14+ Kerajinan dari Kaca yang Mudah dan Sederhana Dibuat

Kerajinan Dari Kaca

Kerajinan dari Kaca – Salah satu cara untuk mempercantik rumah adalah dengan menambahkan souvenir. Souvenir tersebut bisa dengan cara membeli souvenir yang sudah jadi atau dengan cara membuatnya sendiri dari rumah. Khususnya untuk pemilik rumah yang kreatif tentunya akan senang bila membuat Kerajinan sendiri untuk mempercantik rumahnya. Salah satu idenya yaitu membuat kerajinan dari kaca.

Pada dasarnya ada banyak kerajinan tangan yang dapat dibuat. Semua itu tergantung pada minat dan kemampuan seseorang yang hendak membuat kerajinan tangan tersebut. Bahkan dari kerajinan tangan pun bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Tentunya dengan cara menjual kerajinan tersebut. Semakin banyak yang berminat untuk membelinya, maka semakin besar untuk mendapatkan keuntungan. 

Contohnya apabila membuat kerajinan dari kaca, tidak diharuskan untuk membeli kaca baru untuk membuat kerajinan tersebut. Penggunaan kaca bekas, seperti botol kaca bekas, toples kaca bekas, dan bohlam kaca bekas bisa dibuat menjadi pernak-pernik yang lucu apabila berada di tangan orang yang kreatif dan piawai untuk mendaur ulang.

Kerajinan Dari Kaca


Jenis Kaca yang Digunakan 

Bagi orang-orang yang kreatif, tidak akan sulit untuk membuat sesuatu yang unik dari pelbagai jenis bahan. Termasuk diantaranya bila ingin membuat kerajinan dari kaca, tentunya tidak akan sulit untuk menemukan bahan kaca yang tepat agar dibuat kerajinan tersebut. Dengan demikian, jenis kaca yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut bisa menggunakan semua jenis kaca. 

Terlebih jika ingin memanfaatkan barang-barang bekas untuk dibuat kerajinan, tentunya semua jenis kaca yang sudah tidak digunakan lagi bisa dimanfaatkan. Seperti halnya, kaca pada botol bekas, kaca pada lampu bekas, semua jenis kristal kaca dapat digunakan untuk membuat kerajinan dari kaca tersebut. Tentunya akan menghasilkan barang baru yang lebih bermanfaat. 

Bahkan botol kaca yang sudah tidak layak pakai pun bisa lebih bermanfaat kembali bila dibuat menjadi kerajinan tangan. Baik sebagai souvenir sebagai penghias rumah, maupun dimanfaatkan menjadi tempat lainnya. Dengan demikian, semua jenis kaca bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, bahkan bisa menambah nilai manfaatnya. 

Pada beberapa bahan kerajinan yang terbuat dari kaca tersebut memerlukan bahan tambahan lain. Misalnya cairan kimia resin yang dapat membantu melunakan kaca sehingga mudah untuk dibentuk apapun jenis kaca yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut. Cairan tersebut mudah untuk ditemukan di toko kimia.


Macam-macam Contoh Kerajinan dari Kaca 

Punya botol kaca bekas di rumah? Bingung ingin membuang atau menyimpannya? Atau mungkin punya pecahan gelas atau piring dari kaca? Mengapa tidak mencoba membuatnya menjadi sebuah kerajinan dari kaca.

Barang-barang kerajinan yang berasal dari kaca bisa menjadi punya nilai estetik sendiri. Selain karena terlihat lebih mewah, permukaan kaca yang berkilau membuat barang kerajinan dari bahan tersebut terkesan mahal. Inilah yang membuat kerajinan dari bahan kaca cukup banyak dicari.

Maka mulai sekarang cobalah untuk mencoba membuat aneka kerajinan dari bahan kaca. Mulai saja dengan memanfaatkan botol kaca bekas atau pecahan piring kaca. Dengan sedikit kreatifitas, mungkin saja akan tercipta sebuah kerajinan yang menarik.


1. Lampion Botol Kaca Bekas yang Menarik dan Unik

Lampion Botol Kaca Bekas Yang Menarik Dan Unik

Apabila memiliki botol bekas yang sudah tidak terpakai alangkah baiknya bila dimanfaatkan kembali menjadi kerajinan agar lebih bernilai, misalnya memanfaatkan menjadi lampion. Selain botol tersebut menjadi lebih cantik juga dapat unik dan bisa digunakan sebagai hiasan rumah. Terutama bila sang pemilik rumah senang melukis, bisa menambahkan lukisan pada botol tersebut agar lebih menarik. Disamping itu, lampion botol kaca pun bisa digunakan sebagai pengganti pencahayaan untuk menghasilkan cahaya remang-remang yang lembut.

Menciptakan lampion ini memang memerlukan kreativitas yang cukup tinggi. Selain harus paham instalasi listrik, hiasan botol pun harus dibuat menarik dengan cat warna-warni untuk menghasilkan hiasan botol yang unik. Maka dari itu, membutuhkan kabel yang panjangnya dapat disesuaikan dengan ukuran rumah, beberapa buah cat warna-warni, dan juga tambahan glitter. Mulailah menghias botol kaca dengan cat tersebut sesuai dengan kreasi yang diinginkan.


2. Dunia Salju dalam Toples Kaca Bekas 

Dunia Salju Dalam Toples Kaca Bekas 

Inspirasi kali ini untuk membuat kerajinan yang terbuat dari kaca, bisa dengan menggunakan toples kaca yang sudah tidak dipakai. Toples kaca tersebut bisa dibuat menjadi dunia salju dalam bentuk mini, yaitu berisi rumah atau perkampungan pada musim salju. Hiasan tersebut bisa digunakan sebagai souvenir atau hiasan dalam lemari hias di rumah. 

Untuk membuat salju buatan bisa menggunakan busa styrofoam, yang telah dipreteli. Masukkan rumah mainan seukuran dengan toples tersebut. Cara memainkannya, Goncang-goncangkan toples hingga butiran styrofoam tersebut menyerupai seperti salju yang menghujani rumah tersebut. Dengan demikian, kerajinan tersebut disebut sebagai rumah salju dalam toples.


3. Mozaik Kaca 

Mozaik Kaca 

Kerajinan dari kaca kali ini terbuat dari potongan kaca berbagai warna dan ukuran. Dengan demikian, kaca tersebut akan membentuk mozaik yang indah. Mozaik tersebut sangat cocok bila dipasang di dinding. Terlebih bila pandai memadu padankan berbagai warna kaca yang akan digunakan untuk mozaik tersebut. 

Bila ingin membuat mozaik dari kaca, sebaiknya untuk menggunakan pecahan kaca yang berukuran kecil agar mudah ditata untuk dibuat sebagai mozaik. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan kaca dari bahan yang sudah tidak dipakai, seperti dari botol kaca bekas. Botol tersebut dipecahkan namun jangan sampai terlalu hancur.


4. Ornamen Lukisan pada Gelas Kaca 

Ornamen Lukisan Pada Gelas Kaca 

Memiliki banyak gelas polos di rumah, tentunya hal yang biasa. Kini bisa membuatnya menjadi lebih menarik dengan menambahkan ornamen lukisan pada gelas kaca. Dengan demikian, gelas tersebut akan terlihat cantik dan menarik tersusun rapi dalam lemari. Terlebih sangat cocok bila akan menggunakannya sebagai peralatan pesta. 

Seni melukis gelas kaca tersebut merupakan salah satu bagian dari kerajinan dari kaca yang memiliki nilai seni yang tinggi. Pasalnya, menggabungkan kreativitas dan juga karya seni yang didapat dari masing-masing pembuat kerajinan tersebut. Dengan demikian, gelas kaca polos pun bisa dibuat dengan lebih bermotif.


5. Pernak-pernik Kaca 3 Dimensi 

Pernak Pernik Kaca 3 Dimensi 

Rasanya bila melihat hiasan dinding 3 dimensi merupakan hal yang biasa. Berbeda halnya jika membuat kerajinan dari kaca sendiri. Disamping dapat mengasah kreativitas, juga dapat digunakan sebagai ladang bisnis. Terlebih bila pernak-pernik tersebut memiliki nilai estetika yang tinggi, tentunya akan semakin banyak peminatnya. 

  10+ Kerajinan dari Sabut Kelapa yang Mudah dan Sederhana

Membuat pernak-pernik 3 dimensi dari kaca tersebut, tentunya tidak terlalu sulit. Terlebih bila dibuat oleh orang yang bertangan dingin untuk membuat berbagai kerajinan dari kaca. Pasalnya, hanya membutuhkan kaca bekas yang dibentuk sesuai dengan selera. Misalnya bentuk bunga dan ditempelkan pada gelas kaca atau toples kaca.


6. Hiasan Gantung dari Kaca 

Hiasan Gantung Dari Kaca 

Beberapa rumah di Indonesia senang memasang hiasan gantung di depan rumah. Terlebih jika hiasan tersebut tertiup angin yang dapat mengeluarkan suara nyaring. Terlepas dari itu, hiasan gantung tersebut memiliki mitos tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Hiasan gantung dipercayai dapat mendatangkan kesuksesan untuk pemilik rumah. 

Terlepas dari mitos tersebut, membuat kerajinan dari kaca untuk dibuat sebagai hiasan gantung akan mempercantik tampilan rumah. Terlebih bila kaca yang digunakan terbuat dari bola-bola kaca berwarna-warni. Tentunya akan memancarkan kemilau yang indah bila sinar matahari menerpanya.


7. Lampu dalam Botol Kaca 

Lampu Dalam Botol Kaca 

Kerajinan dari Kaca ini biasa ditemukan menjelang hari Natal. Lampu dalam botol identik menghiasi pohon natal yang dapat menambah semarak suasana Natal dengan kelap-kelip lampu berwarna-warni pada berbagai ornamen hiasan Natal. Dengan demikian, hiasan tersebut akan memberikan kelap-kelip keindahan di sekitar pohon Natal. 

Untuk membuat kerajinan tersebut, hanya membutuhkan botol bekas, lampu hias, dan ornamen kaca yang berukuran kecil. Pastikan instalasi listrik terpasang sempurna agar lampu dalam botol tersebut menyala sempurna. Warna-warni pada lampu hias tersebut, akan terbiaskan dengan warna pada botol tersebut, sehingga dapat membuat pencahayaan menjadi lebih unik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Plastik


8. Hiasan Natal 3 Dimensi dari Kaca 

Hiasan Natal 3 Dimensi Dari Kaca 

Disamping lebih ekonomis, membuat kerajinan dari kaca untuk menyambut Natal membuat hiasan tersebut terkesan lebih unik dan berbeda dari umumnya. Hiasan Natal tersebut akan tampak lebih elegan karena terbuat dari manik-manik kaca yang sepintas menyerupai kristal. Dengan demikian, akan banyak orang yang menganggap bahwa hiasan tersebut terbuat dari kristal. 

Membuat hiasan Natal seperti ini, cukup memerlukan kaca yang telah dipecahkan dalam bentuk yang lebih kecil, potongan kaca tersebut disusun hingga membentuk hiasan Natal. Untuk menyusunnya diperlukan kawat kecil yang telah dibentuk menjadi sebuah lingkaran. Tidak lupa juga sediakan cat minyak dengan warna yang lembut lengkap dengan mesin penyemprot cat.


9. Kupu-kupu 3 Dimensi dari Kaca 

Kupu Kupu 3 Dimensi Dari Kaca 

Masih bertemakan hiasan dinding, kerajinan dari kaca kali ini bisa dibentuk dengan tema Kupu-kupu 3 dimensi. Hiasan yang satu ini sangat cocok bila dipajang di dinding kamar anak perempuan. Pasalnya, Kupu-kupu identik dengan perempuan, terlebih bila menggunakan warna-warna yang cerah. Tentunya setiap anak perempuan akan menyukainya. 

Cara membuatnya, gambar pola Kupu-kupu pada kain kanvas yang dipasang pada kayu. Dengan demikian memudahkan untuk digantung di dinding. Gunakan kaca berwarna bening, yang telah dipecahkan kemudian menyusunnya ke dalam pola Kupu-kupu tersebut. Setelah pola Kupu-kupu tertutup oleh pecahan kaca, selanjutnya bisa menyemprotkan cat minyak pada hiasan tersebut.


10. Hiasan Dinding 3 Dimensi dari Kaca 

Hiasan Dinding 3 Dimensi Dari Kaca 

Membuat hiasan dinding dari kaca bisa menggunakan potongan kaca yang telah dilelehkan dan dibentuk sesuai dengan selera. Contohnya pada kerajinan dari kaca kali ini yang dibentuk menjadi sebuah bunga. Dengan demikian, hiasan tersebut dapat memberikan nilai estetika yang tinggi pada dinding rumah. 

Cara membuat kerajinan tersebut, harus menggunakan potongan kaca berwarna bening dan juga raisin untuk melelehkan kaca. Dengan demikian, kaca tersebut bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Tidak lupa juga untuk menambahkan warna pada kaca yang telah dilelehkan. Dengan demikian, kaca tersebut akan berwarna lebih alami.


11. Meja dengan Mozaik Kaca 

Meja Dengan Mozaik Kaca 

Potongan kaca pun bisa menghasilkan karya seni yang tinggi. Terbukti beberapa potongan kaca tersebut bila disusun pada meja akan memberikan nilai estetika yang tinggi. Seperti yang terlihat pada gambar tersebut, meja polos yang dihiasi dengan potongan kaca dengan warna yang sama membuat meja tersebut jauh lebih menarik dibandingkan dengan meja polos. 

Membuat meja dengan hiasan potongan kaca tersebut membutuhkan campuran kimia resin dan katalis. Dengan demikian, potongan kaca tersebut akan menempel menyerupai dengan lem. Dengan demikian, akan menghasilkan potongan kaca seperti di dalam sebuah kaca. Pastinya potongan kaca tersebut tidak akan melukai tangan karena telah terlindungi oleh cairan kimia tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bubur Kertas


12. Lukisan Kaca 

Lukisan Kaca 

Kerajinan tersebut sangat cocok bila dipasang di dinding rumah. Terlebih bila sang pembuat lukisan tersebut mampu memadu padankan warna sehingga menjadi sebuah harmoni yang bernilai estetika yang tinggi. Dengan demikian, ibarat sebuah permainan warna dalam sebuah kaca yang bernilai seni tinggi. Itulah sebabnya, sangat cocok bila dipajang di ruang tamu. 

Membuat lukisan dinding dari kaca ini bisa dengan dua cara. Cara yang pertama, kaca yang telah dipecahkan dilelehkan kemudian dicampur dengan pewarna cat minyak, lalu cairan kaca tersebut dikucurkan pada media lukisan. Cara yang kedua, bisa dengan cara menyiapkan kaca bening berukuran sebesar lukisan. Kaca tersebut lalu diberi pewarna cat hingga menghasilkan lukisan abstrak.


13. Gelang Kaca 

Gelang Kaca 

Berbeda dengan jenis kerajinan kaca sebelumnya yang diperuntukkan untuk dinding dan hiasan rumah. Kaca pun bisa dibuat sebagai aksesoris untuk wanita, baik itu gelang, kalung dan anting-anting. Tentunya harus memperhatikan teknik pemotongan agar tetap memiliki nilai estetika yang tinggi untuk digunakan sebagai aksesoris. Khususnya untuk membuat gelang khusus wanita.


14. Pecahan Kaca untuk Bingkai Cermin

Pecahan Kaca Untuk Bingkai Cermin

Bila memiliki cermin di rumah yang polos tanpa memiliki bingkai,cobalah untuk menambahkan bingkai pada cermin tersebut dengan bingkai yang dikreasikan sendiri. Kali ini, bisa menambahkan kepingan kaca yang dihiaskan pada pinggiran cermin tersebut.

Gunakan lem khusus agar pinggiran cermin tersebut lebih kuat dan kepingan kaca tidak mudah terlepas. Setelah dihias dengan kepingan kaca yang membentuk bingkai pada cermin tersebut, cermin pun bisa digunakan sebagai hiasan rumah tanpa mengesampingkan fungsinya.

Cara membuat aksesoris tersebut membutuhkan jenis kaca yang berukuran lebih tebal sehingga mudah untuk dibentuk. Kali ini akan membahas aksesoris yang berupa gelang. Gelang dari kaca merupakan salah satu kerajinan tangan yang diperuntukkan untuk wanita. Untuk membuat gelang tersebut membutuhkan tali khusus gelang serta kaca yang telah dibentuk menyerupai bebatuan aksesoris.


15. Frame Lampu

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Salah satu contoh kerajinan dari kaca dengan berbahan botol bekas adalah memanfaatkannya sebagai frame lampu. Misalnya seperti yang terlihat pada gambar di atas. Untuk membuat frame lampu seperti itu juga tidak seberapa sulit sebenarnya.

Sediakan saja botol kaca, seutas kawat besi, tang, serta gabus penyumbat. Botol bagian bawah tinggal dipotong. Kemudian masukkan lampunya setelah sebelumnya dikaitkan dengan kawat. Jangan lupa pasang juga penyumbat.

Frame lampu seperti pada gambar cocok dipakai untuk lampu belajar. Cukup unik dan elegan bukan?


16. Tempat Lilin

Tempat Lilin

Selanjutnya cobalah dengan membuat kerajinan dari botol kaca yang lain seperti tempat lilin. Kadang, sebagian orang sering bingung ingin meletakkan lilin di mana? Padahal mulut botol kaca bisa dimanfaatkan sebagai tempat lilin.

  10+ Kerajinan Tangan dari Gelas Plastik yang Mudah Sederhana

Tinggal hias saja botol kaca bekas supaya lebih cantik. Misalnya seperti yang terlihat pada gambar, botol kaca sengaja dilukis menggunakan cat. Jika tidak ingin terlalu repot, cobalah melapisi botol dengan kertas kado warna-warni. Bisa juga dengan menempelkan stiker supaya lebih awet.


17. Pot Bunga Indoor Unik

Pot Bunga Indoor Unik

Suka memelihara bunga dalam pot-pot cantik? Kini memelihara bunga dalam pot, tidak harus di luar ruangan. Gunakan saja pot bunga yang khusus dipergunakan pada ruangan indoor. Ini juga merupakan salah satu kerajinan dari kaca yang bisa dicoba.

Seperti yang terlihat pada gambar, botol kaca bisa disulap menjadi pot bunga cantik yang cocok diletakkan dalam ruangan. Bagian bawah diisi air, namun di atasnya tetap diisi dengan tanah. Pot bagian atas sengaja dibuat dari bagian atas botol kaca yang dibalik.

Hal ini supaya tanah dapat tertampung dengan sempurna. Sementara bagian bawah pot tetap menggunakan bagian bawah botol kaca untuk menampung air. Bagaimana? Cukup unik serta menarik untuk dicoba bukan?


18. Akuarium Mini

Akuarium Mini

Akuarium mini bisa menjadi salah satu kerajinan dari kaca lainnya yang sangat mudah untuk dicoba. Kerajinan ini bisa dimanfaatkan untuk mainan anak-anak atau pajangan. Bahan yang perlu disiapkan hanya botol kaca yang tidak terpakai juga beberapa tiruan ikan dan hiasan akuarium.

Tinggal susun semuanya dalam botol tersebut. Isikan air ke dalamnya, maka penampakannya akan terlihat kurang lebih seperti yang ada pada gambar.

Baca Juga: Kerajinan Dari Barang Bekas


19. Souvenir Cantik

Souvenir Cantik

Kerajinan dari botol kaca lainnya adalah souvenir pernikahan seperti pada gambar di atas. Yang sedang bingung ingin memberikan souvenir apa untuk tamu undangan, mungkin ini bisa menjadi inspirasi. Membuatnya cukup mudah.

Tinggal lapisi saja botol kaca dengan kain flannel sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk pasangan pengantin. Tiru saja seperti yang ada pada gambar. Jadilah souvenir cantik yang unik dan menarik.


20. Lonceng Angin

Lonceng Angin

Jika punya pecahan kaca, cobalah untuk memanfaatkannya menjadi sebuah lonceng angin seperti yang terlihat pada gambar. Cara membuatnya cukup sederhana. Sediakan saja beberapa pecahan kaca yang setidaknya memiliki bentuk senada jika dirangkai.

Setelah siap untai pecahan kaca tersebut pada seutas tali dengan panjang yang telah disesuaikan. Jika sudah menjadi beberapa untaian, kaitkan ujung tali pada sebilah kayu ranting kecil. Sejajarkan untaian pecahan kaca tersebut antara satu dengan yang lain.

Baru gantung untaian pecahan tersebut. Letakkan saja di depan rumah, atau teras. Jika tertiup angin lonceng tersebut bisa otomatis mengeluarkan bunyi yang unik.


21. Liontin Kalung Unik

Liontin Kalung Unik

Pada umumnya liontin kalung biasa memakai batu akik, batu pertama atau beragam imitasinya. Jika ingin terlihat berbeda, coba saja dengan memanfaatkan pecahan kaca untuk hiasan liontin kalung. Siapa sangka pecahan kaca bisa disulap menjadi perhiasan cantik.

Jika ingin tahu bagaimana mengkreasikan pecahan kaca menjadi liontin, bisa dilihat pada gambar di atas. Jangan lupa selalu berhati-hati jika ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Mengingat pecahan kaca tergolong benda yang cukup tajam.


22. Frame Foto Unik

Frame Foto Unik

Selama ini frame foto kadang hanya memiliki tampilan yang biasa. Umumnya hanya terbuat dari bahan kertas kardus, atau bahan lainnya yang jika dilihat kurang menarik. Apalagi ditambah dengan desain yang minim sehingga terlihat membosankan.

Frame foto bisa menjadi salah satu inspirasi kerajinan dari kaca selanjutnya. Coba saja gunakan pecahan botol atau piring bekas untuk menghias pinggiran frame foto. Dijamin frame foto akan terlihat lebih mewah dan menarik.


23. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding 5

Bosan dengan dinding yang terlalu kosong? Menambahkan beberapa frame foto juga sudah sangat mainstream. Mengapa tidak mencoba dengan memajang sesuatu yang unik? Misalnya seperti pajangan namun yang dibuat sendiri supaya lebih unik.

Seperti pada gambar yaitu hiasan dinding pohon cemara. Bahan untuk membuat hiasan tersebut berasal dari pecahan kaca. Manfaatkan saja pecahan botol, piring, atau gelas kaca untuk membentuk daun pohon cemara.

Susun sedemikian rupa hingga berbentuk kerucut menyerupai pohon cemara. Bagian batang pohon cemara tinggal gunakan ranting pohon. Sebagai pemanis tempelkan hiasan bintang di atasnya. Semua bahan direkatkan dengan lem pada papan alas.


24. Jam Dinding Unik

Jam Dinding Unik

Bosan dengan tampilan jam dinding di rumah yang hanya itu-itu saja? Cobalah dengan membuat kreasi jam dinding buatan sendiri. Bahan yang dipakai bisa dari pecahan kaca bekas botol, atau piring. Tinggal beli mesin jamnya dan rangkai sendiri.

Seperti pada gambar, jam dinding semakin unik dengan penunjuk angka yang sengaja dibuat di atas pecahan kaca. Pilih pecahan kaca bekas yang memiliki bentuk unik dan senada. Pasang melingkar seperti jam dinding pada umumnya.


Tips Membuat Kerajinan dari Kaca 

Bila ingin membuat kerajinan dari kaca, tentunya sangat penting bila mengetahui tipsnya. Dengan demikian, bisa menghasilkan karya yang bernilai seni tinggi, lebih dari sekadar membuat kerajinan semata. Tentunya dalam membuat kerajinan tersebut membutuhkan kaca. Baik kaca dalam bentuk utuh maupun yang telah dipecahkan dalam bentuk yang lebih kecil. 

Membuat kerajinan dari kaca ini sangat rentan dengan terluka. Terlebih jika kaca tersebut dipecahkan dalam bentuk yang lebih kecil. Tentunya akan menyisakan kaca yang lebih tajam. Dengan demikian, bila tidak berhati-hati ketika menyusunnya akan mudah untuk melukai jari. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan sarung tangan yang tebal untuk melindungi jari tersebut. 

Tips selanjutnya membuat kerajinan dari kaca ini sebaiknya membuat konsep terlebih dahulu dalam buku catatan mengenai dekorasi yang akan dibuat. Hal tersebut guna meminimalisir risiko kegagalan. Terlebih untuk membuat kerajinan tersebut memerlukan proses pembakaran dan melelehkan kaca, yang tentunya akan memakan waktu bila harus mengulanginya apabila terjadi kesalahan ketika mendekornya. 

Ketika gagal pada saat mendekornya, tentunya akan merepotkan dan memakan waktu karena harus kembali dari awal. Dengan demikian, membuat konsep terlebih dahulu sangat disarankan. Konsep tersebut tidak hanya untuk membuat bentuk Kerajinan saja, lebih daripada itu untuk menyelaraskan kombinasi warna. Terutama jika ingin membuat Mozaik Kaca.


Penutupan

Mengisi waktu luang dengan membuat kerajinan dari kaca, untuk orang-orang yang memiliki kreatifitas yang tinggi bisa memberikan kesenangan tersendiri karena dapat menyalurkan hobinya. Disamping itu, jika banyak yang menyukai kerajinan ciptaannya bisa dijadikan ladang bisnis.

Tentunya bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan, memilih kerajinan dari bahan kaca tersebut jauh lebih menghasilkan nilai estetika yang tinggi dibandingkan dari jenis kerajinan lainnya. Maka dari itu, perlu adanya keterampilan khusus untuk membuat kerajinan dari bahan tersebut.

Terlepas dari semua itu perlu memperhatikan keamanan ketika membuat kerajinan ini karena berisiko tinggi untuk terjadi kecelakaan kecil karena bentuknya yang tajam. Itu tadi beberapa contoh kerajinan dari kaca. Baik itu dari botol kaca maupun dari bahan pecahan kaca. Bisa dari pecahan kaca botol, piring, atau gelas.

Ternyata ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari bahan kaca. Bagi yang ingin mencoba membuat kerajinan dari kaca silahkan tiru salah satu contoh di atas.

Kerajinan dari Kaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *