Contoh Makalah Sepak Bola dan Penjelasan ( Download file DOC )

Makalah Sepak BolaDari sekian banyaknya masyarakat yang menyukai bola hanya sedikit yang mengetahui fakta bola yang unik. Bola ada teknik olah pikir dalam melewati lawan untuk meraih satu kemenangan.

Sepak bola adalah permainan kelas tinggi yang hanya dimainkan oleh para pemain yang ahli dalam menguasai diri dan mengatur siasat. Simak fakta unik lain yang akan dijelaskan dalam makalah sepak bola ini.

Tahukah bahwa sepak bola dapat dijadikan alternatif untuk menyembuhkan sakit atau kondisi psikologis seseorang. Mengapa para pemain sepak bola dibayar mahal dan memiliki kekayaan yang luar biasa, karena merek tau tidak mudah bisa menguasai permainan sepak bola dengan menggunakan sistem tertentu.

Mari kenal lebih jauh tentang histori sepak bola pada makalah sepak bola dalam setiap perkembangannya di Indonesia. Bicara soal bola pasti yang tersirat adalah pemain terkenal yang selalu sayang untuk dilewatkan.

Namun dalam makalah sepak bola ini akan diketahui bagaimana sepak bola bisa berkembang dan bagaimana memperlakukan olah raga ini agar tetap bisa dimainkan dalam dimasa yang akan datang.


Download Makalah Sepak Bola File Doc

Copy Link Makalah Sepak Bola di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1-8OfYDozydkwINOVpS83gd3z86ISVwCo

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Sepak Bola dan Mengulas Sejarah Perkembanganya di Indonesia

Makalah Sepak Bola Dan Mengulas Sejarah Perkembanganya Di Indonesia

Salah satu upaya agar tetap memiliki pemain sepak bola yang handal dan nasionalisme adalah manajemen dan pembinaan yang maksimal. Bukan sekedar bermain di arena permainan namun sepak bola harus dapat di pandang sebagai harga diri negara sebagai bangsa yang besar.

Baca Juga: Makalah Sistem Informasi Manajemen


Latar Belakang Masalah

Sepak bola adalah permainan dan olah raga yang tidak sepi dari para penggemar dan penontonnya. Mengapa demikian ada apa dengan sepak bola. Sebenarnya negara Indonesia memiliki potensi yang besar dalam bidang olah raga sepak bola.

Namun apa yang membuat sepak bola tidak sehebat para club sepak bola yang ada diluar negeri. Bahkan sepak bola adalah aset bisnis negara yang memberikan keuntungan yang cukup fantastic. Bayangkan saja mengapa Ronaldo bisa sekaya itu hanya dengan bermain sepak bola.?

Toh di Indonesia memiliki pemain sepak bola yang kemampuan setara dengan Ronaldo. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini. Sistem di Indonesia belum sehebat dan sampai luar negeri dalam memposisikan sesuatu.

Pemain sepak bola di Indonesia belum maksimal dalam mengembangkan potensi nya dalam menjalankan profesinya sebagai pemain sepak bola. Mengapa? Karena pemain sepak bola di Indonesia adalah masyarakat yang hidupnya tidak bisa bergantung dari pendapatan bola yang tidak bisa diprediksi. Mereka harus tetap fokus ke bidang lain agar tetap bisa bertahan hidup.

Berbeda dengan kondisi pemain di luar negeri segala sesuatu yang berkaitan dengan hidupnya diurus dengan baik oleh para tim manajemen sehingga pemain hanya fokus untuk bisa bermain dengan baik dan harus menang.


Rumusan  Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagaimana dibawah ini yaitu

  1. bagaimana sejarah histori sepak bola di dunia dan di Indonesia.
  2. bagaimana bisa menguasai teknik dasar sepak bola

Manfaat

Adapun tujuan makalah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya permainan sepak bola di dalam bangsa Indonesia karena sepak bola memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sepertinya salah satunya untuk:

  1. Untuk mengetahui tentang bagaimana sejarah histori sepak bola di dunia dan di Indonesia.
  2. Sebagai referensi untuk mengetahui bagaimana bisa menguasai teknik dasar sepak bola

Pembahasan

Sepak bola memang selalu menarik untuk di tonton apalagi dimainkan. Selain sehat dan baik untuk kebugaran fisik, main bola menjadi pikiran senang karena bermain degan ketangkasan dan kecepatan. Berikut ini akan dibahas sejarah sepak bola di Indonesia.

  Contoh Makalah Manajemen Pemasaran & Penjelasan ( Download DOC )

1. Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Pada abad ke 11 di negara Inggris sempat melarang adanya permainan bola kaki karena dengan alasan permainan ini banyak menimbulkan kekerasan fisik, dan hal itu didukung oleh raja Skotlandia. Hingga pada saat tahun 1815 sepak bola mengalami perkembangan yang pesat dimana sepak bola sangat populer dan terkenal di lingkungan sekolah.

Sepak bola lahir dan muncul dengan sistem yang lebih moderen pada tahun 1863. Hingga pada akhirnya sang pelopor Rdeemasons Tavern merumuskan dan mencetuskan untuk membuat peraturan baku tentang permainan bola kaki atau sepak bola.

Akhirnya pada tahun sekitar 1800-an sepak bola dimainkan oleh beberapa kalangan tidak saja di lingkungan sekolah melainkan di berbagai khalayak mulai dari Pedagang, Tentara Inggris, Pelaut bahkan sampai hingga belahan dunia. Lalu pada tahun 1904 FIFA dibentuk dan dijadikan asosiasi tertinggi dalam sepak bola sehingga permainan ini resmi ditandingkan dalam permainan dan kompetisi dunia dan negara.

Dan untuk perkembangan sepak bola di negara Indonesia asosiasi sepak bola dikenal dengan PSSI atau yang disebut dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia yang lahir pertama kalinya di Kota Yogyakarta tepatnya pada tanggal 19 April 1930 dipimpin oleh Soeratin Sosrosoegondo.

Semakin lama permainan sepak bola semakin gencar dilakukan dan dimainkan oleh para rakyat di Indonesia. Bahkan sebagai apresiasi dan bentuk dukungan positif dalam permainan sepak bola ini Paku Buwono X mendirikan sebuah stadion bernama Sriewedari.

Namun sepak bola mengalami penurunan antusias setelah beberapa saat sepeninggal Soeratin Sosrosoegondo, hal ini karena minimnya ajang sepak bola yang diselenggarakan dan kurangnya pembinaan.

Padahal pada tahun 1970 para pemain negara Indonesia sempat bermain melawan pemain bola tingkat International seperti pemain Ronny Pattinasarani, Ramang dan juga Sucipto Suntoro. Nah akhirnya sepak bola mendapatkan semangat baru dengan membuat liga Super Indonesia.  Perkembangan juga dilakukan untuk kompetisi dalam kelompok tertentu dan lebih spesifikasi (U15, U17 dan sebagaimana).

Baca Juga: Makalah Manajemen

2. Mengenal Teknik Dasar Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola para pemain harus memiliki berbagai bentuk kemampuan fisik yang cukup sulit. Hal ini disebabkan karena sepak bola merupakan permainan yang mengedepankan teknik bermain bola dengan kicking atau menendang, drinlling atau menggiring, merampas atau teknik tacling, serta teknik stoping atau mengontrol dan menghentikan. Untuk lebih jauh berikut penjelasan beberapa teknik dasar sepak bola.

A. Kicking (Menendang)

Secara umum siapa saja bisa menendang bola bukan? Namun dalam permainan sepak bola menendang bukanlah hal yang sulit. Tendagan yang salah tanpa pemahaman dan strategi tertentu dapat mengakibatkan bola jatuh ke tangan lawan. Bahkan menyebabkan lawan dapat mencetak skor atau poin.

Tujuan menendang dalam teknik permainan sepak bola adalah untuk mengumpan lawan agar bisa menembak kebola ke arah gawang lawan atau disebut dengan istilah shootig at the goal. Menendang ini juga memiliki beberapa teknik menendang seperti menendang bagian dalam dan luar serta punggung kaki. Adapun teknik gerakan itu adalah sebagai berikut

  • Menendang dengan bagian kaki dalam yaitu suatu gerakan menendang dengan cara posisi berada pada arah belakang bola, jarak kaki tumpu tepat berada disamping seukuran 15 cm, sedangkan untuk ujung kaki posisi menekuk dan menghadap ke sasaran. Nah dalam prakteknya sering kali kaki tending harus ditarik ke belakang lalu ayunkan dengan tepat ke depan. Lalu benturan yang terjadi akibat tendangan tersebut akan melanjutkan permainan.
  • Menendang dengan kaki bagian luar, gerakan ini adalah menunjukkan pada posisi badan tepat dibelakang bola tetapi kaki tumpu tepat disamping bola dengan jarak 25 cm. Seperti posisi bisa menekuk tepat ke sasaran. Namun kaki tendang akan berada di belakang bola dan kaki menghadap ke dalam, lalu tarik kaki tending ke belakang lalu ayunkan tepat kedepan. Bola tepat berada di punggung kaki bagian luar  dan untuk gerakan lanjutan kaki posisi serong dan diangkat lebih kurang 45 derajat tepat menghadap sasaran.
  • Menendang dengan punggung kaki yaitu gerakan tendangan yang menunjukkan posisi badan tepat dibelakang bola namun sedikit condong kedepan, kaki tumpu disamping tapi ujung kaki menghadap ke sasaran lalu posisi kaki agak di tekuk. Gerakan kaki tending diarahkan ke sasaran.
  25+ Contoh Penutup Makalah Berpagai Tema, Bisa Jadikan Refrensi

Baca Juga: Makalah Korupsi

B. Menghentikan Bola atau Stopping

Menghentikan bola yang dimaksudkan disini adalah kemampuan pemain dalam mengatur irama permainan, mempertahankan bola dari lawan, serat mengontrol lajunya bola. Teknik ini dalam rangka mencari dan mengatur strategi untuk melepaskan tembakan kearah gawang lawan. Teknik dasar ini tidak semua bisa mampu melakukannya butuh latihan dan proses keahlian pada semua pemain sepak bola. Adapun teknik gerakan ini adalah yaitu:

  • Kondisi posisi badan segaris lurus dengan datang arahnya bola, untuk kaki tumpu tepat menghadap atau mengarah kepada bola dengan menekuk lutut sedikit, posisi kaki penghenti sedikit diangkat ke arah permukaan dalam tetapi kaki di hadapkan atau dijulurkan ke depan searah dengan datangnya bola. Bola juga menyentuh bagian dalam atau disebut dengan mata kaki. Namun ada banyak lagi teknik dasar untuk gerakan ini dan dapat dilatih dengan proses pelatihan yang disiplin dan keras.
3. Menggiring Bola

Teknik ini biasa dikenal dengan gerakan menendang bola dengan kekuatan pelan dan putus-putus, posisi ini melibatkan kedua kaki sekaligus antara menggiring dan menendang bola. Tujuan gerakan ini adalah untuk menghambat permainan atau agar dapat lolos melewati para lawan. Untuk mengetahui gerakan ini adalah:

  • Kaki dalam keadaan berfungsi menggiring dan menendang bola, untuk kaki yang digunakan untuk menggiring hanya ditarik kebelakang serta diayunkan kearah depan. Langkah teratur, dan berpola sambil bergulir kedepan dan harus mampu menguasai bola. Upayakan lutut ditekuk pada saat menggiring bola agar dapat mudah menguasai bola. Dan pandangan juga fokus melihat situasi kedepan.

Penutup

Walau sederhana tetapi lumayan dapat memberikan info menarik tentang bola. Tentu saja pemula penjelasan ini dapat membantu. Walaupun agar dapat melakukannya dengan tingkat keahlian tertentu seseorang harus terlibat dalam proses latihan dan club tertentu. Karena teknik gerakan dasar dalam teori tidak semudah pada saat di lapangan sepak bola.

Makalah sepak bola ini memang bertujuan agar setiap orang pemain dapat membekali dirinya sedikit tentang pandangan umum sepak bola. Berikut ini kesimpulan makalah dibawah ini:


Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari makalah sederhana ini adalah sebagaimana yang tertulis dibawah ini yaitu:

  1. Sepak bola adalah rangkaian aktifitas olah raga fisik dan seni permainan ketahanan dan ketangkasan permainan. Sepak bola tidak saja permainan memenangkan permainan atau mencetak skor ke dalam gawang lawan namun lebih kepada kemampuan tim bermain dengan baik dan bekerja sama untuk melewati lawan dan bermain dengan aturan teknik tertentu.

Saran

Permainan sepak bola merupakan permainan olah raga yang memiliki banyak manfaat mulai dari kesehatan fisik, memperkuat ketahanan, kelenturan otot dan ketangkasan. Diharapkan dengan dibahas nya makalah sepak bola ini banyak orang menyadari bahwa permainan bola bermanfaat dalam kecerdasan emosional seseorang.

Dari makalah sepak bola diatas dapat disimpulkan permainan bola secara historis memiliki arti tersendiri, dan secara psikologis mengajarkan akan sportifitas dan ketangkasan diri dalam menguasai bola. Selain itu pemain sepak bola akan terbiasa menghadapi lawan dan bersabar bermain dalam tim tanpa menganggap ada yang lebih dari yang lain.

Makalah Sepak Bola 

Tinggalkan komentar