Contoh Berita

Contoh Berita – Contoh berita adalah contoh kilasan peristiwa yang disajikan dalam bentuk pemberitaan singkat. Berita ini dapat digolongkan seperti yang sering ada di breaking news. Karena berita ini hanya sekilas saja.

Berita haruslah sesuai dengan fakta yang ada dan mengandung unsur 5W+1H. Unsur itu adalah unsur inti yang harus diketahui oleh semua pembawa berita. Karena berita pastinya akan langsung dipercayai oleh pembacanya.

Dengan mengandung unsur itu, maka berita yang disajikan akan lebih nyata. Dengan menggunakan 5W+1H, berita yang disampaikan akan teratur dan tidak berbelit-belit. Unsur berita ini juga digunakan di beberapa artikel sebagai ketentuan penting.

Berikut ini adalah beberapa contoh berita yang dapat dijadikan referensi bagi yang ingin membuatnya.


1. Contoh Berita Singkat Tentang Bencana Alam

Contoh Berita Singkat Tentang Bencana Alam

Berita tentang bencana alam adalah hal yang umum dibaca oleh sebagian orang. banyaknya fenomena kejadian bencana alam belakangan ini membuat pencari berita haruslah mengangkat tema itu sebagai berita yang akan dibawakan oleh mereka. Jadi akan banyak masyarakat yang mengetahui tentang bencana alam yang terjadi di suatu wilayah.

Contoh :

Telah terjadi banjir di sekitar Cakung dikarenakan air sungai yang meluap. Banjir diduga karena disebabkan hujan yang sudah beberapa hari turun tanpa berhenti. Durasi hujan kali ini cukup lama karena sudah mulai memasuki musim penghujan.

Sekitar 321 kepala keluarga kehilangan rumah mereka karena terendam banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan dengan pemberian bantuan logistic serta bantuan makanan dan pengungsian sementara.

Sebelumnya pernah terjadi banjir seperti ini sekitar setahun yang lalu. Namun banjir tahun ini lebih besar ketimbang banjir-banjir yang sebelumnya. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan sampah yang ada disekitar aliran sungai.

Beberapa keluarga yang mengalami kerusakan parah di rumah mereka memilih mengungsikan keluarga mereka ke posko terdekat. Bala bantuan sudah disiapkan untuk menanggulangi hal ini agar semua warga dapat terselamatkan.

Beberapa posko juga menyiapkan posko pengobatan bagi warga yang sedang sakit atau terluka. Posko ini juga menyediakan dapur untuk memasak makanan selama berada di posko.

Kekurangan yang ada di posko ini adalah kekurangan sumber daya air bersih dan tempatnya yang terbuka. Cuaca yang masih dalam keadaan hujan mengakibatkan banyak percikan air yang membasahi tenda dalam posko.

Kebocoran juga banyak terjadi di tenda pengungsi sebelah barat yang dikarenakan oleh rubuh nya tenda dikala hujan deras saat itu. Pemerintah sudah memberikan bantuan tambahan untuk para pengungsi.

Rekonsiliasi kampung akan segera dilaksanakan begitu banjir reda. Rumah-rumah yang rusak berat akan segera dibangun ulang dan diperbaiki sebaik mungkin. Diusahakan juga saluran air didepan rumah tersedia.

Agar kelak kedepannya tidak akan ada lagi air yang menggenang di kala hujan. Penghimbauan terhadap buang sampah sembarangan tetap diberlakukan untuk meminimalisir terjadinya banjir kembali.

Sudah banyak penghimbauan tentang masalah ini namun tidak digubris oleh penduduk setempat. Pemerintah sudah memberlakukan denda bagi yang masih melanggar untuk membuang sampah di sungai ini.

Kegiatan gotong royong akan segera dilaksanakan oleh penduduk kampung guna membersihkan sampah yang ada di sungai. Untuk mencegah kembalinya banjir bandang seperti tahun ini.


2. Contoh Berita Singkat Tentang Politik

Contoh Berita Singkat Tentang Politik

Sudah bukan hal aneh lagi jika berita tentang politik kini sudah menjadi hal umum yang dibaca oleh para penikmat berita. Dari mulai kasus korupsi, kolusi dan nepotisme hingga pencalonan terbaru dari kursi politik. Politik merupakan berita yang tidak ada habisnya dan selalu menarik untuk diulas.

Contoh :

Hanya menghitung beberapa bulan lagi, Gubernur Lampung akan segera dilantik. Banyak desas desus mengenai hal ini. Karena pelantikan Gubernur kali ini termasuk paling lama pemutusan harinya.

Setelah pemilihan Gubernur yang baru yang lumayan berjalan alot, keputusan untuk pelantikan kali ini akhirnya terlaksana. Gubernur Lampung Periode 2019-2024 ini akan mulai melaksanakan kewajibannya per tanggal 20 Mei 2019.

Semua tanggung jawab yang dilaksanakan oleh Gubernur sebelumnya akan sepenuhnya dilimpahkan ke Gubernur yang baru. Mengingat beberapa proyek sudah mulai dilaksanakan dan masih 50% proses pengerjaan.

Beberapa proyek jalan tol yang sedang dikerjakan akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Gubernur yang baru. Sebagaimana pengakuan Kepala Bagian Dinas PU Provinsi Lampung.

Pelantikan yang akan diresmikan pada akhir bulan Mei ini akan dimeriahkan oleh beberapa tarian adat Lampung serta banyaknya pejabat yang akan hadir untuk menyaksikannya.


3. Contoh Berita Singkat Mengenai Pendidikan

Contoh Berita Singkat Mengenai Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang primer bagi setiap manusia. Masyarakat berhak mendapatkan pendidikan layak dan berita tentang pendidikan adalah salah satu hal yang wajib diangkat agar dapat menjadi informasi yang berdampak baik.

Contoh :

Diterapkannya sistem zonasi di beberapa daerah memicu beberapa pro dan kontra di kalangan masyarakat. Pokok permasalahan banyak orang tua adalah jarak rumah dengan sekolah yang lumayan jauh.

Memang, keputusan ini dipertimbangkan agar sekolah tidak memberlakukan sistem sekolah favorit dan memilih hanya siswa yang memiliki prestasi saja yang dapat masuk ke sekolah tersebut.

Selain itu, aturan yang berbeda di setiap sekolah semakin menyulitkan beberapa murid. Salah satunya adalah ketidakadaannya surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat.

Beberapa sekolah mewajibkan hal ini untuk setiap siswa yang mengajukan program Bina Lingkungan. Hal ini sudah disesuaikan dengan peraturan yang berlaku sehingga seharusnya para orang tua sudah menyiapkan hal ini.

System zonasi ini lumayan menyulitkan bagi para orang tua siswa yang memiliki rumah tidak dalam jangkauan sekolah terdekat. Karena hal itu, beberapa orang tua siswa bahkan tidak dapat menyekolahkan anaknya dimanapun.

Hal ini terungkap ketika wawancara dengan salah satu wali murid yang sedang menunggu antrian pendaftaran di salah satu sekolah negeri. Menurut pernyataannya, ia hanya berharap bahwa kali ini sekolah dapat menerima anaknya sebagai murid.

Tak hanya itu, beberapa wali murid mengeluhkan system ini karena merasa tidak adil jika anaknya harus masuk ke dalam sekolah yang tidak memiliki akreditas tinggi. Hal ini sudah diklarifikasi oleh Menteri Pendidikan.

Beliau berkata, bahwa kali ini tidak akan ada perbedaan system mengajar di tiap sekolah sehingga dimanapun anak bersekolah akan diterapkan pendidikan yang sama. Sayangnya, hal ini masih tidak direspon baik bagi sejumlah anak yang tinggal di pesisir.

Anak-anak yang memiliki rumah di daerah pesisir dan jauh dari pusat kota hampir merasa pasrah jika mereka hanya sempat merasakan pendidikan hingga Sekolah Dasar saja. Bagi mereka, sIstem zonasi cukup menyulitkan karena jarak rumah yang lumayan jauh.

Beberapa sekolah juga mengeluhkan system ini karena jarak rumah yang tidak berdekatan dengan sekolah mengakibatkan banyak anak murid yang tidak masuk ke sekolah mereka. Sehingga banyak sekolah yang kekurangan murid.

Hal ini semestinya dapat ditanggulangi dengan adanya perencanaan yang sesuai untuk system ini. Sehingga tidak akan terjadi masalah seperti ini di kemudian hari. System ini booming sekitar tahun 2019 ini.

Dan direncanakan akan semakin dikembangkan setiap tahunnya. Banyaknya pro kontra akan dijadikan pertimbangan untuk meneruskan system ini atau tidak. Mengingat banyaknya masalah yang ditimbulkan saat ini.

Beberapa pertimbangan sudah mulai dilakukan untuk meregenerasi ulang peraturan ini. Agar pendidikan semua masyarakat Indonesia tetap terjamin dan semua anak-anak Indonesia tetap bisa bersekolah dimanapun mereka berada.


4. Contoh Berita Tentang Kecelakaan

Contoh Berita Tentang Kecelakaan

Berita tentang kecelakaan adalah hal yang paling sering diangkat. Karena beberapa faktor, kecelakaan di Indonesia termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga bukan tidak mungkin akan ada lebih dari satu berita kecelakaan setiap harinya. Berita seperti ini juga selalu menjadi topik pembicaraan yang cukup menyita banyak perhatian masyarakat.

Contoh :

Telah terjadi sebuah kecelakaan beruntun kemarin malam di Jalan Tol Terbanggi Besar pada tanggal 25 Maret 2016. Sebuah mobil minibus ini dikemudikan oleh seorang pria paruh baya bernama Zaenal dengan kecepatan diatas rata-rata.

Kecelakaan ini menelan 5 korban dengan Bapak Zaenal di salah satu daftar nama korbannya. Diduga kecelakaan ini terjadi ketika dini hari saat kendaraan sedang lengang. Sedangkan mobil minibus ini menabrak pagar pembatas.

Diduga mobil minibus berplat merah ini mengalami oleng lalu menabrak kendaraan lain sebelum akhirnya menabrak pagar pembatas. Kendaraan lain yang ditabrak adalah sebuah mobil pribadi berisi 1 keluarga yang berjumlah 4 orang.

Belum ada saksi mata pasti yang melihat kejadian ini dan para korban sudah ditangani langsung oleh Polsek terdekat. Beberapa nama yang menjadi korban sudah diberitahukan kepada keluarga yang bersangkutan.

Himbauan tentang mengurangi kecepatan di sepanjang tol bukan sekali dua kali diabaikan. Banyaknya pelanggaran kini sudah bukan hal yang mengejutkan lagi. Untuk itu para pihak kepolisian menghimbau untuk memperhatikan rambu lalu lintas.


5. Contoh Berita Tentang Kebakaran

Contoh Berita Tentang Kebakaran

Berita kebakaran adalah satu hal yang juga sering muncul di acara berita. Padatnya pemukiman banyak menimbulkan beberapa konsleting listrik ataupun jalur alur api yang cepat menyebar. Sehingga banyak terjadinya kebakaran.

Contoh :

Kebakaran kali ini melahap habis sebuah pasar di tengah kota. dimana banyak perkampungan di dekatnya. kebakaran diduga dipicu karena pembakaran sampah yang dilakukan besar-besaran.

Kebakaran ini diduga terjadi ketika dini hari dan beberapa petugas kebersihan sedang melakukan pembakaran sampah. Banyaknya sampah plastik dan kertas yang terbakar diduga menjadi penyebabnya.

Api yang semakin membesar diduga merambat ke sebuah gedung hingga akhirnya melahap 75% bagian dari pasar. Beberapa toko yang berada di luar gedung pasar menjadi korban kerusakan.

Ditaksir kerugian yang dialami oleh sebagian pedagang adalah Rp. 2.500.000.000. beberapa pedagang mengakui kerugian kali ini cukup besar karena tenda-tenda pedagang semuanya terbakar.

Beberapa barang pedagang juga sudah banyak yang tidak sempat diselamatkan. Sehingga kerugian yang dialami oleh sebagian pedagang tidak dapat mendapatkan asuransi dari manapun.

Sudah mulai banyak penghimbauan untuk menjauhi gedung pasar untuk menghindari bangunan yang kemungkinan dapat rubuh secara tiba-tiba. Untung saja tidak ada korban jiwa di dalam peristiwa kali ini.

Pemerintah akan segera menindaklanjuti peristiwa ini dan akan mengusahakan pergantian untuk para pedagang yang mengalami kerugian. Penanggulangan awal terhadap kejadian ini adalah lahan parkir yang dialih fungsikan untuk menjadi pasar sementara.

Itulah beberapa contoh berita yang dapat dijadikan referensi jika ingin membuatnya. Berita yang diberikan haruslah mengandung unsur-unsur penting berita serta harus tepat sasaran.

Hindari pemakaian kalimat yang menyudutkan satu pihak untuk menekan kesan tertentu pada berita. Berikan berita yang akan memberikan respon positif pada masyarakat dan tidak mengundang konflik para pembaca.

Contoh Berita

Tinggalkan komentar