30+ Kerajinan dari Kaleng Paling Mudah Wajib Kamu Coba di Rumah

Kerajinan Dari Kaleng Makanan kaleng memang menjadi solusi apabila seseorang kekurangan uang atau dalam masa darurat. Misalnya saja seperti para nelayan yang sedang berada di laut selama berbulan-bulan atau anak kos yang memiliki uang cukup terbatas.

Harga makanan kaleng ini terhitung sangat murah dan tidak mudah membusuk. Namun sayangnya sampah yang dihasilkannya juga cukup mengkhawatirkan. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengolahnya dan membuat kerajinan dari kaleng.

Sebelum membuangnya ke tempat sampah, maka pastikan untuk memisahkan kaleng bekas  tersebut berdasarkan ukuran maupun bentuknya. Sehingga nantinya akan mudah di daur ulang dan dijadikan barang lebih bermanfaat.

Bahkan bila beruntung, kerajinan dari kaleng ini bisa dijual dan menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan loh. Terdapat banyak sekali ide kerajinan, mulai dari barang dekorasi seperti lampu, mainan, vas untuk tanaman, hingga beberapa proyek lainnya yang memiliki fungsi hebat.

Jika berminat untuk mengkreasikannya, maka ide kerajinan berikut bisa jadi inspirasi. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini, yaitu antara lain:


1. Kaleng Motif Huruf

Kaleng Motif Huruf

Kerajinan dari kaleng yang pertama adalah kaleng dengan motif huruf. Ide satu ini cukup mudah untuk direalisasikan asalkan bahan dan alatnya tersedia dengan baik. Mulai dari kaleng susu, solder, dan alat lainnya. Caranya yaitu dengan menandai huruf ke dalam kaleng menggunakan alat yang ada dan dekor sesuai keinginan.


2. Robot Anjing Kaleng

Robot Anjing Kaleng

Untuk membuatnya memang hampir mirip dengan robot pada umumnya, namun perlu ada tambahan roda kecil supaya bisa ditarik dan didorong. Tentunya hal ini sangat mengagumkan dan menarik sebagai mainan untuk anak-anak. Tambahkan pula beberapa dekorasi agar tampilannya semakin menarik.


3. Lampu Meja Kerja dari Kaleng

Lampu Meja Kerja Dari Kaleng

Berminat memanfaatkan kaleng menjadi barang yang lebih bermanfaat? maka hal ini bisa dijadikan sebuah lampu kerja nan cantik. Kini bahkan seseorang tidak perlu membeli lampu meja kerja dengan harga yang mahal loh. Pasalnya dari barang yang sederhana saja bisa menghasilkan kreasi yang begitu indah,

Ide yang cukup sederhana ini bisa terealisasikan dengan menyiapkan kaleng bekas, lampu dan kaki lampu meja belajar bekas. Caranya yaitu dengan merakit semua bahannya menjadi satu hingga membentuk lampu meja seperti pada umumnya. Bila perlu tambahkan dekorasi sesuai keinginan. Kini lampu pun semakin indah dipandang mata dan tentunya menghemat pengeluaran bukan?


4. Ornamen Hewan dari Kaleng

Ornamen Hewan Dari Kaleng

Ini merupakan contoh kerajinan dari kaleng yang sangat unik. Bisa dibilang, ornamen hewan satu ini sangat cocok digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan rumah. Untuk membuatnya pun hanya memerlukan kaleng bekas, timah yang dicat warna kuning dengan mata kecil dan kawat berwarna pada bagian sayap.


5. Timba Tanaman Cantik

Timba Tanaman Cantik

Membutuhkan timba kecil untuk tempat tanaman tercinta? maka gunakan kreasi kerajinan dari kaleng yang bermanfaat satu ini. Cukup dengan membersihkan kaleng dan mengecatnya sesuai warna kesukaan, maka bisa menjadi barang yang lebih bernilai jual tinggi. Tambahkan pula pegangan agar nampak seperti timba dan membuat penampilannya semakin menarik.


6. Karangan Bunga dari Kaleng

Karangan Bunga Dari Kaleng

Hal berikutnya adalah dengan membuat karangan bunga dari kaleng. Maka pastikan untuk mengumpulkan kaleng bekas sebanyak-banyaknya dan pisahkan sesuai ukurannya.

Kemudian cat dengan warna menyala seperti merah, hijau, kuning atau lain sebagainya. Barulah susun menjadi sebuah karangan bunga yang sederhana tapi menarik untuk pagar. Sehingga tampilan rumah pun akan semakin bagus dan indah dipandang mata.


7. Pemanggang Portable

Pemanggang Portable

Ingin berkemah atau melakukan outing di luar rumah? maka alat panggang portable dari kaleng ini bisa jadi alternatif tepat untuk memasak loh. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu hanya dengan memotong kedua sisinya, memanjangkannya dan meletakkan beberapa kertas timah di atasnya.

Kemudian jangan lupa untuk didinginkan agar bisa menyatu dengan baik. Kini pun pemanggang bisa digunakan dalam berbagai acara menyenangkan di belakang rumah. Tertarik ingin membuatnya?


8. Lampu dari Kaleng

Lampu Dari Kaleng

Bukan hanya alat pemanggang portable, ada pula lampu dari kaleng yang bisa dibuat. Ide kreasi ini cukup pintar dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Cukup beri lilin pada kaleng yang sudah dibersihkan dan dihias semenarik mungkin.

Kemudian letakkan dan tata kaleng tersebut di tempat yang diinginkan. Kini cahaya yang ada pada barang kerajinan satu ini bisa dijadikan penerangan yang sangat baik. Dijamin akan menghemat penggunaan listrik loh.

  16+ Kerajinan dari Batu Untuk Hiasan Rumah yang Cantik dan Menarik

9. Hiasan Kaleng untuk Pohon Natal

Hiasan Kaleng Untuk Pohon Natal

Musim dingin dan natal telah tiba, tentunya banyak orang yang sangat ingin untuk menghias pohon natal yang dimilikinya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kerajinan dari kaleng satu ini. Langkah mudah yang harus dilakukan adalah dengan merangkai kaleng dan memberikan lubang untuk membuat aksen unik. Kemudian barulah bisa digantungkan di pohon sesuai keinginan. Kini tampilan pohon pun akan semakin menarik.


10. Pai Apel Mini dalam Kaleng

Pai Apel Mini Dalam Kaleng

Jika berkeinginan untuk membuat aneka olahan masakan dengan cara yang unik, maka resep satu ini bisa dicoba. Pertama pastikan untuk memilih jenis dan ukuran kaleng yang tepat, barulah bisa dijadikan sebuah cetakan untuk membuat pai apel mini kesukaan semua orang ini. Ide ini tentunya sangat luar biasa dan akan menarik perhatian banyak orang di pesta.


11. Tempat Lilin Cantik

Tempat Lilin Cantik

Memiliki kaleng bekas dan juga kain goni? maka sebisa mungkin untuk mengkreasikannya menjadi sebuah tempat lilin nan cantik. Pertama, lakukan daur ulang kaleng menjadi sebuah tempat lilin dan bungkus menggunakan kain goni pada sisi luarnya.

Tidak lupa pula tambahkan beberapa aksen dan juga hiasan agar tampilannya semakin menarik. Barang kerajinan satu ini pun sangat cocok untuk menjadi hiasan di meja perjamuan makan malam atau acara penting lainnya loh.


12. Lonceng Pelangi dari Kaleng

Lonceng Pelangi Dari Kaleng

Tidak hanya memanfaatkannya menjadi tempat lilin, kerajinan dari kaleng berikutnya yang bisa dibuat adalah lonceng pelangi. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu berupa kaleng bekas, tali, manik-manik dan bahan dekorasi lainnya.

Kemudian satukan menjadi sebuah lonceng seperti pada umumnya dan letakkan pada area luar agar terkena sinar matahari. Nantinya lonceng akan berbunyi pada saat tertiup angin dan memancarkan warna terangnya yang indah.


13. Bunga Mawar dari Kaleng

Bunga Mawar Dari Kaleng

Siapa bilang hanya bisa memberi bunga mawar dengan bentuknya yang asli? kini orang-orang bahkan bisa membuatnya sendiri dari sebuah kaleng bekas loh.

Bunga asli mungkin bisa layu dalam waktu yang singkat, namun berbeda dengan kerajinan satu ini yang bisa tahan lama dan awet seumur hidup. Bentuk dan penampilannya yang sangat cantik juga menjadi daya tarik tersendiri.

Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menyiapkan kaleng bekas dan timah. Kemudian dibentuk menyerupai bunga mawar dan satukan menggunakan timah agar bisa menempel dengan baik.

Barulah bisa diletakkan di dalam vas ataupun dibungkus menjadi sebuah bingkisan. Dijamin barang satu ini bisa menjadi sebuah kado spesial untuk teman terdekat maupun orang tercinta.


14. Tempat Alat Masak

Tempat Alat Masak

Ide kreasi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tempat peralatan masak seperti spatula, penjepit dan lainnya. Namun pastikan telah memilih ukuran kaleng yang tepat, yaitu tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Sehingga nantinya akan sesuai dan seimbang dengan alat yang akan diletakkan pada wadah tersebut.

Cara untuk membuatnya sangat mudah, yaitu yang pertama cukup dengan membersihkan kaleng bekas yang dipunya. Kemudian barulah hias dengan dekorasi yang ada agar tampilan wadah peralatan memasak bisa semakin menarik. Kini memasak pun menjadi aktivitas yang lebih menyenangkan bukan?


15. Tempat Pensil dari Kaleng

Tempat Pensil Dari Kaleng

Bingung mencari wadah untuk menyusun pensil atau bolpoin yang dipunya? maka kini saatnya untuk memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah. Pilihlah kaleng bekas susu kental manis yang sudah dibersihkan, barulah kemudian dihias menggunakan kertas warna warni sesuai selera.

Jangan lupa untuk merekatkannya menggunakan lem, serta tambahkan manik-manik agar tampilannya semakin cantik. Tertarik untuk membuatnya? dijamin bisa membuat meja kerja jadi lebih menarik dan juga nyaman. Bahkan bisa pula dijadikan kado untuk sahabat tersayang loh.


16. Kaleng Rak Anggur

Kaleng Rak Anggur

Menyukai koleksi anggur namun tidak memiliki kaleng rak penyimpanan? sepertinya membuatnya dari tumpukan kaleng bisa menjadi alternatif terbaik. Ide satu ini bisa dibilang cukup menarik dan pintar, pasalnya bisa mengubah hal yang paling sederhana menjadi barang lebih bermanfaat. Kerajinan dari kaleng ini bisa dilakukan dengan mudah asalkan alat dan bahan sudah tersedia, serta dibarengi dengan ketelatenan di pembuat.


17. Kompor dari Kaleng

Kompor Dari Kaleng

Seseorang yang menyukai aktivitas di luar rumah dan menjelajah, mungkin akan menyukai kerajinan dari kaleng satu ini. Pastinya akan membuat kegiatan menjadi lebih mudah dan praktis dengan kompor dari kaleng yang cukup unik ini. Berat yang dimilikinya juga cukup ringan dan bisa merebus air dalam waktu yang singkat. Maka tidak heran apabila banyak orang membawanya kemanapun dalam situasi apapun.

Desain yang dimilikinya juga membuat kompor ini sangat irit dan hemat bahan bakar. Pemilik hanya perlu menyalakan api dari korek api dan memasukkan beberapa kayu bakar ke dalamnya. Proses memasak pun jadi lebih mudah dan efektif. Hebatnya lagi, kompor ini sangat tahan lama dan tidak mudah padam hanya karena air hujan atau angin loh. Sangat menarik bukan?

  34+ Contoh Kerajinan dari Barang Bekas, Ide Kreatif Bisa Kamu Coba

18. Vas Kaleng dengan Lilitan Tali

Vas Kaleng Dengan Lilitan Tali

Ide kreasi lainnya kerajinan dari kaleng adalah vas dengan lilitan tali yang sangat indah. Sentuhan tali pita  dan juga dekorasi bunga bisa memberikan aksen yang menarik diluar kaleng tersebut. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai vas bunga untuk pengantin atau pesta pernikahan. Bahkan keindahannya tidak akan kalah dengan produksi pabrik loh.


19. Lentera dari Kaleng

Lentera Dari Kaleng

Pernah membuat lentera dari kaleng? tentunya hal ini cukup mudah dilakukan oleh beberapa orang. Dengan hanya bermodalkan kaleng bekas, tali dan juga tempat lilin, maka kreasi satu ini bisa dibuat. Pertama, pastikan membuat desain yang bisa membuat cahaya lilin dari dalam kaleng bersinar dengan memberi lubang berbentuk hati. Jangan lupa untuk mengaitkannya dengan tali dan gantung di luar rumah untuk memberikan cahaya sekitar yang indah.


20. Robot dari Kaleng

Robot Dari Kaleng

Mainan untuk anak-anak cenderung memiliki harga yang lumayan mahal. Untuk menyiasatinya, maka bisa pula dengan memanfaatkan kaleng bekas susu di rumah. Pastikan untuk menggali ide kreativitas sedalam mungkin untuk mendaur ulang barang satu ini menjadi lebih berguna.

Untuk membuatnya, maka persiapkan kaleng susu, kaleng soda bekas, kancing, mata dan mulut dari bahan dekorasi lainnya. Kemudian bentuk dan rekatkan bagian-bagian tersebut menjadi satu kesatuan yang menyerupai robot pada umumnya. Dijamin akan menghasilkan mainan yang unik dan hemat budget loh.


21. Mainan Tradisional Egrang

Mainan Tradisional Egrang

Banyak cara untuk menyenangkan anak tercinta, salah satunya adalah dengan memberikan mereka mainan yang menarik. Pastikan memilih mainan yang tepat dan sesuai dengan usia anak, yaitu seperti mainan tradisional egrang. Tentunya anak bisa bereksplorasi dan berani mencoba permainan yang cukup menantang seperti satu ini.

Untuk membuatnya, alat dan bahan yang harus disiapkan adalah kaleng bekas, tali dan bahan dekorasi lainnya. Pertama, siapkan kaleng yang sudah dibersihkan dan cat ulang agar warna semakin menarik. Barulah kaitkan dengan tali yang sudah diukur sesuai tinggi anak. Kini ide kreatif dari bahan yang tidak digunakan bisa menjadi alat bermain yang murah dan menyenangkan bukan?


22. Kaleng Tanaman

Kaleng Tanaman

Punya banyak tanaman dan bingung ingin meletakkannya dimana? tentunya hal tersebut bisa diatasi dengan membuat kaleng tanaman dari bahan yang sudah tidak terpakai. Bahan yang dibutuhkan yaitu kaleng, kertas dekorasi, lem dan lain sebagainya. Langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah membersihkan kaleng, kemudian barulah menghiasnya dengan kertas bahan dekorasi. Dijamin tampilan tanaman kesayangan menjadi lebih cantik.


23. Rak Kaleng Daur Ulang

Rak Kaleng Daur Ulang

Pernah membayangkan memiliki rak dengan bahan kaleng daur ulang? tentunya ini menjadi salah ide yang cukup kreatif. Bisa dibilang, kerajinan dari kaleng satu ini mampu menghemat budget pembelian barang dan juga menyelamatkan lingkungan dari banyaknya sampah loh.

Bahkan untuk membuat barang satu ini tidak perlu bahan yang rumit, pasalnya hanya perlu mengecat atau mendekorasinya saja. Kemudian barulah direkatkan dengan lem dan bisa digunakan menjadi sesuatu yang menakjubkan.


24. Kincir Angin Untuk Anak-Anak

Kincir Angin Untuk Anak Anak

Kerajinan dari kaleng satu ini cukup mudah dibuat bersama anak-anak. Bahan yang diperlukan pun sangat mudah dicari, yaitu kaleng bekas, cat, tali dan juga gunting. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan kaleng dengan ukuran yang sama dan mengecatnya warna-warni sesuai keinginan.

Barulah bisa digabungkan dengan tali hingga menyerupai kincir angin. Jangan lupa letakkan pada area ruangan yang memiliki ventilasi terbuka agar kincir bisa bergerak dengan indah.


25. Kaleng Cantik untuk Uang, Bunga, Pensil, dan Lainnya

Kaleng Cantik Untuk Uang, Bunga, Pensil, Dan Lainnya

Tidak hanya mengolahnya menjadi sebuah kincir angin untuk anak-anak, namun bisa pula dimanfaatkan menjadi wadah penyimpanan uang, pensil dan peralatan lainnya loh. Bahkan hanya dengan menyiapkan kaleng bekas dan kain sederhana bisa membuatnya sangat cantik. Jadi, nantinya bisa dipajang dan sangat elegan untuk difoto. Tertarik untuk mencobanya?


26. Kaleng Permen

Kaleng Permen

Lebaran telah tiba tapi belum menemukan kaleng permen yang cocok dan sesuai budget? maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kaleng bekas susu atau kopi yang ada di rumah. Cukup hias dengan bahan dekorasi seperti kain motif atau pita agar semakin cantik apabila diletakkan di ruang tamu. Namun jangan lupa untuk merekatkannya dengan lem agar semakin awet dan tahan lama.

Nah itulah ulasan mengenai ide dan inspirasi kerajinan dari kaleng yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Pastikan untuk membuat sesuai yang berbeda dan unik agar bisa mendapatkan perhatian banyak orang. Bahkan tidak hanya memberikan kepuasan batin, bisa pula kreasi satu ini menghasilkan keuntungan yang menjanjikan loh.

Namun untuk membuat kerajinan tersebut, setiap orang diharapkan memiliki kreativitas dan imajinasi yang cukup baik. Sehingga akan tercipta karya seni dan juga kerajinan dari kaleng yang bernilai estetika tinggi. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah!

Kerajinan Dari Kaleng

Tinggalkan komentar