4+ Tips Membuat Resume Dokter Umum dan Profesional – LezGetReal

Membuat Resume Dokter Umum – Dokter umum adalah profesi jasa yang banyak dibutuhkan oleh orang lain. Sebab jika ada keluhan sakit, dokter adalah orang yang pertama kali ditemui. Ternyata, dokter juga harus memiliki portofolio dalam pekerjaannya tersebut dengan tampilan yang profesional.

Dalam membuat portofolio atau resume bisa dilakukan untuk bergabung di rumah sakit atau tempat kesehatan lainnya. Sehingga perlu adanya resume dokter umum menarik yang harus dimiliki dengan tampilan profesional.


Profesi Dokter Umum

Profesi dokter umum dengan dokter spesialis tentu memiliki perbedaan, bahkan dalam pembuatan curriculum vitae (CV). Sehingga dalam membuat resume dokter umum menarik harus memahami apa saja yang harus dimasukkan dan bagaimana urutannya. Hal itu bisa berpengaruh pada pandangan profesional seorang dokter tersebut.

Menjadi dokter bukan hanya harus pintar dalam segi akademik, tetapi dalam komunikasi juga harus baik dan lancar. Sebab dokter akan berinteraksi kepada pasien, suster, maupun bagian kesehatan lainnya. 

Kemampuan komunikasi seorang dokter umum dilakukan untuk memberikan kenyamanan, ketenangan, dan pemahaman penyakit yang dimiliki oleh pasien yang sedang ditangani. Sehingga edukasi yang diberikan dapat dipahami oleh banyak orang dari latar belakang apapun. Pemahaman yang diberikan dokter dapat berupa pencegahan, perawatan, sampai menjaga pola hidup sehat.

Maka seorang dokter harus memiliki komunikasi dan pemahaman di bidang kesehatan dengan cukup baik untuk jenjang karir kedepannya. Dalam membuat resume dokter umum menarik bisa dilakukan bagi yang ingin internship, asisten dokter atau dosen, bergabung di rumah sakit, sampai para dokter profesional. Berikut ini cara membuat resume dokter umum yang menarik.

  8+ Contoh Surat Pesanan Barang, Obat, Jasa dan Berbagai Keperluan

Membuat Resume Dokter Menarik

Dalam membuat resume dokter menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terlihat profesional saat melakukan lamaran. Berikut ini tips resume dokter yang menarik.

  • Pemilihan layout

Pemilihan layout penting untuk membuat CV bagi pelamar di bagian apapun. Sebab, dengan adanya layout bisa mempermudah peletakan data diri, foto, dan bagian lainnya di satu kotak. Fungsi layout dalam resume ada merapikan semua tulisan agar lebih nyaman dilihat.

Biasanya layout pada resume dokter memiliki tampilan yang sederhana dengan background putih. Tampilan tersebut dipilih untuk memberikan kesan bersih, rapi, dan profesional. Setelah itu berikan beberapa sentuhan 2 – 3 warna yang dapat dipilih untuk mempercantik resume.

Perlu diingat, jangan sampai pemilihan warna membuat tampilan CV terlihat mencolok dan tidak nyaman untuk dilihat. Pilihlah warna yang netral tetapi tidak monoton.

  • Memberikan data diri

Data diri seorang dokter menjadi hal yang penting saat pembuatan resume. Dari data tersebut akan terlihat profesional dari dokter yang akan melamar, terutama bagi yang baru selesai masa pendidikan. Selain itu, data diri juga sangat penting bagi dokter yang senior untuk jenjang karir kedepannya.

Sebab menjadi seorang dokter bukan hanya melingkupi interaksi dokter dan pasien saja. Tetapi bisa menjadi bagian dari manajerial sebuah rumah sakit dan lainnya. Sehingga data diri sangat penting dimasukan saat membuat resume dokter umum menarik.

Data yang dapat diisi meliputi nama dengan gelar, summary, kontak yang dapat dihubungi, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, penelitian, volunteer, organisasi, dan seminar. Selain itu jika dibutuhkan bisa menambahkan skill dan kemampuan berbahasa. 

Dalam penulisan data diri ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu warna, jenis font, dan ukuran. Ketiga hal tersebut sangat penting diamati untuk meningkatkan kerapian dan kenyamanan saat dilihat. Bahkan pemilihan warna dan jenis font dapat menentukan profesional saat memberikan resume.

  10+ Contoh Surat Setengah Resmi untuk Berbagai Kepentingan

Ukuran dan jenis font yang tepat juga harus diperhatikan untuk menghindari kesulitan membaca. Warna yang tidak tepat dengan background juga membuat tulisan sulit untuk dibaca. Maka pilihlah warna yang selaras dengan background dan tidak terlihat mencolok saat dibaca.

  • Memiliki sertifikasi

Seorang dokter juga harus memiliki sertifikasi di bidangnya. Mulai dalam mengikuti seminar, volunteer, organisasi, training, bahkan sampai sertifikasi profesional diperlukan dalam peningkatan nilai di resume. Selain itu sertifikasi juga dilakukan untuk melihat bagaimana kemampuan dalam bidang kesehatan yang sedang digeluti.

Sertifikasi penting dimiliki bagi dokter umum, terlebih bagi yang baru menyelesaikan pendidikan. Data tersebut bisa membuat resume lebih menarik saat dilihat dan dibandingkan dengan lainnya.

  • Membuat portofolio

Portofolio bagi dokter umum juga bisa dimiliki untuk meningkatkan profesional dalam bekerja dan membuat CV. Isi dari portofolio dapat berupa kegiatan saat berinteraksi dan menangani pasien, atau memberikan edukasi kepada masyarakat dengan bahasa yang cukup mudah dipahami.

Pembuatan resume bisa dilakukan dengan sosial media yang banyak digunakan saat ini, seperti TikTok, Instagram, dan Twitter. Sehingga dengan adanya portofolio yang dicantumkan, bisa memperlihatkan sisi terbaik yang dimiliki sebelum interview.

Dalam membuat resume dokter umum menarik, bukan hanya sebatas gelar dan sertifikasi saja. Tetapi perlu adanya tampilan profesional yang mendukung saat melamar pekerjaan. Sehingga resume atau CV tidak dibuat tanpa memahami isinya.

Tinggalkan komentar