Contoh Surat Lamaran Magang

Contoh Surat Lamaran Magang – Dalam pembuatan surat lamaran magang akan sangat berguna bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin melakukan magang kerja. Semua perusahaan maupun instansi mewajibkan adanya dokumen ini sebelum menerima mereka dan sebagai pertimbangan apakah akan diberikan ruang atau tidak.

Agar perusahaan memberikan ruang untuk magang kerja di tempat mereka, surat lamaran haruslah dibuat dengan baik dan benar. Karena itu, sejumlah contoh surat lamaran magang dibawah ini dapat dijadikan referensi penulisan surat yang baik.

Magang sendiri merupakan kegiatan wajib terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir.

Kegiatan ini berguna untuk menambah keahlian dan pengalaman kerja sebelum benar-benar masuk ke dunia kerja yang sebenarnya. Tak perlu takut, karena saat magang, siswa maupun mahasiswa akan dilatih dan diarahkan bagaimana metode dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai Standar operasional perusahaan tersebut.


Poin-poin yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Magang

Poin Poin Yang Harus Ada Dalam Surat Lamaran Magang

Sebelum membahas contohnya, pahami terlebih dahulu apa saja poin-poin yang harus ada dalam surat lamaran magang. Hal tersebut agar tidak salah struktur penulisannya atau ada bagian yang mungkin tidak sengaja terlewatkan. Langsung saja, berikut ini selengkapnya.

  1. Pihak yang Dituju

Hal pertama yang tidak boleh ketinggalan adalah mencantumkan tujuan surat akan dikirim ke siapa, HRD, Bagian SDM, atau pemilik toko retail. Tuliskan juga nama perusahaan atau toko retail yang akan dilamar lengkap dengan alamatnya.

  1. Pembuka Surat

Bagian pembuka juga tak kalah penting. Tulislah dengan bahasa yang lugas namun sopan, tidak perlu panjang lebar. Bagian ini biasanya berupa pernyataan dari mana mendapatkan info lowongan tersebut apakah merupakan rekomendasi dari pihak sekolah, universitas atau orang dalam. Kemudian, disambung dengan kalimat bahwa ingin mengajukan diri untuk magang di perusahaan tersebut.

  1. Identitas Diri

Setelah pembuka, bagian selanjutnya yakni identitas diri. Tuliskan identitas diri singkat saja, karena yang komplit biasanya sudah tertuang dalam Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Sebutkan identitas mulai dari nama lengkap, domisili, asal Universitas atau SMK dari pihak yang mengajukan magang kerja, no hp dan email.

  1. Isi Surat dan Lampiran-lampiran

Isi surat menyebutkan bahwa pelajar atau mahasiswa tersebut ingin melakukan magang kerja di perusahaan terkait dalam waktu berapa bulan. Pemohon juga harus melampirkan sejumlah dokumen untuk menunjang surat lamaran seperti misalnya raport atau kartu hasil studi terakhir dan tentunya fotokopi kartu tanda mahasiswa. Lampiran juga dapat juga disesuaikan dengan permintaan instansi atau perusahaan terkait.

  1. Penutup Surat dan Tanda Tangan

Bagian surat terakhir yakni penutup yang berisi harapan permohonan magang yang diajukan dapat diterima. Jangan lupa juga untuk menyertakan nama lengkap dan tanda tangan pemohon.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Security


Contoh Surat Lamaran Magang Untuk Segala Kebutuhan

Setelah mengetahui poin-poin yang harus ada, pembahasan selanjutnya yakni berbagai contoh surat permohonan magang mulai dari magang kerja, paklarin, dan sebagainya. Untuk format sebenarnya sama, hanya saja pemohon perlu menyesuaikan tujuan dan isi sesuai kebutuhan. Berikut selengkapnya.

Contoh Surat Lamaran Magang Kerja

Contoh Surat Lamaran Magang Kerja

Saat ingin melakukan magang kerja, pemohon perlu mengajukan surat ke perusahaan terkait. Hal ini merupakan pintu masuk dan salah satu persyaratan sebuah perusahaan ketika akan menerima pemagang. Berikut contohnya.

Surat Lamaran Magang Kerja

Tempat….. tanggal… bulan….. tahun……..

Perihal     : Permohonan Magang Kerja

Lamp      : …….. Lembar / proposal

 

Kepada Yth.

HRD atau Bagian SDM

Di

Alamat lengkap perusahaan atau instansi terkait

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari portal kampus, perusahaan Bapak sedang membuka lowongan magang di posisi…………. karena itu, saya tertarik mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Berikut data diri singkat saya:

 

Nama                                 : Nama pemohon

NIM / NIS                           : Nomor Induk Mahasiswa atau Nomor induk siswa jika masih pelajar

Domisili                              : Tempat tinggal pemohon saat ini

No. Telepon                      : Nomor telepon / handphone pemohon

Asal sekolah / Universitas : Asal sekolah / Universitas pemohon

Jurusan / program studi   : Jurusan atau peminatan pemohon di sekolah / kampus

 

Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan magang atau kerja praktek selama kurun waktu tiga bulan di perusahaan yang ibu / bapak pimpin.

Sebagai pertimbangan, saya juga melampirkan sejumlah dokumen antara lain:

Curriculum vitae, fotokopi KTP dan KTM atau Kartu Pelajar, KHS terakhir atau raport terakhir, pas photo, SKCK (dan dokumen lain yang mungkin dibutuhkan)

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Semoga ibu / bapak memberikan kesempatan pada saya untuk melakukan magang kerja di perusahaan yang ibu / bapak pimpin. Sebelum dan sesudahnya, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Lamaran Magang di Bank

Contoh Surat Lamaran Magang Di Bank

Magang di bank bisa dilakukan saat masih menempuh pendidikan maupun sudah lulus. Untuk pelajar atau mahasiswa, lamanya kegiatan ini biasanya akan ditentukan oleh pihak sekolah atau universitas. Sementara jika sudah lulus, lamanya magang ditentukan oleh perbankan terkait. Tetapi, contoh kali ini akan menyajikan surat lamaran magang bagi pelajar maupun mahasiswa.

Surat Lamaran Magang di Bank

KOP SURAT SEKOLAH 

Nomor : nomor surat keluar

HAL   : Permohonan Magang Kerja

LAMP : 1 Proposal

 

Yth.

Bagian HRD atau Bagian SDM Bank ………

DI

Alamat lengkap bank terkait

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memenuhi mata kuliah kuliah kerja praktek atau KKP dan meningkatkan skill mahasiswa di bidangnya, kami selaku ketua jurusan ekonomi pembangunan fakultas….. universitas……. mengajukan permohonan kepada bapak /ibu menerima mahasiswa kami berikut ini untuk magang di bank…… yang bapak / ibu pimpin.

 

Nama                          : nama mahasiswa

Jurusan / program studi : Jurusan mahasiswa

NIM                            : Nomor induk mahasiswa

Domisili                          : alamat sekarang mahasiswa

 

Pelaksanan magang akan dimulai pada bulan….. hingga….. tahun……. dengan beban …… SKS. Semua mahasiswa wajib mengikuti kegiatan ini sebagai syarat lulus dan karena kegiatan ini masuk ke dalam mata kuliah wajib. Pelaksanaan magang sendiri minimal…… bulan dan maksimal….. bulan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas sebagai berikut:

 

Curriculum vitae, fotocopy kartu tanda mahasiswa, kartu hasil studi terakhir yang dilengkapi IPK akhir serta pas photo ukuran 4×6.

Demikian surat ini kami ajukan. Besar harapan agar bapak / ibu menerima permohonan kami. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.

Tempat…… tanggal…. bulan….. tahun

Ketua program studi ekonomi pembangunan

Nama Lengkap Dan Tanda Tangan


Contoh Surat Lamaran Magang Kerja Perusahaan

Contoh Surat Lamaran Magang Di Bank 1

Selain bank, perusahaan juga menjadi tempat magang incaran mahasiswa. Tentunya perusahaan yang bergerak dibidang yang sesuai dengan jurusan mahasiswa tersebut. Misalnya jurusan teknik mesin dapat mengajukan magang kerja ke perusahaan otomotif. Berikut contoh suratnya.

Surat Lamaran Magang Kerja Perusahaan

Kop Surat Fakultas

Tempat….. tanggal….. bulan….. tahun….

Perihal        : Permohonan Magang Kerja

Lampiran    : …… hal

 

HRD atau bagian SDM atau Human Resource PT…. …..

Di

Alamat lengkap Perusahaan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             : Nama mahasiswa pemohon

Jurusan / Program Studi   : jurusan mahasiswa pemohon

Asal Universitas               : nama universitas dan alamat lengkapnya

NIM                              : Nomor Induk Mahasiswa

Alamat                              : alamat sekarang mahasiswa pemohon

 

Melalui surat ini saya bermaksud meminta izin kepada bapak / ibu untuk melakukan kegiatan magang atau kerja praktek selama…….. bulan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan sejumlah dokumen seperti :

Curriculum vitae, fotocopy kartu mahasiswa, kartu hasil studi terakhir yang dilengkapi dengan IPK, Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan pas photo ukuran 4×6 atau 3×4 (Sesuaikan).

Demikian surat ini saya ajukan. Saya berharap semoga bapak / ibu menerima permohonan saya ini. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat saya

 

Nama lengkap dan tanda tangan.


Contoh Surat Lamaran Magang Bidan

Contoh Surat Lamaran Magang Bidan

Dokumen ini wajib dibutuhkan karena sebagai bentuk perizinan tertulis kepada pihak rumah sakit atau puskesmas agar pemohon dapat diizinkan bergabung. Magang bidan sendiri merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti bagi mahasiswa dengan jurusan tersebut. Berikut ini contoh suratnya.

Surat Lamaran Magang Bidan

Kop Surat Politeknik Kebidanan Terkait

 

Kepada Yth

Kepala Puskesmas / koordinator / lainnya

Rumah sakit / puskesmas…………..

Di

Alamat lengkap rumah sakit / puskesmas

 

Dengan hormat

Bersama datangnya surat ini, saya (nama mahasiswa pemohon) NIM (nomor induk mahasiswa) jurusan……… politeknik ………. alamat……… bermaksud ingin mengajukan izin kepada bapak / ibu untuk melakukan kerja praktek atau magang di rumah sakit / puskesmas yang bapak / ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen antara lain:

Curriculum vitae, fotocopy kartu mahasiswa, fotocopy KTP, SKCK, kartu hasil studi terakhir lengkap dengan IPK, SKCK, pas photo (dan dokumen lain yang mungkin dibutuhkan)

Demikian surat ini saya ajukan. Saya berharap agar bapak / ibu dapat mengabulkan permohonan saya. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Lamaran Magang Pengacara atau Advokat

Contoh Surat Lamaran Magang Pengacara Atau Advokat

Bagi mahasiswa yang sudah selesai menempuh program studi hukum contoh surat magang di bawah  ini akan berguna. Magang sendiri merupakan kegiatan wajib jika seseorang ingin diangkat sebagai advokat. Langsung saja berikut selengkapnya.

Surat Lamaran Magang Pengacara atau Advokat

Tempat….. tanggal….. bulan….. tahun…..

 

Kepada Yth,

Ketua atau langsung nama yang bersangkutan

Nama lembaga atau jasa advokat yang dituju

Di

Alamat lengkap kantor Advokat

Perihal    : Permohonan Magang

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan gelar yang sudah saya terima dari fakultas hukum universitas…… dan berdasarkan UU yang mengharuskan magang bagi calon advokat, saya ingin mengajukan izin kepada bapak untuk melakukan magang kerja di kantor bapak dan sekaligus untuk memperdalam ilmu.

Berikut ini data diri singkat saya:

Nama                                  : nama pemohon

Tempat tanggal lahir       : tempat tanggal lahir pemohon

Jurusan dan asal kampus : jurusan dan asal kampus pemohon

Alamat                          : alamat lengkap pemohon

No telp                         : no telepon pemohon

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen pendukung mulai dari fotocopy ijazah dan transkrip lengkap, fotocopy KTP, SKCK, pas photo (Serta dokumen lain yang mungkin dibutuhkan)

Besar harapan agar bapak menerima permohonan magang kerja saya selama….. tahun agar dapat memenuhi persyaratan diangkat menjadi advokat.

Demikian surat ini saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat Saya,

 

Nama pemohon

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit


Contoh Surat Lamaran Magang di Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Magang Di Rumah Sakit

Bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di fakultas kedokteran atau lainnya yang berhubungan dengan kesehatan, magang merupakan hal wajib. Salah satu tempat untuk tujuan magang yakni rumah sakit. Karena itulah, contoh surat permohonan magang berikut ini akan sangat dibutuhkan.

Surat Lamaran Magang di Rumah Sakit

Tempat… tanggal… bulan… tahun…

Kepada Yth

…………

HRD atau bagian SDM Rumah Sakit…….

Di

Alamat lengkap rumah sakit

 

Dengan hormat,

Melalui datangnya surat ini, saya ingin mengajukan diri untuk magang praktek di rumah sakit yang bapak / ibu pimpin selama 3 bulan. Berikut ini data diri singkat saya:

Nama                    : Nama pemohon

NIM                      : Nomor Induk Mahasiswa pemohon

Program Studi      : prodi pemohon

Universitas          : asal universitas

Domisili                  : Domisili pemohon

No Hp              : No Hp pemohon

 

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, saya juga sudah melampirkan berkas pendukung yakni:

Curriculum vitae, fotokopi kartu mahasiswa, kartu hasil studi terakhir yang sudah lengkap dengan IPK, pas photo, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Serta dokumen lain yang mungkin dibutuhkan)

Besar harapan agar bapak / ibu menerima permohonan magang saya. Setelah diterima, saya juga bersedia untuk menaati semua tata tertib dan standar operasional yang ditetapkan rumah sakit……..

Demikian surat ini saya sampaikan. Sebelum dan sesudahnya, saya mengucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat Saya,

 

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Lamaran Magang Guru

Contoh Surat Lamaran Magang Guru

Bagi para mahasiswa dengan prodi pendidikan, magang atau kerja praktek menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Selain untuk memenuhi SKS, magang juga menjadi sarana menghadapi masalah dan mengatasinya yang mungkin akan didapatkan saat di dunia kerja. Langsung saja, berikut contoh surat selengkapnya.

Surat Lamaran Magang Guru

Tempat…. tanggal…. bulan…. tahun…..

Kepada Yth

Kepala Sekolah…….

Di

Alamat lengkap sekolah

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya ….. (nama lengkap pemohon) bermaksud mengajukan permohonan magang di sekolah yang bapak / ibu pimpin sebagai guru…………….. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di …….. dengan program studi……. dan sudah memasuki semester …… Magang sendiri merupakan kegiatan wajib dalam rangka memenuhi SKS semester….. Rencananya saya ingin mengajukan magang di sekolah…. selama…. bulan… terhitung dari bulan…. sampai dengan bulan….. tahun….

Sebagai bahan pertimbangan, saya sudah melampirkan sejumlah berkas yang mungkin dibutuhkan seperti curriculum vitae, fotokopi KTP dan KTM, Kartu Hasil Studi terakhir yang lengkap dengan IPK, pas photo, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (serta dokumen lain yang pendukung lain).

Demikian surat ini saya sampaikan. Besar harapan agar saya diterima untuk magang di sekolah yang bapak / ibu pimpin. Jika membutuhkan wawancara lebih lanjut, saya siap datang kapanpun sesuai permintaan bapak / ibu. Sebelum dan sesudahnya, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

 

Nama lengkap dan tanda tangan

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank


Contoh Surat Permohonan Magang Prakerin bagi Pelajar

Contoh Surat Permohonan Magang Prakerin Bagi Pelajar

Tidak hanya mahasiswa, pelajar terutama yang menempuh pendidikan di SMK juga diwajibkan menjalankan prakerin atau magang. Biasanya, tempat magang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, tetapi tak jarang ada yang membebaskannya untuk memilih tempat sendiri. Langsung saja, berikut ini contoh suratnya.

Surat Permohonan Magang Prakerin bagi Pelajar

No              : Nomor surat                                             Tempat… tanggal… tahun…

Perihal      : Permohonan Prakerin atau Magang Kerja

Lampiran :  ….

Kepada Yth

HRD atau pimpinan PT…..

Di

Alamat lengkap PT

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan diadakannya program wajib sekolah bagi siswa yang sudah memasuki semester 8 yakni prakerin atau Praktek Kerja Industri, dengan ini kami memohon izin kepada bapak / ibu agar siswa kami dapat melaksanakan kegiatan tersebut di perusahaan yang ibu / bapak pimpin.

Berikut nama-nama yang kami usulkan:

Nama siswa pertama dan nomor induk

Nama siswa kedua dan nomor induk

Dan sebagainya

Besar harapan agar bapak / ibu menerima permohonan kami. Sebelum dan sesudahnya, kami mengucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat kami

 

Kepala sekolah


Nah, itulah contoh surat lamaran magang untuk segala kebutuhan mulai dari magang bidan, guru hingga prakerin bagi siswa SMK. Magang sendiri mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya yakni mengenalkan dan mempersiapkan siswa maupun mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja sebenarnya.

Melalui kerja praktek, siswa atau mahasiswa tersebut juga berpeluang mendapatkan karir lebih jauh di perusahaan yang menjadi tempat mereka magang. Jika kinerja selama magang terlihat memuaskan, perusahaan seringkali menawarkan untuk menjadi karyawan tetap setelah mereka lulus. Karena itu, meskipun hanya magang, jangan main-main, lakukan dengan serius.

Contoh Surat Lamaran Magang

Tinggalkan komentar