Contoh Teks Pidato

Contoh Teks Pidato – Dalam kehidupan sehari-hari contoh teks pidato sering dijumpai, baik dalam acara formal maupun non formal. Misalnya pada pembukaan rapat, acara keluarga, perpisahan sekolah, sambutan dan masih banyak lagi acara-acara lainnya. Pidato sendiri selain banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam contoh teks pidato kali ini banyak juga digunakan dalam kegiatan organisasi, dan kelompok baik skala besar maupun kecil, dengan begitu mempelajarinya sangat berguna.

Bagi seorang pelajar mempelajari pidato dapat menjadi modal di masa depan. Dengan berbagai keuntungan yang ada, mempelajari pidato juga tidak bisa dilakukan mendadak terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti lafal, jeda, intonasi dan gesture. Dengan memperhatikan hal-hal tadi bisa membuat pidato yang dilakukan menjadi lebih lancar. Maka dari itu, perlu untuk melihat berbagai contoh teks pidato agar mudah jika membuatnya sendiri

Kebanyakan orang dapat menyampaikan isi pidato dengan maksimal apabila telah memahami betul isi dari pidato yang akan disampaikan. Setelah memahami, memperbanyak latihan dalam membacanya juga akan berpengaruh pada saat tampil. Selain itu, mengendalikan rasa gugup juga bisa menjadi alternatif lainya yang bisa ditempuh untuk tampil maksimal membawakan suatu pidato. Nah, sebelum melihat contoh teks pidato ada baiknya berkenalan dengan jenis teks yang satu ini.


Berkenalan Dengan Pidato Secara Umum 

Berkenalan Dengan Pidato Secara Umum 

Secara umum pidato diartikan sebagai ungkapan pikiran yang dituangkan dalam bentuk kata-kata dan ditujukan kepada masyarakat banyak atau orang umum serta bersifat dua arah. Maksudnya dua arah adalah selain berbicara seseorang yang menyampaikan pidato atau pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya atau orang yang mendengarkan. Dengan begitu pendengar akan lebih memahami materi.

Pidato biasanya dilaksanakan pada acara formal. Seperti rapat, upacara pembukaan, pelantikan bahkan pada peringatan hari besar baik hari besar keagamaan ataupun hari besar nasional. Pidato yang sering dilakukan juga dalam sehari-hari yakni contoh teks  pidato ketua OSIS, pidato ketua panitia,  pidato ketua RT, ataupun bahkan pidato kenegaraan yang dilakukan oleh presiden.

Tujuan berpidato adalah untuk memberikan pemahaman atau informasi-informasi penting kepada orang banyak. Selain memberikan pemahaman, berpidato juga bisa bertujuan untuk mengajak seseorang atau bahkan sekelompok orang meyakini isi pidato. Seorang pembicara harus menguasai para pendengar untuk bisa meyakinkan bahwa apa yang diutarakan itu benar. Kemudian, pembicara juga harus bisa membuat pendengar fokus dengan materi yang disampaikan.

Penyajian pidato dapat dilakukan dalam beberapa teknik. Salah satunya, yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan teks seperti pada contoh teks pidato atau juga dengan menggunakan catatan kecil. Tujuannya adalah untuk menghindari resiko terjadinya kelupaan ketika berpidato. Walaupun, membawa teks ataupun catatan, tidak mengurangi kesan formal yang ada dalam pidato. Bagi pembicara yang masih tergolong pemula akan lebih baik menggunakan metode tersebut.


Menyusun Pidato Yang Sesuai Dengan Strukturnya

Menyusun Pidato Yang Sesuai Dengan Strukturnya

Struktur pidato merupakan urut-urutan penyampaian pidato yang memberikan informasi mengenai garis besar pidato. Dengan menyusun pidato sesuai dengan strukturnya yang benar, juga bisa membuat pidato yang disampaikan akan mengena. Lalu apa saja urutan struktur pidato? Berikut ini beberapa susunan struktur dari contoh teks pidato yang harus diperhatikan untuk menghasilkan pidato yang baik.

1. Judul

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menentukan judul, sebelum memilih judul sebaiknya menyesuaikan tema pada acara yang akan dihadiri. Misalkan pada acara peresmian toko baru, jangan menyampaikan pidato mengenai narkotika atau bahkan mengenai perayaan hari kemerdekaan. Berpidatolah mengenai harapan para tokoh kedepannya. Dengan memperkecil ruang lingkup akan membuat judul yang dipilih menjadi sesuai dengan tema.

2. Salam Pembuka

Salam pembuka bukan lagi menjadi hal yang sulit sebenarnya. Bagi pembicara dapat menggunakan kalimat yang menggambarkan keadaan misalnya Selamat Siang, Selamat Sore, dan seterusnya. Selain menggunakan kata itu, juga bisa menggunakan kata ‘Assalamualaikum’, tetapi bila mengucapkan ‘Assalamualaikum’ pada pembuka pada akhir atau penutup nanti juga harus ditutup dengan hal yang sama.

Banyak dari contoh teks pidato memiliki salam pembuka yang sama. Hal ini dikarenakan pakem dari pidato memiliki salam pembuka yang seragam. Mulai dari salam pembuka universal untuk semua kalangan, hingga salam pembuka khusus bagi kalangan tertentu

Salam pembuka sendiri bertujuan untuk menarik minat pendengar. Apabila pada permulaan respon pendengar sudah baik, maka seterusnya pembicara hanya perlu mengeluarkan sedikit pancingan-pancingan untuk membuat pendengar tetap fokus. Buatlah pidato yang dilakukan menjadi hal yang rileks dan tidak tegang, caranya dengan selalu memperhatikan pendengar, meskipun sepele nyatanya itu banyak berguna.

3. Ucapan Penghormatan

Dalam menyampaikan ucapan penghormatan seseorang dengan pangkat lebih tinggi disebutkan terlebih dahulu. Misalkan pada acara perpisahan sekolah, tamu yang hadir terdapat kepala sekolah serta ketua komite. Maka yang harus disebutkan terlebih dahulu adalah kepala komite, baru disusul kepala sekolah, guru dan karyawan. Tidak lupa siswa juga disebutkan dalam urutan terakhir.

Dalam membuat kalimat ucapan penghormatan juga tidak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Bila menggunakan jabatan akan lebih baik tidak disertai dengan kata ganti orang seperti bapak atau ibu. Contoh salahnya  kepada bapak kepala sekolah SMA Negeri 1 Muncar. Seharusnya kata bapak tidak disebutkan, sehingga menjadi kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 Muncar.

Selain itu apabila menyebutkan nama, pembicara juga tidak boleh menyebutkan jabatan. Misalkan ingin menyebutkan jabatan makan nama tokoh tersebut tidak perlu disebutkan, atau bisa dibilang berlaku sebaliknya. Kenapa seperti itu, karena ini bertujuan menghindari penggunaan kata yang boros atau tidak efektif yang membuat para pendengar bosan dengan apa yang pembicara sampaikan.

4. Ucapan Puji Syukur

Setelah menyampaikan penghormatan, yang harus dilakukan kini adalah mengawali dengan ucapan syukur. Hindarilah penggunaan kata yang pertama karena itu salah dan sebaiknya gunakan kata pertama tama.  Dalam mengucapkan puji syukur boleh juga disertai dengan harapan untuk ke depannya nanti. Sebagian besar pembicara membicarakan mengenai harapan, rasa terimakasih, meminta perlindungan pada bagian ini.

5. Isi

Dalam menentukan isi harus menyesuaikan terhadap tema dan judul. Apabila telah menemukan tema yang tepat, mulailah mengembangkan judul yang ada untuk menjadi isi dari pidato yang disampaikan. Isi contoh teks pidato disesuaikan dengan waktu yang diberikan, jangan sampai terlalu lama karena akan membuat pendengar jenuh. Juga jangan terlalu singkat, namun sewajarnya saja.

Isi juga menjadi bagian yang dijelaskan secara rinci kepada pendengar. Tips untuk selalu diperhatikan adalah dengan memberikan sudut pandang baru, dengan begitu minat pendengar akan tertuju terhadap materi yang dibagikan. Selain menggunakan sudut pandang baru, gunakan juga teknik penyampaian yang baik untuk menambah antusias pendengar terhadap bahan atau materi yang dibahas.

 

6. Penutup

Apa yang sudah dibahas selanjutnya diberikan sedikit penegasan ulang dengan menarik kesimpulan. Karena setelah itu tidak ada lagi yang akan dibahas, maka akan lebih baik lagi kesimpulan yang diberikan tidak perlu berbelit-belit atau panjang. Cukup membahas garis besar isi pidato yang tadi sudah dibahas. Dengan menarik kesimpulan, pembicara sekaligus memberikan kesempatan bagi pendengar untuk mengingat materi yang tadi disampaikan.

Selain memberikan kesimpulan, pada bagian penutup juga membahas mengenai ucapan terima kasih atas waktu yang diberikan. Selain itu, permohonan maaf terhadap kesalahan yang diperbuat entah dalam segi tutur kata yang menyindir maupun kesalahan penggunaan bahasa. Tujuannya disini untuk memberikan kesan bahwa pembicara menghargai kehadiran pendengar. Tapi jangan terlalu panjang, dan harus mengingat proporsi pidato.

7. Salam Penutup

Tidak jauh berbeda dengan salam pembuka. Yang terpenting apa yang telah dibuka pada awal diakhiri dengan mengucapkan salam yang sama di akhir acara. Biasanya menggunakan salam keagamaan yang disertai dengan ucapan selamat pagi, selamat siang dan lain lain. salam penutup juga menjadi pertanda bahwa pidato yang disampaikan telah berakhir.

Setelah memahami struktur dari teks pidato, langkah selanjutnya adalah mulai membuatnya dengan contoh teks pidato. Pastikan urutanya sesuai dengan urutan tadi. Sebelum membuat teks pidato sebaiknya mulailah dengan menulis kerangka. Setelah itu kerangka yang ada dikembangkan sekreatif mungkin, serta menggunakan fakta yang ada bukan hanya opini semata. Bila kerangka yang sudah dibuat jadi, selanjutnya memasuki proses editing.


Contoh Teks Pidato Dalam Bahasa Indonesia 

Rasa malas memang sering menghampiri, tak jarang dengan rasa malas yang menerjang membuat seseorang tidak bersemangat menjalankan aktivitas. Sama halnya dengan menulis teks pidato, bagi yang merasa malas mungkin akan menjadi lebih sulit lagi. Tapi tenang beberapa contoh teks pidato berikut ini bisa menjadi contoh bagi calon pembicara.


1. Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi. Saya ucapkan salam sejahtera dan damai bagi para hadirin sekalian

Kepada yang terhormat Kepala SMP Harapan

Yang saya hormati bapak dan ibu guru beserta para staf dan karyawan SMP Harapan

Serta yang saya sayangi rekan rekan kelas sembilan, delapan dan tujuh.

Sebelumnya marilah kita haturkan terima kasih dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayahnya. Sehingga, kita dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Tak lupa shalawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan kita Rasullulah SAW, yang telah menyelamatkan kita dari gelapnya zaman jahiliyah.

Perjalanan tiga tahun ini, berjalan begitu cepat dan sudah kami tembus dengan nilai yang lebih dari cukup untuk dijadikan modal ke jenjang selanjutnya. Tentunya ini tidak lepas dari jerih payah bapak dan ibu guru. Yang telah dengan sabar mendidik dan mengajari kami berhitung serta membaca setiap harinya, juga tak lelah menasehati kami untuk belajar.

Terimakasih untuk ilmu yang dibagikan, terimakasih untuk kasih sayang yang meluap melebihi darah daging yang telah diberikan. Ribuan terima kasih belum cukup mengungkapkan rasa yang ada dalam hati ini. Hanya satu harapan kami, semoga setelah jejak sepatu ini pergi dari gerbang sekolah bapak ibu giri selalu mengingat kami.

Kami berdoa agar bisa melihat bapak ibu guru semakin bahagia ke depannya, dan diberkahi dengan usia yang panjang. Bukan maksud kami meninggalkan tempat ini, namun bagaimana lagi waktu kami disini telah mencapai batasnya. Dan kini saatnya kami undur diri. Doakan kami bapak ibu, untuk bisa maju dan beradaptasi dilingkungan baru.

Cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan mewakili rekan-rekan angkatan 32. Saya sadar bahwa apa yang saya sampaikan mungkin jauh dari kata sempurna. Tapi saya percaya seluruh tamu yang ada di ruangan ini berhati besar. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


2. Contoh Teks Pidato Sambutan Ketua RW Dalam Rapat Tahunan

Contoh Teks Pidato Sambutan Ketua RW Dalam Rapat Tahunan

Contoh Teks Pidato Sambutan Ketua RW Dalam Rapat Tahunan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat Kepala Dusun Pagersari

Yang saya hormati bapak ibu perangkat desa yang telah hadir pada malam hari ini

Serta perwakilan warga yang saya hormati juga

Marilah kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat serta karunianya kepada kita semua. Sehingga, kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini, dalam keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun. Guna membahas rapat tahunan. Tak lupa juga terima kasih kepada Bapak Agus yang telah memberikan tempat yang layak bagi kita untuk berkumpul.

Rapat tahunan tahun ini saya apresiasi sebesar besarnya, karena hanya mengandalkan kepercayaan sepenuhnya. Dengan tidak ngotot melaksanakan rapat tahunan seperti tahun lalu, membuat saya tahu bahwa tingkat kesadaran penduduk Dusun Pagersari tidak perlu diragukan lagi. Saya juga berharap nantinya kegiatan kemasyarakatan yang biasanya dilakukan, tetap berjalan seperti biasa tapi jangan sampai berkerumunan.

Wabah Covid-19 yang tengah menyerang ini, memang memiliki dampak buruk dari berbagai bidang. Terlebih lagi dengan adanya beberapa macam bantuan yang pemerintah turunkan, untuk itu nantinya saya meminta kepada semua yang hadir disini untuk menyampaikan hasil rapat tahunan tanpa menambah nambahi ataupun mengurangi hasil yang ada.

Hal ini semata mata bertujuan untuk menghilangkan kecemburuan sosial di antara warga kita nantinya. Tidak lupa saya juga berpesan untuk membuat grup khusus berbagi informasi, yang berisikan seluruh warga Dusun Pagersari untuk mempermudah berbagai informasi. Baik itu nantinya informasi mengenai bantuan yang akan diturunkan, maupun informasi-informasi lainya

Saya rasa itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Dan jangan lupa untuk membuat grup khusus untuk berbagi informasi, pastikan semua warga masuk supaya informasinya bisa tersampaikan merata. Demikian yang dapat saya sampaikan, bila ada ucapan yang kurang berkenang dan menyakitkan saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.


3. Contoh  Teks Pidato Peresmian Gedung Baru

Contoh  Teks Pidato Peresmian Gedung Baru

Contoh Teks Pidato Peresmian Gedung Baru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita  semua.

Kepada yang terhormat, Bapak Sudirto selaku pimpinan perusahaan PT Citra maju.

Yang saya hormati rekan-rekan karyawan PT Cipta maju serta para hadirin yang berbahagia

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadapan Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-nya. Sehingga kita semua dapat berkumpul di titik kumpul ini dalam keadaan sehat wa lafiat tanpa kekurangan.

Gedung Serbaguna ini merupakan gagasan dari dewan direksi yang telah yang telah disetujui. Semoga pada bangunan yang kita bangun ini bisa dimanfaatkan sebagai sebaik baiknya. Bukan hanya untuk para karyawan yang ada di sini, tetapi juga bisa digunakan masyarakat pada umumnya.

Terimakasih yang sebesar-besarnya saya kepada para donatur yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk membangun bangunan ini. Semoga dengan adanya bangunan ini dapat menjadi amal jariyah untuk kita semua. Juga kepada segenap karyawan dan pelaksana proyek ini. Yang telah bekerja keras untuk mendirikan bangunan ini dan mewujudkan impian kita semua.

Permintaan maaf yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada masyarakat dan juga para karyawan serta hadirin. Karena dalam acara yang berbahagia ini, hanya dirayakan dengan pertemuan yang sederhana. Tidak ada yang dapat saya berikan kepada para hadirin. Melainkan hanya doa semoga ke depannya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi

Tapi sebelumnya ,saya juga ucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan kepada saya menyampaikan pidato peresmian gedung.  Permohonan maaf yang sebesar-besarnya saya berikan apabila dalam menuturkan kata, masih terdapat banyak kekurangan. Saya yakin pasti diantara kata-kata yang pernah saya utarakan ada yang kurang berkenan. Maka dari itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Maka langsung saja, kita ke acara inti pada pertemuan kali ini waktu dan tempat saya persilahkan kembali kepada pembawa acara.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


4. Contoh Teks Pidato Penyerahan Jabatan Saka Bhayangkara

Contoh Teks Pidato Penyerahan Jabatan Saka Bhayangkara

Contoh Teks Pidato Penyerahan Jabatan Saka Bhayangkara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua. Namo buddhaya

Kepada yang terhormat ketua Saka Bhayangkara dan juga seluruh pengurus lainya

Serta rekan-rekan Saka Bhayangkara yang saya hormati

Alhamdulillahirobbilalamin. Marilah kita haturkan puja dan juga puji syukur ke hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berkumpul di sini dan melaksanakan serah terima jabatan. Semoga beliau selalu menaungi kita dalam setiap langkah yang ditempuh. Atas segala rahmat dan hidayahnya kita mampu berkumpul di sini dan melangsungkan kewajiban utama kita.

Tahun yang cukup berat bagi angkatan kita. Bukan hanya diuji dengan berbagai cobaan, tetapi juga ditimpa beberapa masalah. Keistiqomahan seluruh anggota menjadi sesuatu yang patut kita apresiasi. Utamanya untuk anggota baru, yang memang dengan sukarela bergabung dengan kita. Tepuk tangan dulu untuk kita semua.

Dengan pergantian anggota yang baru ini, besar harapan kami selaku senior dari Saka Bhayangkara untuk melihat perkembangan perkembangan selanjutnya. Kami berharap adik-adik mampu membawa Saka Bhayangkara, menuju organisasi yang lebih maju lagi daripada angkatan kami. Juga berkemampuan melaksanakan program kerja yang belum bisa direalisasikan pada kepemimpinan kami.

Bukan hal yang mudah untuk mewujudkan itu semua. Tetapi kami percaya dengan kerja sama dan juga jiwa korsa yang sudah kami tanamkan, itu semua bisa menjadi kenyataan. Terlebih lagi dengan generasi yang lebih muda, yang tentunya juga memiliki segudang ide dan gagasan baru, akan membuat organisasi Saka Bhayangkara ini bertambah berkembang.

Demikian, pidato yang dapat saya sampaikan. Apabila terdapat kelebihan, itu semua semata-mata  milik Allah ta’ala. Bilamana terdapat ada kekurangan baik dari segi ucapan maupun tindakan, dengan segenap hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


5. Contoh Teks Pidato Lomba Dengan Tema Perjuangan Kusuma Bangsa

Contoh Teks Pidato Lomba Dengan Tema Perjuangan Kusuma Bangsa

Contoh Teks Pidato Lomba Dengan Tema Perjuangan Kusuma Bangsa

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua

Yang Terhormat Bapak dan Ibu dewan juri.

Yang saya hormati pula para Pembina dari seluruh pangkalan.

Serta peserta pidato tahun 2021 tingkat Kabupaten Nganjuk

Marilah, kita panjatkan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa. Karena telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berkumpul dan melaksanakan kegiatan rutinan yakni lomba pidato. Pada tahun ini mengusung tema generasi muda sebagai penerus perjuangan Kusuma Bangsa.

Seperti yang kita ketahui, bahwa para pahlawan bukan hanya telah mengorbankan seluruh kehidupannya untuk negeri. Tetapi, juga menyumbangkan pikirannya untuk membangun masa depan negeri yang cerah seperti hari ini.  Kita sebagai generasi muda patutnya menghargai setiap perjuangan yang pernah dilakukan para pahlawan, sebagai wujud cinta kita terhadap tanah air.

Akan tetapi, kebanyakan dari generasi muda lebih sering menghabiskan waktunya untuk berfoya-foya, dan bermain. Tanpa pernah memikirkan apa yang pernah dialami para Kusuma Bangsa untuk membuat negara tetangga mengakui kemerdekaan kita. Tentu saja hal ini menjadi masalah di era digital ini.

Bila dahulu para Kusuma Bangsa harus berjuang menggunakan tombak dan juga menggunakan senjata . Kali ini, para Kusuma Bangsa penerus masa depan bangsa layaknya para pahlawan Harusnya bisa membentengi diri dari hawa nafsu dan juga tindakan senonoh. Sehingga kemerdekaan yang pernah diraih tidak menjadi sia-sia.

Ketika membahas masalah ini, membuat kita harus menerima faktanya. Sebagian besar generasi muda tidak menyadari bahwa budaya barat menguasai kepribadianya. Pancasila yang seharusnya mampu menjadi tameng  utama. Juga menjadi jati diri bangsa Indonesia, bukan hanya digunakan sebagai ideologi saja. Tetapi, juga digunakan sebagai karakteristik atau kepribadian Bangsa Indonesia.

Demikian, pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf, karena saya yakin sebaik-baiknya tupai melompat pasti ke ada kalanya terjatuh juga. Selancar lancarnya saya berbicara dan juga menuturkan kata pasti ada yang kurang berkenan juga. Maka dari itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya saya.

Selamat pagi.


6. Contoh Teks Pidato Dengan Tema Narkotika

Contoh Teks Pidato Dengan Tema Narkotika

Contoh Teks Pidato Dengan Tema Narkotika

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato mengenai narkotika. Pasti diantara para hadirin sudah banyak yang tahu mengenai benda satu ini.

Narkotika merupakan zat terlarang yang hukumnya haram untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi narkotika akan menimbulkan efek ketergantungan pada diri seseorang. Bukan hanya dapat menimbulkan ketergantungan tetapi saja, juga dapat merusak sistem otak yang ada. Dengan begitu, para pengkonsumsi narkotika akan cenderung lebih malas melakukan aktivitas seperti biasanya.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, dan juga memiliki letak yang strategis. Letak yang sangat strategis ini, tentu saja  membuat negara-negara tetangga yang menginginkan Indonesia menjadi bagian dari wilayahnya mencoba untuk menghancurkan generasi muda. Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan narkoba dan juga zat adiktif lainnya yang sering kita kenal dengan narkotika.

Kasus-kasus yang pernah ditemukan di Indonesia, menunjukkan bahwa pengguna narkotika saat ini telah mengalami kenaikan yang pesat. Ditakutkan, karena penggunaannya yang semakin meningkat ini, mampu merusak masa depan bangsa.  Sebagai generasi muda yang harus membalas jasa para pahlawan, dengan rajin belajar dan mematuhi norma serta hukum yang berlaku di Indonesia.

Setiap pengorbanan yang pernah dilakukan para pahlawan, seharusnya mampu menjadi alasan terkuat  menghindari narkotika. Mengingat kemerdekaan yang kita raih saat ini, bukan hal yang gratis. Semua yang kita nikmati dan juga rasakan  sekarang merupakan pengorbanan yang harus dibayar mahal oleh para pahlawan.

Mengkonsumsi narkotika tidak sesuai dengan ideologi kita yakni Pancasila. Ketika mengkonsumsi narkotika secara otomatis kita melakukan pelanggaran terhadap sila pertama, yakni ketuhanan yang maha esa. Dimana bukan hanya menghianati bangsa tetapi melanggar larangan Tuhan Yang Maha Esa. Kesimpulannya, narkotika tidak boleh dikonsumsi bukan karena bahaya saja. Tetapi dapat menjadikan kita sebagai manusia yang tidak mengenal Tuhan

Itu dia pidato mengenai narkotika yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya bila dalam bertutur kata, tidak mengenakan hati para hadirin sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


7. Contoh Teks Pidato Sambutan Acara Penerimaan Tamu Calon Penegak

Contoh Teks Pidato Sambutan Acara Penerimaan Tamu Calon Penegak

Contoh Teks Pidato Sambutan Acara Penerimaan Tamu Calon Penegak

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas waktu yang telah diberikan pembawa acara kepada saya.  Bismillah hirohman nirohim. Sebelum kita memasuki Puncak acara, perkenankan saya menyampaikan sekata dua kata mewakili Dewan Ambalan Gajah Mada dan Tribuana Tunggal Dewi Pangkalan SMA Harapan 1 Bogor.

Senang sekali rasanya bisa hadir ditengah adik adik semua. Salut sekali saya terhadap seluruh peserta apel pada pagi hari ini.  Dikarena datang on time seperti yang sudah tertera pada jadwal yakni pukul 7.30 tepat. Bukan itu saja yang saya salut dari seluruh peserta. Antusiasnya mengikuti Persami dalam rangka penerimaan tamu Calon Penegak juga patut diacungi jempol.

Penerimaan tamu calon penegak selalu dilaksanakan setiap tahunnya, karena bertepatan dengan masuknya siswa baru. Selain itu pelaksanaannya juga dilakukan setiap akhir bulan Agustus setelah melakukan upacara peringatan Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus. Tetapi kali ini berbeda, karena upacara penerimaan tamu calon penegak dilaksanakan tepat pada pada hari jadi pramuka.

Setelah Acara ini berlangsung, maka adik-adik akan mendapatkan tiska. Nantinya wajib dipasang di baju pramuka, sesuai instruksi kakak pengampu. Selain sebagai penghargaan, tiska juga membuktikan keseriusan adik-adik dalam mengikuti acara penerimaan tamu calon penegak. Nantinya, adik-adik yang memiliki potensi untuk  direkrut menjadi dewan ambalan. Juga untuk mewarisi Ambalan Tribuana Tunggal Dewi dan juga Gajah Mada periode 2020-2021.

Semoga, adik-adik bisa mengikuti acara Persami ini dengan bahagia dan juga ceria. Serta, bisa juga menemukan sahabat ataupun teman baru. Bagi  adik-adik yang mengalami kesusahan bisa selalu berkonsultasi dengan kakak pendampingnya. Nanti akan dibagi Kakak pendamping yang akan mendampingi setiap Sangga, jadi untuk adik-adik tidak usah khawatir ataupun takut nantinya.

Saya berharap upacara penerimaan tamu calon penegak ini dapat berjalan lancar hingga nanti selesai. Dengan menyebut bismillah, maka acara ini resmi saya buka. Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya waktu saya kembalikan kepada pembawa acara.  

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


8. Contoh Teks Pidato Sambutan Ketua Panitia

Contoh Teks Pidato Sambutan Ketua Panitia

Contoh Teks Pidato Sambutan Ketua Panitia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kyai Haji Amru bin Muhammad.

(Selanjutnya) Yang saya hormati ustadz dan ustadzah Pondok Pesantren Al Mukmin

(Serta) Yang saya cintai seluruh santriwan dan santriwati dan juga hadirin yang berbahagia

Syukur Alhamdulillah. Mari kita haturkan ke hadapan Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, hidayah, taufik serta inayah-nya. Kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sempurna tanpa kekurangan sesuatu apapun. Tak lupa pula, shalawat serta salam marilah kita sanjungkan ke hadapan Rasullullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Pada kesempatan kali ini, saya mewakili segenap panitia mengucapkan selamat hadir kepada Bapak Kyai Haji Amru bin Muhammad. Karena telah dengan rela meluangkan waktunya datang dari Bandung untuk menghadiri acara pada sore hari ini.

Dalam acara yang sederhana ini. Saya, mewakili jajaran panitia memohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak dapat memberikan tempat yang layak dan juga acara yang mewah kepada seluruh hadirin yang datang. Harapan kami, walaupun acara ini berlangsung sederhana akan tetap berjalan sakral. Terutama bagi santriwan dan santriwati yang akan menunjukkan bakatnya pada sore hari ini.

Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada para panitia yang telah meluangkan waktunya memeriahkan acara pada hari ini. Bukan hanya pada hari H saja, tetapi juga pada persiapannya. Tentu saja, selama saya mengorganisasi jalannya acara pada sore hari ini. Saya, banyak melakukan kesalahan, maka permohonan maaf saya ucapkan tulus dari lubuk hati terdalam.

Saya berharap dengan terlaksananya acara ini, mampu menjadi ajang menunjukkan bakat santriwan dan santriwati. Sekaligus sebagai tempat untuk mengapresiasi semangat mengaji guna meningkatkan semangat belajar. Tidak usah berlangsung lama-lama waktu dan tempat saya kembalikan kepada pembawa acara.

Saya sendiri yakin, bahwa  apa yang saya sampaikan tadi tentunya tidak semulus Senandung sholawat. Maka dari itu, atas segala kesalahan  baik dalam segi ucapan maupun perbuatan saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

 Waltaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


9. Contoh Teks Pidato Pembukaan Sosialisasi

Contoh Teks Pidato Pembukaan Sosialisasi

Contoh Teks Pidato Pembukaan Sosialisasi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena  telah memberkahi kita semua dengan nikmat sehat dan sempat. Sehingga pada 14 Januari 2021 ini kita bisa berkumpul untuk melangsungkan sosialisasi peduli lingkungan dari dinas sosial untuk warga desa bulu.

Saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Kepala Desa Bulu. Atas kesempatan yang diberikan, dengan mengarahkan sebagian besar pengurus PKK di setiap desanya untuk hadir sosialisasi  Pada kesempatan kali ini. Pada pertemuan yang bahagia ini kita akan membahas mengenai program peduli lingkungan yang akan dilangsungkan bulan depan.

Jadi, karena sampah di lingkungan kita yang semakin lama semakin menumpuk dan juga tidak terkontrol. Akibat penggunaan plastik dan juga sampah lainnya yang tidak dapat dimaksimalkan. Maka Dinas Lingkungan Hidup, akan mulai melaksanakan program bank sampah di seluruh wilayah Kabupaten Sleman. Maksud dari program ini adalah untuk mengurangi keberadaan sampah, utamanya plastik.

Untuk itu, maka perlu diadakan sosialisasi guna membimbing pimpinan-pimpinan di setiap Dusun. Sebagai perwakilan tak lain juga tak bukan, yang perlu diberikan pembekalan mengenai semua adalah anggota PKK di setiap wilayah. Dengan begitu kami berharap melalui sosialisasi ini nantinya perwakilan PKK yang sudah ditunjuk mampu menggerakkan seluruh anggotanya untuk memulai program bank sampah.

Kami yakin, kepercayaan yang kami berikan tidak akan pernah disia-siakan. Selepas pulang dari sini nantinya, para hadirin yang hadir dapat mulai menerapkan ilmu yang didapatkan. Selain itu, kami informasikan pula, bagi kelompok PKK dengan semangat terbaik, akan diberikan kenang kenangan.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini. Saya cukupkan sekian wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Tips Tampil Berpidato Dengan Baik

Tips Tampil Berpidato Dengan Baik

Berpidato bukan hanya memerlukan kemampuan merangkai kata saja. Tetapi juga keberanian untuk tampil di hadapan publik ataupun muka umum. Bila keberanian itu sudah ada, maka secara otomatis kepercayaan diri akan menyertai Saat tampil di atas panggung. Dan untuk mengimbangi itu semua hal yang perlu dilakukan adalah melatih kemampuan berbicara. Sehingga tidak dalam tampil menjadi lebih maksimal lagi.

Nah, itu dia tips pertama yang bisa dilakukan ketika mau berpidato, Yakni dengan memahami teks. Setelah memahami teks adalah dengan melatih lafal, intonasi, dan juga jeda. Apabila tiga komponen tersebut telah terpenuhi, maka untuk menjadi seorang pembicara yang handal dengan kemampuan public speaking yang baik tentu saja menjadi hal yang mudah.

Lakukan persiapan yang matang mulai dari riset mengenai audiens yang akan hadir. Kemudian, tak lupa juga untuk mengetahui tata letak podium agar dapat berlatih mengarahkan pandangan mata ke arah audiens langsung. Selain itu, berlatih di depan kaca dan orang lain sesering mungkin agar benar-benar menguasai isi teks naskah pidato.

Kemudian, tips dan contoh teks pidato ini diharapkan mampu membantu para pembaca. Para pembaca dapat berimprovisasi pada setiap bagian pidato. Tak lupa pula, tetap ikuti strukturnya ya!

Setelah menyimak beberapa contoh dari pidato di atas, bisa langsung dipraktekkan dengan cara mencoba satu persatu. Akan tetapi, sebelum mencoba mempraktekannya, akan lebih baik untuk memahami setiap isi dari pidato tersebut. Sehingga dalam menyampaikan kembali bisa menghasilkan suatu pidato yang baik.

Contoh Teks Pidato

Tinggalkan komentar