10+ Contoh Cover Letter Bahasa Inggris Bisa Jadikan Refrensi

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris – Kemampuan untuk membuat cover letter yang baik perlu dimiliki oleh setiap orang. Bagian pembuka ini biasanya dibutuhkan jika seseorang ingin mengajukan suatu lamaran kerja atau studi. Akan lebih sulit lagi jika surat tersebut diminta dituliskan dengan bahasa Inggris. Biasanya orang akan melihat contoh cover letter bahasa Inggris untuk mendapatkan inspirasi.

Membuat sebuah cover letter dengan baik adalah hal yang esensial. Bagian tersebut merupakan bagian lamaran yang pertama kali dilihat oleh asesor. Melalui surat tersebut, asesor dapat menilik keseriusan seorang pelamar berdasarkan kualitasnya. Selain itu, asesor juga mengukur kredibilitas dari pelamar dengan melihat penyajian cover letter tersebut.

Penulisan cover letter bukanlah sebuah tugas yang mudah. Pelamar hanya memiliki satu halaman terbatas untuk menyampaikan semua hal yang perlu disampaikan. Informasi-informasi yang harus terlampir di bagian tersebut kemungkinan sangat banyak sehingga harus dipadatkan. Tentunya melakukan hal tersebut membutuhkan teknik-teknik tersendiri. Surat untuk keperluan kerja dan studi pun akan berbeda.


Contoh Cover Letter Bahasa Inggris untuk Lamaran Kerja

Dalam menulis cover letter untuk lamaran kerja, tujuan utamanya adalah menunjukkan kapabilitas profesional individu. Kapabilitas profesional tersebut harus sudah terlihat jelas dari cara individu mempresentasikan diri di perkenalan awal. Berikut merupakan beberapa contoh cover letter bahasa Inggris menarik sebagai acuan pelamar kerja:

1. Cover Letter Bernada Lugas

Cover Letter Bernada Lugas

Seorang perekrut biasanya harus menyeleksi ratusan hingga ribuan surat lamaran. Oleh karena itu, menulis cover letter yang bernada lugas sangat berguna. Pelamar hanya perlu mengikutsertakan informasi yang dirasa penting secara singkat. Perekrut hanya membutuhkan waktu singkat untuk menganalisis surat tersebut.

Di dalam contoh cover letter bahasa Inggris tersebut dapat terlihat bahwa terdapat informasi kunci yang diikutsertakan. Informasi kunci tersebut di antaranya adalah tujuan penulisan surat lamaran kerja. Selain itu, pelamar memberikan perkenalan singkat mengenai dirinya dan sejarah profesional yang relevan dengan posisi.

Jenis cover letter seperti ini sangat cocok untuk digunakan ketika melamar pekerjaan secara online. Biasanya terdapat batasan jumlah kata untuk menulis pada platform pendaftaran pekerjaan online sehingga template ini cocok digunakan. Selain itu, cover letter seperti ini juga cocok bagi pelamar yang melamar pekerjaan melalui email.


2. Cover Letter dengan Penekanan pada Keterampilan

Cover Letter Dengan Penekanan Pada Keterampilan

Ketika melamar pekerjaan, seorang pelamar juga perlu meyakinkan asesor bahwa ia mampu mengemban tugas yang diberikan. Cara yang dapat dilakukan adalah memberikan penjelasan mengenai kemampuan dirinya. Kemampuan ini dapat dikaitkan dengan posisi pekerjaan yang pernah diduduki sebelumnya. Selain itu, keterampilan juga dapat dikaitkan dengan pelatihan.

Keterampilan yang disebutkan oleh seorang pelamar  harus relevan dengan jenis pekerjaan yang dituju. Oleh karena itu, pelamar kerja seharusnya melakukan riset terlebih dahulu untuk mempelajari posisi pekerjaan yang ingin ditempati. Dengan memberikan penjelasan mengenai keterampilan yang relevan, daya tarik pelamar menjadi lebih tinggi.

Contoh cover letter bahasa Inggris ini sangat sesuai untuk tipe pekerjaan non-entri, seperti manajer atau staf ahli. Biasanya tipe pekerjaan yang membutuhkan cover letter seperti ini akan menuntut keterampilan tingkat tinggi dari calon pelamarnya. Asesor pun akan membaca cover letter secara lebih teliti, berbeda dengan lamaran pekerjaan entri.


3. Cover Letter yang Mencantumkan Prestasi

Cover Letter Yang Mencantumkan Prestasi

Contoh cover letter ini merupakan pengembangan dari contoh sebelumnya. Contoh sebelumnya lebih fokus menggambarkan keahlian-keahlian yang dimiliki oleh pelamar untuk menjalankan tugas kerjanya di kantor tersebut kelak. Akan tetapi, contoh ini juga menyebutkan pencapaian karir yang membuktikan bahwa pelamar memang memiliki keahlian yang disebutkan.

Seperti halnya contoh sebelumnya, pencapaian karir dan keterampilan yang disebutkan harus relevan dengan posisi yang dituju. Akan lebih baik lagi jika seorang pelamar menjelaskan keterkaitan pencapaian atau prestasi yang dituliskan dengan keterampilan yang diperlukan untuk mencapainya. Seorang asesor akan lebih mudah memahami alur dari sebuah lamaran dengan pendekatan seperti itu.

Tipe cover letter seperti ini lebih cocok untuk pekerjaan dengan tingkat keterampilan tinggi. Ketika sebuah lowongan menuntut kualifikasi yang baik dari pelamar, maka pool pelamar cukup kecil. Asesor akan menyediakan waktu lebih lama untuk memeriksa setiap cover letter sehingga informasi lebih mendetail dapat ditambahkan.


4. Cover Letter dengan Penjelasan Tugas Kerja

Cover Letter Dengan Penjelasan Tugas Kerja

Sebuah contoh cover letter bahasa Inggris ini cukup menarik. Contoh ini menggambarkan lamaran untuk menjadi asisten guru di sebuah institusi pendidikan. Guru merupakan sebuah profesi yang sangat terkait dengan rutinitas. Karena itu, sangat penting untuk mencantumkan detail tugas kerja yang dilakukan pelamar di pekerjaan sebelumnya.

Di dalam contoh tersebut pelamar membuat daftar mengenai tugas-tugas yang ia berikan di dalam pekerjaan yang sebelumnya. Format bullet list ini membantu asesor untuk menelaah lamaran kerja yang dibuat dengan lebih mudah. Informasi disajikan sesuai dengan poin-poinnya sehingga asesor tidak perlu menganalisis konten paragraf.

Contoh cover letter bahasa Inggris tersebut memberikan rincian tugas yang relevan juga dengan posisi  yang dilamar. Asesor dapat melihat bahwa pelamar sudah terbiasa melakukan tugas sesuai dengan yang dibutuhkan oleh posisinya. Bagian akhir juga memberi gambaran singkat mengenai dokumen penunjang yang dicantumkan dalam lamaran.


5. Cover Letter dengan Profil Singkat

Cover Letter Dengan Profil Singkat

Bentuk cover letter seperti ini akan lebih cenderung menarik perhatian asesor. Hal ini dikarenakan ada daya tarik visual dengan tambahan warna yang terang. Selain itu, terdapat tambahan foto dan profil singkat pelamar. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa ada perusahaan yang mungkin tidak memperkenankan foto pelamar dalam aplikasinya.

Pada bagian atas contoh cover letter bahasa Inggris ini, penulis mencantumkan informasi personal dan kontak yang dapat dihubungi. Informasi personal yang dicantumkan berupa nama. Sementara kontak yang dapat dihubungi mencakup nomor telepon yang aktif, alamat email, dan alamat tempat tinggal atau pengiriman surat.

Konten cover letter ini secara spesifik menuliskan keterampilan yang dimiliki oleh pelamar. Keterampilan-keterampilan yang disebutkan sesuai dengan tujuan posisi yang dilamar, dalam kasus ini adalah software engineer. Sebuah poin penting yang ditambahkan pelamar di bagian akhir adalah kesimpulan mengenai kemampuannya untuk menjalankan tugas kerjanya kelak.


6. Cover Letter dengan Detail Konten

Cover Letter Dengan Profil Singkat

Sebuah contoh lain yang menarik adalah cover letter berikut ini. Contoh ini menunjukkan cover letter yang memberikan penjelasan mengenai detail konten dari lamaran. Format lamaran seperti ini sangat cocok apabila diaplikasikan untuk lamaran pekerjaan yang membutuhkan banyak dokumen. Metode ini membantu asesor dalam menilai pelamar dengan lebih baik.

Di dalam contoh cover letter bahasa Inggris ini, pelamar memberikan bullet point mengenai lampiran dokumen yang disertakan. Beberapa dokumen yang dicantumkan bersama cover letter di antaranya adalah transkrip nilai, registrasi profesi, pernyataan izin kerja dari pemerintah daerah, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika halaman dokumen juga dicantumkan.

Pada bagian sebelum penjelasan detail konten lamaran tersebut, cover letter juga perlu mencantumkan informasi standar. Informasi yang dimaksudkan misalnya berupa jenis posisi yang dilamar serta keterampilan yang dimiliki oleh pelamar dalam menjalankan posisinya. Pelamar juga dapat menampilkan sedikit kualifikasi pendidikan terkait dengan posisi tersebut seperti di contoh.


Contoh Cover Letter Bahasa Inggris untuk Aplikasi Studi

Ketika melakukan aplikasi studi, baik untuk melamar sekolah maupun beasiswa, cover letter pun penting. Seorang pelamar harus menunjukkan bahwa dirinya memiliki kemampuan intelektual yang baik untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Halaman muka tersebut juga perlu menunjukkan maturitasnya. Berikut merupakan contoh cover letter bahasa Inggris untuk aplikasi studi:

1. Cover Letter dengan Penekanan pada Program Studi

Cover Letter Dengan Penekanan Pada Program Studi

Setiap universitas akan memberikan penawaran program-program studi menarik untuk calon mahasiswanya. Contoh berikut merupakan cover letter yang secara spesifik menjelaskan mengenai minat seorang pelamar untuk belajar di program studi tertentu. Terlihat di dalam contoh bahwa pelamar memberikan penjelasan yang cukup mendetail mengenai program studi yang dituju.

Terdapat beberapa informasi yang diikutsertakan oleh pelamar di dalam surat lamarannya ini. Informasi pertama merupakan relevansi pengalaman profesional pelamar dengan pendidikan yang ditawarkan oleh program studi tersebut. Selain itu, pelamar juga menunjukkan riset yang telah dilakukan terhadap program studi yang disasar. Hal ini dibuktikan dengan menuliskan prestasi program studi.

Contoh cover letter bahasa Inggris ini sangat cocok bagi individu yang sudah memiliki ide spesifik mengenai materi yang ingin dipelajarinya. Struktur aplikasi seperti ini menunjukkan kepada asesor bahwa pelamar sudah siap untuk menempuh pendidikan di sana. Hal ini karena pelamar sudah melakukan telaah terhadap mata kuliah yang ditawarkan.


2. Cover Letter Berstruktur

Cover Letter Berstruktur

Contoh cover letter bahasa Inggris berikut ini merupakan sebuah bentuk yang cukup panjang. Tetapi surat tersebut tidak membuat pembaca kebingungan karena bentuknya yang berstruktur. Di dalam contoh tersebut, struktur ditambahkan dengan memberikan heading pada masing-masing pokok bahasan. Asesor akan mampu membaca cover letter seperti dengan lebih nyaman.

Terdapat beberapa jenis informasi yang menjadi bahasan di dalam contoh ini. Pertama, penulis melakukan perkenalan singkat mengenai dirinya. Kemudian, penulis melanjutkan dengan penjelasan mengenai alasan memilih lokasi studi, baik negara maupun institusi. Pada bagian terakhir, detail mengenai rencana studi penulis kemudian dituliskan dengan cukup terperinci.

Bentuk contoh cover letter bahasa Inggris seperti ini perlu disajikan dengan berhati-hati. Sebab, pelamar sekolah bisa jadi menuliskan informasi dalam bentuk paragraf-paragraf yang terlalu panjang. Ketika paragraf terlalu panjang, maka asesor mungkin akan melewatkan beberapa informasi penting yang disajikan oleh pelamar.


3. Surat Pernyataan Tujuan

Surat Pernyataan Tujuan

Sementara itu, contoh cover letter bahasa Inggris berikut merupakan contoh yang dibuat untuk melamar beasiswa pendidikan. Hal yang ingin disampaikan oleh penulis dalam lamaran tersebut adalah tujuannya untuk melamar beasiswa. Metode penyampaian yang diaplikasikan oleh penulis di dalam surat lamaran ini adalah narasi. Metode ini membuat lamaran menjadi lebih personal.

Di dalam contoh tersebut dapat dilihat bahwa pelamar menjelaskan kisah hidupnya. Terdapat usaha untuk mengaitkan pengalaman personal dengan keinginan untuk melanjutkan studi. Lamaran ini juga menyebutkan individu-individu yang terkait dengan kehidupan penulis. Bentuk surat ini mengalir seperti cerita karena disajikan dalam struktur paragraf.

Sebuah hal yang cukup menantang dalam membuat surat lamaran seperti ini adalah memastikan bahwa setiap paragraf hanya mencakup satu poin. Penulis juga harus memastikan bahwa paragraf tidak terlalu panjang. Dengan begitu, seorang asesor peluang beasiswa akan mampu menganalisis cover letter dengan lebih nyaman.


4. Cover Letter yang Singkat dan Sederhana

Cover Letter Yang Singkat Dan Sederhana

Contoh cover letter bahasa Inggris ini merupakan contoh yang lugas dan sederhana. Struktur yang digunakan oleh pelamar merupakan struktur layaknya surat resmi. Penulis mencantumkan alamat pengirim dan alamat penerima. Konten dari surat tersebut juga dirancang agar menjadi sangat singkat. Penulis hanya menuliskan informasi yang relevan.

Bentuk contoh cover letter bahasa Inggris seperti ini cukup sesuai untuk digunakan oleh individu yang melamar beasiswa dari perusahaan. Dengan menggunakan struktur resmi, perusahaan dapat melihat profesionalitas dari individu pelamar itu sendiri. Selain itu, hal ini membuat proses membaca cover letter lamaran tidak memakan waktu yang lama.

Terdapat poin utama yang dicantumkan penulis di dalam lamaran tersebut. Poin pertama merupakan tujuan dari penulisan aplikasi. Penulis juga memberikan sebuah tawaran untuk melakukan internship di perusahaan jika diterima lamaran beasiswanya. Kemungkinan bagi perusahaan hal tersebut merupakan tawaran yang cukup menarik.


5. Pernyataan Personal Mengenai Intensi Melamar Beasiswa

Pernyataan Personal Mengenai Intensi Melamar Beasiswa

Format ini merupakan format yang sama dengan dua contoh sebelumnya, yaitu terkait dengan minat untuk melamar beasiswa. Meskipun begitu, terdapat perbedaan yang cukup jelas dari segi konten pada contoh ini. Dalam contoh cover letter bahasa Inggris ini, pelamar mengedepankan keterampilannya.

Cover letter diawali dengan perkenalan singkat mengenai diri pelamar. Setelah itu, pelamar menjelaskan mengenai partisipasinya di dalam kegiatan akademik dan ekstrakurikuler dalam jenjang pendidikan sebelumnya. Bagian penutup surat menyatakan harapan dari pelamar agar surat lamarannya dapat dipertimbangkan oleh asesor.

Struktur dari surat lamaran ini juga merupakan struktur yang resmi. Terdapat alamat dan nama dari pengirim maupun penerima di dalam surat tersebut. Pada bagian akhir, pelamar juga menyebutkan mengenai lampiran esai yang menjadi persyaratan bagi beasiswa.


6. Cover Letter dengan Informasi Pengalaman

Cover Letter Dengan Informasi Pengalaman

Bentuk contoh cover letter bahasa Inggris ini cukup ideal, terutama bagi individu yang ingin menempuh jenjang pendidikan lanjutan. Cover letter ini memberikan detail komprehensif mengenai calon pelamar beasiswa. Hanya dengan membaca informasi tersebut, asesor akan memahami pengalaman profesional dari pelamar itu sendiri.

Surat tersebut mencakup beberapa informasi pengalaman yang sesuai dengan program pendidikan yang ingin diikuti olehnya. Di dalam surat tersebut, pelamar menuliskan beberapa prestasi yang diraihnya. Prestasi tersebut dikaitkan dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjalani kegiatan pendidikan dengan baik.

Pada bagian akhir surat, penulis menambahkan komitmen untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan serius. Tambahan seperti ini cukup penting diselipkan di dalam surat lamaran karena menjadi nilai positif terhadap surat tersebut. Karena itu, cover letter bahasa Inggris ini memiliki mood yang cukup positif.

Terdapat beberapa komponen utama yang harus disertakan di dalam sebuah cover letter. Seorang pelamar harus menyebutkan tujuan lamarannya, menuliskan informasi singkat tentang dirinya, serta memberikan gambaran konten lamaran. Hal ini akan sangat membantu asesor untuk menganalisis lamaran dengan lebih mudah. Hasilnya bisa jadi berpengaruh pada skor akhir.

Meskipun begitu, seorang pelamar dapat melakukan sedikit kreasi untuk membuat lamarannya terlihat lebih menarik. Mengaplikasikan beberapa hal dari contoh cover letter bahasa Inggris seperti yang telah disebutkan sebelumnya merupakan cara yang disarankan. Dengan begitu pelamar dapat menyusun pembuka yang menarik dan membuat lamaran menjadi terlihat lebih meyakinkan.

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris

Tinggalkan komentar