali menanyakan hal yang sama. Jumlah tangan yang terangkat tetap sama. Lalu ia menjatuhkan uang itu dan menginjaknya. Ia kembali menanyakan hal yang sama dan 300 tangan masih terangkat.

3. Komplikasi

Ia akhirnya memasukkannya ke dompetnya dan berkata, “Tidak peduli apa yang saya lakukan terhadap uang tadi, Anda tetap menginginkannya. Karena nilainya tidak turun, melainkan tetap sama.”

4. Resolusi

Dengan senyuman ia melanjutkan, “Demikian juga kita yang sering merasa tak bernilai waktu salah mengambil keputusan atau menghadapi kondisi sulit. Tak peduli apa yang telah terjadi, kita tidak akan pernah kehilangan nilai diri, karena kita semua istimewa. Ingat itu.”

5. Koda

Jangan pernah merasa rendah diri, tetapi tetaplah percaya kepada dirimu. Tak peduli akan apa yang telah atau akan terjadi, Anda semua akan tetap berharga.

4. Contoh Teks Inspiratif 4

Keledai  

Selama menjalankan hidup di dunia, masalah akan selalu ada. Hal yang membedakan satu manusia dari yang lainnya adalah caranya merespon suatu masalah. Ada yang terpuruk, namun ada juga yang berhasil bangkit melalui masalah itu, seperti cerita di bawah ini:

1. Orientasi

Suatu pagi seorang pria sedang berjalan bersama keledainya. Tiba-tiba keledainya terperosok ke jurang yang sangat dalam.

2. Perumitan Peristiwa

Saking dalamnya, seberapa keras usahanya, pria itu tidak bisa menarik keledainya keluar. Ia pun menyerah dan memutuskan untuk menguburkan keledai itu hidup-hidup.

3. Komplikasi

Dengan penuh kesedihan, ia menuangkan tanah demi tanah ke atas keledainya. Keledainya merasakan beban tanah itu dan mulai mengibaskannya.

4. Resolusi

Ia menginjak tanah demi tanah yang dituangkan lalu bergoyang-goyang dan mulai melangkah. Semakin banyak beban tanah yang dituangkan, semakin tinggi pula posisi keledai itu. Pada siangnya, keledai itu akhirnya kembali bersama tuannya dan menikmati rumput di pajang hijau.

5. Koda

Masalah memang menyebalkan. Namun Anda bisa belajar dari masalah itu untuk bangkit dan meraih kebahagiaan.

Demikianlah beberapa contoh teks inspiratif di dalam 4 kategori yang berbeda. Agar pesannya tersampaikan, setiap teks inspiratif harus memuat orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.

Pembaca dapat menjadikan berbagai contoh teks inspiratif di atas sebagai referensi untuk menulis teks inspiratif yang baru. Selamat menginspirasi banyak orang lewat berbagai teks inspiratif yang baik!

Contoh Teks Inspiratif

  30+ Contoh Penutup Pidato Efektif dan Menarik Berbagai Tema

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *