5+ Contoh Paper Penelitian Kuliah Berbagai Tema dan Cara Membuatnya

Contoh Paper Jika sudah membahas mengenai paper, pasti banyak yang sudah tidak asing mendengarnya apa lagi kalangan mahasiswa. Semua itu karena paper memang sudah menjadi tugas rutin para mahasiswa, hal itulah yang membuat contoh paper dan segala hal lainnya mengenai paper harus dicari dengan benar. Sehingga tentu saja dalam pembuatannya tidak akan menyulitkan.


Paper Itu Apa Si?

Paper Itu Apa Si

Untuk yang masih awam dengan kata paper atau para mahasiswa baru yang belum merasakan rutinitas tugas harian mahasiswa, ada baiknya memahami terlebih dahulu pengertian paper. Jadi paper sendiri merupakan sebuah makalah yang berisikan karya tulis ilmiah yang isinya tertulis terperinci. Di mana paper biasanya adalah hasil sebuah penelitian yang dikemas secara singkat, padat namun harus lengkap dan juga jelas.

Biasanya paper merupakan tugas yang diberikan dosen pada mahasiswa baik itu berupa tugas individu ataupun kelompok. Di mana isi dari paper ini sangatlah beragam tema, hal itu bertujuan guna membuat mahasiswa semakin kreatif, kritis dan tanggap. Membuat paper akan membantu mengasah pola pikir dan jiwa analisis mahasiswa, itulah mengapa dosen sering sekali memberikan tugas ini.


Format Dalam Menulis Paper

Format Dalam Menulis Paper

Walaupun paper memiliki cukup banyak tema tetap saja dalam menulisnya memiliki format yang tidak jauh berbeda. Format ini biasanya memiliki bahasa yang berbeda saja namun tetap maksud atau tujuannya sama saja. Berikut format dalam menulis paper yang harus dipahami dan dapat dijadikan referensi:

1. Judul

Pertama yang tentu saja harus sangat dipikirkan adalah judul dari paper, isi dan segala macam hal yang dibahas pada paper haruslah dapat diwakilkan oleh judul. Jadi saat mencari contoh paper pastikan isi dan judul paper saling berkesinambungan.

2. Latar Belakang

Bab pertama dalam sebuah paper berisikan pendahuluan yang di mana akan ada latar belakang yang harus dituliskan secara rinci. Latar belakang ini merupakan alasan mengapa mahasiswa mengambil tema atau materi ini sebagai bahan dalam paper. Panjang dari latar belakang ini bermacam-macam ada yang hanya 1 halaman bahkan ada yang hingga 6 sampai 8 halaman. Semua tergantung dari panjangnya paper yang akan dibuat, namun umumnya cukup 1 hingga 2 halaman saja.

3. Rumusan Masalah

Berikutnya adalah rumusan masalah yang masih berada pada bab 1 sebuah paper, rumusan masalah merupakan permasalahan yang akan diteliti, dianalisis dan dipecahkan. Rumusan masalah biasanya berisikan 1 pertanyaan permasalahan yang merupakan inti dari pembuatan paper.

4. Kajian Teori

Lalu berikutnya ada kajian teori, untuk kajian teori biasanya tidak semua paper menggunakan ini. Semua dapat disesuaikan apakah paper tersebut harus menggunakan kajian teori ataupun tidak. Hal itu tergantung dari tema serta tugas yang diberikan dosen.

5. Pembahasan

Nah format paper yang berikutnya ini yang berisikan hasil dari penelitian yang sedang dilakukan, sehingga biasanya pembahasan termasuk bab yang isinya panjang. Namun tentu saja semua tergantung dari kebijakan dari dosen sendiri. Pembahasan akan membahas mengenai permasalahan dan jalan keluar yang baik untuk ditempu, menurut hasil dari penelitian.

6. Kesimpulan

Terakhir yang menjadi inti dari sebuah paper adalah kesimpulan yang di mana berisikan penjelasan beserta saran yang baik untuk permasalahan yang ada. Sehingga dalam pembuatan kesimpulan jangan asal saja, kesimpulan harus mampu memberikan pembelajaran untuk berbagai pihak yang terkait dalam pembuatan paper.


Beberapa Referensi Contoh Paper Perkuliahan

Beberapa Referensi Contoh Paper Perkuliahan

Setelah memahami arti serta format dalam menulis paper, maka langkah selanjutnya dalam membuat paper adalah mencari referensi paper sebanyak-banyaknya. Tentunya referensi paper harus beragam tema, sehingga akan sangat membantu. Berikut beberapa contoh paper perkuliahan yang dapat dijadikan referensi:

1. Contoh Paper Remaja Dunia Maya

Tema yang paling sering diminta dosen adalah yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari, sehingga ada baiknya menyangkut dunia maya. Semua itu karena dunia maya saat ini sangatlah populer di kalangan remaja. Berikut contoh paper tema remaja dunia maya yang dapat dijadikan referensi:

PENGARUH MEDIA TERHADAP PERGAULAN REMAJA PADA DUNIA MAYA

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan teknologi baik komunikasi ataupun informasi telah sangatlah maju hal itu tentunya membuat berbagai hal jauh lebih mudah untuk diakses. Pada sebuah dunia yang biaya disebut dunia maya, di mana orang tidak saling kenal dapat berkomunikasi dengan mudah.

Hal itu tentu saja karena sudah banyaknya media yang dapat dipilih, namun tahukah bahwa remaja yang menjadi incaran dari media ini. Saat ini lebih banyak remaja memilih bergaul dengan ponselnya dan menjadi anti sosial.

Untuk itulah penulis akan melakukan pra-penelitian mengenai pengaruh media terhadap pergaulan remaja pada dunia maya. Di mana diharapkan dari penelitian ini mampu memberikan informasi tambahan terkait dengan hal yang penulis teliti. Selain itu diharapkan juga dapat memberikan gambaran mengenai pergaulan remaja di era modern ini.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh media terhadap pergaulan remaja pada dunia maya.

BAB II

KAJIAN TEORI

  1. Pengertian Pengaruh

Jika sudah membahas pengaruh tentunya membutuhkan cukup banyak referensi, karena pengaruh sangatlah beragam artinya. Jadi tergantung dari studi yang di ambil. Pengaruh sendiri berarti sebuah keadaan yang mampu memberikan efek pada suatu hal, baik itu efek baik ataupun efek buruk.

  1. Pengertian Media

Media merupakan sebuah perangkat atau alat yang dijadikan perantara dalam suatu kegiatan atau suatu hal guna tercapainya tujuan. Terkadang media tidak hanya digunakan untuk aktivitas dunia maya saja, namun masih banyak hal lainnya. Seperti contohnya media komunikasi dengan telepon rumah ataupun telepon umum

  1. Pengertian Pergaulan

Pergaulan sendiri merupakan cara atau hal yang dilakukan seseorang guna membuat dirinya aktif dan terlibat pada suatu hubungan. Namun kenyataannya saat ini kebanyakan pergaulan remaja memang melalui media sehingga tetap membuatnya terlihat pasif di kehidupan nyata.

  1. Pengertian Remaja

Remaja adalah tahapan hidup yang akan dilalui yang ditandai dengan sifat yang labil dan masih mudah tersulut emosi. Namun remaja juga memiliki suatu kepekaan akan teknologi yang membuat diri akan aktif atau tidak di masa depan tergantung dari massa remajanya.

  1. Dunia Maya

Sedangkan dunia maya merupakan sebuah dunia yang tidak nyata keberadannya namun orang yang terlihat adalah manusia nyata. Hanya saja dunia maya tidak memiliki batasan, sehingga siapapun dari manapun dapat menjalin suatu hubungan.

BAB III

PEMBAHASAN

Pengaruh media terhadap pergaulan remaja di dunia maya memanglah sangat besar, semua itu dapat terlihat dari seberapa banyak pengguna media pada dunia maya. Di mana penggunanya mayoritas memang lebih banyak remaja. Semua itu tentu saja karena remaja saat ini tidaklah mau sampai terlepas dari yang namanya kemajuan teknologi.

Berdasarkan survei yang peneliti lakukan pada salah satu media online yaitu Instagram. Maka ditemukan data bahwa 85% remaja memilih setuju bahwa Instagram memiliki pengaruh besar dalam proses pergaulan. Sedangkan 10% memilih untuk menjawab biasa saja dan 5% memilih untuk tidak setuju. Semua survei tersebut penulis lakukan pada setidaknya 100 remaja.

BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Dari penelitian yang dilakukan selama seminggu ini, maka ditemukan bahwa media memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pergaulan remaja yaitu 85%. Di mana tentu saja itu adalah nilai yang cukup besar dan akan sangat mempengaruhi massa depan. Hal itu tentu saja memiliki dampak positif dan juga negatifnya terhadap pergaulan anak di massa depan.

Saran

Dari kesimpulan yang penulis dapatkan makan penulis dapat memberikan beberapa saran sebagai berikut:

  1. Pengaruh media terhadap pergaulan anak begitu besar dan tentu saja memiliki dampak negatif yang harus di minimalisir. Cara meminimalisirnya adalah dengan dampingan orang tua sehingga remaja menjadi lebih terarah dalam menggunakan media.
  2. Ada baiknya pihak sekolah sering melakukan beberapa kegiatan luar ruangan yang membuat para remaja menjadi dapat beristirahat dari media walau hanya sebentar.
  3. Kembali pada diri remaja tersebut, apakah dapat mengambil dampak positif secara baik dan menghindari dampak negatifnya.

2. Contoh Paper Penyalah Gunaan Obat-Obatan

Semua pasti banyak yang setuju kalau penyalah gunaan obat-obatan terlarang sering sekali terjadi, baik itu pada anak-anak ataupun pada orang dewasa. Namun tentunya anak-anaklah yang masih menjadi sorotan dan pokok permasalahan. Semua itu karena akan berdampak besar di massa depan. Berikut contoh paper yang dapat dijadikan referensi:

EFEK PENYALAH GUNAAN OBAT-OBATAN TERLARANG PADA ANAK-ANAK

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Bandar dan juga pengguna obat-obatan terlarang kian hari kian meningkat saja, padahal pemerintah sudah sangat ketat melakukan penyuluhan, penyelidikan dan hukuman. Namun sepertinya hal tersebut hanya dijadikan angin lalu saja, bahkan parahnya saat ini obat-obatan terlarang justru mengincar anak-anak.

Padahal anak-anak adalah para penerus bangsa kelak jika harus hancur karena obat-obatan terlarang tentunya sangat miris sekali. Seperti yang diketahui anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Hal itulah yang menjadi awal mula anak-anak memilih menggunakan obat-obatan terlarang.

Tidak tahu itu karena pengaruh lingkungan ataupun bawaan diri yang membuat anak-anak menjadi ingin tahu bagaimana rasanya obat terlarang tersebut. Mirisnya karena harga obat-obatan terlarang cukup tinggi, anak-anak mengakalinya dengan menggunakan obat biasa.

Di mana obat yang sebenarnya tidak berbahaya tersebut dikonsumsi dengan dosis tinggi. Sehingga akan mampu menciptakan rasa pusing dan dianggap alternatif murah meriah. Padahal akibat yang akan ditimbulkan tentunya cukuplah besar ke depannya nanti.

Untuk itulah penulis akan melakukan pra-penelitian mengenai efek penyalah gunaan obat-obatan terlarang pada anak-anak. Di mana diharapkan dari penelitian ini mampu memberikan informasi tambahan terkait dengan hal yang penulis teliti.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah mengetahui efek penyalah gunaan obat-obatan terlarang pada anak-anak.

BAB II

PEMBAHASAN

Obat pada dasarnya digunakan untuk memberikan efek baik bagi tubuh, jika dikonsumsi sesuai dengan dosisnya. Namun lain hal jika obat tersebut digunakan dalam dosis besar, justru akan menjadi obat-obatan yang dilarang. Berikut beberapa efek dari penggunaan obat-obatan yang dilarang:

  1. Merusak organ tubuh anak
  2. Memberikan efek ketergantungan
  3. Dapat mengganggu fungsi otak
  4. Kinerja darah tidak teratur
  5. Kerja jantung semakin berat
  6. Hati akan rusak
  7. Mental akan terganggu

Sebenarnya masih banyak lagi efeknya jika dibahas lebih jauh lagi, di atas hanya sebagian kecil saja. Namun setidaknya dari yang dipaparkan di atas jelas terlihat bahwa obatan-obatan akan memberikan efek tidak baik bagi anak.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Penggunaan obat-obatan terlarang memang sangatlah marah pada kalangan anak-anak, semua itu karena pengaruh lingkungan dan dorongan ingin tahu. Untuk itu tentu saja jika dibiarkan akan hancur massa depan anak-anak bangsa. Semua itu karena jika efek yang ditimbulkan terjadi tentunya anak-anak sudah tidak ada harapan lagi.

Saran

Dari kesimpulan yang dipaparkan di atas maka penulis ingin memberikan saran ataupun masukan sebagai berikut:

  1. Pemerintah harus lebih tanggap dan jeli lagi melakukan penyuluhan anti obat-obatan terlarang pada sekolah.
  2. Orang tua harus lebih mengawasi anak sehingga tidak akan terpengaruh lingkungan yang tidak baik.
  3. Diri sendiri harus mampu membatasi apa yang baik dan tidak untuk itu ada baiknya bekali diri dengan ilmu agama dan informasi yang cukup.

3. Contoh Paper Penggunaan Website Sebagai Pasar Online

Saat ini banyak orang memilih website sebagai media untuk berjualan, tentunya hal tersebut akan bagus dan baik jika dijadikan tema paper. Semua itu karena paper yang dihasilkan akan sangat menarik. Berikut contoh paper yang dapat dijadikan referensi:

PERAN WEBSITE SEBAGAI PASAR ONLINE

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Saat ini kemajuan teknologi memang sangatlah pesat, hal tersebut tentunya membuat banyak kegiatan sehari-hari menjadi kian mudah saja dilakukan. Termasuk kegiatan jual beli yang biasa terjadi di pasar dapat dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Bahkan dapat dilakukan tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Caranya dengan menggunakan media online yang memang telah cukup banyak tersedia, seperti contohnya website.

Peran website sebagai pasar online ini tentu telah dilakukan cukup lama namun belakangan ini semakin marak saja. Hal itu tentu saja karena menggunakan website menjadi lebih mudah. Semua transaksi dapat dilakukan cukup dengan smartphone saja.

Hal itulah yang membuat penulis akan melakukan pra-penelitian mengenai peran website sebagai pasar online. Di mana diharapkan dari penelitian ini mampu memberikan informasi tambahan terkait dengan hal yang penulis teliti.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah mencari tahu peran website sebagai pasar online.

BAB II

Kajian Teori

  1. Pengertian Peran

Peran sendiri merupakan suatu kedudukan yang memiliki fungsi pada suatu tempat ataupun kegiatan. Sehingga jika peran dikaitkan dengan media tentunya menjadi cukup luas artinya.

  1. Pengertian Website

Sedangkan website sendiri merupakan media online yang di dalamnya terdapat tulisan, gambar, video. Di mana website memiliki kedudukan cukup penting dalam sebuah kegiatan jual beli.

  1. Pengertian Pasar Online

Pasar online merupakan kegiatan jual beli yang menemukan pembeli dan penjual tidak secara langsung. Namun semua kegiatan dalam pasar tetap berlangsung seperti pasar pada umumnya.

BAB III

PEMBAHASAN

Sebuah pasar memang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya transaksi jual beli, sehingga jika pasar secara online pun sama saja. Jika tidak menghilangkan fungsi tersebut maka pasar tersebut tentunya dianggap sah. Sehingga peran website pada sebagai pasar online sangatlah besar.

Semua itu karena website mampu memberikan segala muatan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Bahkan harga pun sudah dapat dilampirkan sekaligus. Sehingga calon pembeli tidak akan merasa kesulitan untuk melakukan transaksi yang diinginkan.

Berikut isi yang ada pada sebuah website:

  1. Tampilan website yang menarik
  2. Artikel yang menarik pengunjung
  3. Gambaran produk atau jasa yang ditawarkan
  4. Fasilitas beserta harga produk
  5. Fitur chatting antara calon pembeli dan admin website

BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Kemajuan teknologi kian pesat hal itu membuat peran website pada sebuah proses jual beli memang sangatlah besar karena berperan sebagai pasar online. Saat ini pasar online cukup marak dan populer. Semua itu karena masyarakat saat ini lebih memilih sesuatu yang tidak ribet dan juga lebih modern.

Saran

Dari kesimpulan di atas maka dapat penulis berikan saran atau masukan yang akan membangun, sebagai berikut:

  1. Walaupun kemajuan teknologi sangat maju tentunya jangan melupakan adanya pasar offline yang harus tetap dilestarikan. Jangan sampai pasar offline akhirnya perannya tergantikan dengan website.
  2. Tidak semua yang ada pada website adalah produk atau jasa yang baik sehingga tentu saja perlu selektif sehingga anak-anak tidak akan salah langkah dalam membuka website.
  3. Selektif dalam melakukan sebuah transaksi pada sebuah media online, karena tentunya sangat marak akan penipuan. Ada baiknya lakukan survei terlebih dahulu pada beberapa website sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli atau mempercayai produk website tersebut.

4. Contoh Paper Wirausaha

Contoh paper selanjutnya yang sering dicari ataupun digunakan sebagai tema paper tugas kampus adalah wirausaha. Semua itu karena tema ini memiliki cukup banyak hal yang dapat dibahas. Berikut contohnya yang dapat dijadikan referensi:

PENGELOLAAN KERIPIK PISANG DI LAMPUNG MENYIKAPI DAYA SAING TINGGI

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Industri kecil seringkali dipandang sebagai bagian yang terbelakang dari struktur ekonomi karena biasanya bersifat tradisional. Selain itu tidak punya potensi untuk menyumbang pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga sering tidak dianggap.

Propinsi Lampung sangat untuk pengembangan usaha pengelolaan berbagai macam makanan khususnya kripik pisang. Salah satu Usaha kecil sangat potensial sehingga tidak salah untuk dikembangkan adalah usaha pembuatan keripik pisang contohnya Alinda Keripik Lampung.

Namun usaha kecil sering sekali dihadapkan berbagai macam hambatan sehingga menyulitkannya untuk berkembang. Tentunya hal ini tidak dapat didiamkan saja, perlu dilakukan penanggulangan sehingga usaha kecil ini terus meningkat.

Hal itulah yang membuat penulis akan melakukan pra-penelitian mengenai pengelolaan keripik pisang di lampung menyikapi daya saing tinggi. Di mana diharapkan dari penelitian ini mampu memberikan informasi tambahan terkait dengan hal yang penulis teliti.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah mencari tahu pengelolaan keripik pisang di lampung menyikapi daya saing tinggi.

BAB II

PEMBAHASAN

Sesuai dengan latar belakang serta kecocokan yang ada maka penulis memilih menggunakan analisis SWOT dalam memecahkan masalah ini. Berikut penjelasannya:

  1. Strenght (kekuatan)
  2. Dilihat dari citra usaha kecil keripik pisang Alinda, pengolahan keripik pisang harus yang baik, dan terkenal dengan usaha yang sehat.
  3. Selain itu usaha kecil keripik pisang Alinda memiliki tingkat keluar masuk karyawan yang cukup kecil.
  4. Ada juga jumlah komplain pelanggan yang cukup rendah.
  5. Lalu karyawan usaha kecil keripik pisang Alinda terkenal sangat bertanggung jawab.
  6. Weakness (kelemahan)
  7. Namun usaha kecil keripik pisang Alinda masih kurang mampu untuk menarik pelanggan cukup banyak.
  8. Selain itu juga kesulitan memperoleh tunjangan modal, semua itu karena usaha kecil keripik pisang Alinda kurang dipandang.
  9. Oportunity (peluang)
  10. Namun usaha kecil keripik pisang Alinda tetap mampu dan mau bertahannya walaupun diterpa krisis ekonomi.
  11. Semua itu karena di Lampung sudah cukup banyak usaha usaha kecil yang sudah atau berakhir dengan mapan.
  12. Threat (ancaman)
  13. Namun kian lama kian melonjaknya saja biaya operasional.
  14. Hal itu tentu beresiko pada pasar yang berakhir tidak menentu biaya.
  15. Persaingan cukup ketat diantara usaha kecil menengah.
  16. Lalu ada juga perkembangan teknologi yang kian pesat saja.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas jelas dapat disimpulkan bahwa usaha kecil keripik pisang Alinda harus mampu menerapkan analisis SWOT untuk menyikapi daya saing tinggi. Setiap kekuatan dan peluang harus mampu dimaksimalkan untuk meminimalisir kelemahan dan ancaman.

Saran

Adapun berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis memberikan saran atau masukan sebagai berikut:

  1. Fokus pada peluang dan dan kekuatan yang ada, namun ingat harus peka dan tanggap terhadap masukan atau saran dari konsumen
  2. Jangan sampai tergoda untuk menurunkan kualitas produksi dan berimbas pada rasa keripik. Walaupun modal cukup besar jangan sampai mengecewakan pelanggan, ada baiknya naikan saja harga keripik

5. Contoh Paper Mengenai Pajak

Selanjutnya yang dapat dijadikan paper dalam mengerjakan tugas perkuliahan adalah mengenai pajak. Berikut contoh paper yang dapat dijadikan referensi:

RENDAHNYA KEPEKAAN MASYARAKAT TAAT MEMBAYAR PAJAK

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Semua pasti sudah tahu bahwa kenaikan pajak telah terjadi di Indonesia, padahal sebelum naik saja sudah banyak masyarakat yang enggan membayarnya. Masyarakat seakan tidak peduli akan keberlangsungan bangsa. Padahal dari pajak yang dibayarkan tersebutlah negara Indonesia akan semakin baik. Rendahnya rasa masyarakat untuk membayar pajak tentu saja faktornya cukup banyak, namun tidak berarti dapat dijadikan alasan.

Untuk itu Hal itulah penulis akan melakukan pra-penelitian mengenai alasan rendahnya kepekaan masyarakat taat membayar pajak. Di mana diharapkan dari penelitian ini mampu memberikan informasi tambahan terkait dengan hal yang penulis teliti.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah mencari tahu alasan rendahnya kepekaan masyarakat taat membayar pajak.

BAB II

PEMBAHASAN

Dari penelitian yang penulis lakukan maka ditemukan beberapa alasan yang membuat rendahnya kepakaan masyarakat taat membayar pajak. Di mana semua itu diakibatkan komunikasi yang kurang baik antara masyarakat, lembaga terkait dan pemerintah. Berikut uraiannya:

  1. Kurang tahunya masyarakat akan pentingnya membayar pajak
  2. Ekonomi yang sulit
  3. Tidak pedulinya masyarakat

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka ditemukan beberapa kesimpulan yang didapatkan penulis setelah melakukan penelitian dan pembahasan secara menyeluruh. Sebagai berikut:

  1. Kurang tahunya masyarakat akan pentingnya membayar pajak karena pemerintah kurang dalam menyebarkan informasi akan hal tersebut.
  2. Ekonomi yang sulit membuat masyarakat merasa pajak terlalu besar untuk dilunasi
  3. Tidak pedulinya masyarakat karena kurang mengertinya begitu penting membayar pajak

Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis dapat memberikan saran ataupun masukan guna menunjang pembuatan paper dan dapat digunakan sebagai penunjang paper lainnya. Sebagai berikut:

  1. Pemerintah harus lebih sering melakukan penyuluhan ke desa ataupun suatu daerah mengenai pajak
  2. Perbedaan biaya pajak harus diberitahukan pada masyarakat sehingga tahu bahwa biaya yang dikeluarkan telah disesuaikan dengan baik
  3. Lebih seringlah staff atau aparat terkait untuk lebih dekat pada masyarakat.

Itulah hal mengenai paper dan contoh paper lengkap dengan penjelasannya yang dapat dijadikan referensi. Dengan memahami segala hal di atas tentu saja akan mempermudah proses pembuatan tugas kuliah. Semua itu karena paper yang dihasilkan akan baik jika telah paham inti dari penjelasan di atas.

Contoh Paper

Tinggalkan komentar