24+ Kerajinan dari Plastik, Ide Sangat Kreatif Bisa Bernilai Jual Tinggi

Kerajinan dari Plastik – Limbah plastik memang menjadi permasalahan yang cukup mengerikan, pasalnya bisa mengkontaminasi lingkungan dengan buruk. Sehingga bisa berpengaruh pula pada rantai makanan manusia.

Maka dari itu, daur ulang dan membuat kerajinan dari plastik menjadi ide yang bagus untuk penyelamatan bumi dan sekaligus lingkungan.  Berbagai macam plastik bisa digunakan untuk banyak ide kreatif, mulai dari dekorasi taman, peralatan rumah tangga seperti sapu hingga kursi sandaran dan lain sebagainya.

Kualitasnya pun bisa dibilang cukup bagus, tangguh dan awet. Bahkan akan memungkinkan pula dimanfaatkan kembali secara kreatif untuk berbagai tujuan. Dengan begitu banyaknya limbah plastik tersebut, maka hendaknya banyak orang lebih tanggap untuk memanfaatkannya menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Apabila tertarik untuk mengkreasikannya, maka beberapa contoh berikut bisa menjadi inspirasi dalam pembuatannya. Yuk simak ulasan menarik di bawah ini.


Bisakah Plastik Dijadikan Kerajinan?

Bisakah Plastik Dijadikan Kerajinan

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, bisakah plastic dijadikan sebagai kerajinan tangan? Tentunya bisa. Ada banyak sekali kerajinan tangan satu ini yang bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna lebih dan bahkan bisa bernilai ekonomi tinggi. Dengan mendaur ulang sampah ini, seseorang sudah melakukan dua misi sekaligus, yakni menjaga lingkungan dan menghasilkan uang.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, dikarenakan bahan yang dibutuhkan banyak disekitar rumah atau lingkungan tempat tinggal. Semuanya kembali pada tingkat kreativitas seseorang dalam mengolah sampah plastic menjadi sesuatu yang unik dan mampu dimanfaatkan  dalam keseharian. Ada banyak industry rumahan yang saat ini sudah mulai menekuni usaha ini.


Sampah Plastik Untuk Daur Ulang

Untuk membuat kerajinan dari plastik, tentunya ada banyak jenisnya yang bisa dipilih. Berbagai limbah plastik ini bisa dikategorikan untuk dijadikan kreasi yang lebih bernilai estetika tinggi. Mulai dari sampah botol plastik, kantong belanja, sedotan plastik dan lain sebagainya. Hal ini nantinya bisa disesuaikan berdasarkan ide yang ingin di kreasikan.

Limbah sampah plastik sangat bagus apabila di daur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat. Pasalnya bisa mengurangi pencemaran lingkungan dan juga menghindarkan tubuh dari bahaya yang ditimbulkannya. Hal baik lainnya yang bisa didapatkan adalah mampu menghasilkan pendapatan tambahan bagi para pengrajinnya. Tertarik ingin mencobanya?


Contoh Kerajinan Tangan dari Plastik

Jika ingin membuat kerajinan dari plastik, ada banyak contoh kreasi yang bisa dijadikan inspirasi. Tentunya bisa dilakukan dengan mudah dan cocok untuk mengisi waktu luang. Berikut inilah beberapa contohnya, yaitu antara lain:


1. Bunga Matahari Plastik

Bunga Matahari Plastik

Kerajinan dari plastik yang pertama adalah kreasi bunga matahari. Tentunya membuat benda cantik ini sangatlah mudah dan cocok untuk dekorasi rumah. Persiapkan sedotan plastik bekas, lem, gunting dan pernak-pernik lainnya yang dibutuhkan. Barulah dirangkai menjadi sebuah bunga nan cantik.

Kreasi satu ini bisa dijadikan dekorasi untuk mempercantik rumah, hiasan ruangan hingga dijual loh. Sehingga limbah plastik tersebut bisa menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi. Keuntungan yang didapatkan juga sangat menggiurkan. Tertarik untuk mencoba membuatnya?


2. Hiasan Tutup Botol Plastik

Hiasan Tutup Botol Plastik

Siapa sangka jika tutup botol plastik bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih bermanfaat dan bernilai jual tinggi? hal ini apabila di kreasikan menjadi sebuah hiasan nan cantik. Peralatan yang dibutuhkan cukup simpel dan bahkan sangat cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang bersama si kecil loh.

Pertama, siapkan terlebih dahulu peralatannya seperti tutup botol, lem, gunting, cat warna-warni, dan dekorasi lainnya. Kemudian buat desain pola untuk hiasan dan tempelkan tutup mengikuti desain tersebut. Apabila telah tertempel dengan rapi, maka langkah berikutnya adalah mengecat sesuai keinginan. Pastikan warnanya menarik agar bisa dijual pula. Tentunya bisa menjadi sebuah ide bisnis yang menggiurkan, bukan?


3. Anting Plastik

Anting Plastik

Tidak hanya memanfaatkan tutup botol plastik, pengrajin bisa pula menggunakan kantong plastik bekas. Cara membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Sehingga sangat cocok untuk mengisi waktu liburan dan sekaligus menjadikannya sebuah ide bisnis.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah anting-anting, kantong plastik bekas, cat warna-warni, gunting, lem dan manik-manik. Kemudian barulah membuat pola dan desain sesuai keinginan, potong mengikuti polanya dan cat dengan warna kesukaan. Setelah itu, baru rekatkan pada anting dan hias dengan manik-manik sesuai selera. Kini anting plastik daur ulang yang sangat cantik sudah siap untuk digunakan.


4. Tanaman Hias dari Plastik

Tanaman Hias Dari Plastik

Selain mengubah kantong plastik bekas menjadi sebuah anting nan cantik, ternyata bisa pula dikreasikan menjadi sebuah tanaman hias loh. Kerajinan dari plastik satu ini sangat cocok untuk memperindah tampilan ruangan yang ada. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun cukup simpel dan mudah dicari.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan menyiapkan kantong plastik bekas, gunting, cat, spidol, dan pernak-pernik dekorasi lainnya. Gunting menyerupai dedaunan dan hias menggunakan spidol. Barulah rangkai seperti layaknya tanaman hias dengan menancapkannya pada pot bunga. Letakkan pada pojok ruangan dan jangan lupa untuk selalu membersihkannya agar tidak berdebu. Kini ruangan menjadi semakin menarik karena adanya hiasan satu ini.


5. Alas Cangkir dari Plastik

Alas Cangkir Dari Plastik

Kerajinan dari plastik lainnya yang bisa dibuat adalah tatakan atau alas cangkir yang cantik. Barang satu ini bisa dibuat dari bekas kantong plastik atau map dokumen yang sudah tidak terpakai. Pastikan untuk memilihnya berdasarkan motif yang menarik. Sehingga nantinya akan cantik apabila dijadikan alas untuk cangkir.

Langkah pembuatannya sangat mudah, yaitu pertama siapkan plastik motif, gelas gunting dan pernak pernik lainnya. Barulah buat pola tatakan atau alas dengan mengacu pada ukuran gelas. Gunting pola berbentuk lingkaran dan hias sesuai keinginan secantik mungkin. Kini bisa digunakan dan menjadi barang yang bernilai estetika.

  60+ Kerajinan dari Stik Es Krim yang Unik dan Memiliki Nilai Jual

6. Celengan Koin dari Plastik

Celengan Koin Dari Plastik

Ingin menabung di dalam celengan dengan memanfaatkan bahan bekas? maka ide kreasi kerajinan dari plastik satu ini bisa dijadikan inspirasi. Peralatan yang dibutuhkan yaitu botol plastik bekas, lem, gunting, cat, manik-manik sesuai selera. Untuk cara pembuatannya pun sangat mudah dan simpel sehingga bisa dilakukan oleh semua orang, baik dewasa hingga anak-anak.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunting botol plastik bekas sesuai keinginan. Kemudian barulah dirangkai menjadi bentuk binatang dan beri lubang koing pada sisi atas. Lakukan pengecatan dengan warna favorit dan tambahkan sedikit manik-manik untuk menambah hiasan agar semakin cantik.


7. Mainan Helikopter dari Plastik

Mainan Helikopter Dari Plastik

Membuat mainan untuk si kecil memang bukan hal yang mudah, pasalnya dibutuhkan kreativitas yang cukup tinggi. Salah satu kreasi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kerajinan dari plastik dan mengubahnya menjadi mainan yang layak. Selain bisa mengisi waktu luang bersama anak-anak, tentunya mampu menghemat budget.

Pembuatannya sangat mudah, yaitu cukup dengan menggunting sesuai pola helikopter dan merekatkannya agar terbentuk sempurna. Tambahkan pengecatan sesuai selera agar mainan semakin menarik dan bernilai jual tinggi. Disamping itu, hal ini bisa meningkatkan kreativitas anak dalam memahami warna.


8. Pot Daur Ulang dari Plastik

Pot Daur Ulang Dari Plastik

Kerajinan dari plastik selanjutnya yaitu pot tanaman daur ulang. Tentunya hal ini dilakukan untuk menjaga pencemaran lingkungan dan sekaligus memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna. Apalagi sangat cocok untuk para pecinta tanaman yang tidak ingin mengeluarkan budget lebih untuk membeli pot, ini menjadi solusi yang tepat.

Cukup persiapkan kantong plastik dan botol bekas, kemudian gunting dan rekatkan sesuai pola pot tanaman. Barulah hias sesuai keinginan dengan mengecat dan menempelkan beberapa dekorasi yang menarik. Dijamin pot daur ulang terlihat sangat cantik dan tidak ketara berasal dari barang bekas.


9. Mangkuk Buah dari Plastik

Mangkuk Buah Dari Plastik

Selain mendaur ulang menjadi pot tanaman, namun bisa pula dijadikan mangkuk buah nan mewah. Dengan hanya menyiapkan plastik bekas dan solder, tentunya barang satu ini bisa dibuat secara mudah. Namun berhati-hatilah saat menggunakan alat listrik satu ini agar tidak terkena tangan dan menyebabkan kulit melepuh.

Pastikan telah mengumpulkan alat dan bahannya, kemudian barulah digunting menjadi sebuah mangkuk. Solder secara menyeluruh dan buat bulatan-bulatan kecil untuk memberikan aksen hiasan yang menarik. Kini masukkan buah-buahan seperti anggur, kelengkeng, jeruk dan lain sebagainya pada mangkuk dan siap untuk disajikan di meja tamu. Sangat menarik bukan?


10. Kerajinan Wayang Binatang dari Plastik

Kerajinan Wayang Binatang Dari Plastik

Kreativitas tanpa batas memang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dari plastik. Seperti halnya barang daur ulang satu ini, tentunya pengrajin harus memiliki ide yang cemerlang untuk membuatnya. Bahkan bisa dibilang kerajinan wayang dengan bentuk binatang ini bisa menarik perhatian banyak orang, baik dewasa maupun anak-anak sekalipun.

Untuk membuat barang satu ini hanya membutuhkan alat dan bahan yang cukup simpel. Pertama yang harus disiapkan adalah berupa plastik, sedotan bekas, gunting, lem, dan bahan dekorasi lainnya. Barulah gunting dan bentuk plastik bekas tersebut menyerupai binatang yang diinginkan. Jangan lupa untuk merekatkannya dengan lem dan menghiasnya  semenarik mungkin.


11. Tas Daur Ulang 

Tas Daur Ulang 

Siapa bilang limbah tidak bisa diolah menjadi benda yang bermanfaat? hal ini bisa dilihat dari pemanfaatan plastik menjadi sebuah tas nan cantik loh. Proses daur ulang satu ini pun sangat mudah dilakukan. Pengrajin hanya memerlukan plastik bekas, lem, gunting, serta jarum dan benang untuk menjahitnya agar semakin kuat.

Pilihan corak dan motifnya pun bisa disesuaikan dengan limbah plastik yang telah dipilih. Pastikan telah memilih warna dan model yang menarik. Sehingga selain bisa digunakan untuk pergi ke kondangan, maka tas daur ulang satu ini pun bisa dijual dengan nilai cukup tinggi. Tertarik untuk menjadikannya ide bisnis?


12. Keranjang Sampah dari Plastik

Keranjang Sampah Dari Plastik

Bingung mencari keranjang yang sesuai dengan keinginan? maka inilah saat yang tepat untuk mendaur limbah plastik di rumah dan menjadikannya barang yang bermanfaat. Untuk membuat keranjang, tentunya diperlukan plastik yang cukup kokoh dan bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya. Sehingga nantinya kualitas barang yang dibuat cukup baik dan awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Persiapkan plastik bekas, gunting, lem perekat dan lain sebagainya untuk membuat keranjang nan cantik. Kemudian buatlah pola dan kerangka untuk keranjang dan baluti dengan plastik tersebut. Pastikan pula telah merekatkannya dengan lem agar semakin kuat dan juga kokoh. Bila perlu lakukan pengecetan pada sisi kanan kiri agar membuatnya nampak lebih menarik.


13. Karpet Warna-Warni dari Plastik

Karpet Warna Warni Dari Plastik

Ingin membuat tampilan rumah semakin menarik dengan kerajinan dari plastik? sepertinya ide kreasi karpet warna-warni bisa dijadikan solusi terbaik. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan menyatukan plastik bekas dengan beragam warna membentuk sebuah tikar atau karpet. Selain itu, sesuaikan pula dengan ukuran yang diinginkan

Pembuatan karpet dengan bahan daur ulang dan warna yang beragam ini tentunya bisa mempercantik ruangan, menghemat budget, serta menyelamatkan lingkungan loh. Maka dari itu pastikan untuk mengasah kreativitas lebih dalam lagi untuk mengubah limbah menjadi barang yang lebih bermanfaat.


14. Wadah Cemilan dari Plastik

Wadah Cemilan Dari Plastik

Bingung mencari tempat cemilan yang unik tapi tidak menghabiskan banyak dana? maka membuatnya dari plastik bekas bisa menjadi jawabannya. Alat dan bahan yang perlu disiapkan yaitu berupa botol plastik bekas, gunting, lem tembak, kain perca atau pita, dan manik-manik sebagai bahan dekorasi.

Pilihlah botol plastik bekas yang tidak terlalu kecil ataupun besar, kemudian gunting sesuai keinginan. Barulah rekatkan dengan bahan dekorasi lainnya dan satukan menjadi bentuk wadah yang tersusun layaknya menara. Bila sudah selesai, kini wadah cemilan bisa diisi berbagai macam permen, cokelat hingga keripik untuk menyambut tamu loh. Sangat menarik bukan?


15. Gaun Kantong Plastik dari Plastik

Gaun Kantong Plastik Dari Plastik

Di samping mendaur ulangnya menjadi sebuah wadah makanan, plastik bekas bisa juga diolah menjadi gaun yang sangat cantik. Bahan yang diperlukan yaitu seperti kantong plastik bekas, alat jahit, manik-manik, lem dan alat pemotong seperti gunting. Pembuatan barang satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang untuk mengisi waktu luangnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat pola dan desain baju sesuai keinginan. Kemudian lakukan pemotongan pola menggunakan gunting dan satukan dengan alat jahit. Apabila telah selesai membentuk sebuah gaun, maka langkah terakhir adalah menempelkan manik-manik agar pakaian semakin indah dipandang.


16. Lampion Cantik dari Plastik

Lampion Cantik Dari Plastik

Berikutnya adalah kerajinan dari plastik yang pastinya akan membuat banyak mata terpukau. Barang satu ini bisa dibuat dari kumpulan botol dan tutup plastik bekas yang bisa disesuaikan tergantung keinginan. Ide kreasi ini bisa dibilang cukup cemerlang, pasalnya harga lampion asli tergolong sangat mahal. Jadi dengan adanya kreasi ini bisa menghemat budget tapi tetap mampu mempercantik ruangan yang ada.

  20+ Kerajinan dari Kayu Dengan Berbagai Jenis yang Bernilai Jual Tinggi

Pastikan untuk memilih botol dan tutup plastik yang berwarna netral agar bisa dicat sedemikian rupa hingga berwarna-warni. Barulah digunting sesuai pola yang dibuat dan direkatkan hingga membentuk lampion seperti pada umumnya. Kemudian atur dengan rapi dan beri bohlam di dalamnya.


17. Payung Pelangi dari Plastik

Payung Pelangi Dari Plastik

Musim penghujan telah tiba, itu tandanya harus mempersiapkan peralatan tempur untuk menghindarkan tubuh dari kehujanan. Salah satu barang yang sangat dibutuhkan yaitu payung. Namun terkadang harga barang satu ini cukup mahal dan tidak terjangkau oleh para mahasiswa rantau. Maka dari itu, kerajinan dari plastik untuk membuat payung sangatlah disarankan untuk dilakukan.

Dalam proses pembuatannya sendiri, alat dan bahan yang diperlukan yaitu plastik bekas snack, lem, gunting, alat jahit, kerangka payung bekas dan bahan dekorasi lainnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memotong plastik sesuai pola, kemudian merekatkannya agar membentuk penutup payung. Setelah itu, rekatkan pada rangka payung dengan lem dan jahit pada kedua sisinya. Kini payung daur ulang pun telah selesai dibuat dan bisa digunakan dengan baik.


18. Kotak Pensil dari Plastik

Kotak Pensil Dari Plastik

Barang kerajinan dari plastik yang selanjutnya adalah kotak pensil. Untuk membuatnya tergolong cukup mudah, pasalnya hanya perlu menyiapkan plastik bekas snack, gunting, alat jahit dan lain sebagainya. Kemudian barulah plastik dipotong sesuai pola dan direkatkan membentuk kotak pensil sesuai keinginan. Bila perlu, berikan pula tambahan hiasan sebagai dekorasi agar tampak lebih menarik.


19. Lampu Hias dari Gelas Plastik

Lampu Hias

Kerajinan pertama yang bisa dijadikan inspirasi adalah lampu hias dari plastic. Mungkin sudah ada yang pernah melihat kerajinan semacam ini bukan? Namun lampu hias biasanya terbuat dari bahan tertentu dengan harga yang tinggi tentunya. Nah, ternyata plastic bisa dijadikan sebuah lampu hias lho. Dengan memanfaatkan plastic bekas, lampu hias gantung sudah bisa dibuat.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menyiapkan plastic bekas berwarna putih atau lainnya. Setelah itu gunting dan sisakan pegangan sedikit agar bisa direkatkan nantinya. Susunlah dengan cara menempel sendok yang digunting hingga membentuk sebuah lingkaran. Lakukan hingga membentuk sebuah kurungan yang akan mengelilingi lampu nantinya.


20. Tempat Pensil dari Botol Plastik

Tempat Pensil

Pastinya seseorang tidak ingin kan kalau peralatan seperti pensil, spidol, dan sebagainya  berantakan dan berceceran di meja belajar bukan? Jika ya, kerajinan tangan satu ini bisa menjadi solusi. Tempat pensil dari plastic. Jadi siapapun yang memiliki plastic bekas seperti tempat sampo bekas bisa memanfaatkannya menjadi tempat pensil.

Botol shampo bekas yang dimanfaatkan bisa merek apapun ya. Pastikan botol shampo yang digunakan ini sudah tidak memiliki isi ya. Dalam membuat tempat pensil ini, alat yang perlu dipersiapkan ada alat pemotong, stiker, dan juga lem. Potong botol shampo sesuai karakter yang diinginkan, lalu tempeli lah stiker sesuai keinginan dan hias sesuka hati.


21. Boneka Sumo dari Botol Plastik

Boneka Sumo

Membuat mainan yang lucu tapi memanfaatkan barang bekas  juga bisa dibuat dengan menggunakan botol plastic bekas. Botol plastic yang habis pakai dengan dibuang yah, karena itu bisa dimanfaatkan menjadi  mainan berupa penguin yang lucu. Bentuk botol yang memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan tubuh beberapa boneka seperti sumo  menjadikan botol bekas sangat cocok digunakan.

Selain ramah lingkungan, boneka dari botol plastic pun tidak kalah menariknya lho. Cukup sediakan botol bekas, kain perca, cat warna, lem dan juga gunting. Buatlah pola terlebih dahulu setelah membagi dua botol lalu merapatkan keduanya dengan menggunakan lem tembak. Barulah setelah itu, hias dengan menggunakan kain perca hingga menyerupai sumo.


22. Pot Bunga dari Botol Plastik

Pot Bunga 1

Sudah banyak sekali produk pot bunga yang memanfaatkan plastic bekas sebagai bahan utamanya, termasuk juga pot bunga. Bahkan sudah ada produsen pot yang lebih memilih mendaur ulang sampah plastic menjadi pot bunga dan telah dihias sedemikian rupa agar lebih menarik. Bagi siapapun yang tertarik, bisa membuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan plastic bekas yang ada di rumah.

Jenis plastic yang bisa digunakan bisa berupa jirigen bekas, gallon bekas, maupun plastic lain. Setelah memotong sesuai dengan ukuran tanaman yang akan ditanami, selanjutnya bisa dilakukan pengecetan agar pot semakin cantik dan juga lebih berwarna.


23. Tas Belanja dari Plastik

Tas Belanja

untuk menghemat dan mengurangi penggunaan kantong plastic, seseorang bisa memanfaatkan  gelas bekas minuman sebagai  bahan untuk membuat keranjang belanjaan. Pastinya, bagi siapapun yang hendak ke pasar membutuhkan sebuah wadah untuk menaruh barang belanjaan. Solusi yang ditawarkan untuk mengurangi penggunaan sampah plastic ya dengan menggunakan keranjang ini.

Caranya cukup kumpulkan sekitar 50 gelas plastic seperti bekas teh, lalu kemudian gunting pada bagian kepalanya. Anyamlah hingga menyerupai  sebuah keranjang. Agar menambah kesan seninya, bisa dengan mewarnai atau melapisinya dengan kain perca ataupun penghias lainnya yang sesuai dengan gaya si pemakai.


24. Kerajian Dompet dari Botol Plastik

Kerajian Dompet Dari Plastik

siapa yang mampu membayangkan dompet dari plastic ini? Meskipun jarang yang menggunakannya sehari-hari, dompet plastic ini terbilang unik untuk untuk digunakan. Bisa digunakan untuk menyimpan uang koin maupun uang kertas lalu menaruhnya di lemari agar tidak tercecer. Atau bisa juga menjadikan sebagai hiasan di meja belajar atau di mana pun.

Pembuatannya pun terbilang mudah dan murah, hanya diperlukan resleting sebagai alat perekat dan juga plastic khusus tentunya. Gunting plastic sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan, bisa persegi panjang, bulat maupun bentuk lainnya. Setelah itu, rekatkan keduanya dan jahit atau lem kedua sisi plastik dengan menyertakan resleting sebagai penengahnya.


Penutupan

Demikian informasi mengenai beberapa ide dan kreasi untuk kerajinan dari plastik paling mudah dibuat. Tentu dengan adanya daur ulang ini bisa mengurangi sampah dan bisa membuatnya jadi barang yang lebih bermanfaat. Bahkan bila beruntung bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan loh.

Para pengrajin limbah plastik ini bisa memanfaatkannya menjadi berbagai hal, mulai dari tas unik, tempat pensil, pot tanaman, mainan anak, alas tikar, dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilakukan sesuai kreativitas dan juga kebutuhan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Kerajinan dari Plastik

Tinggalkan komentar