7+ Contoh Iklan Pendidikan Beserta Gambar dan Penjelasannya

Contoh Iklan Pendidikan

Contoh Iklan PendidikanMengapa banyak orang atau dunia pendidikan mencari contoh iklan pendidikan yang baik atau menari?

Pendidikan merupakan hal penting yang wajib dilaksanakan oleh khalayak umum mulai dari dini hingga dewasa. Terkadang status pendidikan itu sendiri pun tidak pernah memandang usia dan bahkan tak pernah lekang oleh waktu.

Tak heran banyak orang yang berbondong – bondong rela mendatangi negara asing hanya untuk menempuh pendidikan. Ilmu memang bisa menjadi tolak ukur kemantapan seseorang dalam meniti karirnya di masa depan. Sekolah terbaik pun menjadi sasaran banyak masyarakat demi memperoleh pendidikan yang bermutu.

Oleh karena hal tersebut tak jarang banyak sekolah yang berlomba pula mempromosikan instansi mereka demi memperoleh jumlah murid yang dikehendaki. Masing – masing sekolah terkadang membuat beberapa promosi tertentu demi menarik minat warga agar menempuh pendidikan di tempatnya.

Tak jarang pula banyak sekolah pun ramai – ramai menggunakan jasa iklan demi eksistensinya masing – masing. Iklan atau promosi yang dibuat pun sangat beragam, ditambah lagi berkembangnya dunia digital saat ini yang membuat hasil jenis iklan lebih bervariasi.

Dengan berkembangnya era informasi dan dunia digital saat ini, banyak pihak dipermudah dalam menjaring komunitas. Hal ini tentunya juga sudah dimanfaatkan oleh sekolah – sekolah untuk mengiklankan instansi atau sekolah mereka.

Namun seperti apa sih iklan pendidikan tersebut sebaiknya dibuat? Yuk mari simak beberapa contoh iklan pendidikan yang baik dan tepat.


Beberapa Contoh Poster Iklan Pendidikan yang Menarik

Beberapa Contoh Poster Iklan Pendidikan Yang Menarik

Membuat iklan yang menarik atau persuasif memang wajib diterapkan agar mampu menarik minat pembaca. Tentu saja yang diharapkan tidak hanya menarik minat bacanya saja namun menarik pembaca agar lebih tertarik pada sekolah yang diiklankan tersebut. Lantas seperti apa gambar contoh iklan pendidikan yang menarik itu sendiri? Berikut ulasannya:

Baca Juga: Contoh Iklan Makanan


1. Foto Kegiatan

Biasanya dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa pihak pengiklan akan memasang foto yang terkait dengan produk atau jasa tersebut. Begitu Pula dengan iklan pendidikan ini sudah menjadi hal biasa apabila terdapat gambar sekolah. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah gambar seperti apa yang kiranya mampu menarik minat para pembaca.

sudah pasti gambar – gambar kegiatan sekolah yang diunggulkan lah yang mampu menarik minat para pembaca. Dengan memajang foto kegiatan sekolah yang terlihat unggul interaktif diharapkan mampu merubah pola pikir pembaca bahwasanya sekolah tersebut memang layak dan bermutu.

  7+ Contoh Iklan Produk Beserta Gambar dan Penjelasannya

2. Rincian Kegiatan Pembelajaran

Selain memajang gambar atau foto yang terkait dengan sekolah tersebut, menambahkan rincian kegiatan pembelajaran juga perlu. Hal tersebut mampu membuat pembaca lebih open mindset mengenai aktivitas positif yang dilakukan di sekolah.

Misalkan saja memberikan ilustrasi atau gambaran jadwal kegiatan peserta didik dari awal masuk hingga pulang sekolah. Di sana juga bisa ditambahkan secara detail waktu pembelajaran yang diterapkan. Hal tersebut dimaksudkan agar orangtua bisa menyesuaikan lebih awal jadwal bekerja mereka dengan sekolah sang anak.

3. Program Pendidikan

Menambahkan jenis – jenis program pendidikan juga merupakan ciri contoh iklan pendidikan yang efektif. Dengan memunculkan beberapa program unggulan yang ada di sekolah diharapkan mampu menarik minat orangtua atau wali murid juga.

Contoh program pendidikan yang mungkin bisa ditambahkan misalnya saja level atau tingkatan kelas khusus. Atau bisa saja menambahkan jenis atau sebutan nama kelas sesuai dengan pembagiannya. Misal ada kelas unggulan, bilingual, kelas bahasa, atau kelas bakat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Iklan Keluarga

4. Fasilitas

Fasilitas juga merupakan hal penting dalam meraup konsumen dalam hal arti orang tua atau wali murid. Setiap orang tua tentunya berharap anaknya diberikan fasilitas yang layak dan memadai demi menunjang prestasinya kelak. Seperti contohnya adanya wifi, ruang kelas yang nyaman, ruang multimedia, ruang bahasa, masjid, ruang musik, dll.

Oleh karena hal itu dalam membuat iklan pasanglah beberapa gambar fasilitas – fasilitas yang dirasa sudah melek digital dan mampu menunjang prestasi anak. Namun apabila media terbatas, gambar dalam brosur atau poster juga bisa digantikan dengan listicle.

5. Visi dan Misi

Bagi orang tua yang melek informasi, visi misi dan motto sebuah sekolah juga tidak dianggap remeh lho. Karena melalui visi misi dan motto, maka mampu mencakup dari keseluruhan gambaran kinerja sekolah atau tim pendidik itu sendiri.

6. Rincian Biaya

Contoh iklan pendidikan yang lebih efektif lagi ialah dengan menambahkan rincian biaya pada sekolah. Hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa setiap orang yang menempuh pendidikan harus menyiapkan dana atau uang. Oleh karena hal tersebut tambahkan saja rincian biaya pada poster iklan.

  8+ Contoh Iklan Hp Beserta Gambar dan Penjelasannya

Namun beberapa hal yang perlu dilihat ialah jangan terlalu memberikan gambaran dana terlalu rinci dan mendetail. Tambahkan saja rincian biaya yang sekiranya menjadi point – point penting bagi wali murid. Misalnya seperti uang pendaftaran, uang gedung, seragam, dan uang spp atau uang bulanannya.

Baca Juga: Contoh Iklan Makanan

7. Iklan video

Selain menggunakan media poster atau brosur tidak jarang banyak sekolah yang menggunakan media video untuk mempromosikan jasanya. Seperti halnya promosi melalui video di youtube, online facebook video, bahkan ada yang mengiklankan melalui media televisi. Hal ini juga perlu dilakukan mengingat sudah banyak sekali orang tua yang melek akan dunia digital.

Lantas seperti sih apa gambaran contoh iklan pendidikan dengan menggunakan media video tersebut? Bagaimanakah cara iklan dalam bentuk video tersebut harus dibuat? Serta apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat video iklan pendidikan tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

Dalam pembuatan iklan video tidak perlu menggunakan durasi yang panjang atau terlalu lama. Selain menghabiskan banyak biaya, pemutaran iklan dengan durasi yang sangat lama akan menjadikan si penonton merasa bosan. Ditambah lagi durasi iklan yang lama justru akan mengurangi makna atau isian penting dari iklan tersebut.

Itulah beberapa contoh – contoh iklan pendidikan yang kiranya mampu menarik perhatian pembacanya. Pembaca yang di maksud di sini tentunya terutama ialah orang tua atau murid bahkan murid itu sendiri. Tak jarang pula anak jaman sekarang sudah sering atau pandai mencari informasi mengenai sekolah mereka.

Iklan memang sangat penting dan mempunyai pengaruh positif pada sekolah atau pihak yang bersangkutan. Akan tetapi hal yang paling utama juga harus mengimbangi dengan melakukan sosialisasi atau promosi pada saat event – event tertentu. Misalnya saja sekolah jenjang SMA bisa melakukan sosialisasi di SMP.

Contoh lain pula pada saat ada acara car free day atau CFD bisa juga digunakan sebagai ajang promosi sekolah. Sekolah bisa mengisi event tersebut dengan membuka stand bazar atau dengan mempertunjukan pentas seni. Sekolah juga bisa menampilkan program – program unggulan mereka yang mempunyai banyak prestasi.

Nah itulah informasi lengkap mengenai cara membuat contoh dari iklan pendidikan yang mampu menarik minat banyak kalangan. Selamat mencoba.

Contoh Iklan Pendidikan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *