20+ Kerajinan dari Kayu Dengan Berbagai Jenis yang Bernilai Jual Tinggi

Kerajinan Dari Kayu

Kerajinan dari Kayu – Sejak dulu, kayu sering dimanfaatkan untuk berbagai barang kebutuhan manusia. Mulai dari barang perabotan penunjang aktivitas manusia seperti meja, kursi, tempat tidur, lemari, dan sebagainya. Tak hanya itu saja, tak sedikit juga yang disulap menjadi kerajinan dari kayu.

Kayu memang bahan material yang multifungsi dan bisa dijadikan apa saja. Meski sudah ada alternatif penggantinya, bahan kayu masih banyak dicari karena berbagai alasan. Fleksibilitas yang dimiliki oleh kayu memang sulit untuk ditandingi, termasuk ketika diubah menjadi barang kerajinan.

Biasanya, kerajinan dari kayu dibuat dari limbah potongan atau serpihan sisa-sisa kayu. Barang yang tadinya diklasifikasikan sebagai sampah dan dibakar, ternyata bisa diubah menjadi sesuatu yang bernilai. Berikut beberapa barang kerajinan berbahan kayu yang bisa digunakan untuk mempercantik ruangan.


Contoh Kerajinan Tangan dari Kayu Bekas

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kayu Bekas

Banyak cara orang untuk mendapatkan penghasilan dari berbagai kekayaan alam yang ada di Indonesia. Salah satu dari usaha yang dilakukan orang adalah membuat kerajinan. Salah satu kerajinan yang paling mudah untuk dicari adalah kerajinan dari kayu.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa kayu merupakan salah satu kekayaan alam yang bisa didapatkan dari mana saja. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak pohon dengan berbagai jenis kayu yang berkualitas. Mulai dari kayu jati, mahoni, bahkan kayu kelapa.

Salah satu daerah yang terkenal dengan kerajinan dari kayu adalah daerah Jepara, Jawa Tengah. Daerah tersebut dikenal karena bentuk dari kerajinan kayunya yang diolah dengan cara diukir. Hasil dari kerajinan tersebut tentu bermacam-macam, mulai dari meja, kursi, dan lain-lain.


Kerajinan dari Kayu berupa Hiasan Dinding

Salah satu bentuk kerajinan dari kayu yang paling sering dibuat berbentuk hiasan dinding. Beberapa memang membutuhkan teknik keahlian khusus, namun tak sedikit juga yang bisa langsung dicoba oleh amatir. Berikut beberapa di antaranya:

1. Susunan Mozaik Limbah Kayu

Susunan Mozaik Limbah Kayu

Bentuk kerajinan dari kayu berupa hiasan dinding yang paling mudah dibuat yaitu dengan membuat papan mozaik. Papan ini bisa dibuat dengan menggunakan potongan-potongan kayu yang sudah tak bisa digunakan lagi. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun dan direkatkan menjadi satu.

Tak jarang, susunan yang dibuat membentuk sebuah pola tertentu. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan perbedaan warna dan bentuk potongan-potongan kayu yang digunakan. Meski demikian, ada pula yang sengaja menyusunnya tak beraturan dan justru di situlah sisi menariknya.

2. Panah Terpusat

Panah Terpusat

Limbah kayu tak selalu berbentuk potongan-potongan kecil yang tak terpakai. Kadang, ada pula yang berbentuk papan-papan memanjang. Biasanya, bentuk limbah yang seperti ini berasal dari kayu-kayu bekas yang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Daripada menjadikannya sebagai kayu bakar, ada baiknya untuk disulap menjadi barang kerajinan.

Papan-papan kayu disusun dengan pola panah terpusat. Ini bisa dilakukan dengan memusatkan arah panah pada titik tengah papan dengan empat arah panah menuju ke sana. Untuk lebih mempertegas pola yang dibuat, bisa pula mengecat potongan-potongan kayu sesuai dengan arah panahnya masing-masing.

3. Potongan Melintang Batang Kayu

Potongan Melintang Batang Kayu

Nilai seni tak melulu bisa diperoleh dari proses rumit yang dilakukan pada suatu benda. Terkadang, justru faktor kesederhanaan lah yang menjadikan suatu barang memiliki nilai seni yang tinggi. Demikian halnya dengan hiasan dinding berupa papan kayu dari potongan melintang batang pohon yang tengahnya berlubang karena usia ini.

Saking sederhananya, papan kayu ini tampak apik untuk dijadikan sebagai sebuah pajangan dinding. Terlebih jika tidak banyak polesan tambahan dan cukup menambahkan pernis untuk mempertegas aksen alami dari kayu. Pemajangannya pun bisa dilakukan dengan menggantung langsung di dinding atau menempelkannya pada papan.

4. Sunrise

 

Pajangan ini memiliki konsep pembuatan yang mirip dengan mozaik dan panah terpusat yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk membuat ilusi sunrise, manfaatkan potongan-potongan kayu dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai gambaran sebuah matahari terbit.

Demi mempertegas maksud serta penggambaran matahari terbit, gunakan kayu dengan aksen warna alami yang berbeda. Jika dirasa belum cukup, maka bisa juga dengan memberikan cat pada potongan-potongan kayu yang digunakan. Untuk membuat pajangan seperti ini, ada baiknya untuk menggunakan kayu bekas karena memiliki unsur vintage yang tak dimiliki oleh potongan kayu baru.

5. Resin dalam Kayu

Resin Dalam Kayu

Tak jarang, batang kayu memiliki cacat berupa pecah ataupun berlubang karena beberapa faktor. Bisa saja karena usia, dimakan serangga, terkena petir, lapuk, ataupun alasan-alasan lainnya. Untuk menyulap kecacatan yang dimiliki oleh kayu menjadi sesuatu yang ‘sempurna’, maka bisa memanfaatkan resin.

Larutan resin dituangkan untuk menutupi bagian kayu yang ‘kurang’. Agar tampilannya lebih menawan, resin bisa terlebih dahulu diberi pewarna. Meski demikian, menggunakan resin bening pun tetap akan menghasilkan pajangan yang apik. Selain itu, ada baiknya untuk memberikan sapuan plitur atau pernis untuk mempertegas motif alami dari kayu.

Baca Juga: Kerajinan Dari Botol Plastik Bekas

6. Lukisan dengan Wood Burning Technique

Lukisan Dengan Wood Burning Technique

Untuk membuat pajangan yang satu ini, dibutuhkan teknik serta keahlian tingkat tinggi. Tak sembarang orang bisa membuat lukisan dengan teknik membakar kayu seperti ini. Meski begitu, jika ingin belajar, maka ada banyak video tutorial yang bisa ditemukan di YouTube.

Teknik membakar kayu seperti ini ada yang dilakukan dengan membakar kayu secara langsung, namun ada pula yang memanfaatkan sinar matahari. Pada teknik yang kedua, prosesnya dilakukan dengan memanfaatkan kaca pembesar yang diarahkan pada papan kayu yang ingin ‘dilukis’. Pola lukisan akan terbentuk dari hasil ‘pembakaran’ yang dilakukan.


Kerajinan dari Kayu berupa  Perabotan Bernilai Seni

Kerajinan dari kayu tak hanya berbentuk pajangan atau hiasan semata. Perabotan bernilai seni pun banyak dibuat demi memuaskan hasrat manusia akan seni rupa. Terlebih, kayu memiliki bentuk alami yang asli ciptaan Yang Maha Kuasa, serta minim campur tangan manusia. Berikut beberapa contoh perabotan kayu yang bernilai seni tinggi:

1. Meja dari Limbah Potongan Kayu

Meja Dari Limbah Potongan Kayu

Kata siapa limbah kayu sudah tak bisa digunakan menjadi barang yang bisa dimanfaatkan untuk keseharian? Buktinya, kerajinan dari kayu yang satu ini membuat perabotan dari potongan-potongan kayu dan menyatukannya menjadi sebuah meja. Potongan yang digunakan berasal dari ujung dahan yang terlalu kecil dan biasanya hanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar saja.

  25+ Kerajinan dari Kulit yang Mudah dan Cara Membuatnya

Dahan-dahan kecil ini dipotong sama panjang. Lalu, potongan-potongan tersebut disusun dan direkatkan hingga membentuk satu permukaan. Tak hanya meja saja, proses ini pun bisa digunakan untuk membuat kursi. Teknik seperti ini sebenarnya sudah barang baru lagi. Masjid Agung Demak pun terkenal dengan tiangnya yang dibuat dari tatal atau potongan-potongan kayu.

2. Bangku dari Potongan Melintang Batang Kayu

Bangku Dari Potongan Melintang Batang Kayu

Punya batang kayu, namun terlalu pendek untuk dipotong menjadi papan? Ada cara lain untuk memanfaatkannya. Misalnya saja, dengan memotongnya secara melintang dan dijadikan sebagai papan dengan bentuk bulatan (tak beraturan) khas batang kayu. Kemudian, berilah kaki pada bagian bawah papan dan viola, sebuah bangku sederhana pun lahir.

Bangku-bangku dari potongan melintang kayu seperti ini cukup memiliki nilai artistik yang unik dan tak biasa. Beberapa kafe memanfaatkannya untuk memberikan konsep edgy dengan kesan vintage yang kental. Rumah-rumah hunian pun banyak yang mencari bangku seperti ini untuk digunakan di teras atau bahkan digunakan sebagai bangku taman.

3. Kursi dari Batang Kayu

Kursi Dari Batang Kayu

Nilai seni tak hanya bisa diperoleh dengan mengubah bentuk kayu menjadi suatu bentuk yang lain. Ada kalanya, mempertahankan bentuk aslinya pun bisa memberikan nilai artistik yang tinggi. Misalnya seperti memanfaatkan potongan batang kayu menjadi kursi seperti ini.

Bahkan, tak jarang banyak yang membuat kursi-kursi taman berbentung batang kayu dengan bahan beton. Untuk itu, jika terdapat batangan kayu yang masih memiliki bentuk aslinya, bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk.

Bagian kulit kayunya bisa dipertahankan ataupun dihilangkan, sesuai dengan selera. Sementara itu, agar tampak lebih menarik, poles dengan cat plitur atau pernis. Hanya saja pastikan untuk tidak terekspos panas matahari langsung serta hujan jika memilih untuk melapisinya dengan plitur atau pernis.

4. Armchair dari Akar Kayu

Armchair Dari Akar Kayu

Kursi berlengan atau arm chair memang memiliki kesan hangat yang sulit diimbangi oleh bentuk tempat duduk yang lain. Ini dikarenakan, sandaran lengan pada armchair terkesan memeluk siapa pun yang duduk di sana. Itulah mengapa, banyak yang suka duduk di armchair, khususnya ketika membaca atau menonton TV.

Akar kayu tadinya dipandang sebagai limbah karena tak bisa digunakan sebagai kayu potong atau diubah menjadi papan. Namun, ada orang-orang kreatif yang bisa menyulap akar kayu menjadi armchair yang akan sulit ditemukan paduannya – karena bentuk akar yang berbeda-beda. Untuk membuatnya, cukup membuat cekungan untuk bagian tempat duduk, dan pertahankan bentuk akar seoptimal mungkin.

5. Meja dari Akar Kayu

Meja Dari Akar Kayu

Jika pada pembahasan sebelumnya sudah diulas mengenai armchair dari akar kayu, maka pada poin kali ini, akar kayu dimanfaatkan sebagai meja. Akar kayu yang memiliki diameter cukup lebar bisa dijadikan sebagai meja dengan memanfaatkan permukaannya yang datar.

Bentuk akar yang masih alami bisa memberikan nilai artistik tingkat tinggi pada meja. Meja yang dibuat pun bisa beraneka raham, tergantung pada luas permukaan dari akar kayu yang digunakan. Semakin luas permukaannya, maka semakin luas pula meja yang bisa dihasilkan, seperti misalnya meja makan.

6. Akar Kayu untuk Kaki Coffee Table

Akar Kayu Untuk Kaki Coffee Table

Apabila akar kayu yang ada tak memiliki permukaan yang cukup luas, jangan berputus asa dulu. Dengan menambahkan bahan lain, tetap bisa membuat coffee table dengan nuansa akar kayu. Seperti misalnya bahan kaca sebagai permukaan meja.

Bahan kaca seringkali dipilih untuk membuat meja seperti ini, karena kaca bisa memamerkan bentuk artistik yang ada dari akar. Akarnya pun bisa tetap mempertahankan warna alami kayu atau diwarnai dengan plitur atau pernis. Sebaiknya kupas kulit kayu agar tidak mengotori ruangan.

Kerajinan dari Kayu berupa Pajangan

Bentuk kerajinan dari kayu pun kerap kali dibuat sebagai pajangan. Sedikit membedakan kategori ini dengan yang telah disebutkan di atas, pajangan yang dimaksud di sini yakni yang bukan digantungkan di dinding. Fungsinya pun hanya sebagai sebuah pajangan, dan tidak secara khusus memiliki kegunaan lain. Untuk lebih jelasnya, simak daftar berikut ini:

1. Patung Abstrak Meliuk

Patung Abstrak Meliuk

Kesenian kontemporer dan modern tidak memiliki bentuk baku seperti hasil karya seni yang usianya lebih klasik. Tidak ada ciri khas khusus dan bentuknya pun lebih bebas. Dengan demikian, terkadang sulit dikenali kapan tepatnya karya tersebut dibuat. Sekilas tampak seperti sebuah karya kontemporer, meski tak bisa menghilangkan kesan modern yang tertangkap.

Seperti kerajinan dari kayu yang bisa digolongkan sebagai patung yang satu ini. Bentuknya sedikit abstrak yang meliuk-liuk, sesuai dengan imajinasi pembuatnya. Tak jarang, orang yang melihatnya tidak begitu mengerti apa maksud dari si pembuat. Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa siapa pun pasti setuju bahwa karya tersebut indah.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kertas

2. Ukiran Bayi Kembar dalam Batang Kayu

Ukiran Bayi Kembar Dalam Batang Kayu

Kayu memang sering digunakan sebagai bahan ukiran. Hal ini sudah banyak dibuktikan – mulai dari ukiran pada bangunan bermaterial kayu pada bentuk rumah-rumah adat, hingga ukiran pada perabotan furniture. Tak hanya itu saja, ukiran kayu pun seringkali sengaja dibuat untuk dijadikan sebagai pajangan.

Seperti halnya patung berbentuk bayi kembar ini. Yang menarik dari ukiran patung ini adalah ukiran dilakukan tanpa menghilangkan unsur batang kayu. Seolah-olah menggambarkan dua bayi kembar yang berada di dalam kandungan – yang direpresentasikan oleh keberadaan batang kayu yang tidak sepenuhnya dihilangkan.

3. Patung Lembaran Kayu

Patung Lembaran Kayu

Bentuk seperti ini umumnya merupakan bentuk gulungan kertas yang dibuka. Kayu dibuat sedemikian rupa sehingga bisa merepresentasikan lembaran kertas yang baru saja dibuka dari gulungannya. Tak ada ciri khusus dari pajangan ini, selain sekilas tampak seperti kertas, namun terbuat dari kayu.

Untuk membuat bentuk meliuk seperti kertas dilakukan dengan menggabungkan potongan-potongan kayu. Setiap potongan disusun sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk liukan kertas. Semakin kecil lebar potongan kayu yang digunakan, maka akan semakin halus pula liukan yang dapat dihasilkan.

Untuk membuat hasilnya tampak lebih meyakinkan, ada baiknya haluskan hasil akhirnya dengan menggunakan amplas. Membiarkan warna asli kayu tanpa menambahkan pelapis apa pun akan membuat hasil akhirnya tampak lebih cantik.

4. Patung Geometri

Patung Geometri

Bentuk-bentuk geometri menjadi salah satu ciri identitas dari karya-karya modern. Ternyata, bentuk seperti ini tak hanya bisa diperoleh dari hasil komputasi saja, melainkan juga bisa dibuat dari kayu. Selain bagi para ahli matematika, bentuk seperti ini seolah tidak memiliki arti khusus.

Sekilas, patung bentuk geometri dari kayu memiliki kesan yang tampak abstrak. Padahal, kesan tersebut sepenuhnya tidak tepat. Hal ini dikarenakan, untuk membuatnya dibutuhkan ketelitian serta ketepatan pengukuran. Setiap bentuk geometri penyusunnya telah diukur dengan ukuran yang seragam untuk menghasilkan bentuk yang sempurna.

5. Desain 3D Modern

Desain 3D Modern

 

Satu kesan yang bisa ditangkap dari desain modern adalah bentuknya yang tampak sederhana. Seperti misalnya bentuk kerajinan kayu yang satu ini. Tidak ada bentuk rumit dengan arti khusus, namun justru di situlah letak keindahannya.

  26+ Kerajinan dari Bahan Alam, Inspirasi Usaha Kerajinan Kecil Menengah

Bentuknya yang simple juga mudah untuk ditiru. Cukup sediakan potongan kayu dan paku untuk menyatukannya. Untuk memberikan kesan yang ‘modern’, kaitkan bentuk yang dibuat satu sama lain. Tak ada posisi khusus bagaimana harus meletakkan pajangan seperti ini.

6. Kotak dengan Tutup Model Yin-Yang

Kotak Dengan Tutup Model Yin Yang

Kayu seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk berbagai barang kerajinan karena sifatnya yang fleksibel. Maksudnya di sini bukanlah fleksibel dalam artian lentur, melainkan fleksibel karena mudah untuk diubah menjadi bentuk lain. Seperti kotak dengan tutup unik seperti ini.

Bentuk tutupnya menyerupai bentuk Yin dan Yang, meski bukan berbentuk lingkaran. Terkadang bentuk kotak yang menarik dan unik begini kerap kali tidak dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan, dan hanya dijadikan sebagai pajangan saja.


Kerajinan Dari Kayu Bekas

Tidak jarang juga banyak ditemukan kayu-kayu bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Daripada menjadi limbah, akan lebih baik kayu tersebut bisa menjadi kerajinan. Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh kerajinan dari kayu bekas.


1. Tempat Tisu

Tempat Tisu

Tisu merupakan salah satu benda yang dibutuhkan untuk membersihkan tangan ketika terkena noda makanan. Biasanya tempat tisu dibuat dari plastik yang mana bisa dibilang cepat rusak. Ternyata kayu bekas bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi tempat tisu.


2. Casing Hp

Casing Hp

Menggunakan casing hp yang terbuat dari kayu bisa mempercantik hp. Casing dari hp ini juga bisa dibilang ramah lingkungan karena menggunakan kayu yang didaur ulang. Selain itu, banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat casing hp.


3. Tempat Tidur

 

Memang sudah jadi rahasia umum bahwa tempat tidur bisa dibuat dengan bahan kayu, tentunya dengan bahan kayu khusus. Contoh dari kayu yang biasa digunakan untuk tempat tidur adalah kayu jati. Namun, limbah kayu juga bisa digunakan sebagai bahan baku tempat tidur.


4. Miniatur Mainan

Miniatur Mainan

Selain dapat diolah menjadi berbagai bentuk di atas, limbah kayu juga bisa diolah menjadi miniatur mainan. Tidak jarang mainan dari limbah kayu ini bernilai fantastis. Biasanya miniatur mainan ini bisa dihargai dengan mahal jika tingkat kerumitan pembuatannya tinggi.

Baca Juga: Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas


5. Slebor Sepeda Ontel

Slebor Sepeda Ontel

Slebor pada sepeda ontel biasanya memiliki fungsi untuk mencegah air atau kotoran tidak mengenai bagian lain pada sepeda. Dengan adanya slebor yang berbahan dasar kayu ini selain terlihat elegan juga membuat slebor sangat mudah untuk dibersihkan.


Kerajinan Dari Kayu Jati

Berbicara tentang kayu jati, tentu akan teringat dengan daya tahan kayu yang sangat kuat sehingga menjadi bahan baku furniture. Tidak cukup hanya menjadi bahan furniture, kayu jati ini juga bisa menjadi kerajinan. Berikut di bawah ini adalah kerajinan dari kayu jati.

1. Tempat Alat Tulis

Tempat Alat Tulis

Salah satu alat yang dapat membantu alat tulis kantor menjadi lebih rapi adalah tempat alat tulis. Bahan untuk membuat tempat alat tulis bermacam-macam, akan tetapi yang digunakan di sini adalah kayu jati. Selain kuat, kayu jati juga dikenal lentur sehingga bisa dibuat berbagai macam kerajinan.


2. Asbak

Asbak Dari Bambu

Kayu jati bisa dibuat berbagai macam kerajinan, salah satunya adalah asbak. Pembuatan asbak dengan menggunakan kayu jati sebenarnya merupakan hal yang bisa menginspirasi untuk menjadi peluang usaha.


3. Kotak Perhiasan

Kotak Perhiasan

Biasanya agar lebih aman, perhiasan diletakkan dalam sebuah kotak. Namun kotak yang biasa menjadi letak perhiasan ini akan lebih elegan jika menggunakan kayu jati.


4. Nampan

Nampan

Fungsi dari nampan adalah untuk menjadi media untuk membawa gelas dari dapur menuju ke tempat tertentu misalnya untuk menyajikan tamu. Dengan adanya nampan yang terbuat dari kayu jati ini akan membuat nampan menjadi lebih awet.


5. Mangkuk

Mangkuk

Biasanya jika melihat mangkuk akan melihat bahan bakunya yang terbuat dari keramik atau kaca. Tetapi jika menggunakan mangkuk dari kayu maka akan terlihat ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, kerajinan dari kayu yang berupa mangkuk ini tidak mudah pecah.


Kerajinan Dari Kayu Es Cream

Salah satu limbah yang sering ditemukan di tempat sampah adalah stik es krim. Siapa sangka benda yang sederhana ini jika dikumpulkan dan diolah akan menjadi sebuah kerajinan. Untuk itu, berikut di bawah ini adalah kerajinan dari kayu es krim.

1. Lampu Hias

Lampu Hias

Salah satu kerajinan yang unik ini ternyata bisa dibuat hanya dengan bahan yang mudah, yaitu stik es krim. Dalam membuat kerajinan dari kayu ini memang membutuhkan banyak stik es krim dan juga lem untuk merekatkan beberapa stik es krim.


2. Bingkai Foto

Bingkai Foto

Sebuah benda sederhana yang berupa stik es krim ini bisa disulap menjadi sebuah kerajinan yang unik namun tetap estetik. Bingkai foto yang umumnya menggunakan kayu atau akrilik ini bisa dibuat dengan cara yang mudah yaitu dengan menggunakan stik es krim.


3. Vas Bunga

Vas Bunga

Jika melihat di luar sana, vas bunga biasanya terbuat dari keramik. Namun tidak pada vas bunga yang satu ini yang ternyata bisa dibuat dari stik es krim.


Kerajinan Dari Kayu Sederhana

Membuat kerajinan kayu memang membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, kerajinan dari kayu juga bisa dibuat dengan waktu yang singkat dan juga terbilang sederhana. Maka dari itu, berikut adalah beberapa contoh kerajinan dari kayu sederhana.

1. Tatakan Gelas

Tatakan Gelas

Kemunculan tatakan gelas yang terbuat dari kayu ini bisa menjadi inspirasi untuk membuat kerajinan dari kayu. Membuat karya seni ini tidak membutuhkan banyak biaya, hanya tinggal menggunakan kayu yang dipotong kemudian dipernis.


2. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Selain dapat membuat tatakan gelas, inspirasi untuk membuat kerajinan dari kayu bisa didapat dari gambar di atas. Gantungan kunci sebenarnya merupakan salah satu aksesoris yang simpel. Selain bentuknya yang simpel, pembuatannya juga bisa terbilang simpel.


3. Pembuka Tutup Botol

Pembuka Tutup Botol

Umumnya jika kita temukan pembuka tutup botol yang ada biasanya terbuat dari besi atau alumunium. Bahan tersebut dinilai cepat rusak dan cepat berkarat. Untuk itu, pembuka tutup botol dari kayu ini bisa menjadi inspirasi untuk membuat kerajinan dengan bahan dasar kayu yang sederhana.


4. Tasbih

Tasbih

Untuk yang beragama Islam, tasbih merupakan salah satu sarana untuk berdzikir. Banyak orang yang membutuhkan tasbih ini untuk kebutuhan beribadah. Membuat tasbih dengan bahan kayu ini bisa menjadi salah satu ide dalam membuat kerajinan dari kayu.


Penutupan

Kayu menjadi salah satu bahan alam yang seakan tidak pernah habis. Hal tersebut dikarenakan Indonesia yang mana merupakan negara tropis selalu saja akan ada banyak pohon tertanam. Pepohonan ini sering diolah lagi setelah berumur cukup tua menjadi banyak kerajinan dari kayu.

Beberapa di antaranya sudah disampaikan di atas. Untuk yang ingin mencoba cara yang mudah, bisa menggunakan stik es krim terlebih dahulu. Stik es krim sangat mudah untuk didapatkan terutama bisa dibeli di warung jika susah untuk mengumpulkan banyak stik es krim.

Tidak hanya itu, kayu jati juga bisa menjadi inspirasi untuk membuat peluang usaha. Daya jual kayu jati yang terbilang mahal ini bisa mendatangkan keuntungan bagi para pengrajin di seluruh Indonesia.

Kerajinan dari Kayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.