30+ Kerajinan dari Tanah Liat yang Mudah dan Sederhana

Kerajinan Dari Tanah Liat

Kerajinan dari tanah liat cukup banyak mendapat ketenaran baik dari dalam maupun luar negeri. Berbahan dasar tanah liat yang disediakan oleh alam membuat harga dari kerajinan ini tidak terlalu mahal. Namun tentunya harga tersebut juga harus disesuaikan dengan bentuk serta ukuran dari kerajinan tersebut.

Tanah liat merupakan salah satu bahan baku yang umum digunakan untuk membuat sebuah kerajinan,. Hal ini bukanlah tanpa alasan, tanah liat dianggap sebagai bahan yang tepat untuk membuat sebuah kerajinan karena strukturnya yang bagus, dan tepat. Jadi tidak heran jika ada banyak sekali kerajinan dari tanah liat, mulai dari produk seni sampai produk pakai.

Mungkin untuk kerajinan dari tanah liat ini masyarakat paling banyak menemukan berbentuk sebuah guci, atau poci. Padahal sebenarnya masih banyak hal yang bisa dihasilkan dari tanah liat. Selain itu masyarakat juga masih tidak mengetahui bahwa ada banyak sekali jenis tanah liat yang ada di pasaran. Tentunya semuanya memiliki ciri khas tersendiri.

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh tanah liat ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai bahan kerajinan. Karena apabila salah dalam memilih, maka dikhawatirkan kerajinan yang hendak dibuat justru bisa hancur. Oleh sebab itu disini akan dibahas lengkap mulai dari jenis tanah liat, sampai contoh kerajinan dari tanah liat.

Kerajinan Dari Tanah Liat


Jenis Tanah Liat

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa jenis tanah liat sangat beragam, dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada beberapa yang memang cocok untuk dibuat sebagai kerajinan, dan ada juga yang kurang. Hal ini penting untuk diketahui, karena selama ini masyarakat hanya mengetahui tanah liat memiliki satu jenis saja. Lalu untuk jenis tanah liat diantaranya:

  • Earthenware, tanah liat yang memiliki beragam warna dan paling sering digunakan oleh pengrajin karena banyaknya pilihan warna tersebut. Bahkan tanah liat ini memiliki warna abu-abu, dan putih. Jenis tanah liat yang satu ini juga merupakan tanah liat pertama yang digunakan oleh pengrajin.
  • Fire Clays, untuk jenis tanah liat yang satu ini sering digunakan tidak hanya sebagai kerajinan tapi juga untuk hal lainnya. Beberapa diantaranya digunakan untuk pelindung pintu. Ada struktur unik yang dimiliki oleh tanah liat ini, yakni saat dibakar tanah liat ini akan memilih partikel biji besi di dalamnya. Namun tenang saja, teksturnya akan tetap halus.
  • Stoneware, termasuk ke dalam jenis tanah liat yang sangat elastis. Hanya saja tanah liat yang satu ini memiliki tekstur yang lebih kasar. Hal ini dikarenakan kandungan partikel butiran pasir di dalamnya. Warna asli yang dimilikinya adalah abu-abu, namun apabila temperaturnya sedikit lembab maka bisa berubah menjadi warna netral.
  • Ball Clays, bisa dikatakan bahwa tanah liat yang satu ini merupakan yang paling lentur di antara jenis tanah liat yang lainnya. Hanya saja jenis tanah liat ini tidak bisa digunakan sendiri, dan biasanya pengrajin mencampurnya dengan tanah liat lain. Warna asli dari tanah liat yang satu ini adalah abu-abu gelap, serta kandungan mineral yang dimiliki tanah liat ini sangat sedikit.
  • Kaolin Clays, jenis terakhir dan paling sering digunakan untuk membuat porselen karena mineral yang dikandungnya murni. Hanya saja tanah ini tidak terlalu lentur, sehingga sulit untuk menanganinya. Warna yang dimiliki oleh tanah liat ini umumnya adalah warna-warna terang.

Cara Memilih Tanah Liat yang Baik untuk Kerajinan

Setelah mengetahui jenis-jenis tanah liat apa saja yang ada di pasaran, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara memilih tanah liat yang baik untuk dibuat sebagai kerajinan. Tentunya hal ini harus diperhatikan dengan benar, karena hal ini akan mempengaruhi hasil akhir dari kerajinan nantinya. Berikut ini adalah cara memilih tanah liat yang baik untuk kerajinan:

  • Tanah liat tersebut memiliki tingkat liat atau lengket yang baik. Hal ini untuk memastikan bentuk dari kerajinannya tidak mudah berubah.
  • Memiliki sifat yang tahan terhadap air, sehingga tidak mudah atau bahkan sulit untuk menyerap air.
  • Memiliki warna yang solid, dan tidak terlihat memiliki warna yang pecah.
  • Untuk pemula, ada baiknya untuk memilih tanah liat yang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi.
  • Tidak mudah hancur, apalagi setelah dilakukan proses pembakaran yang sempurna. Bentuknya harus tetap solid, dan tidak mudah terpecah.

Jadi setelah mengetahui bagaimana cara memilih tanah liat yang baik untuk kerajinan, maka jangan bingung lagi untuk memilihnya. Gunakan saja tanah liat yang mudah dibentuk, serta mudah ditemukan apabila ini pertama kalinya membuat sebuah kerajinan tanah liat.


Kerajinan dari Tanah Liat Untuk Perlengkapan Dapur

Kerajinan yang buat dari tanah liat dahulunya memang banyak digunakan untuk peralatan makan. Orang-orang jaman dahulu khususnya Indonesia, menggunakan peralatan makan tanah liat karena biasanya harganya murah. Selain murah, tidak sedikit juga orang-orang yang bisa membuat sendiri peralatan makan dari tanah liat.

Namun saat ini, peralatan makan dari tanah liat sudah cukup sulit ditemukan. Saat ini peralatan tersebut hanya digunakan sebagai hiasan untuk dekorasi rumah saja. Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh kerajinan tanah liat yang berbentuk peralatan makan.


1. Piring Dan Mangkok Dari Tanah Liat

Piring Dan Mangkok Dari Tanah Liat

Piring atau mangkok dari tanah liat memang saat ini sudah sangat jarang digunakan. Gak itu dikarenakan piring dan mangkok ini sudah cukup sulit ditemui. Pengerajin tanah liat saat ini lebih fokus pada pembuatan kendi, karena peminatnya masih banyak.

Namun, jika memang sedang mencari piring dan sendok ini, masih bisa memesannya langsung kepada pengerajin tanah liat. Lalu karena membuatnya hanya sesuai pesanan, harganya pun tentunya kan sedikit lebih tinggi. Selain itu, pembelinya juga harus menunggu lebih lama untuk proses pembuatannya.  Maka dari itu, jika memang memerlukan atau menginginkan barang ini, harus menyiapkan dana dan kesabaran yang lebih.


2. Gelas Dari Tanah Liat

Gelas Dari Tanah Liat

Dilihat dari bentuknya gelas dari tanah liat memang terlihat cukup menarik. Gelas ini biasanya dapat dihias sendiri sesuai keinginan penggunanya. Selain itu, biasanya gelas tanah liat banyak digunakan oleh taman kanak-kanak. Hal ini bertujuan untuk melatih keterampilan anak pada usia dini.

  20+ Kerajinan dari Serat Alam yang Mudah dan Sederhana

Biasanya, anak anak tersebut akan diberi gelas polos lalu merekalah yang harus menghiasi gelas itu sesuai dengan kreativitasnya. Tentunya hal itu cukup memiliki banyak manfaat dalam pertumbuhan anak-anak.


3. Teko Dari Tanah Liat

Teko Dari Tanah Liat

Teko dari tanah liat biasanya dijual sepaket cangkirnya langsung. Kerajinan ini juga tentunya masih sangat cocok jika ingin digunakan sehari-hari. Tidak hanya itu, kerajinan satu ini juga sangat bisa dijadikan dekorasi rumah juga.


4. Tungku Dari Tanah Liat

Tungku Dari Tanah Liat

Dahulunya tungku dari tanah liat adalah satu-satunya alat yang digunakan untuk memasak sesuatu. Tungku ini digunakan sebagai kompor tradisional yang bahan bakarnya adalah kayu bakar. Tentunya karena semakin majunya teknologi kompor tungku ini ditinggalkan.

Namun, ada juga beberapa orang atau tempat usaha yang masih memanfaatkanya. Karena kompor ini dinilai lebih hemat daripada kompor minyak atau pun gas. Masyarakat desa yang masih takut menggunakan kompor gas pun terkadang masih menggunakan kompor tungku ini.


5. Genthong Dari Tanah Liat

Genthong Dari Tanah Liat

Gentong hasil kerajinan tanah liat biasanya dulunya banyak digunakan sebagai wadah untuk menampung air. Untuk saat ini gentong-gentong tersebut lebih sering digunakan untuk hiasan pada air mancur.

Selain itu juga, seringkali digunakan untuk menanamkan tanaman yang hidup. Gentong tanah liat ini banyak digunakan diluar lingkungan sejak dulu maupun saat ini.


Kerajinan Dari Tanah Liat Untuk Hiasan Rumah

Selain untuk keperluan rumah tangga seperti peralatan makan, kerajinan dari tanah liat juga dapat berupa dekorasi. Dekorasi tanah liat juga tentunya tidak kalah menarik dengan dekorasi kekinian saat ini.

Bahkan dekorasi yang ada saat ini juga banyak terinspirasi dari dekorasi yang berasal dari tanah liat. Berikut ini adalah beberapa dekorasi dari tanah liat yang mungkin dapat menjadi ide dekorasi bagi para pembaca.


1. Vas Bunga Dari Tanah Liat

Vas Bunga Dari Tanah Liat

Vas bunga dari tanah liat hingga saat ini masih sering digunakan oleh masyarakat. Karena bentuknya yang unik dan dapat memberikan kesan natural. Selain itu, vas bunga dari tanah liat juga banyak dijual dipasaran dengan harga yang cukup murah.

Tidak hanya orang-orang dalam negeri yang tertarik mengkoleksi vas bunga dari tanah liat ini. Wisatawan yang datang ke Indonesia pun tidak jarang juga menjadikan vas bunga ini sebagai oleh-oleh. Karena hal itu lah keberadaan vas bunga tanah liat ini harus terus dilestarikan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Limbah


2. Celengan Dari Tanah Liat

Celengan Dari Tanah Liat

Celengan dari tanah kita juga cukup banyak menarik perhatian orang-orang, terutama anak kecil. Karena saat ini celengan dari tanah liat sudah sangat disesuaikan dengan kartun kesukaan anak-anak.

Jika pada awalnya celengan hanya berbentuk ayam, saat ini celengan susah berbentuk berbagai kartun menarik. Hal ini juga ditujukan untuk menambah minat anak-anak pada celengan, agar mereka gemar menabung.


3. Kendi Dari Tanah Liat

Kendi Dari Tanah Liat

Kendi saat ini sering menjadi dekorasi di sudut-sudut rumah. Kendi tersebut dibiasanya hanya dibiarkan kosong begitu saja. Namun juga tidak jarang diisi dengan berbagai bunga-bunga plastik untuk semakin mempercantik tampilannya.

Harga kendi ini biasanya cukup mahal, namun penjualannya tidak pernah menurun. Sebaliknya, cenderung stabil dan malah mengalami peningkatan di waktu-waktu tertentu.


4. Miniatur Hewan Dari Tanah Liat

Miniatur Hewan Dari Tanah Liat

Miniatur-miniatur kecil berbentuk hewan ini juga tidak kalah laki dengan bentuk kerajinan lainnya. Bentuknya yang kecil, membuatnya sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.

Selain itu, bentuk hewan yang dijadikan miniatur ini juga cukup beraneka ragam. Mulai dari gajah, jerapah, harimau hingga monyet, sehingga tidak heran miniatur kerajinan tanah liat ini cukup diminati.


Contoh Kerajinan dari Tanah Liat Lainnya

Masuk ke pembahasan utama yakni contoh kerajinan dari tanah liat yang bisa ditemukan dengan mudah, dan banyak digunakan sebagai hiasan. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak sekali contoh kerajinan tanah liat dan biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah contoh dari kerajinan tersebut yang bisa digunakan sebagai referensi atau rekomendasi, diantaranya:


1. Guci

Guci

Pertama adalah guci, yang sudah sering dan mungkin menjadi salah satu kerajinan dari tanah liat yang paling banyak ditemukan di pasaran. Keunikan dari guci tanah liat ini adalah biasanya pengrajin menyertakan ciri khas yang dimilikinya. Misalkan pada bagian ornamen yang ada di dalam guci, maupun bentuknya yang berbeda dari kebanyakan.

2. Vas Bunga

Vas Bunga

Kerajinan tanah liat selanjutnya adalah sebuah vas bunga yang tentunya memiliki bentuk tidak kalah indah. Tidak jarang vas bunga tanah liat ini dibuat menggunakan tanah yang berjenis porselen, sehingga menghasilkan kerajinan yang sangat halus. Tentunya harga dari vas bunga tersebut sedikit tinggi, namun tentu saja hal tersebut sepadan dengan keindahan yang dimilikinya.

3. Hiasan Berbentuk Buah

Hiasan Berbentuk Buah

Ternyata tidak jarang pengrajin membuat hiasan yang memiliki bentuk unik, salah satunya adalah kerajinan tanah liat yang memiliki bentuk buah. Tentunya kerajinan ini bisa digunakan sebagai pajangan di rumah, dan bisa menambah nilai estetika di rumah. Bentuk yang ditawarkan juga beragam, dan pastinya semua bentuk tersebut memiliki keindahannya masing-masing.

Baca Juga: Kerajinan Dari Logam

4. Hiasan dengan Bentuk Hewan

Hiasan Dengan Bentuk Hewan

Selain hiasan yang memiliki bentuk buah, ada juga kerajinan dari tanah liat yang berbentuk hewan. Kerajinan dengan bentuk seperti ini umumnya sering dikatakan sebagai patung, namun bentuknya hewan bukan manusia. Biasanya cocok untuk dijadikan hiasan meja. Karena selain memberikan nilai estetika yang tinggi, hiasan ini memberikan kesan etnik yang kuat.

5. Celengan

Celengan Dari Tanah Liat

Bosan dengan celengan kaleng, ataupun plastik maka tidak ada salahnya untuk menggunakan celengan dari tanah liat. Umumnya bentuk celengan tanah liat yang paling mudah ditemukan adalah ayam, ataupun binatang lainnya. Namun terkadang ada juga yang memiliki bentuk seperti sebuah botol, ataupun kendi. Semua bentuk ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing.

6. Teko Poci

Teko Poci

Untuk kerajinan yang satu ini sepertinya sudah banyak yang mengetahuinya karena masih digunakan sampai sekarang. Hal ini dikarenakan menyeduh teh menggunakan poci dari tanah liat akan memberikan sensasi rasa yang berbeda pada teh nya. Sehingga tentunya teko atau poci tanah liat ini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

7. Cangkir

Cangkir

Tidak lengkap rasanya jika menggunakan teko tanah liat saja, tanpa menggunakan cangkirnya untuk menikmati teh. Untuk cangkir dari tanah liat ini biasanya dijual berbarengan dengan tekonya, sehingga tidak sulit untuk ditemukan. Ukuran dari cangkir tanah liat ini umumnya tidak terlalu besar, dan sangat pas untuk digenggam. Sehingga meminum teh menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

8. Piring

Piring Dan Mangkok Dari Tanah Liat

Masih dalam alat makan, kali ini ada sebuah piring dari tanah liat yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai alat makan di rumah. Selain sebagai alat makan, piring dari tanah liat ini juga bisa digunakan sebagai hiasan. Saat digunakan sebagai alat makan, jangan takut akan ada bau tanah karena semuanya diproses dengan baik.

9. Mangkok

Mangkok

Kerajinan selanjutnya adalah temannya piring, yakni mangkok. Banyak yang menggunakan mangkok dari tanah liat ini sebagai tempat penyajian makanan hangat. Hal ini dikarenakan mangkok dari tanah liat bisa mengunci suhu dari makanan, dan menjaganya tetap hangat. Bahkan ada yang memasak, dan menyajikan langsung menggunakan mangkuk yang sama sehingga cita rasanya lebih kaya lagi.

  37+ Kerajinan dari Sedotan yang Mudah dan Sederhana Dibuat

10. Sendok

Sendok

Siapa sangka jika ternyata sendok dari tanah liat ini memiliki banyak sekali ukuran, dimulai dari yang paling kecil sampai yang bisa digunakan untuk mengaduk di kuali. Katanya dulu sendok tanah liat ada yang digunakan sebagai sendok takar dalam membuat sesuatu. Seperti membuat jamu, ataupun ramuan alami untuk kecantikan dan yang lainnya.

11. Gelas

Sendok

Tidak hanya cangkir, tapi ada juga gelas yang terbuat dari tanah liat. Biasanya bentuk dari gelas ini juga beragam, sehingga selain digunakan untuk alat makan bisa juga digunakan untuk hiasan. Tenang saja sudah banyak gelas yang memiliki bentuk dan warna yang indah. Meskipun begitu, jika ingin digunakan sebagai alat makan hal tersebut tetap aman.

12. Tempat Lampu

Tempat Lampu

Sering melihat hiasan rumah yang memiliki nuansa etnik, seperti rumah jaman dahulu yang sangat khas maka mungkin itu dikarenakan ornamen tanah liat pada interiornya. Salah satunya adalah ornamen tanah liat di bagian lampu, seperti kap lampu di taman dan sebagainya. Dengan menggunakan kerajinan ini maka rumah akan mendapatkan sentuhan unik yang berbeda.

13. Patung

Patung

Selanjutnya adalah patung dari tanah liat yang biasanya dibuat dengan ketelitian tinggi, dan tentunya hanya ahli saja yang bisa menghasilkannya. Namun untuk pemula yang ingin mencoba membuat kerajinan ini tidak perlu khawatir, karena dengan seringnya latihan maka patung yang cantik bisa dihasilkan. Sehingga jangan menyerah untuk membuat sebuah patung cantik sebagai hiasan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Gips

14. Gentong

Gentong

Salah satu kerajinan dari tanah liat yang masih sering digunakan untuk menyimpan air. Orang jaman dahulu menyimpan air di gentong selama semalam untuk bisa mendapatkan air dingin secara alami. Meskipun disimpan di dalam gentong yang terbuat dari tanah liat, namun rasa airnya sama sekali tidak berubah. Sampai sekarang masih banyak orang yang melakukan hal tersebut.

15. Asbak

Asbak

Mungkin ini juga menjadi salah satu kerajinan dari tanah liat yang paling sering ditemukan, dan paling mudah untuk dibuat bahkan oleh pemula. Untuk pemula biasanya, bentuk asbak yang dihasilkan masihlah bentuk yang sederhana. Namun begitu, hal tersebut bisa terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu, dan latihan yang giat.

16. Tungku Pembakaran

Tungku Pembakaran

Ada banyak sekali fungsi yang dimiliki oleh kerajinan yang satu ini, selain untuk memasak tungku pembakaran tanah liat juga bisa digunakan untuk kecantikan. Salah satunya untuk ratus, yang merupakan salah satu perawatan kecantikan alami untuk perempuan. Jadi bisa dibilang jika kerajinan yang satu ini masih banyak tersebar di masyarakat.

17. Pot Bunga

Pot Bunga

 

Tanah liat tidak hanya bisa dibuat sebagai vas, tapi juga bisa dibuat sebagai pot bunga. Tentunya bentuk yang dimiliki juga unik, dan memiliki beragam warna. Kabarnya pot bunga dari tanah liat ini memiliki keunggulan salah satunya mampu mengunci suhu ideal yang baik bagi tanaman. Sehingga tidak heran jika kerajinan dari tanah liat ini ramai diminati.

18. Hiasan Berbentuk Daun

Hiasan Berbentuk Daun

Selain bentuk buah, ataupun hewan bisa juga digunakan untuk membuat hiasan berbentuk daun. Uniknya kerajinan ini tidak hanya bisa digunakan sebagai hiasan, tapi juga sebagai alat makan. Karena tidak jarang pengrajin membuat bentuk dari kerajinan ini melengkung, sehingga cocok digunakan sebagai piring. Jadi bisa dibilang ini adalah kerajinan yang multifungsi.

19. Tempat Lilin

Tempat Lilin

Tidak hanya sebagai tempat lampu, tapi tanah liat juga bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan lainnya yakni tempat lilin. Biasanya tempat lilin dari tanah liat ini sangat cocok digunakan untuk lilin aromaterapi. Bentuk dari tempat lilin yang indah, juga membuat kerajinan tanah liat ini cocok sebagai hiasan baik itu di ruang tamu, maupun di tempat lain.

20. Topeng

Topeng

Kolektor topeng wajib memiliki kerajinan dari tanah liat yang satu ini. Karena topeng dari tanah liat tentunya memiliki bentuk yang unik, dan bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Umumnya topeng dari tanah liat ini memiliki beragam warna yang disesuaikan dengan tema topeng. Biasanya topeng ini jarang digunakan, dan dibeli hanya sebagai barang hiasan saja.

21. Wadah Penyimpanan

Wadah Penyimpanan

Karena tanah liat memiliki sifat yang mudah dibentuk, maka tidak heran jika bentuk yang dihasilkan bisa sangat menarik mata. Seperti wadah penyimpanan ini, yang meskipun dibuat sederhana namun tetap memberikan keindahannya sendiri. Apalagi wadah penyimpanan ini memiliki bentuk yang sederhana, sehingga sangat cocok untuk segala jenis desain rumah.

22. Souvenir Lucu

Souvenir Lucu

Mungkin banyak yang belum mengetahui tapi ternyata tanah liat juga bisa dibuat menjadi souvenir lucu. Ada yang mengkreasikannya sebagai bandul kalung, ada juga yang membuatnya kotak dengan ukiran cantik. Tentunya souvenir yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ide untuk souvenir pernikahan. Sehingga souvenir pernikahannya bisa menjadi unik dan berbeda dari yang lain.

23. Tempat Korek

Tempat Korek

Korek kayu memiliki ukuran yang kecil, dan jika tidak disimpan dengan baik maka bisa menyebabkan korek tersebut menjadi tersebar kemana-mana. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan wadah korek dari tanah liat ini. Apalagi ada beberapa pengrajin yang membuat wadahnya bisa sebagai pemantik api. Sehingga tidak hanya berfungsi sebagai hiasan.

24. Tempat Menyimpan Bumbu

Tempat Menyimpan Bumbu

 

Bayangkan memiliki tempat bumbu yang sangat unik dan terbuat dari tanah liat. Apabila biasanya menyimpan bumbu dengan menggunakan toples, maka kali ini menggunakan tempat dari tanah liat. Tentu saja ini akan menambah nilai estetika pada rumah, dan dapur. Sehingga kegiatan memasak juga bisa menjadi lebih menyenangkan.


Penutupan

Ternyata banyak sekali kerajinan dari tanah liat yang bisa ditemukan, dan ternyata bentuk yang dan warna yang dimiliki sangat beragam. Jadi jangan lagi berpikiran bahwa kerajinan tanah liat hanya memiliki warna coklat saja, karena pastinya setiap kerajinan ini sudah mengalami proses akhir untuk mempercantik tampilan yang dimilikinya.

Jadi jangan heran jika melihat kerajinan dari tanah liat memiliki beragam warna, dan juga bentuk. Karena tentunya semakin kesini pengrajin semakin berinovasi untuk membuat kerajinan tanah liat yang berbeda. Dengan banyaknya pilihan, tentu saja membuat pelanggan lebih mudah memilih kerajinan seperti apa yang ingin digunakannya sebagai hiasan maupun sebagai alat masak.

Itulah beberapa jenis kerajinan dari tanah liat yang cukup menarik hingga masih eksis sekarang ini. Kerajinan tanah liat adalah salah satu jenis kerajinan tradisional yang ada di Indonesia. Maka dari itu, sebagai warga negara Indonesia sudah selayaknya menjaga kelestarian hasil dari kerajinan ini. Hal tersebut dapat dilakukan setidaknya dengan membeli hasil kerajinan tanah liat ini.

Semoga nantinya kerajinan satu ini bisa terus berkembang dan semakin menarik perhatian wisatawan baik dalam, maupun luar negeri.

Kerajinan dari Tanah Liat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *