10+ Kerajinan dari Sisik Ikan yang Mudah dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Sisik Ikan

Kerajinan dari Sisik Ikan – Masyarakat Indonesia tentu akrab dengan hasil laut. Bentuk negaranya yang kepulauan menghasilkan ikan yang sangat melimpah. Hal ini membuat masyarakat kian kreatif dalam memanfaatkan produk ikan. Bukan hanya daging dan kulitnya yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan, namun limbah ikan juga. Salah satunya adalah sisik ikan. Banyak yang belum tahu bahwa kerajinan dari sisik ikan ini sudah ada lama.

Bahkan, sudah banyak yang diekspor ke luar negeri. Ya, sisik ikan ternyata juga bisa dibuat kreasi menjadi barang kerajinan. Memang lazimnya, sisik ikan yang kadang berbau amis ini hanya akan dibuang. Namun di tangan para perajin terampil, barang-barang kerajinan dengan nilai seni bisa dihasilkan dari limbah ini.

Dengan sedikit kreativitas, sisik ikan ini bisa menjadi barang bernilai seni tinggi. Bahkan nilai ekonomi pun juga bisa meningkat. Beberapa ide berikut memang membutuhkan teknik dan keahlian khusus. Tapi beberapa diantaranya juga bisa langsung dicoba di rumah. Berikut beberapa ide untuk membuat kerajinan dari sisik ikan.


Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Aksesori

Salah satu ide kerajinan dari sisik ikan adalah aksesori. Termasuk diantaranya, aksesori yang menempel di tubuh dan  busana. Semuanya mampu memberi nilai estetis bagi penggunanya, sehingga memiliki daya tarik tinggi bagi yang melihat. Berikut beberapa ide aksesori yang bisa dibuat dari sisik ikan Berikut aksesori yang bisa dibuat dari sisik ikan.

1. Anting-anting

Anting Anting

Aksesori yang terbuat dari kerajinan sisik ikan yang paling sering ditemui adalah anting-anting. Untuk membuat anting-anting, pilih sisik ikan yang cukup tebal agar kuat. Sisik ikan kakap bisa dipilih karena memiliki tekstur yang tebal dan kuat. Sebelumnya olah dulu sisik ikan agar siap dipakai. Pertama, rendam sisik ikan dengan sabun cuci selama 2 jam.

Bilas, lalu rendam lagi dengan campuran jus jeruk nipis dan air selama 2 jam. Hal ini bermanfaat supaya bau amis hilang. Setelah itu, keringkan. Sisik ikan bisa langsung digunakan atau diwarnai agar lebih menarik. Bahan tambahan yang diperlukan adalah kait anting. Selanjutnya buat bentuk atau pola anting di atas kertas misalnya lonjong, segitiga, cinta, dan sebagainya.

Letakkan sisik ikan mengikuti pola di atas kertas, lalu lem satu per satu menggunakan lem tembak. Satu tip,  hindari penggunaan lem tembak berlebihan agar hasilnya terlihat rapi. Angin-anginkan sebentar agar kering alami. Anting dari sisik ikan siap  dikenakan.


2. Bros Unik

Bros Unik

Ide kerajinan dari sisik ikan selanjutnya adalah bros. Membuat sendiri bros untuk dikenakan di kerudung maupun busana tentu lebih unik. Agar bros buatan sendiri menjadi lebih menarik, diperlukan sisik ikan yang berwarna. Mewarnai sisik ikan membutuhkan ketelitian. Caranya, rebus air hingga hangat bersama campuran larutan benzoat yang bermanfaat sebagai pengawet.

Tambahkan cat tekstil. Lalu, masukkan sisik ikan ke dalam panci rebusan tersebut. Pastikan air tidak mendidih karena bisa membuat sisik ikan matang. Hal ini akan membuat sisik menempel satu sama lain. Matikan kompor dan biarkan sisik ikan direndam larutan selama 20 menit. Saring dan keringkan sisik ikan secara alami, agar tidak bengkok.

Langkah selanjutnya sama seperti membuat anting di atas. Buat pola gambar di kertas, lalu susun sisik ikan mengikuti pola. Kemudian, mulai lem tiap sisik dengan lem tembak. Bisa juga tambahkan aksesori pelengkap lain seperti mutiara, agar bros menjadi lebih menarik. Setelah semuanya menempel sempurna, lakukan sentuhan akhir menggunakan pernis.


3. Kalung Elegan

Kalung Elegan

Sisik ikan kakap yang memiliki tekstur alot dan keras sangat cocok untuk dipakai sebagai bahan kalung. Warna alami sisik ikan umumnya putih tulang yang manis. Hal ini disebabkan karena kandungan fosfor dan kalium di dalamnya. Jika ingin diwarnai, sebaiknya pilih pewarna dari bahan alami. Karena kandungan mineral dari sisik ikan mampu menyerap warna secara sempurna dari bahan alami.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna sisik ikan antara lain kunyit, kayu secang, dan ampas kayu besi. Bisa juga menggunakan daun jambu dan kulit bawang merah. Bahan-bahan alami ini ternyata mampu menghasilkan gradasi warna yang lembut dan elegan. Untuk membuat kalung, pastikan memilih bentuk dan ukuran sisik ikan yang sama.

Bahan tambahan lain seperti jarum, digunakan untuk membuat lubang kecil pada sisik ikan. Kait juga diperlukan untuk menghubungkan sisik.. Pilih ukuran kait sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu, lubangi masing-masing sisik di tempat yang sama satu dengan lainnya. Lanjutkan dengan mengaitkan masing-masing sisik sesuai pola. Olesi pernis jika diperlukan.

  30+ Kerajinan dari Limbah, Cocok di Jadikan Sebagai Bisnis Rumahan

Baca Juga: Kerajinan Dari Kain Flanel


4. Jepit Rambut

Jepit Rambut

Mengenakan aksesori rambut dari sisik ikan akan membuat setiap wanita terlihat menonjol. Jepit rambut misalnya. Untuk membuat jepit rambut dari sisik ikan, persiapkan bahan-bahan berikut. Sejumlah sisik ikan yang sudah diwarnai, lem tembak dan jepit rambut polos. Sama seperti langkah sebelumnya, pola terlebih dahulu.

Untuk jenis kerajinan dari sisik ikan semacam ini, pilihlah sisik ikan yang tidak terlalu besar. Hindari sisik tebal karena akan membuat berat dan tidak nyaman jika dikenakan. Buat saja pola sisik ikan yang lurus, menggunakan sisik berwarna indah. Jika ingin membuatnya lebih rumit, pastikan jepit rambutnya besar dan kuat. Jepit rambut yang terbuat dari logam cocok untuk kerajinan seperti ini.

Bentuk kelopak bunga misalnya. Jepit rambut dengan bentuk kelopak bunga memerlukan jepit polos yang kokoh. Begitu pula sisik ikan yang tidak terlalu besar maupun berat. Pastikan menyusun satu per satu dengan seksama. Gunakan lem tembak dengan bijak. Keringkan lapisan pertama secara alami agar semua melekat sempurna. Setelah kering, lapisan berikutnya bisa dikerjakan.


5. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Gantungan kunci merupakan aksesori yang sangat digemari. Benda ini bisa digantung di kunci motor, kunci rumah, atau di tas dan dompet. Gantungan kunci juga merupakan barang yang jamak dijadikan souvenir. Karenanya, tak salah jika para perajin tangan dari sisik ikan membuat barang ini sebagai salah satu kerajinan yang mudah dijual.

Untuk membuat gantungan kunci, buat pola atau desain terlebih dahulu. Pastikan pola sederhana agar antar sisik tidak mudah lepas. Untuk membuat gantungan kunci yang lucu, pilihlah sisik ikan dengan banyak warna agar menarik. Bahan tambahan lain yang diperlukan hanyalah kait gantungan kunci polos.

Sama seperti membuat aksesori lain, langkah pertama adalah membuat pola. Setelah itu, susun sisik ikan di atas pola. Tempel sisik ikan menggunakan lem tembak. Angin-anginkan sebentar agar kering alami. Kemudian pasang kait gantungan kunci polos di belakang pola sisik ikan. Pastikan kait dan sisik ikan menyatu sempurna agar tidak mudah lepas. Gantungan kunci unik tiada duanya siap dikenakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Limbah Organik


6. Gelang Cantik

Gelang Cantik

Untuk membuat gelang dari sisik ikan, bahan yang diperlukan adalah sisik ikan berukuran kecil. Pilih sisik dengan bentuk yang sama. Kemudian, buat pola lebih dulu menggunakan kertas. Siapkan juga senar sebagai dasarnya. Lubangi sisik ikan di tempat yang sama, lalu rangkai dengan senar yang sudah disiapkan. Penuhi sisik ikan hingga separuh dulu dan pastikan senar bisa ditarik melingkar.

Lakukan sisi sebaliknya hingga penuh. Kemudian, gabungan kedua sisi setengah lingkaran tadi perlahan. Hindari menumpuk terlalu banyak sisik ikan di sehelai senar. Jika ingin membuat pola gelang yang lebih rumit, gunakan media lain. Misalnya gelang metal polos dengan lebar yang cukup untuk dihias dengan sisik ikan. Tempel sisi luar gelang ini dengan sisik ikan berwarna agar lebih menarik.


Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Hiasan Rumah

Kerajinan dari sisik ikan tidak hanya berbentuk aksesori tubuh saja. Hiasan rumah berupa pajangan juga bisa dibuat dari sisik ikan. Barang-barang kerajinan ini memiliki nilai estetis, karena mampu membuat rumah menjadi lebih indah. Di luar negeri, barang kerajinan tangan yang memanfaatkan sisik ikan ini bisa dijual mahal karena dianggap bernilai seni tinggi. Berikut beberapa ide hiasan rumah dari sisik ikan.

1. Lampu Hias

Lampu Hias

Memanfaatkan sisik ikan untuk membuat lampu hias membutuhkan ketelitian. Begitu pula jumlah bahan dan waktu yang lebih banyak. Namun bukan tidak mungkin dilakukan. Yang pertama harus diperhatikan adalah pemilihan bahan sisik ikan. Pastikan memilih yang tipis namun kuat. Pilih juga yang tidak terlalu berat karena fungsinya adalah untuk digantung di atas ruangan.

Untuk membuat lampu hias sebagai kerajinan dari sisik ikan, dibutuhkan ukuran sisik yang sama. Kemudian tentukan juga bentuk atau pola lampu yang diinginkan. Bentuk lampu hias yang sederhana tentu beda tingkat kesulitannya dengan bentuk yang rumit. Misalnya bentuk kaca kristal. Makin kompleks bentuknya, makin rumit pula cara membuatnya. Tentu saja harga jual juga makin tinggi.

Lampu hias yang menggunakan sisik ikan umumnya dibuat dengan dua warna atau gradasi warna yang selaras. Meski rumit, siapapun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Pertama, siapkan bahan bakunya yaitu sejumlah sisik ikan dengan ukuran besar. Pilih sisik ikan dengan warna yang diinginkan. Persiapkan pula peralatan tambahan seperti benang nilon atau tali. Bahan ini berfungsi menghubungkan sisik satu sama lain.

  14+ Kerajinan dari Kardus yang Mudah dan Cara Membuatnya

Buat pola lampu yang diinginkan, misalnya bola, bunga, atau kap lampu seperti pada umumnya. Pola bisa dibuat menggunakan kawat atau balon (untuk bentuk bola). Setelah pola terbentuk, mulai lem satu per satu sisik dengan hati-hati menggunakan lem tembak. Pastikan semuanya rapi. Jika sudah terbentuk sempurna, pasang tali ke hiasan tersebut. Usahakan tali merekat dengan sempurna.


2. Hiasan Bunga

Hiasan Bunga

Kerajinan dari sisik ikan yang bisa dibuat untuk pajangan rumah adalah hiasan bunga. Sama seperti ketika membuat aksesori, gunakan sisik ikan berwarna untuk membuat bunga. Untuk membuat pola bunga yang bertumpuk, diperlukan sisik ikan yang kuat dan berbentuk sama . Ukuran sisik menyesuaikan bentuk bunga yang diinginkan. Namun, hindari yang terlalu tebal dan berat.

Pola bunga adalah membentuk sisik ikan berlapis-lapis. karenanya, bentuk sisik yang tebal hanya akan mempersulit proses pembuatan. Gunakan pewarna alami seperti bawang merah atau kunyit agar hiasan bunga memiliki warna yang natural. Kulit bawang merah akan menghasilkan warna merah muda alami dan kunyit akan menghasilkan warna kuning muda yang ceria. Hasil yang diharapkan adalah lampu yang bisa berpendar indah dan alami.

Jika ingin membuat bunga dengan warna yang yang lebih cerah, gunakan pewarna kain. Bahan pewarna ini juga umum digunakan dalam mewarnai sisik ikan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bunga kertas juga digunakan di sini. Misalnya bahan kawat sebagai batang dan penopang bunga sisik ikan. Begiru juga dengan kertas warna, yang digunakan untuk melapisi batang bunga.

Tambahkan daun sintetis dari kertas maupun kain bekas untuk menambah kesan hijau. Bisa juga menambahkan bahan tambahan lain seperti sulur daun atau mahkota penopang bunga. Setelah bunga-bunga dari sisik ikan jadi, pasang saja di pot khusus untuk hiasan. Letakkan di ruang tamu atau keluarga untuk memperindah ruangan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kayu Bekas


3. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding

Membuat hiasan dinding dari sisik ikan jelas merupakan ide yang unik. Caranya pun relatif mudah. Pertama,siapkan kertas atau kanvas sebagai media tempel terlebih dahulu. Pastikan semua sisik ikan memiliki bentuk dan warna yang diinginkan. Susun satu per satu hingga memenuhi kertas atau kanvas. Agar lebih mengkilap, lapisi dengan pernis lalu biarkan mengering alami.

Bingkai bisa ditambahkan untuk mempercantik hiasan dinding ini. Ingin membuatnya lebih unik? Gunakan bingkai 3 dimensi. Jika menggunakan bingkai jenis ini, tak hanya media kanvas bertempel sisik ikan yang bisa dimasukkan ke dalamnya. Berbagai bentuk kerajinan 3 dimensi seperti bunga bisa dipasang di sini. Pastikan objek sisik ikan dan kanvas menempel sempurna sebelum dimasukkan ke bingkai.

Pilih juga pinggiran bingkai yang tidak terlalu tebal agar fokus perhatian ada di objek sisik ikan di dalamnya. Untuk tampilan yang lebih futuristis, pilih media kanvas berbentuk bulat, lonjong, atau berlian. Penuhi saja media dengan sisik ikan yang sudah diberi warna neon yang berkilauan. Pastikan semua sisik menempel dengan rapi. Kini, hiasan dinding siap dipasang di ruang tamu.


4. Vas Etnis

Vas Etnis

Salah satu kerajinan dari sisik ikan yang bisa dicoba bersama keluarga adalah vas bunga. Untuk membuat vas dari sisik ikan, yang pertama dilakukan adalah membuat pola. Pola bisa dibuat dari kertas karton yang kokoh. Bentuk pun bisa menyesuaikan selera. Tabung dan balok terbuka di bagian atas adalah bentuk vas yang paling umum. Membuatnya pun relatif mudah.

Setelah membuat pola, susun sisik ikan untuk memenuhi bagian luar vas. Gunakan sisik ikan yang berwarna-warna atau pakai gradasi warna agar terlihat lebih menarik. Gunakan lem tembak untuk membuat sisik ikan dan vas karton menyatu. Ingin lebih mudah? Beli saja vas polos dari bahan plastik atau keramik, lalu hias dengan sisik ikan di bagian luarnya. Vas siap dipasang di meja.

Itulah tadi berbagai ide menarik membuat kerajinan dari sisik ikan. Meski dianggap sebagai limbah, rupanya sisik ikan juga mampu menghasilkan barang-barang bernilai estetis tinggi. Barang-barang seperti hiasan dinding, lampu, maupun bunga, selain bisa mempercantik rumah sendiri, juga bisa ditawarkan karena berdaya jual tinggi. Bahkan dari ide sisik ikan sebagai hiasan dinding, bisa juga dimanfaatkan sebagai mahar perkawinan.

Menggunakan sisik ikan sebagai bahan kerajinan juga bermanfaat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. Para perajin sisik ikan bisa menambah penghasilannya  dengan menjual produk buatan tangan ini. Tak hanya meningkatkan keterampilan serta nilai ekonomi saja, pemanfaatan limbah sisik ikan juga bisa digunakan untuk kampanye daur ulang. Memanfaatkan limbah ikan juga berarti mengurangi pencemaran lingkungan akibat sisa sisik ikan.

Kerajinan dari Sisik Ikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.