4+ Contoh Iklan Pemberitahuan Beserta Gambar dan Penjelasannya

Contoh Iklan Pemberitahuan

Contoh Iklan PemberitahuanIklan menjadi sebuah sarana untuk menyampaikan sebuah maksud dengan tujuan  mempengaruhi atau menginformasikan.

Banyak sekali jenis dari iklan ini, seperti halnya iklan pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan yang banyak ditemui yaitu tentang donasi.

Dalam pembuatan iklan yang menarik, tentunya memiliki sebuah desain yang indah. Tidak hanya seputar pemilihan kata saja, namun juga perlu adanya hal yang menjadikan orang berkesan dan tertarik akan iklan yang ada. Selebihnya simak informasinya berikut!


Sekilas Tentang Iklan Pemberitahuan

Sekilas Tentang Iklan Pemberitahuan

Pada dasarnya iklan peberitahuan merupakan sebuah iklan yang memiliki tujuan menginformasikan, mengenalkan, memberitahukan, dan juga mengumumkan sesuatu. Baik melalui sebuah media cetak, elektronik, banyak dijumpai akan iklan pemberitahuan ini.

Ada pula iklan pemberitahuan yang menjadikan sebuah perhatian khusus khalayak umum, seperti halnya iklan bela sungkawa, pemberian donasi, maupun yang lainnya. Kesemua hal tersebut menjadikan sebuah pemberitahuan sehingga seseorang yang membaca tahu.


Hal Yang Diperhatikan Dalam Membuat Iklan Pemberitahuan

Hal Yang Diperhatikan Dalam Membuat Iklan Pemberitahuan

Dalam membuat sebuah iklan pemberitahuan, tentu harus memperhatikan hal-hal yang ada di dalamnya. Hal tersebut untuk menjadikan iklan lebih mudah dipahami dan juga banyak orang yang tertarik untuk membacanya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan!

1. Terdapat Kalimat Persuasif

Karena tujuan dari contoh iklan pemberitahuan yaitu mengajak supaya seseorang yang membaca ikut bergabung, tentunya harus terdapat sebuah kata persuasif. Pastikan ketika memilih kata persuasif tidak terlalu memaksa dan tetap elegan.

Hal yang harus diperhatikan pada poin ini yaitu, tidak boleh asal-asal dalam membuat kata yang ada pada iklan yang dibuatnya. Pastikan memiliki sebuah hal yang menginformasi dan menarik seseorang untuk bisa bergabung bersamanya.

2. Memberikan Deskripsi Yang Jelas

Karena sebuah iklan pemberitahuan berisi sebuah informasi, pastikan memberikan gambaran jelas akan iklan tersebut. seperti halnya ketika pemberitahuan lowongan kerja, pastikan perusahaan dan syarat-syaratnya tercantum jelas.

Adanya deskripsi yang jelas menjadikan orang sudah langsung paham ketika membaca pemberitahuan yang ada. Bahkan dalam pemberitahuan lowongan pekerjaan akan bisa meminimalisir penyeleksian karena sudah paham akan apa yang ada di dalamnya.

3. Menempatkan Pada Tempat Yang Tepat

Dalam membuat sebuah iklan pemberitahuan, pastikan menempelkan iklan tidak pada sembarang tempat. Ketahui siapa saja target yang ada pada iklan tersebut, penempatan iklan yang tepat akan menjadikan iklan lebih efektif dan juga tidak mubazir.

  8+ Contoh Iklan Bahasa Jawa Beserta Gambar dan Penjelasannya

Sebagai contoh ketika membuat sebuah iklan pemberitahuan reuni sekolah. Pastikan untuk memasang iklan dimana alumni yang ada banyak yang berada di tempat tersebut. jangkauan dari target akan mengefektifkan iklan yang terpasang tersebut.

4. Terdapat Unsur Yang Mencolok

Dalam membuat sebuah iklan pemberitahuan, berikan sebuah sisi yang mencolok yang menjadikan informasi inti dari iklan tersebut. adanya informasi yang ditonjolkan dalam sebuah desain menarik tentu akan menjadikan lebih banyak orang yang membaca iklan.

Bahkan ketika mereka membaca inti dari iklan yang ada dan dirasa tertarik, seseorang akan melanjutkan membaca iklan hingga selesai. Jadi pastikan untuk memberikan sebuah hal yang mencolok agar orang penasaran dengan iklan yang ada tersebut.

Baca Juga: Contoh Iklan Penawaran


Contoh Iklan Pemberitahuan

 

Pada dasarnya ketika mencari contoh iklan pemberitahuan tergantung dari jenis pemberitahuan itu sendiri. Ada beberapa jenis dari iklan pemberitahuan yang membedakan isi dari setiap iklan yang ada. Untuk lebih lanjutnya berikut contoh iklannya!

1. Iklan Pemberitahuan Lowongan Pekerjaan

Iklan Pemberitahuan Lowongan Pekerjaan

Lowongan pekerjaan bertujuan untuk memberitahukan bahwa terdapat formasi yang kosong dalam sebuah perusahaan. Tentunya tujuan dari adanya iklan ini untuk merekrut karyawan dan juga melakukan penyeleksian terhadap peserta yang mendaftar.

Ketika membuat jenis iklan pemberitahuan yang satu ini, pastikan untuk memberikan gambaran jelas akan perusahaan yang membuka lowongan tersebut. selain identitas perusahaan, perlu juga untuk mencantumkan syarat dan juga spesifikasi yang dibutuhkan.

Contoh iklan pemberitahuan lowongan pekerjaan sebagai berikut:

“PT Pagar Nusa Dua, mengundang putra-putri terbaik Indonesia untuk ikut bergabung dalam menyalurkan skill yang dimiliki dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata ini membutuhkan staf bagian receptionist.

Syarat pendidikan minimal S1 Komunikasi atau bahasa, berpenampilan menarik dan mahir bahasa inggris. Kirimkan persyaratan ke alamat Jalan Parangtritis Yogyakarta. Fasilitas gaji diatas UMR, tunjangan kesehatan, dan uang makan”.

2. Contoh Iklan Pemberitahuan Berita Duka

Contoh Iklan Pemberitahuan Berita Duka

Iklan belasungkawa ini tidak asing ditemukan ditempat kerumunan. Isi dari iklan yang satu ini yaitu ucapan turut berduka cita atas meninggalnya seseorang. Tentu selain sebagai ucapan bela sungkawa, juga memberikan informasi kepada kerabat dan juga rekannya.

Lain halnya dengan jenis iklan yang adam untuk iklan pemberitahuan belasungkawa ini biasanya memiliki latar belakang hitam putih. Dengan dicantumkan foto dan juga identitas dari almarhum/almarhumah. Usia dan tanggal lahir serta ucapan doa juga harus ada.

  8+ Contoh Iklan Makanan Beserta Gambar dan Penjelasannya

Berikut contoh iklan pemberitahuan belasungkawa:

“Turut berduka cita, segenap pimpinan dan juga karyawan PT Maju Jaya atas meninggalnya H. Brigtumubin staf keuangan PT Maju Jaya. Lahir di Bandung, 20 Maret 1932. Meninggal dalam usia 87 tahun pada 20 Februari 2019 di Rumah Sakit Baitul Amal Jakarta.

Baca Juga: Contoh Poster Iklan

3. Iklan Pemberitahuan Pemberian Donasi

Iklan Pemberitahuan Pemberian Donasi

Untuk iklan pemberitahuan yang satu ini berisi tentang sebuah informasi adanya penerimaan bantuan baik berupa uang maupun barang. Dengan adanya sebuah penyaluran bantuan yang ditujukan kepada sebuah lembaga secara jelas.

Informasi yang ada di dalamnya meliputi nomor rekening dan alamat dari pengumpul donasi tersebut. dengan dicantumkan nomor kontak untuk yang ingin menanyakan informasi lebih lanjut serta tema yang diusung dari donasi tersebut.

Berikut contoh dari iklan pemberitahuan donasi tersebut:

“tebarkan amal sholeh di bulan yang penuh berkah ini. Peduli Muslim untuk Sahur dan Buka Puasa anak Yatim Piatu perdesaan. Salurkan bantuan anda di rekening BNI 89309379707938 a.n. Yayasan Bakti Amal Peduli Muslim.

Batas akhir pemberian donasi tanggal 30 Maret 2020. Sedikit pemberian anda menjadi kebahagiaan bagi mereka dan saksi suci di Bulan yang penuh berkah ini”.

Baca Juga: Contoh Iklan Bahasa Jawa

4. Iklan Reuni Sekolah

Iklan Reuni Sekolah

Setelah sekian lama tidak bertemu seperti halnya dalam kisah putih abu-abu tentu menjadikan reuni sebagai ajang silaturohmi. Dengan adanya sebuah iklan pemberitahuan reuni ini akan mampu mengumpulkan banyak alumni untuk saling bersilaturohmi.

Pastikan berikan tanggal atau waktu yang jelas dan juga dicantumkan nomor dan nama  pihak yang menjadi panitia kegiatan tersebut. Berikan keterangan jelas akan acara inti yang ada dan juga ditempelkan pada tempat yang sekiranya banyak dijangkau orang.

Berikut contoh untuk iklan reuni sekolah tersebut

“Sahabat Emas, hadirilah reuni emas yang ke-50 SMA Taruna Bakti lulusan tahun 1970 s.d. 2010 di SMA Tercinta pada 21 Maret 2020. Mengenang dan membuat kenangan indah yang tercipta,

Pendaftaran di nomor 08796383638 dan 0857582872928 berikan keterangan nama dan tahun kelulusan. Dengan bersilaturahmi, rezeki mengalir serta memori akan abadi.

Dari beberapa contoh iklan pemberitahuan tersebut, tentu tetap mengusung sebuah kalimat persuasif. Hal tersebut bertujuan agar orang yang membaca tertarik dan juga minat akan iklan yang ada. Pastikan sesuaikan desain dan juga pilihan kata yang ada.

Contoh Iklan Pemberitahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.