12+ Contoh Teks Berita : Singkat Tentang Sekolah, Bencana dan Lainnya

Contoh Teks Berita – Berita adalah cerita atau laporan tentang suatu peristiwa yang hangat. Biasa diakses di media cetak, seperti koran dan majalah, saat ini berita dapat diakses dengan mudah melalui internet. Penulisan berita harus jelas, akurat, dan menggunakan rumus penulisan 5W + 1H. Ada berbagai jenis contoh teks berita yang beredar di internet.

Agar pembaca tidak bingung, letakkan tanggal penulisan di bawah judul. Ada beberapa tahapan untuk menulis teks berita.

Setelah menemukan peristiwa yang layak diangkat menjadi berita, penulis harus mewawancarai sumber terpercaya, supaya berita itu akurat. Saat wawancara berlangsung, agar tidak bingung, jangan lupa catat semua keterangan penting dengan rumus 5W + 1H.

Kemudian buat kerangka berita, yaitu judul, alinea pertama, dan kelengkapan berita. Setelah itu, penulis bisa menulis berita itu dengan jelas dan akurat. Di tahap akhir, ada proses penyuntingan oleh seorang penyunting. Ini dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam penulisan maupun kode etik jurnalistik.


Penjelasan Teks Berita 

Penjelasan Teks Berita 

Teks berita merupakan teks yang berisi peristiwa yang terjadi di seluruh dunia. Penyebarannya bisa lewat media cetak seperti koran dan majalah, elektronik seperti radio dan televisi, atau media daring seperti website.  

Penulisannya harus berdasarkan fakta, namun tidak semua fakta menarik untuk dijadikan berita. Jadi, penulis berita harus memilih poin-poin penting dengan tepat agar pembaca dapat memahami tujuan serta fakta yang disampaikan. Untuk membentuk teks berita yang utuh, inilah 3 struktur teks yang harus ada di dalamnya: 

  • Orientasi Berita. Orientasi berita berisi penjelasan singkat tentang pembukaan peristiwa yang sedang diberitakan. 
  • Peristiwa Berita. Peristiwa berita memuat tentang proses peristiwa dari awal hingga akhir sesuai fakta yang terjadi.
  • Sumber berita. Sumber berita memuat lokasi terjadinya peristiwa itu dan kutipan. Lokasi peristiwa sebaiknya ditulis di bagian awal, tepatnya di bawah judul. Sementara, kutipan sebaiknya ditulis di bagian terakhir. 

Baca Juga: Contoh Teks Resensi


Hal yang Wajib Ada di Teks Berita 

Hal Yang Wajib Ada Di Teks Berita 

Karena harus menyampaikan pesan yang aktual dan terpercaya kepada pembaca, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, berita itu harus berasal dari peristiwa yang sungguh-sungguh terjadi, bukan opini penulis.

Kedua, peristiwa yang diberitakan haruslah jarang terjadi, bukan hal umum. Ketiga, peristiwa yang diberitakan harus aktual, berarti baru saja terjadi. 

Keempat, setiap data yang disajikan juga harus nyata dan asli tanpa rekayasa.  Kelima, teks berita wajib ditulis dengan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti pembaca. Jangan gunakan bahasa yang terlampau sulit, meskipun itu tampak indah. Keenam, hindari pengulangan kata dan pemborosan kata yang malah membuat pembaca bosan. 

Terakhir, rumus 5W+1H harus selalu ada, yaitu: what, who, when, where, why, dan how. What menerangkan peristiwa apa yang terjadi. Who menerangkan siapa saja yang terlibat di dalamnya.

When menerangkan waktu kejadian disertai where yang menjelaskan lokasi peristiwa itu. Why menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa itu. How menjelaskan proses kejadiannya.


Berbagai Macam Contoh Teks Berita 

Berbagai Macam Contoh Teks Berita 

Setelah memahami bentuk teks berita dan apa saja yang wajib ada di dalamnya, mari lihat beberapa contoh teks berita berikut. Melihat contoh akan membuat orang semakin mengerti. Berikut contoh berita berbahasa Indonesia dari berbagai kategori, yaitu kesehatan, wisata, kuliner, edukasi, teknologi, olahraga, dan ekonomi:  

1. Contoh Berita Kesehatan

Contoh Berita Kesehatan

Sejak menyebarnya pandemi Covid-19, berita kesehatan menjadi salah satu jenis berita yang paling dicari atas dasar kekhawatiran dan kewaspadaan. Tujuan berita kesehatan adalah untuk memberitahu masyarakat tentang penyakit, pencegahan, dan pengobatan.

Menulis berita kesehatan, terlebih tentang saran kesehatan memiliki beban tersendiri, karena cenderung langsung diterapkan si pembaca.

Maka dari itu, tidak sembarang orang bisa menulis contoh teks berita kesehatan, melainkan hanya penulis yang benar-benar menguasai kesehatan. Jika tidak, penulis harus mewawancarai sumber yang sungguh-sungguh menguasai berita itu. Penulisan di situs berita umumnya memuat nama situs sebelum tanggal penulisan. Berikut salah satu contoh teks berita kesehatan di situs:

Contoh Berita Kesehatan

Parosmia, Gejala Covid-19 yang Amat Mengganggu 

XXX.com, 7 Februari 2021

Parosmia yang merupakan gangguan penciuman adalah salah satu gejala Covid-19 yang amat mengganggu. Selain dialami para penderita yang belum kunjung sembuh, parosmia juga dirasakan para penyintas yang telah sembuh. Berikut penjelasan tentang gangguan parosmia, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya.

Gangguan Parosmia

Dikutip dari Healthline, gangguan penciuman parosmia membuat penderitanya mencium aroma yang tidak seharusnya. Aroma rendang yang biasanya gurih dan pedas dapat seolah menjadi busuk. Pada kasus yang parah, penderita bahkan bisa merasakan sakit fisik saat menciumnya.

Penyebab Parosmia

Parosmia dapat disebabkan beberapa hal, seperti infeksi bakteri dan virus, cedera kepala, kebiasaan merokok, efek samping pengobatan, dan penyakit alzheimer. Di situasi normal, saraf indra penciuman akan meminta otak untuk menerjemahkan informasi pembentuk bau. Namun ketika mengalami parosmia, saraf itu akan membuat otak salah mengenali baunya.

Gejala Parosmia

Dilansir dari Independent, Parosmia sebagian besar terasa lebih jelas pada orang yang baru sembuh dari virus corona SARS-CoV-2. Dilansir dari Independent, para penyintas kerap kali mencium bau tak sedap seperti terbakar pada makanan yang bahkan tidak dibakar.

Aroma yang salah ini sering membuat para penderita mual, bahkan sampai kehilangan selera makan. Dokter THT mampu mengenali gejala parosmia lewat pemeriksaan fisik, aroma, dan riwayat kesehatan pasien.

Cara Menyembuhkan Parosmia  

Tak perlu khawatir, karena parosmia ini dapat disembuhkan. Jika penyebabnya adalah situasi lingkungan, efek samping pengobatan, atau kecanduan merokok, maka bisa disembuhkan dengan  mengantisipasi penyebabnya itu. Pada beberapa kasus tertentu, operasi adalah jalan yang ditempuh untuk menyembuhkannya. Terapi dengan Zinc, Vitamin A, dan antibiotik juga disarankan dokter untuk mempercepatnya.

Para penderita parosmia juga diminta untuk melatih indra penciuman dengan terapi bau. Hal ini dilakukan dengan mencium 4 jenis bau (aroma) yang berbeda setiap pagi. Dengan rutin berlatih mengenal beberapa bau berbeda itu, memori indra penciuman akan kembali terasah.

Seiring berjalannya waktu, parosmia umumnya dapat sembuh sendiri. Jangka waktu pemulihan tergantung penyebabnya. Untuk penderita yang menderita parosmia karena bakteri atau virus, indera penciumannya akan kembali normal di dalam 2 sampai 3 tahun.


2. Contoh Berita Wisata

Contoh Berita Wisata

Tak sedikit orang yang menganggap berwisata sebagai cara paling ampuh untuk menghilangkan stres dan menghilangkan kejenuhan. Maka dari itu, berita pariwisata terus menghiasi internet. Selain untuk mencari referensi liburan, banyak orang yang membaca berita wisata untuk mencari tahu jam maupun hari buka tempat wisata. Jadi, berita wisata ini sangat bermanfaat.

Di zaman sekarang bahkan ada beberapa media daring yang mengizinkan para wisatawan untuk berbagi pengalaman wisata lewat penulisan berita. Oleh karena itu, para wisatawan ini harus rajin membaca dan memahami contoh teks berita wisata.

Penulisan berita memang harus sesuai KBBI, namun untuk kategori pariwisata sebaiknya disajikan dengan bahasa yang santai. Dengan begitu, pembaca akan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata maupun melakukan berbagai tips di dalam contoh teks berita wisata tersebut. Di bawah ini adalah contoh teks berita wisata:

Contoh Berita Wisata

Demi Satwa Langka, Sandiaga Susuri Bukit Malam Hari

123.com, 06 Februari 2021

Pulang Belitung yang dikenal akan pesona pantainya, ternyata juga memiliki daya tarik lain yang tak kalah menarik. Di pulau ini ada fauna nokturnal langka bernama tarsius. Primata mungil yang memiliki bola mata besar itu rupanya menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno.

Hewan dengan kemampuan memutar kepala sampai 270 derajat itu berhasil membuat Sandi rela menemuinya di malam hari. Jumat, (5/2/2021) malam, Sandi sengaja menyusuri Bukit Peramun, Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Belitung demi melihat tarsius. Dilihat sekilas, tarsius mirip monyet, namun matanya mirip burung hantu yang sedang memantau mangsanya.

Sandi menyatakan bahwa kunjungan itu amat dibatasi, karena kalau terlalu banyak orang tarsius bisa stres. Ia meminta kepada daerah setempat tetap menjaga kelestarian hewan bernama latin Tarsiidae itu, karena merupakan penyeimbang rantai makanan alam bebas.

Selain mengunjungi fauna langka yang hanya tersisa sekitar 80 ekor itu, Sandi juga meninjau kawasan Bukit Peramun. Kawasan itu dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menjadi destinasi wisata baru. Kawasan itu akan terintegrasi dengan kawasan Juru Seberang, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung.

Dengan meningkatnya destinasi wisata Pulau Belitung, masyarakat lokal diharapkan dapat memanfaatkan potensi kearifan lokal untuk meningkatkan perekonomian mereka. Masyarakat dapat membuka berbagai UKM yang akan mensejahterakan hidup mereka dan keluarga.

Usai berkunjung, Sandiaga menyatakan Desa Air Selumar adalah desa wisata yang menjadi kesatuan untuk ekowisata. Meninjau kebutuhan wisata di tengah Pandemi Covid-19, menurut beliau, Bukit Peramun dengan wisata alamnya yang terbuka akan menjadi produk unggulan. Beliau juga berharap dalam 3 tahun ke depan Bukit Peramun dan Juju Seberang bisa terintegrasi.

Selain keunggulan wisata alam dan fauna tarsiusnya, kawasan ini juga akan memiliki fitur desa digital. Jadi, nantinya informasi tentang beberapa pohon bisa diketahui dengan scanning melalui suatu aplikasi. Lalu juga ada informasi kawasan dengan tampilan foto-foto yang instagramable.


3. Contoh Berita Kuliner

Contoh Berita Kuliner

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Setiap harinya selalu ada saja berbagai makanan baru yang tak kalah nikmat dari makanan-makanan yang terlebih dahulu ada. Oleh karena itu, kategori kuliner menjadi kolom berita favorit banyak pembaca di kala senggang.

Selain karena ampuh meredakan kejenuhan dan perasaan negatif lainnya, kolom kuliner juga dapat dijadikan referensi untuk membahagiakan lidah masing-masing. Lebih dari itu, contoh teks berita kuliner juga umumnya memuat rincian menu, harga, dan lokasi yang lengkap.

  5+ Contoh Teks Eksemplum : Pendidikan, Persahabatan, Peristiwa Alam

Hingga kini sudah ada beberapa media daring yang membayar penulis lepas untuk membagikan pengalaman kulinernya. Maka contoh teks berita kuliner pun kerap dicari para penulis. Ini adalah satu contoh teks berita kuliner:

Contoh Berita Kuliner

12 Bakso Paling Lezat di Malang Raya

ABC.com 07/02/2021

Bakso merupakan salah satu makanan yang bisa dijumpai hampir di seluruh Indonesia, salah satunya adalah di Malang Raya. Tersebar di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, tempat-tempat ini bisa dikunjungi untuk memuaskan lidah dan perut. Isi bakso yang padat melimpah serta kuah hangat dan sedap membuat banyak pengunjung ketagihan.

Ketika berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk menikmati baksonya. Berikut 10 bakso paling lezat di Malang Raya versi ABC.com:

1. Bakso Prima

Pengunjung dapat menikmati semangkuk bakso dengan isi bakso halus atau urat, babat, usus ayam, dan paru goreng. Di samping itu, ada pula aneka bakso goreng yang bisa dinikmati, seperti goreng bulat, goreng bunga, dan goreng panjang.

Harga per porsi sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000, sementara harga bakso goreng dimulai dari Rp3.000. Nikmati kelezatan bakso-bakso ini setiap hari di Jl. Soekarno Hatta No. 37, Lowokwaru, Kota Malang pukul 10.00-21.00 WIB.

2. Bakso Kota Cak Man

Berlokasi di Jl. Letjen. S. Parman No. 56A, Purwantoro, Blimbing, Malang, restoran ini buka pukul 10.30-21.00 WIB. Setiap harinya tersedia aneka gorengan, bakso halus, bakso kasar, dan bakso jumbo yang bisa dipilih.

Pengunjung juga dapat menambahkan tahu isi, siomay basah, dan bakso goreng panjang untuk isiannya. Mulai dari Rp2.000 sampai Rp8.000, pengunjung sudah bisa menikmati kegurihan gorengan dan kelezatan baksonya.

3. Bakso President Malang

Terletak tepat di samping rel kereta api, Bakso President menghadirkan sensasi kelezatan kuah bakso yang hangat. Pengunjung bisa menikmati beragam bakso, mulai dari yang biasa, bakso udang, sampai bakso bakar yang dibumbui kecap manis.

Pangsit goreng maupun rebus, lontong, dan jeroan juga bisa ditambahkan agar bakso itu menjadi semakin enak dan mengenyangkan. Berlokasi di Jl. Batanghari No. 5, Klojen, Kota Malang, Bakso President siap melayani pukul 08.45-21.30 WIB setiap hari. Harga per porsinya dimulai dari Rp20.000.

4. Bakso Solo Kidul Pasar

Di restoran sederhana ini, pengunjung bisa menikmati porsi bakso dilengkapi isian bakso halus, bakso kasar, tahu goreng, siomay, dan gorengan. Baksonya terasa sangat kenyal, terlebih saat dinikmati bersama kuah kaldu yang sedap.

Harga per porsi sekitar Rp18.000. Lokasinya di Jl. Halmahera No. 12A, Kasin, Klojen, Kota Malang dan buka setiap hari pukul 12.00-21.00 WIB.

5. Bakso Gun Malang

Ada yang menarik dan seru di restoran yang satu ini, yaitu diizinkannya pengunjung untuk meracik dan merebus isian bakso sendiri. Isi bakso yang bisa dipilih juga beragam, yaitu: bakso halus, bakso urat, tahu putih, sayur, lontong, kembang tahu, dan lain-lain.

Bakso dan isian bakso lainnya dihargai mulai dari Rp 2.000. Restoran yang buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB ini terletak di Jl. Kawi Atas Nomor 41A, Klojen, Malang.

6. Bakso Damas

Konsep makan prasmanan biasanya identik dengan restoran di hotel berbintang. Namun Bakso Damas turut menghadirkan konsep makan prasmanan dengan aneka ragam isian bakso. Ada bakso telur puyuh, bakso urat, siomay udang, jeroan, irisan kubis, mie kuning, dan aneka gorengan sebagai pilihan isinya.

Harga satuan mulai dari Rp3.000. Setiap harinya, restoran ini buka pukul 10.00-22.00 WIB di Jl. Soekarno- Hatta No. 75-74, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang.

7. Duro’s Meatball Kepanjen

Pengunjung yang sedang singgah di Kabupaten Malang dapat menghampiri Duro’s Meatball Kepanjen. Ada beraneka menu bakso yang dapat dinikmati, seperti bakso campur dan bakso tenis. Di setiap porsi, ada bakso kasar, bakso halus, pangsit goreng, dan irisan kubis.

Melihat porsi yang ditawarkan, wajar saja satu porsi dihargai setidaknya Rp25.000. Restoran bakso ini terletak di Jl. Panglima Sudirman, Kepanjen, Kabupaten Malang dan buka setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

8. Bakso Sumsum Cak Hadi

Keunikan Bakso Sumsum Cak Hadi terletak pada makan baksonya. Bakso sumsum yang disajikan harus dimakan utuh secara langsung. Dengan cara itu, sumsum akan meledak di dalam mulut dan akan terasa sangat gurih.

Selain itu, ada pula bakso hati, bakso telur puyuh, bakso kasar, dan pilihan-pilihan lain untuk isiannya. Bakso-bakso unik ini dapat dinikmati pukul 17.00-22.00 WIB kecuali hari Kamis. Lokasinya ada di Jl. Kertanegara Nomor 117, Candirenggo, Singosari, Kabupaten Malang.

9. Bakso De Stadion

Ada yang spesial dan unik di Bakso De Stadion, yaitu menu bakso abon, bakso keju mozzarella, bahkan hingga bakso lobster. Aneka gorengan yang ditawarkan juga tak kalah menggiurkan. Ada tahu garing dan udang goreng tepung yang bisa ditambahkan ke seporsi bakso.

Harga satuannya mulai dari Rp 1.500. Terletak di Jl. Stadion Utara No. 12, Sisir, Kota Batu, restoran ini buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB.

10. Bakso Mujos

Bakso Mujos sudah memberi kenikmatan bagi para pengunjungnya sejak tahun 1990-an. Tidak hanya terkenal dengan kuah kaldu bakso yang sedap, bakso bulatnya bahkan dibuat dengan alat penggilingan manual. Hal itu membuat bakso di Kota Batu ini terasa empuk dan lembut. Untuk isiannya, ada tahu putih, tahu goreng, mie, dan siomay.

Pengunjung bisa menikmati berbagai bakso nikmat itu mulai dari Rp12.000. Letaknya di Jl. Pangeran Diponegoro Gang 6, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Restoran ini buka pada pukul 11.00-18.00 WIB kecuali hari Jumat.

11. Bakso Tengkleng Mas Bambang 

Restoran ini berlokasi di Ruko Griya Santa Nomor 53, Jalan Soekarno-Hatta, Jatimulyo, Lowokwaru, Kota Malang. Buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB, restoran ini menyajikan hidangan yang tak biasanya bersama bakso, yakni irisan tengkleng. 

Irisan tengkleng yang digunakan berasal dari daging kambing yang masih melekat dengan tulangnya. Bagian tubuh kambing yang paling banyak dimasak menjadi tengkleng adalah tulang belakang dan bagian iga. Irisan sawi hijau dan soun juga ada sebagai isiannya. Harga satu porsi bakso tengkleng ini Rp25.000.  

12. Bakso Pemuda 

Di Bakso Pemuda, pengunjung dapat menikmati satu porsi bakso campur dengan harga Rp20.000. Bahkan ada aneka kerupuk yang bisa dijadikan pendamping makanan. Sebut saja kerupuk udang, kentang, tahu, dan bawang. Harga kerupuknya sendiri mulai dari Rp2.000. 

Bakso Pemuda terletak di Jl. WR. Supratman No. 17, Sisir, Kota Batu. Restoran ini buka setiap hari pukul 13.00-22.00 WIB.

Baca Juga: Contoh Teks Ulasan


4. Contoh Berita Edukasi

Contoh Berita Edukasi

Edukasi masih menjadi isu yang hangat diperbincangkan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Maka berita edukasi sangat penting dan menarik bagi banyak pembaca, terlebih para orang tua. Ada berbagai contoh teks berita edukasi di internet, ini salah satu contoh teks berita edukasi yang dipublikasikan di suatu situs:

Contoh Berita Edukasi

Program Inklusi Perpusnas Bangkitkan Ekonomi 

XYZ.com, 14/12/2020

Bukan hanya untuk meningkatkan minat baca, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) juga didorong untuk menjadi motor penggerak masyarakat demi kebangkitan ekonomi. Layanan Perpusnas berbasis inklusi sosial akan masuk ke ranah aktivitas knowledge sharing, seperti tutorial, pelatihan, dan pendampingan kegiatan bernilai ekonomis.

Senin (14/12/2020), Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menyatakan bahwa ilmu-ilmu di Perpusnas adakan dibagikan kepada masyarakat luas. Itu termasuk masyarakat yang merasa tidak memperoleh hak pendidikan karena masalah sosial ekonomi. Program ini adalah konsep revolusioner yang kini digunakan Perpusnas untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing.

Lebih jauh lagi, Syarif menjelaskan Perpusnas akan mendampingi pilihan ekonomi masyarakat. Pihaknya akan mencarikan informasi supaya dapat dipraktekkan dan sanggup mendongkrak usaha mikro sekelas home industry. Pihak Perpusnas tidak akan sekedar mengajarkan cara membaca, melainkan juga cara mengembangkan usaha sendiri.

Menurutnya, peran perpustakaan di dalam membentuk manusia yang unggul bertumpu pada dalamnya literasi dan pengetahuan yang dimiliki. Pengetahuan itu sendiri diperoleh dari keaktifan membaca teks yang akhirnya memampukan pembaca memahami konteks. Sumber daya manusia yang unggul dan mudah menemukan inovasi, hingga mampu menciptakan usaha sendiri adalah keberhasilan produk literasi.

Dengan pendampingan Perpusnas, fasilitas informasi yang akurat, dan pelatihan berbasis inklusi sosial diharapkan mampu menciptakan SDM berkualitas dan unggul. Hal itu dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


5. Contoh Berita Teknologi

Contoh Berita Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi tak terelakkan. Setiap harinya selalu ada gadget, sistem, maupun jaringan baru yang sangat menarik untuk dipelajari dan digunakan. Oleh karena itu, banyak orang yang berselancar di internet demi mencari contoh teks berita teknologi. Berikut contoh teks berita teknologi tentang jaringan:

Contoh Berita Teknologi

Jaringan 5G Sub-6 GHZ dan mmWave untuk Masa Depan

YYY.com, 07/02/2021

Sejumlah negara di dunia, seperti Arab Saudi, Australia, dan Swiss mulai menggelar layanan 5G secara komersial. Supaya bisa menikmati layanan 5G, jaringan dan perangkatnya harus tersedia. Maka para vendor ponsel mulai merilis ponsel yang dapat didukung teknologi jaringan generasi kelima ini.

Hingga saat ini ada 2 jenis teknologi jaringan 5G yang digunakan berbagai negara, yakni teknologi Sub-6GHZ dan mmWave. Meski begitu, suatu negara sebenarnya bisa menggunakan keduanya. Misalnya menggunakan Sub-6GHz untuk frekuensi rendah dan mmWave untuk frekuensi tinggi. Lantas apa yang membedakan keduanya?

Perbedaan Sub-6 GHz dan mmWave

Perbedaaan keduanya terletak pada frekuensi pita yang digunakan. Sub-6GHZ menggunakan frekuensi pita rendah, yaitu di bawah 6 Ghz. Teknologi jenis ini telah digunakan beberapa provider asal AS, sebut saja T-Mobile dan AT&T.

Sementara itu, mmWave (Millimeter-wave) menggunakan frekuensi pita yang cukup tinggi, dengan kecepatan 24 Ghz sampai 40 Ghz. Tingginya bandwidth yang dihasilkan mmWave membuatnya mampu menyediakan akses yang jauh lebih cepat. Meski begitu, jangkauan wilayah mmWave tidak seluas jangkauan Sub-6GHZ. Pengguna harus berada di dalam radius 100 meter dari menara pemancar sinyal (BTS) untuk bisa menggunakan mmWave.

Karena membutuhkan banyak BTS untuk menjangkau lebih luas, maka mmWave terbilang mahal. Dengan karakteristik ini, mmWave cocok dipakai di wilayah padat perkotaan. Sedangkan Sub-6GHz lebih cocok didirikan di pinggiran kota atau pedesaan. Selain memiliki luasnya jangkauan dan kemampuan menembus objek dengan baik, biaya yang dibutuhkan Sub-6GHz pun jauh lebih murah.

Kecepatan Sub-6 GHz dan mmWave

Secara teoritis, mmWave memang menyediakan akses kecepatan hingga 5 Gbps. Namun  kecepatan itu bervariasi, tergantung jarak BTS terdekat dengan pengguna.

Dilansir dari Mac Rumors, Minggu (7/2/2021), Sub-6GHz menyediakan akses kecepatan sampai 200 Mbps. Hal itu membuat Sub-6GHz dapat menghasilkan kecepatan rata-rata unduhan di 50,9 Mbps. Meskipun lebih rendah dari mmWave, namun masih lebih cepat daripada 4G LTE dengan rata-rata 28,9 Mbps.

Frekuensi Ideal di Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menyiapkan tiga layer spektrum untuk menyambut jaringan 5G di Tanah Air. Tiga layer itu terdiri dari upper band (26 GHz), middle band (2,6 GHz), dan lower band (700 MHz-800 MHz). Belum dipastikan kapan Kominfo akan menyelenggarakan lelang untuk frekuensi di tiga layer itu.

Sementara itu, Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi (ITB), Muhammad Ridwan Effendi turut berpendapat. Beliau mengatakan spektrum yang ideal untuk menyambut 5G adalah pita frekuensi 2,6 GHz atau 3,6 GHz (Sub-6 GHz).

Pendapat itu sesuai laporan GSM Association berjudul “5G Spectrum: GSMA Public Policy Position” yang dipublikasikan pada Maret 2020. Laporan itu menyebutkan pita frekuensi 2.5 GHz di rentang 3.3 GHz-3.8 GHz telah umum digunakan pengguna 5G. Salah satu negara yang telah menggunakan pita frekuensi itu adalah Korea Selatan.

Semakin banyak penggiat teknologi Indonesia yang tak sabar untuk merasakan kelancaran jaringan 5G. Maka dari itu, Kemenkominfo diharapkan dapat segera merealisasikan hal ini.


6. Contoh Berita Olahraga

Contoh Berita Olahraga

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga favorit di seluruh dunia. Tak heran topik ini sering dibahas di media mana pun dan banyak yang tertarik untuk menulis contoh teks berita olahraga. Untuk penulisan berita di media cetak, umumnya tanggal penulisan didahului kota penulisan. Berikut adalah contoh teks berita olahraga tentang sepak bola Indonesia:

Contoh Berita Olahraga

Menuju Piala Dunia U-20 2021

Jakarta, 19 November 2020

Piala Dunia U-20 2021 sudah semakin dekat. Turnamen yang akan diselenggarakan pada 20 Mei 2021 ini merupakan kesempatan emas bagi perkembangan Timnas U-19 Indonesia. Kali ini Indonesia menjadi tuan rumah, sehingga otomatis lolos ke babak penyisihan grup.

Shin Tae-yong, pelatih yang resmi bergabung dengan Timnas pada 28 Desember 2019 ini menerapkan budaya latihan keras dan sangat disiplin. Menurut beberapa pemain, selain dengan latihan fisik yang sangat amat berat, terdapat pula berbagai larangan mengejutkan.

Mereka tidak diperkenankan memakan gorengan dan makanan yang pedas, membawa ponsel saat latihan, maupun keluar sembarang waktu dari hotel. Untuk keluar dari hotel, seandainya diizinkan pun, pemain harus kembali tepat waktu sesuai jam yang disepakati. Bahkan seragam yang dipakai pun harus sesuai ketentuan, pemain yang melanggar harus membayar denda.

Mantan pelatih Korea Selatan ini memegang teguh nilai pribadinya. Ia percaya bahwa sebaik apapun strategi yang dipersiapkan, akan percuma jika para pemainnya tidak bisa bermain stabil selama 90 menit. Untuk mencapai hal itu, Shin Tae-yong menerapkan budaya latihan yang keras dan sangat disiplin.

Maka tak heran jika latihan fisik ditingkatkan jauh lebih intens daripada biasanya. Mental para pemain pun semakin diperkuat dengan kebiasaan bicara Shin Tae-yong yang terbilang ceplas-ceplos.

Hasil Uji Coba

Tak tanggung-tanggung, sang pelatih juga memboyong Timnas U-19 dengan jumlah 30 pemain untuk melakoni laga uji coba (TC). Timnas melawan tim dari beberapa negara lain dan beberapa FC di Kroasia pada Oktober 2020.

Langkah ini diambil lantaran ditundanya Liga 1 Indonesia, yang membuat beliau hanya bisa memilih pemain berdasarkan data dan laporan. Tidak berdasarkan kondisi di lapangan yang seharusnya disaksikan dengan mata kepalanya sendiri. Karena itulah, setiap laga uji coba di Kroasia dijadikan sebagai penentu untuk penyusunan strategi dan tim.

Uji coba Timnas U-19 di Kroasia menghasilkan 3 kekalahan dari Bulgaria, Kroasia, dan Bosnia Herzegovina. Kemudian 3 hasil seri dengan Arab Saudi, Qatar (laga kedua), Makedonia Utara (laga pertama). Timnas U-19 meraih 5 kemenangan atas Qatar (laga pertama), Makedonia Utara (laga kedua) Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan Hajduk Split.

Daftar Pemain yang Terpilih

Pada 5-12 November 2020, Shin Tae-yong yang sedang berada di Korea Selatan mengadakan TC (training camp) secara virtual di Jakarta. Ia menunjuk asistennya, Nova Arianto untuk memantau TC ini secara langsung.

Hasil TC di Kroasia dan virtual di Jakarta memantapkan Shin Tae-yong untuk menetapkan daftar pemain untuk mengikuti TC di Jakarta. TC kali ini digelar supaya siap menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang akan digelar pada Maret 2021 di Uzbekistan.

TC yang berlokasi di Stadion Madya, Senayan ini akan dimulai pada 16 November 2020. Ada 38 pemain dari berbagai klub maupun alumni Timnas U-16 yang terpilih untuk mengikuti TC ini.

Dari klub Persebaya, Rizky Ridho, Mochammad Supriadi, Brylian Aldama, dan Syukran Arabia yang terpilih. Erlangga Setyo, Beckham Putra, Bayu M Fiqri, dan Kakang Rudianto dari Maung Bandung juga terpilih untuk mengikuti TC ini.

Shin Tae-yong memilih pemain-pemain Persija dari berbagai posisi, yaitu Braif Fatari, Sandi Samosir, Salman Alfarid, Alfriyanto Nico, dan Risky Sudirman. Borneo FC patut berbangga, karena 4 pemainnya turut dipilih, yaitu: Komang Teguh, Fajar fathur Rahman, Pualam Bahari, dan Arya Gerryan.

PSIS turut menyumbang 3 pemain kuncinya, yaitu Pratama Arhan, Yofandani Damai, dan Moh. Bahril Fajar. Bagas Kaffa, Yudha Febrian, dan David Maulana dari Barito Putra juga dipilih oleh Shin Tae-yong.

Dari Bali United, Bhayangkara FC, dan Semen Padang masing-masing terpilih 2 pemain. Mereka adalah Irfan Jauhari, Komang Tri, Hamsa Lestaluhu, Serdy Fano, Muhammad Fadhil, dan Genta Alparedo. Dua alumni Timnas U-16 pun terpilih, yaitu Andre Oktaviansyah dan Rendy Juliansyah.

Beberapa pemain tengah lainnya adalah Mohammad Kanu (Babel United, Saddam Gaffar (PSS), Irfan (Tiga Naga), dan Titan Agung (Arema). M. Adi Satrio sang kiper PSMS juga mendapat peluang pengembangan diri ini. Lalu dari klub luar Indonesia, ada Khairul Imam Zakiri (Gymnasia Ceuta) dan Jack Brown (Lincoln City U18).

Pendapat Pengamat

Bung Kusnaeni, salah satu pengamat sepak bola Indonesia menyatakan langkah-langkah yang diambil Shin Tae-yong ini sudah tepat. Target utama Timnas U-19 sekarang adalah berprestasi di Piala Dunia U-20 2021. Sedangkan target menengahnya adalah berprestasi di Piala AFC U-19 2020. Fisik dan mental Timnas U-19 harus digembleng agar membuahkan hasil maksimal.

Meski mengalami beberapa kekalahan saat TC di Kroasia, Shin Tae-yong tidak apa-apa. Malah itulah cara pelatih berusia 51 tahun itu memahami kelemahan dan kekuatan Timnas U-19. Dengan begitu, ia bisa membentuk strategi dan menyusun komposisi pemain yang tepat untuk menghadapi Piala AFC dan Piala Dunia mendatang.

Selain itu, para pemain juga bisa termotivasi untuk bekerja lebih keras lagi demi meraih kemenangan di masa depan. Menurutnya, kerasnya latihan fisik dan culture shock yang dialami para pemain Timnas U-19 ini memang harus ditempuh untuk menuju kesuksesan.

Sebagai contoh, formasi yang diterapkan Shin Tae-yong adalah 4-4-2, bukan 4-3-3 seperti yang ketentuan Filanesia yang ditetapkan PSSI. Para pemain yang terbiasa bermain di klub lokal tentu kaget dan belum terbiasa dengan formasi ini. Namun seiring berjalannya waktu, pasti akan mampu beradaptasi dan merasa nyaman dengan formasi itu.

Lagi pula pada dasarnya, yang bermain dalam 1 tim tetaplah 11 orang. Jadi, kesebelas orang itu harus bisa menyesuaikan diri dengan setiap strategi. Ini termasuk formasi apapun yang ditetapkan pelatih sesuai kebutuhan, situasi, dan kondisi. Berbagai langkah berani yang diambil Shin Tae-yong diharapkan membawa Timnas U-19 Indonesia menjuarai berbagai kejuaraan.

Baca Juga: Contoh Penutup Pidato

  11+ Contoh Teks Anekdot Pendidikan, Sosial, Lucu, Menyindir dan Lainnya

7. Contoh Berita Ekonomi

Contoh Berita Ekonomi

Sebelum pandemi terjadi saja, perekonomian negara sudah menjadi pembahasan hangat di telinga masyarakat, apalagi saat pandemi Covid-19 menyerang. Terjadi guncangan hebat terhadap perekonomian hampir setiap negara di dunia, termasuk Indonesia. Tak heran berita tentang ekonomi juga diminati para pembaca.

Untuk menulis contoh teks berita ekonomi, diperlukan pengetahuan mendalam tentang perekonomian dan keuangan. Berikut contoh teks berita ekonomi:

Contoh Berita Ekonomi

Kabar Baik dan Buruk Bagi Pekerja di Awal 2021

ZZZ.com, 04/02/2021

Kuartal pertama tahun 2021 dipenuhi sejumlah kabar dari sektor perekonomian, termasuk tentang penghasilan para pekerja. Meskipun ada kabar baik yang menggembirakan, tetapi ada juga kabar buruk yang harus diterima.

Kabar baiknya adalah tetap dilanjutkannya kebijakan insentif pajak berupa pembebasan pajak penghasilan karyawan (PPh) Pasal 21. Itu berarti penghasilan para pekerja bisa meningkat, karena tidak dipotong pajak.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan, kebijakan ini adalah bagian program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021, terutama bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Beliau menjelaskan, pembebasan PPh Pasal 21 menggunakan mekanisme ditanggung pemerintah (DTP). Pembebasan itu berlaku bagi karyawan dengan penghasilan kotor kurang dari Rp 200.000.000 per tahun sesuai klasifikasi yang diatur di Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Dilansir dari Kontan, Rabu (3/2/2021), beliau menyatakan hal itu bertujuan untuk mendorong daya beli. Selain itu, juga untuk memenuhi impor bahan baku produksi untuk sektor terdampak dan  membantu cash flow perusahaan agar tetap hidup.

Untuk kebijakan insentif fiskal, pihaknya akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan memberikan insentif perpajakan demi peningkatan iklim investasi kondusif.

Maka karyawan dengan NPWP dan penghasilan kotor tahunan kurang dari Rp 200.000.000 sektor-sektor ini akan mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan itu sendiri berbentuk gaji yang tidak dipotong pajak.

Sedangkan pemilik usaha yang memperoleh fasilitas ini wajib melaporkan laporan bulanan realisasi PPh Pasal 21 DTP. Kebijakan pembebasan PPh Pasal 21 berlaku untuk perusahaan yang bergerak di salah satu dari 1.062 bidang industri tertentu.

Dihapusnya Subsidi Upah

Kabar buruknya, pada tahun 2021 pemerintah tidak lagi menganggarkan subsidi upah. Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari menegaskan hal itu.  Beliau menjelaskan, anggaran yang disiapkan tahun ini hanya diperuntukkan jaringan perlindungan sosial untuk masyarakat 40 persen terbawah. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan, program subsidi upah ini pasti akan berlanjut, tetapi tergantung situasi dan kondisi perekonomian nasional tahun ini.

Demikianlah beberapa contoh teks berita di dalam berbagai kategori, yaitu kesehatan, wisata, kuliner, edukasi, teknologi, ekonomi, dan olahraga. Meskipun ada banyak peraturan untuk menulis berita, sebaiknya jangan terlalu terpaku pada peraturan yang malah membuat gaya penulisan menjadi kaku.

Untuk penulisan berita di media daring, SEO juga harus dioptimalkan supaya muncul di halaman bahkan baris pertama dari search engine. Pengoptimalan SEO dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti penentuan dan peletakan keyword yang tepat. Semoga setiap contoh teks berita di atas dapat memberikan pencerahan. Selamat mencoba menulis teks berita!

Contoh Teks Berita

Tinggalkan komentar