10+ Contoh Cover Makalah yang Benar dan Cara Membuatnya

Contoh Cover Makalah – Pada saat menampilkan cover makalah ini tidak dapat dibuat dengan sembarangan. Hal ini karena suatu cover pada tugas itu harus menyesuaikan dengan desain yang ada pada setiap lembaga. Pada umumnya desain cover untuk suatu makalah itu sangat sederhana. Banyak contoh cover makalah dari lembaga-lembaga pendidikan, tapi belum tentu seirama.

Inilah penyebab adanya beragam contoh cover yang disajikan dari berbagai lembaga pendidikan, agar dapat dijadikan contoh dalam menyelesaikan tugas. Perbedaan cover ini merupakan ciri khas dari suatu lembaga pendidikan yang tidak dapat disamakan dengan lembaga pendidikan lainnya.

Apabila diperhatikan pada penyusunan cover makalah pasti semua lembaga menunjukkan logo lembaganya. Peletakkan logo ini juga berbeda untuk setiap lembaga pendidikan. Padahal sebenarnya maksud dari cover makalah ini sama. Berikut ini macam-macam contoh cover makalah pada universitas umum dan universitas khusus.


Universitas Umum

Pada universitas umum ini mengadakan pendidikan pada bidang akademik dan vokasi. Terdapat beberapa fakultas yang menyediakan suatu pendidikan dengan jumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang beragam. Pada universitas yang berlabel umum ini paling banyak diminati. Berikut beberapa contoh cover makalahnya:

1. Universitas Negeri Padang

Universitas Padjadjaran

Adanya contoh cover suatu makalah ini bertujuan agar dalam membuat cover pada tugas yang diberikan dosen dapat dilakukan dengan baik. Tidak menyalahi aturan yang telah diselenggarakan oleh pihak kampus.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama jurusan, fakultas, prodi, universitas dan tahun penyusunan makalah.


2. Politeknik Negeri Lampung

Politeknik Negeri Lampung

Model cover pada Politeknik Negeri Lampung hampir mirip dengan Politeknik kebanyakan. Semua itu hanya dibedakan oleh logo yang telah dibuat. Ketepatan dalam menyusun cover makalah juga harus diperhatikan agar sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak kampus.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah beserta nomor induk. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama fakultas, universitas dan tahun penyusunan makalah.


3. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran

Kesesuaian cover makalah dengan aturan yang dibuat oleh universitas itu sangat diperlukan agar tidak menjadi masalah besar. Perlunya pengetahuan mahasiswa Universitas Padjadjaran untuk desain cover suatu makalah yang dibuat guna menyelesaikan tugas. Perhatikan setiap susunan yang telah dicontohkan agar tidak salah.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian atas logo ada nama penyusun makalah, setelah judul, lalu tahun penyusunan makalah. Bagian akhir bawah logo ada nama jurusan, fakultas, prodi dan universitas.


4. Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

Pada Universitas Negeri Medan terdapat susunan cover makalah yang memiliki desain sesuai dengan standar umum. Hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam mendesain cover makalah miliknya, guna memenuhi tugas dari dosen pembimbing.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian atas logo ada nama penyusun makalah, setelah judul, lalu tahun penyusunan makalah. Bagian akhir bawah logo ada nama prodi dan universitas.


5. Universitas Terbuka Malang

Universitas Terbuka Malang

Desain pada cover suatu makalah itu harus disesuaikan dengan aturan yang terdapat dalam suatu universitas. Ada beberapa ketentuan yang pastinya akan membedakan desain makalah setiap lembaga pendidikan, jadi tidak dapat disamakan. Sehingga perlunya pengetahuan akan susunan cover makalah bagi mahasiswa di Universitas Terbuka Malang.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama prodi, fakultas, universitas dan tahun penyusunan makalah.


6. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila

Bentuk desain pada contoh cover makalah yang ditampilkan sangat mewakili halaman depan pada tugas makalah di Universitas Pancasila ini. Perlunya pengetahuan dalam menyusun cover makalah yang ada, agar tidak menyalahi aturan yang ada. Hal ini karena susunan cover setiap universitas itu berbeda.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama fakultas, universitas dan tahun penyusunan makalah.


7. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

Pada Universitas Negeri Semarang ini memiliki susunan cover yang paling berbeda dengan cover-cover makalah lainnya. Hal inilah yang membuatnya nampak unik dan wajib diketahui oleh semua mahasiswa pada Universitas Negeri Semarang. Supaya tidak salah dalam menyusun cover, maka disesuaikan dengan contoh cover makalah yang telah ada.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi paling atas. Bagian bawah tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah judul ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama universitas dan tahun penyusunan makalah.


8. Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana

Bagi mahasiswa dari Universitas Nusa Cendana harus mengetahui contoh cover makalah yang ada di universitas. Sehingga tidak sembarangan dalam menyusun cover makalah tanpa memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku. Hal ini terlihat sepele, tapi sebenarnya sangat penting.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama prodi, jurusan, fakultas, universitas dan tahun penyusunan makalah.


9. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta

Salah satu universitas yang memiliki banyak penggemar ini mempunyai desain khusus untuk cover makalahnya. Perlunya perhatian dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta agar mengikuti kaidah yang berlaku. Apabila melihat contoh cover makalah yang disajikan ini, pastinya akan menambah pengetahuan pembaca.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama fakultas, universitas dan tahun penyusunan makalah.


10. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sebagaimana yang diketahui bahwa cover makalah pada Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki desain yang sesuai dengan standar penulisan makalah. Detail susunannya juga perlu diperhatikan agar tidak tertukar posisinya.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama fakultas, universitas dan tahun penyusunan makalah.


Universitas Khusus

Label khusus yang diberikan pada perguruan tinggi ini juga mengajarkan ilmu-ilmu yang diajarkan pada universitas umum. Namun ada beberapa ilmu khusus yang lebih ditekankan. Sebagaimana pendidikan akademik, vokasi, dan profesi ini juga diajarkan. Pada universitas ini lebih menekankan pada satu rumpun saja, jadi tidak mengajarkan secara menyeluruh. Berikut contoh model cover makalahnya:

1. Politeknik Kesehatan Padang

Politeknik Kesehatan Padang

Desain pada contoh cover makalah yang ditampilkan ini sangat mudah untuk ditiru dan dipahami. Keberadaan setiap objek juga harus diposisikan sesuai letaknya, tidak dapat sembarangan. Hal ini bertujuan agar tidak melewati batas aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Politeknik Kesehatan Padang.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah, kelas dan dosen pengampu. Bagian akhir bawah ini setelah nama dosen ada nama prodi, universitas dan tahun penyusunan makalah.


2. STMIK Widya Pratama Pekalongan

STMIK Widya Pratama Pekalongan

Tampilan pada desain contoh cover makalah ini sangat sederhana. Tidak terlalu banyak komponen yang terkandung didalamnya. Apabila melihat contohnya, hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam mendesain tampilan cover ini.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah dan dibawahnya nama dosen pengampu. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah dan kelas. Bagian akhir bawah ini setelah kelas ada nama universitas dan tahun penyusunan makalah.


3. Politeknik Negeri Semarang

Politeknik Negeri Semarang

Keberagaman desain makalah yang ada tidak membuatnya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini juga berlaku pada desain cover makalah di Politeknik Negeri Semarang yang hampir sama dengan satuan pendidikan lainnya. Hanya ada sedikit hal yang membedakan cover makalah ini.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah dan kelas. Bagian akhir bawah ini setelah kelas penyusun ada nama jurusan, universitas dan tahun penyusunan makalah.


4. POLTEKKES RS dr. Soepraoen Malang

POLTEKKES RS Dr. Soepraoen Malang

Bentuk pada cover makalah ini terkesan sederhana. Ada beberapa komponen yang tidak dimasukkan, karena termasuk dalam kategori perguruan tinggi khusus. Hal ini yang membuat mahasiswa di POLTEKKES RS dr. Soepraoen Malang wajib memahami aturan penulisan cover yang berlaku.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama jurusan, fakultas, prodi, universitas dan tahun penyusunan makalah.


5. Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar

Pada contoh cover makalah yang disajikan terkesan mudah dan sederhana. Hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam membuat cover makalah sebagaimana tugas yang telah diberikan oleh dosen pembimbing.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama prodi, universitas dan tahun penyusunan makalah.


6. Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung

Perlunya pengetahuan mahasiswa akan desain cover makalah yang bersekolah di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung. Hal ini bertujuan agar dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama prodi, universitas dan tahun penyusunan makalah.


7. Universitas Muhammadiyah Palembang

Universitas Muhammadiyah Palembang

Adanya contoh cover makalah yang disajikan diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan tugas makalah yang diberikan. Hal ini karena adanya perbedaan bentuk desain cover makalah setiap universitas, maka mahasiswa tidak dapat asal meniru cover makalah tanpa melihat milik kampusnya.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah dan dosen pembimbing. Bagian akhir bawah ini setelah nama dosen ada nama prodi, fakultas, universitas dan tahun penyusunan makalah.


8. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto

Memperhatikan susunan pada desain cover Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto sangat diperlukan. Hal ini agar tidak bertabrakan dengan peraturan yang ada pada suatu universitas. Detail sekecil apapun itu diperhatikan, kalau bisa disamakan urutannya sebagaimana yang telah dicontohkan.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas dan nama dosen pengampu. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama universitas dan tahun penyusunan makalah.


9. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor

Perhatikanlah baik-baik contoh pada cover makalah di Institut Pertanian Bogor. Jangan sampai asal meniru tanpa memperhatikan kaidah penulisan pada tempat menuntut ilmunya. Adanya perbedaan yang signifikan terhadap masing-masing cover makalah. Patuhilah peraturan yang ada, sehingga tidak membuat kesalahan.

Susunan cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama prodi, universitas dan tahun penyusunan makalah.


10. Universitas Muhammadiyah Tangerang

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Cover pada makalah yang ada pada Universitas Muhammadiyah Tangerang memiliki desain yang berbeda dengan lembaga lainnya. Inilah yang mendasari perlunya pengetahuan pada mahasiswa mengenai urutan dan desain yang ada pada cover makalah di kampus tempatnya belajar.

Pada cover makalah ini terlihat bahwa peletakkan logo universitas berada pada posisi tengah. Bagian atas tertulis judul makalah yang sedang dibahas. Pada bagian bawah logo ada nama penyusun makalah. Bagian akhir bawah ini setelah nama penyusun ada nama kelompok, kelas, prodi, universitas dan tahun penyusunan makalah.

Demikian contoh cover makalah yang menarik dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Perbedaan desain yang ditampilkan tidak menghilangkan unsur-unsur yang terdapat pada cover suatu makalah. Banyaknya model cover ini dapat memberikan pandangan yang luas terhadap pembaca bahwa semua perbedaan selalu mengacu pada satu persamaan.

Kumpulan cover setiap lembaga pendidikan yang terangkum ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca. Jenis kertas yang digunakan dalam membuat cover makalah ini juga sama, tapi ukurannya mungkin berbeda. Itulah rangkuman singkat yang akan membuka pikiran pembaca mengenai hal-hal yang baru tentang cover makalah.

Contoh Cover Makalah

Tinggalkan komentar