10+ Contoh Teks Laporan Percobaan Makanan, Pendidikan & Hasil Karya

Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh Teks Laporan Percobaan – Pada saat melakukan suatu percobaan diperlukan sebuah laporan sebagai bukti dari kegiatan yang dilakukan. Terdapat beragam contoh teks laporan percobaan yang dapat dijadikan sebagai landasan dalam membuat laporan.

Hal ini akan mempermudah peneliti dalam menyampaikan hasil percobaannya juga. Beragam objek dapat dibahas dalam laporan yang telah dibuat.

Sebagaimana yang diketahui bahwa pada contoh teks laporan percobaan itu akan disajikan struktur dari penulisan laporan yang ada. Mulai dari judul, tujuan, alat dan bahan sampai pada ringkas isi dari kegiatan yang dilakukan selama melakukan percobaan. Pada bagian akhir laporan pasti akan ditampilkan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan.

Ketika membuat laporan percobaan juga harus memperhatikan objektivitas, fakta-fakta yang dilampirkan sampai pada tata bahasa yang digunakan. Perlunya memperhatikan hal-hal tersebut agar tidak terjadi laporan palsu, sehingga hasil yang diberikan beda dengan lapangan.

Inilah fungsi dari keberadaan contoh teks laporan percobaan ini untuk mempermudah dalam menulis laporan yang ada.


Laporan Percobaan Ilmu Pengetahuan Alam

Laporan Percobaan Ilmu Pengetahuan Alam

Sering dijumpai tugas untuk membuat laporan pada pelajaran ilmu pengetahuan alam. Terdapat berbagai jenis kegiatan yang akan dicantumkan contoh teks laporan percobaan yang telah dilakukan. Pada pelajaran ilmu pengetahuan alam ini terdapat tiga ilmu pengetahuan yang dirangkum menjadi satu. Secara umum ilmu tersebut meliputi fisika, kimia dan biologi.

Biasanya laporan yang dibahas ini akan menunjukkan bukti yang dapat dirasionalkan oleh akal dan pikiran. Berbeda dengan contoh teks laporan percobaan kimia yang lebih menekankan pada pengamatan yang kemudian melakukan analisis lebih lanjut.

Apabila jenis laporan fisika dan kimia dibandingkan dengan laporan biologi akan berbeda sangat jauh, karena berbeda prosedur.

Baca Juga: Contoh Teks Recount


Menariknya Contoh Laporan Percobaan Fisika

Menariknya Contoh Laporan Percobaan Fisika

Energi adalah suatu kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu usaha. Banyak contoh teks laporan percobaan yang berhubungan dengan hal-hal yang dikonsumsi. Salah satu yang paling dibutuhkan oleh seseorang dalam menunjang kehidupannya agar dapat bertahan hidup adalah energi. Terdapat banyak macam energi, akan dibahas tiga macam energi di sini.

Apabila dijelaskan  akan akan diperoleh rumus EM = (1/2 mv²) + (m.g.h). Berbeda lagi jika ada dua energi mekanik yang diketahui namun salah satu komponen yang ada hilang, lalu diminta untuk mencari. Rumus yang dapat digunakan yaitu EM 1 = EM 2 atau (1/2 m1v1²) + (m1.g.h1) = 1/2 m2v2²) + (m2.g.h2). Pastikan mengerti kedudukan setiap benda, supaya tidak salah dalam berhitung.

1. Teks Laporan Percobaan Praktikum Energi Kinetik

Teks Laporan Percobaan Praktikum Energi Kinetik

Teks Laporan Percobaan Praktikum Energi Kinetik
  1. Latar Belakang

Energi adalah suatu kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu usaha. Banyak sedikitnya energi yang diperlukan seseorang berhubungan dengan hal-hal yang dikonsumsi. Salah satu yang paling dibutuhkan oleh seseorang dalam menunjang kehidupannya agar dapat bertahan hidup adalah energi. Terdapat banyak macam energi, namun pada laporan ini dibahas energi kinetik.

Banyak hal yang orang tidak tahu mengenai energi kinetik yang ada pada suatu benda. Padahal banyak juga manfaat yang dapat diperoleh jika seseorang mengetahui fungsi dari energi kinetik. Ada banyak benda yang memanfaatkan energi kinetik dalam menunjang kehidupan. Perlunya penelitian ilmiah yang dilakukan untuk mengetahui besar energi kinetik suatu benda.

  1. Tujuan Penelitian

Pada penelitian ini bertujuan untuk menentukan  besarnya energi kinetik yang diperlukan.

  1. Landasan Teori

Pada energi kinetik ini berhubungan dengan gerak. Rumus dari energi kinetik adalah Ek = ½ mv². Hal ini yang akan menjadi dasar dalam menghitung energi kinetik yang diperlukan ketika melakukan suatu kegiatan. Dua hal yang dibutuhkan dalam menghitung energi kinetik yaitu massa dan kecepatan benda.

Apabila salah satu komponen tidak dapat dipenuhi, maka energi kinetik suatu benda tidak dapat ditemukan. Perlunya ketelitian dalam menganalisis dan menghitung besarnya energi kinetik suatu benda. Hal ini dimaksudkan adanya keseimbangan suatu benda dalam menjalankan fungsinya. Perlu adanya uji besarnya kemampuan energi kinetik benda yang akan digunakan, agar tidak salah penempatan.

  1.   Alat dan Bahan

2 buah balok, beban 1 kg dan 4 kg, papan luncur, stopwatch dan penggaris.

  1. Skema Kerja / Cara Kerja

Pada awalnya menimbang kedua balok dengan massa yang berbeda. Selanjutnya menentukan tinggi papan seluncur dengan ketinggian yang berbeda. Mulai dari 50 cm, 40 cm dan 30 cm. Langkah selanjutnya meluncurkan kedua balok bersamaan dan mencatat hasil dari hitungan energi kinetik yang dibutuhkan.

  1. Pembahasan Pengamatan

1) Pengamatan dengan balok pertama

Pada pengamatan yang dilakukan di balok pertama terlihat dengan massa 1 kg dengan kecepatan 10 m/s. Pada percobaan ini  menghasilkan energi kinetik sebesar 50 J.

2) Pengamatan dengan balok kedua

Pada pengamatan yang dilakukan pada balok kedua nampak massa 4 kg dengan kecepatan 10 m/s. Pada percobaan ini  menghasilkan energi kinetik sebesar 200 J.

  1. Kesimpulan

Energi kinetik hanya dipengaruhi oleh massa dan kecepatan suatu benda, sedangkan tinggi papan luncur tidak begitu mempengaruhi. Hal ini menunjukkan bahwa kecepatan suatu benda dipengaruhi berat benda itu juga.


2. Singkat Contoh Laporan Percobaan Praktikum Energi Potensial

Singkat Contoh Laporan Percobaan Praktikum Energi Potensial

Singkat Contoh Laporan Percobaan Praktikum Energi Potensial
  1. Latar Belakang

Energi adalah suatu kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu usaha. Banyak sedikitnya energi yang diperlukan seseorang berhubungan dengan hal-hal yang dikonsumsi. Salah satu yang paling dibutuhkan oleh seseorang dalam menunjang kehidupannya agar dapat bertahan hidup adalah energi. Terdapat banyak macam energi, namun pada laporan ini dibahas energi potensial. 

Sebagaimana yang diketahui bahwa energi potensial mengenai kedudukan suatu benda. Inilah yang mengisyaratkan besarnya energi potensial suatu benda mampu mempengaruhi keberadaannya. Hal ini pula yang menjadi latar belakang perlunya energi potensial suatu benda itu diukur. Supaya tidak menyalahi posisi yang diberikan pada benda dengan energi potensial tertentu, jadi dapat diletakkan sesuai kedudukannya.

  1. Tujuan Penelitian

Pada penelitian ini bertujuan untuk menentukan  besarnya energi potensial yang diperlukan.

  1. Landasan Teori

Pada energi potensial ini berhubungan dengan kedudukan suatu benda. Rumus dari energi potensial adalah EP = m.g.h di mana massa masih berpengaruh di sini. Hal ini yang akan menjadi dasar dalam menghitung energi potensial yang diperlukan ketika melakukan suatu kegiatan. Adanya gaya  gravitasi 10 m/s² serta ketinggian benda mempengaruhi energi potensial.

Kedudukan massa, gaya gravitasi dan ketinggian suatu benda tidak dapat digantikan dengan hal lainnya dalam mencari energi potensial. Namun keberadaan ketinggian suatu benda terkadang dapat diibaratkan dengan kedalaman suatu benda. Jadi apabila tidak ada ketinggian maka carilah kedalaman posisi benda yang berada untuk menemukan energi potensial pada suatu benda.

  1. Alat dan Bahan

2 buah balok, beban 1 kg dan 4 kg, papan luncur, stopwatch dan penggaris.

  1. Skema atau Cara Kerja

Pada awalnya menimbang kedua balok dengan massa yang berbeda. Selanjutnya menentukan tinggi papan seluncur dengan ketinggian yang berbeda. Mulai dari 50 cm, 40 cm dan 30 cm. Langkah selanjutnya meluncurkan kedua balok bersamaan dan mencatat hasil dari hitungan energi potensial  yang dibutuhkan.

  1. Pembahasan Pengamatan

1) Pengamatan dengan balok pertama

Pada pengamatan yang dilakukan di balok pertama terlihat dengan massa 1 kg dengan gaya gravitasi 10 m/s². Percobaan ini menghasilkan energi potensial dengan ketinggian 0,5 m sebesar 5 J. Kemudian pada ketinggian 0,4 m memiliki energi potensial sebesar 4 J dan ketinggian 0,3 m sebesar 3 J.

2) Pengamatan dengan balok kedua

Pada pengamatan yang dilakukan pada balok kedua nampak massa 4 kg dengan gaya gravitasi 10 m/s². Pada percobaan ini  menghasilkan energi potensial dengan ketinggian 0,5 m sebesar 20 J. Kemudian pada ketinggian 0,4 m memiliki energi potensial sebesar 16 J dan ketinggian 0,3 m sebesar 12 J.

  1. Kesimpulan

Energi potensial yang dipengaruhi oleh massa, gaya gravitasi dan ketinggian suatu benda ini akan menentukan kedudukan suatu benda. Ketiga komponen ini akan saling mempengaruhi satu dengan lainnya

3. Uraian Singkat Contoh Teks Laporan Percobaan Praktikum Energi Mekanik

Uraian Singkat Contoh Teks Laporan Percobaan Praktikum Energi Mekanik

Uraian Singkat Contoh Teks Laporan Percobaan Praktikum Energi Mekanik
  1. Latar Belakang

Pada energi mekanik ini terdapat dua energi yang digabungkan yaitu energi kinetik atau yang berhubungan dengan gerak suatu benda dengan energi potensial. Adanya empat komponen yang berpengaruh dalam mencari energi mekanik suatu benda. Mulai dari massa benda, kecepatan, ketinggian atau kedalaman benda dan gaya gravitasi pada suatu benda. keempat komponen ini saling berkaitan dalam menemukan energi mekanik suatu benda.

  1. Tujuan Penelitian

Pada penelitian ini bertujuan untuk menentukan  besarnya energi mekanik  yang diperlukan.

  1. Landasan Teori

Pada energi mekanik ini berhubungan dengan kedudukan suatu benda. Rumus dari energi mekanik adalah EM = EK + EP di mana banyak komponen berpengaruh di sini. Hal ini yang akan menjadi dasar dalam menghitung energi mekanik yang diperlukan ketika melakukan suatu kegiatan. Adanya gaya  gravitasi 10 m/s² serta ketinggian benda mempengaruhi EM.

  1. Alat dan Bahan

2 buah balok, beban 1 kg dan 4 kg, papan luncur, stopwatch dan penggaris.

  1. Skema Kerja / Cara Kerja

Pada awalnya menimbang kedua balok dengan massa yang berbeda. Selanjutnya menentukan tinggi papan seluncur dengan ketinggian yang berbeda. Mulai dari 50 cm, 40 cm dan 30 cm. Langkah selanjutnya meluncurkan kedua balok bersamaan dan mencatat hasil dari hitungan energi mekanik yang dibutuhkan.

  1. Pembahasan Pengamatan

1) Pengamatan dengan balok pertama

Pada pengamatan yang dilakukan di balok pertama terlihat dengan massa 1 kg dengan gaya gravitasi 10 m/s². Percobaan ini menghasilkan energi potensial dengan ketinggian 0,5 m sebesar 5 J. Kemudian pada ketinggian 0,4 m memiliki energi potensial sebesar 4 J dan ketinggian 0,3 m sebesar 3 J.

Pada pengamatan yang dilakukan di balok pertama terlihat dengan massa 1 kg dengan kecepatan 10 m/s. Pada percobaan ini  menghasilkan energi kinetik sebesar 50 J.. Energi mekanik yang dapat dihasilkan pada ketinggian 50 cm adalah 55 J. Pada ketinggian 40 cm adalah 54 J dan ketinggian 30 cm adalah 53 J.

2) Pengamatan dengan balok kedua

Pada pengamatan yang dilakukan pada balok kedua nampak massa 4 kg dengan gaya gravitasi 10 m/s². Pada percobaan ini  menghasilkan energi potensial dengan ketinggian 0,5 m sebesar 20 J. Kemudian pada ketinggian 0,4 m memiliki energi potensial sebesar 16 J dan ketinggian 0,3 m sebesar 12 J.

Pada pengamatan yang dilakukan pada balok kedua nampak massa 4 kg dengan kecepatan 10 m/s. Pada percobaan ini  menghasilkan energi kinetik sebesar 200 J. Energi mekanik yang dapat dihasilkan pada ketinggian 50 cm adalah 220 J. Pada ketinggian 40 cm adalah 216 J dan ketinggian 30 cm adalah 212 J.

  1. Kesimpulan

Energi mekanik dapat ditemukan dari penjumlahan energi potensial dan energi kinetik. Apabila salah satu komponen dari kedua energi tidak ada, maka akan sulit menemukan energi mekanik.


Uniknya Contoh Teks Laporan Percobaan Kimia

Uniknya Contoh Teks Laporan Percobaan Kimia

Bagi yang tidak terbiasa dalam membuat laporan percobaan, khususnya pada pelajaran kimia ini akan terasa sangat sulit untuk menyelesaikan tugasnya. Sebenarnya pelajaran kimia tidak serumit pelajaran fisika, hal ini karena banyak juga materi kimia yang dapat dipelajari tanpa menggunakan rumus. Maka  disajikan contoh teks laporan percobaan pelajaran kimia.

Tugas membuat laporan dari kegiatan awal sampai hasil dari percobaan yang dilakukan tersebut berhasil atau tidak tanpa contoh terkesan rumit. Kimia termasuk pelajaran yang cukup sulit untuk dipahami kebanyakan orang. Hal inilah yang menjadi latar belakang sulitnya membuat laporan percobaan kimia. Berikut disajikan contoh teks laporan percobaan yang menarik, yaitu:

1.  Ringkas Laporan Percobaan Asam dan Basa Menggunakan Bahan Alami

Ringkas Laporan Percobaan Asam dan Basa Menggunakan Bahan Alami

Judul

Percobaan Asam dan Basa Menggunakan Bahan Alami

Tujuan

Mengetahui perubahan yang terjadi pada bahan alami yang diberikan larutan asam dan basa.

Alat

Mangkok dan sendok

Bahan

Kunyit, bunga sepatu, bunga mawar, larutan asam dan larutan basa.

Langkah Kerja

Pertama menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Selanjutnya letakkan kunyit, bunga sepatu dan bunga mawar pada mangkok yang disediakan. Langkah ketiga berikan larutan asam dan basa pada setiap komponen.  Langkah terakhir, perhatikan perubahan warna yang terjadi pada setiap komponen yang ada.

  13+ Contoh Teks Recount Tentang Liburan dan Pengalaman Pribadi

Pembahasan :

Pada larutan asam terlihat bahwa semua bahan condong berubah warna seperti merah. Pada bunga sepatu berubah warna lebih terang, bunga mawar itu merah muda dan kunyit menjadi kuning terang. Apabila larutan basa, warna berubah menjadi tidak menentu. Pada bunga sepatu jadi kuning, bunga mawar menjadi hijau dan kunyit menjadi merah.

Kesimpulan :

Terdapat beragam perubahan warna pada bahan alam yang diberikan larutan asam dan basa. Perubahan warna yang terjadi sangat signifikan, sehingga mudah dibedakan larutan yang tercampur pada bahan itu.

2. Contoh Singkat Laporan Percobaan Asam dan Basa Menggunakan Kertas Lakmus

Contoh Singkat Laporan Percobaan Asam Dan Basa Menggunakan Kertas Lakmus

Contoh Singkat Laporan Percobaan Asam dan Basa Menggunakan Kertas Lakmus

Judul

Percobaan Asam dan Basa Menggunakan Kertas Lakmus

Tujuan

Mengetahui perubahan yang terjadi pada kertas lakmus yang diberikan pada larutan asam dan basa.

Alat

Gelas dan kertas lakmus

Bahan

Kertas lakmus, larutan asam dan larutan basa.

Langkah Kerja

Pertama menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Selanjutnya letakkan kertas lakmus pada masing-masing gelas. Langkah ketiga berikan larutan asam dan basa pada setiap komponen.  Langkah terakhir, perhatikan perubahan warna yang terjadi pada setiap komponen yang ada.

Pembahasan :

Pada larutan asam, kertas lakmus biru cenderung berubah warna menjadi merah. Apabila kertas lakmus merah diletakkan pada larutan basa berubah warna menjadi biru. Jika kertas lakmus biru diletakkan pada larutan basa akan tetap berwarna biru. Hal ini juga terjadi pada kertas lakmus merah yang tidak berubah warna jika diletakkan pada larutan asam.

Kesimpulan :

Terdapat perubahan warna kertas lakmus yang diberikan pada larutan asam dan basa. Perubahan warna yang terjadi sangat signifikan, sehingga mudah dibedakan larutan yang tercampur pada bahan itu.

3. Laporan Singkat Percobaan Larutan Homogen dan Heterogen

Laporan Singkat Percobaan Larutan Homogen Dan Heterogen

Laporan Singkat Percobaan Larutan Homogen dan Heterogen

Judul  :

Larutan Homogen dan Heterogen

Tujuan :

Mampu membedakan larutan homogen dan heterogen dengan mudah

Alat dan Bahan :

Larutan sirup, larutan kopi dan air gula serta saringan.

Pembahasan :

Larutan homogen adalah larutan yang dapat menyatu hingga tidak dapat dibedakan partikel-partikel penyusun dari larutan tersebut. Sebagaimana terlihat pada air gula dan larutan sirup yang jika bisa dipisahkan walaupun sudah disaring berkali-kali. Hal ini berbeda dengan larutan heterogen yang dapat disaring terlebih untuk membedakan partikel penyusunnya.

Keberadaan dua larutan ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Inilah suatu fenomena yang kebanyakan orang tidak menyadari keberadaannya.

Kesimpulan :

Perbedaan pada larutan homogen dan heterogen terlihat begitu jelas hingga dapat dibedakan dengan sangat mudah. Hal ini karena perbedaan itu dapat dilihat dengan mata terlanjang. Larutan yang mudah tercampur dengan rata termasuk larutan homogen dan yang tidak dapat menyatu secara utuh adalah heterogen.

Baca Juga: Contoh Teks Drama

4. Uraian Contoh Laporan Percobaan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Uraian Contoh Laporan Percobaan Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit

Uraian Contoh Laporan Percobaan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Judul  :

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Tujuan :

Mampu membedakan larutan elektrolit dan non elektrolit  dengan mudah

Alat dan Bahan :

NaCl, HCl, NaOH, asam asetat, hidrogen sianida, glukosa dan sukrosa, gelas, air serta rangkaian listrik.

Cara Kerja :

Letakkan larutan pada gelas yang telah disediakan. Periksa masing-masing kekuatan listrik dari larutan menggunakan alat yang disediakan. Memperhatikan gelembung yang dihasilkan beserta nyala lampu pada rangkaian listrik yang ada. Menulis perbedaan yang terjadi pada setiap larutan yang ada. Pastikan tidak menggunakan gelas yang sama pada larutan yang berbeda.

Pembahasan :

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. Sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik. Kekuatan pada larutan elektrolit dipengaruhi oleh kandungan asam dan basa dalam larutan tersebut. Pada larutan elektrolit juga dibedakan menjadi dua, yaitu elektrolit lemah dan elektrolit kuat.

Pada larutan NaCl, HCl dan NaOH termasuk dalam larutan elektrolit kuat, karena dapat menghantarkan listrik dengan baik. Sedangkan pada larutan asam asetat dan hidrogen sianida merupakan larutan elektrolit lemah. Hal ini dikarenakan ada sedikit gelembung yang dihasilkan pada larutan ini.

Pada larutan non elektrolit terlihat pada larutan glukosa dan sukrosa. Hal ini karena larutan tersebut tidak dapat terionisasi dengan sempurna.   Akibatnya tidak ada gelembung yang muncul dan membuatnya tidak dapat menghantarkan listrik.

Kesimpulan :

Adanya perbedaan yang terlihat sangat jelas untuk larutan elektrolit kuat dan lemah serta larutan non elektrolit. Kemudahan dalam membedakan larutan yang mampu menghantarkan listrik ini juga dilihat dari komponen penyusunnya. Keberadaan asam dan basa dalam suatu larutan juga memberikan pengaruh terhadap kemampuan larutan dalam menghantarkan listrik.


Rincinya Contoh Teks Laporan Percobaan Biologi 

Rincinya Contoh Teks Laporan Percobaan Biologi 

Pelajaran ilmu pengetahuan alam yang lebih cenderung pada bahasan materi daripada rumus-rumus yang diberikan ini paling mencuri perhatian. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang cenderung lebih senang pelajaran biologi daripada fisika dan kimia. Inilah yang menjadi latar belakang adanya contoh teks laporan percobaan yang menarik pada bidang biologi.

1. Teks Laporan Percobaan Observasi Organisme Perairan Terhadap Kualitas Air

  1. a) Judul Percobaan

Observasi Organisme Perairan Terhadap Kualitas Air

  1. b) Tujuan Percobaan

Mempelajari ciri-ciri air bersih dan komponen dalam air

  1. c) Alat dan Bahan
  2. d) Alat : Mikroskop, cover glass, object glass, centrifuge, pipet tetes dan kertas pH
  3. e) Bahan : Air isi ulang, air sungai, air sumur, air PDAM, air kolam renang.
  4. f) Langkah Kerja :

Menguji ketahanan ikan dalam air. Kemudian mengecek air yang telah diisi ikan. Selanjutnya membandingkan kejernihan air sebelum dan setelah ada organisme. Langkah terakhir yaitu mengamati perbedaan yang ada. Catatlah setiap perubahan yang terjadi supaya laporan yang diperoleh valid.

  1. g) Hasil Percobaan

Air terlihat lebih jernih sebelum adanya organisme dalam air. Pada saat ada organisme yang masuk dalam air, maka air terlihat sedikit lebih keruh karena adanya kotoran yang muncul dari organisme tersebut. Meskipun begitu, air  tidak tercemar dengan keberadaan organisme dalam air. Hal ini yang membuatnya tetap baik untuk dikonsumsi.

Sisi lain yang ditemukan dengan keberadaan organisme dalam air ini memicu kemunculan lumut dalam air. Hal ini berbanding terbalik dengan adanya air bersih yang tiba-tiba muncul jentik nyamuk jika tidak ada organisme dalamnya.

  1. h) Kesimpulan

Terdapat perbedaan yang terlihat jelas dari kehadiran organisme dalam air. Keberadaan organisme ini juga tidak akan membuat air menjadi tidak layak pakai. Ada hal positif dan negatif yang akan mempengaruhi kejernihan air dengan adanya organisme. Hal ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam membuat ekosistem dalam air supaya lebih terjaga.

2. Contoh Laporan Percobaan Pertumbuhan Pada Biji Kacang Hijau

  1. a) Judul

Pertumbuhan Pada Biji Kacang Hijau

  1. b) Tujuan

Mengetahui laju pertumbuhan biji kacang hijau pada tempat yang terkena sinar matahari dan yang tidak terkena sinar matahari.

  1. c) Hasil Pengamatan

Terlihat bahwa dari hasil pengamatan yang dilakukan, cahaya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan makhluk hidup. Hal ini karena cahaya dapat membantu proses  fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan. Sulit bagi tanaman untuk hidup tanpa bantuan cahaya.  Apalagi biji kacang hijau dalam pertumbuhannya sangat membutuhkan nutrisi dari cahaya matahari.

Komponen penting yang mempengaruhi kelangsungan hidup kacang hijau ini yaitu media tumbuh, air dan klorofil serta cahaya matahari. Terlihat jelas bahwa tanaman yang terkena cahaya matahari ini tumbuhnya lebih panjang dibandingkan tanaman yang tidak terkena cahaya matahari.

Batang pada tumbuhan kacang hijau juga lebih kuat yang terkena sinar matahari dibandingkan yang tidak terkena. Masa hidup biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari dengan yang berada pada media yang tidak terpapar sinar matahari juga berbeda.

Selain pertumbuhan yang terhambat, kemungkinan layu pada biji yang tidak terkena sinar matahari juga rentan terjadi. Hal ini terlihat dari percobaan yang telah dilakukan pada beberapa biji kacang hijau yang ada. Banyak perbedaan yang dapat ditemukan dari percobaan yang ditemukan dengan dua tempat yang berbeda.

3. Singkat Teks Laporan Percobaan Perkembangan dan Pertumbuhan Pada Biji Kacang Tanah

  1. a) Tujuan

Mengetahui laju perkembangan dan pertumbuhan kacang tanah pada dua media yang berbeda

  1. b) Alat dan Bahan

Kacang tanah, kapas, air dan gelas plastik bekas.

  1. c) Langkah-langkah

Pertama pilihlah kacang tanah yang memiliki bentuk ideal dan pastikan tidak rusak. Selanjutnya letakkan kacang tanah pada media yang telah disediakan. Pastikan air yang dituangkan pada media tersebut tidak terlalu banyak. Gunakan kapas secukupnya juga sebagai lapisan penampang kacang tanah dalam gelas plastik. Letakkan pada dua ruangan gelap dan terang.

  1. d) Hasil Percobaan

Terlihat bahwa dari hasil pengamatan yang dilakukan, cahaya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan makhluk hidup. Hal ini karena cahaya dapat membantu proses  fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan. Sulit bagi tanaman untuk hidup tanpa bantuan cahaya.  Apalagi biji kacang tanah dalam pertumbuhannya sangat membutuhkan nutrisi dari cahaya matahari.

Komponen penting yang mempengaruhi kelangsungan hidup kacang tanah ini yaitu media tumbuh, air dan klorofil serta cahaya matahari. Terlihat jelas bahwa tanaman yang terkena cahaya matahari ini tumbuhnya lebih panjang dibandingkan tanaman yang tidak terkena cahaya matahari.

Batang pada tumbuhan kacang tanah juga lebih kuat yang terkena sinar matahari dibandingkan yang tidak terkena. Masa hidup biji kacang tanah yang terkena cahaya matahari dengan yang berada pada media yang tidak terpapar sinar matahari juga berbeda.

Selain pertumbuhan yang terhambat, kemungkinan layu pada biji yang tidak terkena sinar matahari juga rentan terjadi. Hal ini terlihat dari percobaan yang telah dilakukan pada beberapa biji kacang tanah yang ada. Banyak perbedaan yang dapat ditemukan dari percobaan yang ditemukan dengan dua tempat yang berbeda.

  1. e) Kesimpulan

Ada perubahan yang terlihat begitu jelas dari adanya biji kacang tanah yang tampak dari tempat hidup yang berbeda. Perbedaan ini juga mempengaruhi gizi yang terkandung dalam kacang tanah tersebut. Hal ini menunjukkan pentingnya cahaya matahari bagi kelangsungan hidup kacang tanah. Pada contoh teks laporan percobaan ini telah disampaikan secara runtut juga.

4. Ringkas Laporan Percobaan Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kedelai

  1. a) Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah berkat rahmat yang dicurahkannya dapat menyusun laporan yang dijadikan contoh teks laporan percobaan berikutnya. Ada banyak hal yang patut untuk disyukuri karena hadirnya laporan ini. Tidak sedikit waktu yang telah dicurahkan untuk menyelesaikan laporan ini dalam memenuhi tugas yang telah diberikan.

Banyak ilmu yang didapatkan selama membuat laporan percobaan yang akan membawa manfaat bagi banyak orang ini. Waktu yang dibutuhkan dalam membuat laporan sebagai contoh teks laporan percobaan tidak sedikit. Butuh kerja keras dan kerjasama kelompok dalam menyelesaikan laporan percobaan ilmu pengetahuan bidang biologi ini.

Besar harapan yang diinginkan untuk membuat laporan percobaan ini berguna dan bermanfaat bagi siapapun yang membaca. Semoga laporan ini juga dapat dijadikan contoh teks laporan percobaan pelajaran biologi.

Tertanda

Kelompok 6

  1. b) Pembukaan dan Pembersihan Lahan

Perlunya pembersihan lahan guna melakukan praktik ini. Hal ini bertujuan untuk mempermudah percobaan yang dilakukan.

  1. c) Pemupukan dan Penanaman

Alangkah baiknya sebelum menanam, tanah yang dijadikan sebagai media tanam diberikan pupuk urea, SP36, dan KCl sesuai porsi. Penanaman dapat dilakukan secara tunggal dan menanam benih kacang kedelai 2-3 butir ke dalam lubang tanam. Pada jarak tanam yang digunakan adalah 25×25 cm. Penanaman benih kacang kedelai tersebut dilaksanakan 2 hari.

  1. d) Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman dilakukan secara rutin dengan menyiram tanaman pada pagi atau sore hari. Lakukan juga pembersihan gulma yang ada pada sekitar tanaman.

  1. e) Alat dan Bahan :

Parang, cangkul, media tanah, biji kacang kedelai, pupuk urea, SP36, dan KCl serta air

  1. f) Metode Penelitian

Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengamatan langsung ke lahan percobaan. Percobaan dikerjakan dalam beberapa minggu. Terdapat 10 sampel tanaman kacang kedelai yang dijadikan sebagai alat untuk diamati. Selanjutnya mengamati pertumbuhan tanaman setiap minggunya dan menghitung pertumbuhannya jika di rata-rata. Hasil penelitian dibuatkan tabel yang berisikan perkembangan tanaman setiap minggunya.

  1. g) Kesimpulan

Salah satu tanaman polong-polongan yaitu kacang kedelai yang sering menjadi bahan dalam membuat berbagai masakan. Sebagaimana pembuatan kecap, tahu, dan tempe juga menggunakan kedelai. Banyak manfaat dari tanaman ini pada bagian biji, kecambah, akar, batang, daun, bunga, dan buah. Selain itu terlihat jelas pertumbuhan yang signifikan terjadi pada tanaman ini. Meskipun begitu tidak terlalu banyak perubahan yang terjadi.

  1. h) Saran

Pada tanaman kedelai yang memiliki sejuta manfaat ini perlu adanya pengembangan sampai tingkat internasional. Hal ini karena melimpahnya gizi didalamnya dan penekanan manfaat kedelai menjadi nilai tambah. Keberadaan laporan yang baik dapat dijadikan contoh teks laporan percobaan kedepannya.

  5+ Contoh Teks Eksemplum : Pendidikan, Persahabatan, Peristiwa Alam

5. Laporan Percobaan Pengaruh Hujan Asam Pada Tanaman

  1. a) Kata Pengantar

Tanpa berhenti bersyukur memanjatkan puji syukur kehadirat Allah berkat rahmat yang dicurahkannya dapat menyusun laporan pengaruh hujan asam pada tanaman. Ada banyak hal yang terlampir dan menjadi contoh teks laporan percobaan berikutnya.Tidak sedikit waktu yang telah dicurahkan untuk menyelesaikan laporan ini dalam memenuhi tugas yang telah diberikan.

Banyak ilmu yang didapatkan dan membuat laporan sebagai contoh teks laporan percobaan yang akan membawa manfaat bagi banyak orang ini. Waktu yang dibutuhkan dalam membuat laporan ini juga tidak sedikit. Butuh kerja keras dan kerjasama kelompok dalam menyelesaikan laporan percobaan ilmu pengetahuan bidang biologi ini. 

Tertanda

Kelompok 3 Kelas IX-A

  1. b)  Judul

Adanya pengaruh Hujan Asam Pada Tanaman

Manfaat

Agar kita dapat lebih tahu dan lebih memahami bagaimana pengaruh hujan asam pada tanaman.

  1. c) Tujuan

Untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran IPA mengenai salah satu sumber pencemar yaitu hujan asam, yang berpengaruh pada tanaman.

  1. d) Alat dan Bahan

Alat

Sekop,  ceduk, polybag, mangkok, baskom ukuran kecil, sendok

Bahan

Kacang Hijau, air, air aki, cuka dan tanah kompos

  1. e) Langkah Kerja

Pertama kacang hijau direndam pada air, pilihlah yang tenggelam dan tidak mengapung pada air.

Kedua kacang hijau yang tersebut direndam dalam waktu satu malam sehingga mudah untuk dilakukan percobaan.

Ketiga letakkan kacang hijau hasil rendaman yang ditanam pada polybag yang telah diisi oleh tanah kompos.

Pastikanlah menyiram tanaman tersebut setiap hari dan memperhatikan tumbuh dan kembangnya.

Pada saat daun mulai tumbuh, siramlah dengan beragam air yang telah disediakan pada setiap gelas yang ada.

Melakukan penyiraman dan pengamatan setiap hari pada waktu yang sama.

  1. f) Pembahasan Pengamatan

Terlihat bahwa dari hasil pengamatan yang dilakukan, air sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan makhluk hidup. Hal ini karena air dapat membantu proses  fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan. Sulit bagi tanaman untuk hidup tanpa bantuan air.  Apalagi biji dalam pertumbuhannya sangat membutuhkan nutrisi dari cahaya matahari dan air yang cukup.

Adanya komponen penting yang mempengaruhi kelangsungan hidup biji ini yaitu media tumbuh, air dan klorofil serta cahaya matahari. Terlihat jelas bahwa tanaman yang terkena cahaya matahari ini tumbuhnya lebih subur dibandingkan yang menggunakan cuka ataupun lainnya.

Batang pada tumbuhan  juga terkesan lebih kuat yang terkena air dibandingkan yang tidak menggunakan air. Masa hidup biji ini juga berbeda dari setiap media yang digunakan. Pada meda cuka hidupnya lebih singkat dibandingkan yang menggunakan air bersih.

  1. g) Kesimpulan

Terdapat perubahan yang terlihat begitu jelas dari adanya biji yang tampak dari tempat hidup yang berbeda. Perbedaan ini juga mempengaruhi gizi yang terkandung dalam bijih tersebut. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap asam pada tanaman.


Contoh Teks Laporan Percobaan Untuk Makanan, Pendidikan dan Hasil Karya

Contoh Teks Laporan Percobaan Untuk Makanan, Pendidikan Dan Hasil Karya

Teks Laporan Percobaan Untuk Makanan, Pendidikan dan Hasil Karya

Contoh teks laporan percobaan tidak saja berbau penelitian, saat ini dunia pendidikan banyak menggunakan orientasi percobaan atau simulasi ilmiah seperti ini. berikut ini beberapa contoh teks laporan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Teks Laporan Membuat Slime

Berikut ini adalah contoh teks laporan percobaan yang hendak melaporkan sebuah uji coba membuat slime aman tanpa menggunakan boraks. Tujuan laporan ini bisa dijadikan sebagai alternatif pemenuhan tugas atau bisa juga untuk memberikan informasi tentang perihal tertentu.

Judul Teknik Pembuatan Slime Aman Tanpa Boraks

Tujuan

Teknik membuat slime ini sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan yaitu melakukan pemanfaatan barang sederhana untuk memenuhi kebutuhan yang lain, serta mengurangi gaya hidup komsumtif dalam masyarakat.

Bahan dan Alat Yang Digunakan

  • Sediakan deterjen bubuk serta detergen cair secukupnya
  • Lem povinal
  • Cairan pembersih lantai
  • Sendok atau alat pengaduk lainnya yang ada
  • Air secukupnya
  • Serta siapkan juga wadah sebagai tempat slime bisa menggunakan baskom atau jenis wadah lainnya

Langkah-langkah Pembuatan Slime

  1. langkah awal (Activator). Langkah ini adalah mencampurkan semua bahan seperti pembersih lantai, lem povinal, detergen cair, serta detergen buku, lalu tambahkan air secukupnya ke dalam campuran pada wadah yang telah disiapkan terlebih dahulunya.
  2. Campurkan serta aduk sampai semua bahan tersebut tercampur dengan merata
  3. Setelah tercampur rata tambahkan sedikit lem povinal kembali ke wadah yang berisi bahan adukkan tadi.
  4. Tetap aduk hingga tekstur bahan tidak lagi menggumpal dan bercampur dengan rata.
  5. Lalu setelah itu masukkan bahan campuran diatas ke dalam frezeer dengan waktu 5 sampai 10 menit.
  6. Setelah dikeluarkan dari freezer lakukan pengadukkan pada bahan sampai bahan kalis atau sampai bisa dimainkan.
  7. Dan slime sudah siap untuk dipergunakan.

Hasil Percobaan

Slime ini lebih aman digunakan anak-anak pada saat ini. Slime tidak menggunakan boraks yang memiliki kandungan zat yang berbahaya.

Kesimpulan

Slime ini sangat mudah dikerjakan, selain dapat menunjang kreatifitas, teknik pembuatan slime dapat dijadikan waktu kebersamaan yang produktif. Selain itu lebih hemat uang karena menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam rumah.


Teks Laporan Percobaan Tentang Makanan

Laporan Percobaan Tentang Makanan

Teks laporan ini tidak saja berlaku pada hal-hal yang berkaitan kreatifitas atau eksperimen tertentu. Teks ini juga dapat melaporkan perihal makanan. Berikut ini laporan percobaan untuk mata pelajaran kewirausahaan. Percobaan membuat ice cream dengan bahan yang ada dirumah berikut laporannya.

judul    : Membuat Ice Cream Vanila Yang Sehat

Tujuan

Ice cream adalah jenis makanan yang paling disukai oleh anak-anak. Namun ice cream ini dibuat dengan bahan yang tidak banyak mengandung gula dan pewarna yang mengakibatkan demam dan batuk. Tetap lezat dan sehat pastinya.

Bahan Pembuat Ice Cream Vanila ini adalah

  • 1 Liter susu segar
  • 200 g gula pasir
  • 4 butir kuning telur ayam yang sudah dikocok
  • Lalu 1 sendok makan vanilli

Langkah Pembuatannya adalah  sebagai berikut:

  1. Masak susu segar beserta gula pasir ke dalam panci ke dalam air yang mendidih sambil di aduk-aduk.
  2. Lalu masukkan larutan tepung maizena dengan sesendok susu ke dalam rebusan susu tersebut hingga merata.
  3. Lalu campurkan dengan vanili dan kembali diaduk
  4. Kemudian saring susuh ke dalam wadah lain yang telah disiapkan
  5. Setelah itu kuning telur yang telah dikocok dicampurkan dan aduk agar merata dengan sempurna
  6. Setelah merata biarkan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  7. adonan ice cream siap dimasukkan ke dalam freezeer atau lemari ice
  8. Aduk kembali ice creamnya setelah 15 menit dan lakukan itu sebanyak 3 kali agar ice cream benar-benar lembut dan halus.
  9. Dan setelah itu masukkan ke dalam freezer kembali selama kurang lebih 8 jam sampai beku dan sempurna teksturnya

Hasil Percobaan

Ice cream ini rasanya tetap lezat seperti ice cream pada umumnya namun lebih sehat karena tidak pakai pewarna buatan dan gula buatan. Percobaan ini dilakukan oleh kelompok kelas unutk memenuhi tugas kewirausahaan.

Kesimpulan

Pelajaran kewirausahaan ini memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan bisa membuat makanan sendiri untuk dikonsumsi sendiri, mudah, lezat dan sehat tentunya. Selain itu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai pengembangan bisnis rumahan yang lumayan menguntungkan.

Baca Juga: Contoh Teks Hikayat


Teks Laporan Percobaan Untuk Prakarya

Teks Laporan Percobaan Untuk Prakarya

Prakarya juga merupakan hasil percobaan melakukan sesuatu dengan maksud dan tujuan untuk menghasilkan sebuah hasil prakarya. Seperti salah satunya karya ini  dapat dijadikan aksesoris ruangan yang menyenangkan.

Judul Membuat Bintang Dari Origami

Tujuan

Kertas origami dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu benda yang berharga dan bernilai. Salah satunya bintang-bintang kecil yang dapat dijadikan hiasan ruangan dan dinding yang unik. Kertas akan dibuat menjadi bahan yang multiguna untuk menghasilkan barang lain. Adapun langkah-langkah pengerjaan percobaan ini adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan

  • Siapkan Kertas origami yang penuh degan warna-warni
  • Gunting untuk membentuk kertas origami menjadi pola-pola tertentu
  • Siapkan Pulpen juga untuk menandai pola
  • Pensil
  • Penggaris

Langkah Dan Tahap Pembuatan Origami

  1. Kertas origami yang telah disiapkan terlebih dahulu potong selebar 1 cm dengan panjang kurang lebih 10 cm. Ukuran bintang yang akan dibentuk ukuran mini sehingga origami digunting seukuran tersebut.
  2. Untuk menambah nilai keunikkan atau bisa saja untuk memberi semangat baru, kertas origami yang telah dipotong dapat ditulis sesuai dengan kata-kata yang disukai atau quotes yang menarik. Namun jika tidak suka poin ini bisa di skip.
  3. Kemudian lipat seperti pita salah satu ujung origami yang sudah dipotong. Lalu ujung yang satunya masukkan ke dalam lubang yang satu. Serta sisa kertas nya masukkan ke bagian yang belakangnya.
  4. Ujung kiri kertas origami membentuk segi 5 dengan ukuran sisi yang sama. Lalu sisi kanan di lipat kertas. Ikuti sesuai degan alur yang telah ada. Kertas akan berbentuk segi lima, ujung-ujung kertas dapat dirapihkan kembali dengan jempol kuku atau menggunakan jari telunjuk.

Hasil Percobaan

Warna warni kertas origami membuat bintang-bintang kecil yang telah selesai dibentuk. Dapat direntengi menggunakan benang atau diletakkan dalam wadah kaca atau tembus pandang sebagai hiasan ruangan menjadi penuh warna. Sangat mudah, murah dan kreatifitas ini dapat dibuat dengan menggunakan bahan lain selain origami.

Kesimpulan

Kreatifitas origami tidak saja dapat dibentuk menjadi bintang-bintang kecil tetapi dapat dijadikan kupu-kupu maupun belalang.  Untuk meningkatkan kreatifitas anak membuat karya ini bersamaa anak dan anggota keluarga sangat menyenangkan.


Teks Laporan Percobaan Tentang Tanaman Hidroponik

Teks Laporan Percobaan Tentang Tanaman Hidroponik

Tanaman yang satu ini akhir-akhir ini menjadi populer. Padahal tanaman ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun yang baru dari tanaman ini adalah siapa saja dapat membuat tanaman ini bahkan hanya memanfaatkan halaman maupun pekarangan juga bisa. Berikut laporan menanam hidroponik di pekarangan rumah.

Judul Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Alat Sederhana

Tujuan :

Di zaman yang semakin canggih ini kehidupan manusia semakin cenderung komsumtif sehingga produktifitas manusia serta kreatifitasnya menjadi sangat rendah. Salah satu upaya untuk tidak berperilaku komsumtif adalah belajar budidaya tanaman hidroponik untuk makanan sehari-hari.

Bahan-bahan Yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  • I botol air mineral
  • Kemudian sediakan alat pemotong
  • Kain flanel atau sumbu kompor
  • Solder untuk melubangi
  • Serta siapkan air nutrisi
  • Talang, Pipa serta pompa air

Langkah Pembuatan dengan Percobaan I

  1. Potonglah botol air mineral yang telah disediakan terlebih dahulu menjadi 2 bagian.
  2. Lalu lubangi tutup botolnya.
  3. berikutnya moncong botol diarahkan menghadap ke bawah lalu gabungkan dengan bagian botol yang satu bagian tadi.
  4. Kain flanel atau sumbu kompor yang telah disiapkan tadi dipasangkan ke lubang tutup botol, aturlah dan pastikan kalau sumbu dapat menyerap air nutrisi.
  5. Setelah itu bibit tanaman dapat ditanamkan di bagian atas botol dengan menggunakan tanah secukupnya.
  6. Dan bagian botol yang bawah diisi dengan air nutrisi

Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan percobaan ke II

  1. langkah kedua ini diawali dengan menyiapkan talang, atau pipa serta pompa
  2. Buatlah lubang dengan ukuran yang sama antara yang satu dengan yang lainnya
  3. Susunlah talang atau pipa tadi sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan untuk dijadikan tanaman hidroponik ini.
  4. Siapkan penampung yang lebih rendah pada ujung pipa
  5. lalu pasang pompa untuk dapat mengalirkan alir dengan sempurna dan maksimal.

Hasil Percobaan I

Dengan bahan sederhana tanaman hidroponik juga dapat tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan, konsep percobaan I ini lebih hemat biaya dan hemat waktu. Tumbuhan yang dimakan juga sangat sehat dan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari

Hasil percobaan II

Tanaman dengan cara kedua ini tumbuh dengan baik sebagaimana yang diinginkan. Dan tumbuhan juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Dapat dilihat bahwa dengan percobaan II ini tanaman hidro ini tumbuh dengan proses akar yang dialiri air nutrisi pada lapisan nutrisi, oksigen serta aliran air yang maksimal.

Kesimpulanya

Antara percobaan I dan II semua tanaman hidroponik tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan namun percobaan I lebih murah dibanding cara II yang harus menggunakan pipa dan pompa. Dua-dua memiliki hasil yang sama dan dapat digunakan dengan tempat yang sama.

 

Demikian contoh teks laporan percobaan khususnya pada laporan untuk percobaan fisika dan kimia. Terdapat banyak hal yang dapat menginspirasi dalam membuat laporan yang terkesan tidak mudah untuk diselesaikan ini. Padahal jika ditekuni terdapat banyak hal positif yang didapatkan dari hasil percobaan yang telah dilakukan. Hal ini dikarenakan tidak semua percobaan berhasil.

Itulah yang menjadi latar belakang adanya contoh teks laporan percobaan untuk materi fisika dan kimia. Referensi contoh ini dapat menjadi masukan bagi peneliti dalam membuat laporan percobaan miliknya supaya lebih terarah dan nyaman untuk dibaca. Kegiatan membuat laporan akan terasa ringan jika mengerti alur laporan tersebut dan menerapkannya sebagaimana yang dicontohkan.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *