60+ Kerajinan dari Stik Es Krim yang Mudah dan Sederhana

Kerajinan Dari Stik Es Krim

Kerajinan dari Stik Es Krim – Hampir semua anak kecil pasti menyukai makanan dingin bernama es krim. Setiap anak selesai menyantap es krim, sebaiknya jangan langsung membuang stiknya.

Daripada dibuang, lebih baik stik es krim diolah kembali dan dijadikan produk kerajinan. Pasalnya, ada banyak sekali kerajinan dari stik es krim yang dapat dibuat.

Bahan dasar stik es krim seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan tugas sekolah mata pelajaran prakarya. Selain itu, kerajinan dari limbah stik es krim juga dapat dijual dan mendatangkan pundi-pundi uang.

Bila mampu mengolahnya dengan baik, bukan hal yang mustahil untuk mendapat jutaan rupiah dalam satu bulan. Dalam membuat kerajinan dari bahan dasar stik es krim, pengrajin harus sabar, tekun, dan teliti.

Selain itu, pengrajin juga harus berinovasi dan berkreasi agar hasilnya nanti semakin menarik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa kerajinan dari stik es krim yang unik:

Kerajinan Dari Stik Es Krim


Cara Membuat Kerajinan dari Stik Es Krim

Stik es krim sebetulnya terhitung barang bekas yang masih sanggup dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan banyak jenis kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satu kerajinan tangan yang sanggup dibikin dari bahan ini adalah kerajinan bingkai foto. Apakah anda pernah lihat jenis kerajinan tangan satu ini? Bisakah anda membuatnya?


Cara Membuat Bingkai Foto Dari Stik Es Krim

Nah, spesifik buat anda yang tertarik untuk berkreasi untuk membawa dampak kerajinan ini, terhadap artikel tersebut saya akan memberikan arahan langkah membawa dampak bingkai foto dari stik es krim tersebut. Oh ya, arahan ini udah dilengkapi bersama dengan tutorial bergambar dan videonya supaya anda lebih mudah mempraktekannya. Silakan disimak!

Kerajinan Dari Stik Es Krim

1. Alat dan Bahan

Untuk membawa dampak sebuah kerajinan bingkai foto dari stik es krim, langkah pertama yang harus anda jalankan adalah menyiapkan alat dan bahan-bahannya. Alat yang disiapkan antara lain

  • Lem tembak
  • Kuas
  • Gunting
  • Stik es krim
  • Kertas foto
  • Manik-manik atau hiasan
  • Cat warna
  • Kertas karton.

2. Cara Membuat

Setelah alat dan bahan-bahannya siap, selanjutnya anda mampu segera membawa dampak bingkai foto dari stik es krim bersama dengan mengikuti langkah-langkah tersebut ini.

Kerajinan Dari Stik Es Krim

Pertama, susun 8 buah stik es krim jadi bentuk persegi layaknya susunan terhadap gambar 1.

Kedua, jalankan pengeleman terhadap susunan stik es krim tersebut. Persegi ini nantinya digunakan sebagai anggota depan figura foto kamu, jadi usahakan supaya susunannya rapi.

Ketiga, kalau persegi pertama udah terbentuk setelah itu tambahkan 2 lapis persegi lainnya di anggota atasnya, supaya tersedia 3 susunan stik es krim terhadap bingkai yang nantinya terbentuk.

Keempat, bingkai udah siap, setelah itu anda tinggal membawa dampak alas bingkai bersama dengan langkah menyusun 3 bilah stik es krim secara mendatar.

Cara Membuat

Kelima, tambahkan 2 bilah stik kembali di atasnya bersama dengan agak renggang. Jarak kerenggangan antara 2 stik ini sekitar setebal satu lapis stik es krim. Lakukan pengeleman terhadap susunan 3 bilah pertama dan 2 bilah kedua.

Keenam, selipkan sebuah stik es krim para jarak kerenggangan susunan stik di bilah kedua. Kemudian tambahkan lem supaya kuat.

Ketujuh, pastikan supaya lem udah kering. Lalu selipkan bingkai yang udah dibikin ke anggota stik yang tegak terhadap alas.

Kedelapan, tambahkan accessories tambahan terhadap bingkai supaya penampilan bingkai foto dari stik es krim lebih cantik. Aksesoris mampu berupa pola karton berwarna atau manik manik.

Cara Membuat

Kesembilan, berikan cat warna terhadap stik es krim anggota depan sesuai bersama dengan warna favoritmu.

Kesepuluh, siapkan foto yang unik untuk diletakan di didalam bingkai. Foto akan lebih awet apa seandainya anda melaminatingnya terutama dulu. Oh ya, pastikan ukuran fotonya sesuai bersama dengan ukuran bingkai yang anda buat ya!

Kesebelas, berikan lem tembak terhadap sisi-sisi foto.

Keduabelas, tempelkan foto terhadap bingkai.

3. Video Tutorial

Sederhana sekali bukan? Nah, seandainya anda masih bingung mengikuti tahapan-tahapan tadi, tersebut ini saya juga udah sedia kan panduannya didalam bentuk video tutorial. Silakan ditonton seandainya anda masih punya banyak kuota.

Demikianlah pemaparan yang mampu saya sampaikan di peluang artikel kali ini mengenai langkah membawa dampak bingkai foto dari stik es krim beserta gambar dan video tutorial bagian by step. Semoga mampu menginspirasi anda didalam menciptakan sebuah kerajinan tangan pengias ruangan. Oh ya, spesifik untuk anda yang ingin


Cara Membuat Kotak Pensil dari Stik Es Krim

Cara Membuat Kotak Pensil Dari Stik Es Krim

Cara membuat tempat pensil dari stik es krim, pertama yang akan kita lakukan adalah membuat tempat pensil, mode horisontal, lantas kita lanjutkan bersama dengan membuat tempat pensil stik es krim yang bakal disusun secara vertikal. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, lihat beberapa langkah selanjutnya ini!

Tempat Pensil Horisontal

Cara membuat tempat pensil dari stik es krim, pertama yang akan kita lakukan adalah membuat tempat pensil, mode horisontal, lantas kita lanjutkan bersama dengan membuat tempat pensil stik es krim yang bakal disusun secara vertikal. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, lihat beberapa langkah selanjutnya ini!

Tempat Pensil Horisontal

Pertama-tama, Anda bakal kita ajak untuk membuat tempat pensil dari stik es krim yang disusun secara horisontal. Stik es krim bakal disusun horisontal membentuk segitiga. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan khususnya dahulu, ya!

Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat tempat pensil dari stik es krim secara horisontal:

  • Penggaris panjang minimal 15 cm
  • 1 pak Stik Es Krim
  • Lem
  • Bolpen
  • Kertas putih
  • Cat warna favorit Anda

Setelah semua alat dan bahan tersedia, mulailah ikuti cara cara membuat tempat pensil dari stik es krim di bawah ini:

  1. Letakkan sebuah stik es krim di atas kertas putih, pastikan panjang semua stik es krim yang digunakan sama, yakni lebih kurang 10,5 cm
  2. Gambar setiga serupa segi di atas kertas putih selanjutnya sesuai bersama panjang dari stik es krim
  3. Tempatkan salah satu stik es krim di atas garis segitiga yang sudah digambar. Lanjutkan bersama tempatkan dua stik es krim di atas ke-2 garis lainnya
  4. Beri sedikit lem terhadap bagian ujung stik es krim, lantas tumpuk stik selanjutnya di atas ujung yang sudah di lem

Cara Membuat Kotak Pensil Dari Stik Es Krim

  1. Lanjutkan sampai Anda sukses membuat pola segitiga sebagai fondasi utama untuk membuat tempat pensil
  2. Tumpuk stik es krim di atas segitiga yang sudah sukses dibuat, lanjutkan bersama beri tambahan tumpukan segitiga stik es krim sampai tinggi tempat pensil sudah sesuai bersama ukuran bolpen dan pensil yang nantinya bakal di tempatkan di dalamnya
  3. Setelah selesai, angkat tempat pensil dari atas kertas, selanjutnya lanjutkan bersama membalik tempat pensil sehingga bagian bawahnya berada di atas
  4. Kali ini Anda bakal membuat alas tempat pensil. Tutup bagian bawah tempat pensil bersama stik es krim. Potong bagian yang kelebihan sehingga bagian alas dari tempat pensil ini terhitung nampak layaknya segitiga

Cara Membuat Kotak Pensil Dari Stik Es Krim

  1. Setelah kering, segera cat tempat pensil bersama warna favorit Anda. Beri hiasan yang sesuai bersama permohonan Anda
  2. Apabila cat sudah kering, maka Anda mampu segera memanfaatkan tempat pensil ini untuk tempatkan alat tulis

Silahkan mengatur tinggi tumpukan stik es krim selanjutnya sesuai bersama alat tulis yang ingin Anda letakan. Jika Anda ingin meletakan spidol, penggaris, atau alat tulis lainnya yang berukuran panjang, silahkan jadi stik es krimnya sehingga tempat pensilnya semakin tinggi.

Disarankan terhitung bagi Anda untuk memanfaatkan lem yang tidak terlampau kuat dan tidak cepat mengering. Pasalnya, Anda bakal kesulitan untuk memperbaiki letak stik yang salah terkecuali lem yang digunakan cepat mengering.


Kerajinan Dari Stik Es Krim

Banyak sekali kerajinan tangan dari stik es krim yang bisa kita kreasikan, dan bisa kita kembangkan menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi dan unik tentunya. Hanya menggunakan stik es krim, kita bisa membuat kerajinan tangan beberapa diantaranya seperti dibawah ini.

Rumah Dari Stik Es Krim

Rumah Dari Stik Es Krim

Jika anda sudah terbiasa dalam membuat kerajinan dari stik es krim, tentunya anda dapat membuat kerajinan yang satu ini dengan mudah dan cepat. Akan tetapi cara membuat rumah dari stik es krim, dalam proses pembuatannya membutuhkan ketelatenan, serta butuh ketelitian yang ekstra sabar, dalam pembuatanya.

Namun jika anda sudah mampu dan berhasil dalam membuat miniatur rumah dari stik es krim ini, dijamin anda akan merasa puas setelah berhasil, membuatnya dan akan lega dengan hasil karya buatan anda sendiri.

Anda bisa membuat kerajinan dari stik es krim dengan mbudah menjadi miniatur rumah, yuk simak vidio dibawah ini, untuk melihat bagaimana membuat rumah dari stik es krim tersebut anda bisa klik mulai


Hiasan Vas Bunga Dari Stik Es Krim

Hiasan Vas Bunga Dari Stik Es Krim

Dengan stik es krim, kalian mampu, mengreasikan dengan benda-benda yang lainya, contohnya seperti membuat hiasan vas bunga dari stik es krim. yang di gabungkan menggunakan vas bunga kaca bening.

Cara membuat vas bunga dari stik es krim, yang perlu dipersiapkan hanyalah, stik es krim yang direbus. Sehingga setelah stik es krim berhasil menjadi lunak, maka akan mudah di sesuaikan bentuk dengan vas bunga diatas.


Tempat Pensil Dari Stik Es Krim

Tempat Pensil Dari Stik Es Krim

Dengan menggunakan stik es krim, kalian bisa mengembangkanya menjadi karya yang bermanfat. Seperti membuat tempat pensil dari stik es krim, selain bagus dan juga sangat mudah dibuat.

Cara membuat tempat pensil dari stik es krim, proses pembuatanya hanya dengan membuat pola berbentuk segitiga. dimana stik es krim di susun secara bersilangan, kemudian diberi perekat plastik. Dan anda bisa contoh gambarnya di atas, dan bisa anda beri hiasan sesuai dengan kreasimu sendiri.

Kamu bisa membuat tempat pensil dengan mudah, untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana proses membuat kerajinan dari stik es krim menjadi tempat pensil, yuk simak vidio dibawah ini, untuk melihat bagaimana membuat tempat pensil dari stik es krim tersebut bisa anda klik mulai

  28+ Kerajinan dari Logam yang Mudah dan Sederhana Dibuat

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Limbah


Miniatur Pesawat Dari Stik Es Krim

Miniatur Pesawat Dari Stik Es Krim

Kerajinan tangan untuk anak yang cocok dan bisa kita buat salah satunya, dengan membuat kerjinan pesawat. Dan kerajinan ini bisa juga kita gunakan sebagai hiasan langit-langit rumah.

Anda bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang bisa anda temukan di sekitar rumah, seperti penjepit jemuran, lem, cat, serta stik es krim. dan anda bisa memulai membuat kerajinan dari stik es krim.

Baca Juga : Cara Membuat Fidget Spinner


Miniatur Kursi Dari Stik Es Krim

Miniatur Kursi Dari Stik Es Krim

Kerajinan dari stik es krim menjadi sebuah miniatur kursi yang bisa anda buat hanya dengan menggunakan stik es krim, dan sangat cocok sekali buat ada yang menyukai main boneka kecil. Anda bisa memainkan miniatur kursi ini bersama boneka kesayangan anda, dan anda bisa meniru untuk membuat kerajinan dari stik es krim yang berupa kursi miniatur tersebut.


Pembatas Buku Dari Stik Es Krim

Pembatas Buku Dari Stik Es Krim

Anda yang hobi membaca novel atau buku-buku bacaan lainya, tentu membutuhkan penanda buku sebagai penanda halaman yang telah anda baca, bisa juga anda mencoba ide kreatif yang satu ini. sebagai penanda buku bacaan anda. Hanya dengan membutuhkan inspirasi dalam membuat kerajinan dari stik es krim anda bisa membuat seperti ini, atau anda ingin membuat bentuk-bentuk yang lainnya.


Bingkai Foto Dari Stik Es Krim

Bingkai Foto Dari Stik Es Krim

Pembuatan bingkai foto dengan stik es krim, anda harus terlebih dahulu megukur foto yang akan dipasang, karena dalam pembuatan pigura foto dari stik es krim, harus menyesuaikan dengan bahan yang ada.

Bingkai foto dari stik es krim. sangat cocok sebagai hiasan dinding di dalam rumah. Tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk orang yang melihatnya dan anda bisa menambahkan hiasan sesuai dengan keinginan dan cara membuat bingkai foto dari stik es krim bisa dibilang cukup mudah dalam pembuatanya.


Kotak Penyimpanan Dari Stik Es Krim

Kotak Penyimpanan Dari Stik Es Krim

Kotak penyimpanan ini, bisa dugunakan sebagai tempat penyimpanan benda-benda kecil. Seperti penyimpanan tempat pernak-pernik dan tempat penyimpanan lainya, yang bisa kita simpan.

Dan cara membuatan kotak penyimpanan kerajinan dari stik es krim sangat sederhana, dan cara pembuatanya  hanya dengan menyilangkan stik es krim. Dengan bentuk persegi empat, dan jangan lupa untuk memberi sentuhan aksesoris seperti bunga dibagian luar, agar terlihat lebih cantik.


Pot Bunga Dari Stik Es Krim

Pot Bunga Dari Stik Es Krim

Dengan pot bunga dari stik es krim, tentu luar rumah anda akan menjadi sangat unik dan dapat percantik tampilan halaman rumah anda. Pada gambar diatas cara pembuatan pot dari stik es krim, cukup dengan tali yang direkatkan sehingga dapat berbentuk bulat.

Dengan di dalam terdapat polibet, simplekan cara membuatnya, ya tentu mudah karena pembuatan pot tersebut. Bahan utama yang di butuhkan hanyalah stik es krim.


Hiasan Lampu Dari Stik Es Krim

Hiasan Lampu Dari Stik Es Krim

Membuat hiasan lampu dengan stik es krim, akan membuat suasana ruangan di rumah menjadi indah, tentu tidak hanya itu saja. Anda dapat menjualnya, karena peminat kerjinan hiasan lampu sangat banyak peminatnya.

Hiasan lampu dari stik es krim, sangat cocok sebagai ide usaha kerajinan tangan yang dapat anda kembangkan sendiri. Sehingga anda dapat membuat peluang usaha kerajinan.


Karakter Kartun Dari Stik Es Krim

Karakter Kartun Dari Stik Es Krim

Kerajinan tangan unik yang bisa kita buat dengan stik es krim, salah satunya adalah dengan membuat kerajinan karakter kartun. Yang sangat cocok untuk anda para pecinta kartun.

Karena banyak sekali kerajinan tangan untuk anak, yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak usia tk, sd, dan lainya, serta bahan yang perlu dipersiapkan seperti kain flane, alat lukis, lem dan cat.

Kalian hanya butuh menggambar tokoh kartun anak, sesuai dengan keinginan anda, dan warnai sehingga menyerupai tokoh tersebut. Kalian juga bisa menambahkan kain flanel sebagai rambut karakter kartun yang dibuat dengan kain flanel, agar lebih menarik.


Miniatur Perahu Dari Stik Es Krim

Miniatur Perahu Dari Stik Es Krim

Kalian suka dengan miniatur buatan tangan, miniatur perahu ini bisa anda coba sesekali, namun dalam proses pembuatan miniatur ini. Memiliki tingkat pembuatan yang cukup sulit dalam pembuatanya butuh proses keuletan dan kesabaran.

Miniatur perahu dari stik es krim ini, sangat cocok digunakan sebagai koleksi di lemari, kaca, tempat strategis lainya. Atau untuk anda yang sedang mencari kerajinan tangan, untuk tugas sekolah.

Baca Juga: Kerajinan Dari Batok Kelapa


Rel Kereta Api Dari Stik Es Krim

Rel Kereta Api Dari Stik Es Krim

Mempunyai maianan kereta api, ingin membuat rel kerajinan dari stik es krim, dan anda bisa lengsung menirunya sesuai dengan gambar diatas. Karena pembuatanya lumayan sangat mudah dan simple untuk di tiru dan sangat unik.


Tempat Makanan Burung Dari Stik Es Krim

Tempat Makanan Burung Dari Stik Es Krim

Para pecinta burung, anda bisa mencoba membuat tempat makan burung sendiri dengan stik es krim. terutama untuk anda yang memiliki ukuran kandang burung yang besar, sangat cocok sekali dan bisa anda coba.


Tempat Tisu Dari Stik Es Krim

Tempat Tisu Dari Stik Es Krim

Menginginkan tempat tisu yang sesuai dengan keinginan sendiri, anda bisa mecoba untuk membuat tempat tisu sendiri. Dan yang harus diperhatikan dalam pembuatan tisu dari stik es krim adalah besar tisu yang akan digunakan. Sehingga tisu yang hendak digunakan muat ke dalam tempat tisu yang kita buat.


Keranjang Tempat Buah  Dari Stik Es Krim

Keranjang Tempat Buah Dari Stik Es Krim

Ibu rumah tangga suda tidak perlu bingung lagi untuk mencari wadah, sebagai tempat menyajikan buah kepada tamu yang berkunjung kerumah. karena anda bisa membuat tempat buah sendiri dari stik es krim, dan anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat parcel, untuk diberikan kepada sanak saudara dan tetangga disekitar rumah.


Bingkai Kata Dari Stik Es Krim

Bingkai Kata Dari Stik Es Krim

Kalian bisa membuat bingkai kata seperti gambar diatas, sebagai tempat kutipan inspiratif, atau sebagai tempat pengingat untuk anda sendiri agar tidak lupa. kerajinan ini juga salah satu ide kerajinan tangan yang mudah dibuat sebagai tugas prakarya.


Puzzle foto Dari Stik Es Krim

Puzzle Foto Dari Stik Es Krim

Puzzle foto yang dibuat dengan stik es krim , merupakan kerajinan tangan yang menarik untuk dibuat. Dan bisa kita letakan sebagai pajangan diruangan rumah, sehingga mempunyai nilai seni.


Kalung Dari Stik Es Krim

Kalung Dari Stik Es Krim

Dengan menggunakan stik es krim, anda juga bisa membuatnya kerajinan kalung yang sangat menarik. Sesuai dengan kreasi kalian dan keterampilan anda dalam membuatnya.


Gelang Dari Stik Es Krim

Gelang Dari Stik Es Krim

Bagus bukan ide yang satu ini, membuat gelang dari stik es krim merupakan ide kerajinan tangan unik yang sangat lucu. Hanya dengan membengkokan stik es krim saja, dan bisa kita memberikan beberapa aksesoris lainya agar mendapatkan hasil yang bagus.


Bunga Dari Stik Es Krim

Bunga Dari Stik Es Krim

Membuat kerajinan bunga dari stik es krim, yang sangat cocok sekali untuk anda yang sedang mencari ide kerajinan yang unik. karena kerajianan dari stik es krim merupakan kerajinan yang sangat cantik, apalagi denagan pewarnaaan warna dan tekstur yang gelap.

Pada bagian tengah pada bagian tengah, bisa kita gabungkan dengan botol minum bekas yang sudah tidak terpakai lagi, atau bisa juga dengan kertas karton bekas yang bisa anda gunakan.


Penanda Tanaman Dari Stik Es Krim

Penanda Tanaman Dari Stik Es Krim

Punya banyak koleksi tanaman dihalaman rumah, untuk mempercantik tanaman di rumah bisa kita membuat penanda tanaman dari stik es krim. Entah itu memberikan tulisan kata atau catatan di stik es krim yang akan kita jadikan penanda tanaman tersebut.

Becak Dari Stik Es Krim

Becak Dari Stik Es Krim

Kamu terinspirasi bersama dengan permainan COC, kayaknya patut bagi kamu untuk mencobanya. Panah x bow ini nyaris mirip bersama dengan panah terhadap umumnya, namun yang lebih membedakannya adalah, panah x bow ini lebih layaknya pistol. Oh,ya. untuk panah berasal dari stik es krim tersedia idenya kembali di bawah, jadi ini lebih terkhusus bagi panah x bow.

Lampu Tidur Dari Stik Es Krim

Lampu Tidur Dari Stik Es Krim

Lampu tidur berasal dari stik es krim yang indah ini amat cocok bagi kamu, gara-gara bersama dengan lampu tidur ini kamu mampu untuk tidur nyenyak. Cara membuatnya tergolong mudah. Pertama kamu siapkan gunting, stik es krim, spidol, lem dan bolpen, penggaris, dudukan lampu dan kertas.

Taruh dudukan lampu ditengah, kemudian taruh stik es krim di sebelah kanan dan sebelah kiri dudukan lampu tersebut. Kasih lem permukaan stik es krim, kemudian tumpuk kembali bersama dengan stik es krim bersama dengan posisi yang sama.

Bunga Matahari dari Stik Es Krim

Bunga Matahari Dari Stik Es Krim

Bagi kamu yang mendambakan mempunyai bunga namun malas untuk menyiraminya tiap tiap harinya, kayaknya patut nih untuk mencoba ini. Tinggal menyediakan stik es krim, lem dan cat warna perpaduan kuning,coklat dan hijau. Kamu wujud bunganya mirip layaknya matahari dan ditengahnya di cat bersama dengan warna coklat. Kayaknya orang lain dapat ketipu terkecuali itu adalah bunga berasal dari stik es krim.

Tempat Hp Dari Stik Es Krim

Tempat Hp Dari Stik Es Krim

Wah kerajinan berasal dari stik es krim ini cocok nih bikin kamu yang suka nonton film atau dengerin musik tetapi malas menyangganya. Selain keluar keren, penyangga hp berasal dari stik es krim ini bak memicu hpmu keluar modis.

Baiklah cara memicu penyangga hp. Pertama potong stik es krim pas di anggota tengahnya. Kasih lem untuk ujung stik es krim lainnya yang tetap utuh, tiap-tiap 2 stik es krim. Pokoknya intinya ada 2 bentuk stik es krim yang berupa huruf L. Kasih lem di pinggirannya dan gabung 2 stik es krim tersebut bersama ukuran 60 derajat.

Setelah itu di ujung anggota yang paling pendek berasal dari bentuk L tempel stik yang seukuran bersama tiap-tiap ujung tersebut. Lihat gambar di atas. Setelah itu, sudut yang 60 derajat tadi tutupi bersama stik yang menempel di pada keduanya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Pelepah Pisang

Lampion Dari Stik Es Krim

Lampion Dari Stik Es Krim

Bagi anda yang memiliki taman yang indah di luar rumah, mampu manfaatkan ide ini untuk mempercantik tamanmu tersebut. Kerajinan es krim senang.

 

 

1. Vas Bunga Mini

Vas Bunga Mini

Stik es krim ternyata dapat dimanfaatkan menjadi vas bunga mini yang indah. Dalam pembuatannya, stik es krim tidak berdiri sendiri. Diperlukan kombinasi dan kreasi antara stik es krim dengan bahan lain, seperti kaleng atau gelas. Kerajinan ini dapat dijadikan sebagai ide bisnis bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak modal.

Pasalnya, bahan dasar yang digunakan hanya berupa stik es krim dan kaleng bekas. Tentu saja kedua bahan tersebut sangat mudah ditemukan. Pengrajin paling banyak hanya mengeluarkan puluhan ribu untuk membeli lem dan pernak-pernik.

Setelah vas bunga jadi, pengrajin dapat memasukkan tanah dan menanam biji bunga di dalamnya. Untuk mempercantik, pengrajin dapat menambahkan batu hias di sekeliling vas bunga. Jika dibuat dengan tekun dan kreatif, kerajinan vas bunga mini ini dapat dijual dengan harga yang tinggi.


2. Tempat Riasan Wajah

Tempat Riasan Wajah

Siapa sangka jika ternyata stik es krim juga dapat dijadikan sebagai tempat menaruh riasan wajah. Pengrajin hanya perlu mengumpulkan 100 hingga 300 stik es krim. Semakin banyak stik es krim, maka semakin tinggi pula kedalaman tempat riasan wajah tersebut. 

Setelah itu, tempelkan stik es krim membentuk pola persegi dengan kotak-kotak didalamnya seperti pada gambar. Rekatkan dengan lem fox agar lebih kuat. Kerajinan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan lipstick, concealer, maskara, atau riasan wajah lain yang berbentuk tabung panjang.

Meskipun terlihat sederhana, kerajinan yang satu ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk kaum hawa. Pasalnya, riasan wajah seringkali wajah tersebar tak beraturan di mana-mana. Adanya kerajinan dari stik es krim ini dapat membuat riasan wajah tersusun rapi dan teratur.

  30+ Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah Sederhana

3. Lampu Tidur

Lampu Tidur

Selanjutnya, pengrajin dapat memanfaatkan stik es krim untuk membuat lampu tidur. Kerajinan yang satu ini cukup populer dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Lampu tidur dari stik es krim ini dapat dipasarkan mulai harga R40.000 hingga Rp150.000 tergantung kualitasnya.

Bagaimana tidak? Kerajinan yang satu ini mampu membuat pemiliknya merasa tenang dan tidur malam lebih nyenyak. Setiap cahaya lampu yang memancar keluar dari celah stik es krim dapat menambah keindahan suasana. Ide bisnis kerajinan lampu tidur dari stik es krim ini boleh dicoba karena pesaingnya masih belum terlalu banyak.


4. Bingkai Foto

Bingkai Foto

Kerajinan dari stik es krim selanjutnya adalah bingkai foto. Kerajinan yang satu ini sangat unik dan menarik. Bingkai foto ini dapat dipajang dan dijadikan sebagai hiasan dinding dalam rumah. Cara membuatnya juga terbilang sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang banyak. 

Selain dapat dijadikan sebagai pajangan di rumah, bingkai foto dari stik es krim juga dapat dijual di pasaran. Untuk harga jualnya sendiri tergantung pada kualitas dan keindahan bingkai foto tersebut. Agar harga jualnya semakin tinggi, tambahkan hiasan bunga di sudut bingkai untuk mempercantik.


5. Miniatur Rumah

Miniatur Rumah

Pembuatan miniatur rumah dari bahan dasar stik es krim terbilang cukup sulit. Pasalnya, pengrajin harus sangat teliti, telaten, dan sabar agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas. Proses pembuatan kerajinan dari stik es krim yang satu ini juga terbilang memakan waktu yang lama. 

Jika dibuat dengan sungguh-sungguh, kerajinan ini dapat dijual dan menghasilkan pundi-pundi uang. Namun, target pasarnya tidak terlalu luas. Pengrajin dapat menawarkannya kepada para pecinta seni dan kerajinan atau pengoleksi miniatur. Tak main-main, harga jualnya dapat mencapai ratusan hingga jutaan rupiah tergantung pada ukuran dan tingkat kesulitannya.


6. Kotak Tisu

Kotak Tisu

Ternyata, stik es krim juga dapat digunakan untuk membuat kotak tisu. Selain unik, kotak tisu dari stik es krim ini juga terlihat cantik dan elegan. Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, buat alas kotak tisu dari stik es krim yang disusun secara mendatar. Setelah itu, rekatkan stik es krim dengan lem.

Selanjutnya, susun stik es krim pada keempat sisi alas sampai tingginya dirasa cukup. Untuk ukuran panjang dan tinggi kotak tisu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pengrajin. Langkah terakhir, buatlah tutup kotak tisu dengan cara serupa seperti membuat alasnya. Namun, sisakan sedikit lubang di bagian tengah untuk mengambil tisu nantinya.

Agar tutupnya mampu merekat dengan sempurna, pasang magnet pada bagian tepi kiri-kanan kotak tisu dan tutupnya. Layaknya kotak tisu pada umumnya, kotak tisu yang satu ini juga dapat digunakan untuk menaruh tisu agar lebih rapi. Selain itu, kotak tisu ini juga dapat dijual dengan harga yang lumayan.


7. Tempat Pensil

Tempat Pensil

Sebagian besar anak kecil pasti menyukai tempat pensil yang lucu. Perlengkapan sekolah yang satu ini perlu dibuat sebagus mungkin agar anak lebih semangat belajar. Siapa sangka jika pengrajin dapat membuat tempat pensil dari bahan yang murah dan mudah ditemukan, yakni stik es krim.

Cara membuat tempat pensil dari stik es krim pun terbilang sangat mudah. Pertama, pengrajin dapat memberikan warna pada stik es krim sesuai selera. Setelah itu, buat alasnya dengan menyusun stik es krim secara mendatar hingga berbentuk bujur sangkar.

Kemudian, susun stik secara vertikal pada alas dan rekatkan dengan lem. Buatlah susunan stik vertikal sebanyak 4 buah karena alasnya berbentuk bujur sangkar.

Sebenarnya, sampai tahap ini saja tempat pensil sudah dapat digunakan. Namun, daya tarik tempat pensil akan lebih tinggi jika pengrajin menambahkan hiasan, seperti hewan imut atau bunga berwarna-warni. Sebaiknya, hiasan ditempel di salah satu sisinya saja agar tidak terlalu ramai. Sebagai pemanis, pengrajin dapat menambahkan pita di atas kotak.


8. Miniatur Burung

Miniatur Burung

Selanjutnya, pengrajin dapat membuat miniatur burung. Dalam membuat kerajinan ini, pengrajin membutuhkan dua jenis stik es krim, yakni sendok es krim kayu yang umumnya dipakai untuk es krim cup dan jenis popsicle. Sebelum merangkainya, pengrajin dapat memberikan warna pada stik es krim sesuai dengan warna bulu burung.

Namun, hal itu bersifat opsional. Pengrajin juga boleh tidak memberi warna agar warna asli stik es krim tetap terlihat. Miniatur burung dari stik es krim yang tidak diwarnai akan terlihat lebih elegan dan antik. Sementara yang diwarnai, akan terlihat ceria dan modern.

Pertama, ambil satu sendok es krim dan gunakan sebagai bahan pembuat badan burung. Setelah itu, buat sayapnya dengan menggunakan sendok es krim yang lain. Rangkai satu per satu dengan teliti hingga membentuk sayap burung yang mengembang. Buatlah sayap pada sisi kiri dan kanan.

Gunakan lem kayu yang kuat untuk merekatkannya karena susunan miniatur ini cukup tebal. Kemudian, bentuk bagian ekor dengan menggunakan potongan stik es krim jenis popsicle. Susun dengan rapi hingga membentuk ekor burung yang mengembang.

Setelah itu, pasang paruh burung yang terbuat dari potongan sendok es krim. Terakhir, pasang mata mainan atau pengrajin dapat menggambar mata sendiri agar miniatur terkesan lebih hidup.


9. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding

Selanjutnya, pengrajin juga dapat membuat kerajinan dari stik es krim berupa hiasan dinding. Siapa bilang seseorang harus menguras isi dompet yang banyak untuk mendapatkan dekorasi dinding yang indah? Ternyata, hiasan dinding juga dapat dibuat dengan bahan sederhana yang murah, seperti stik es krim. 

Kerajinan yang satu ini sangat mudah dibuat. Selain itu, pengrajin juga dapat melatih kreativitasnya karena model hiasan dinding bersifat bebas dan tidak terikat. Sebagai contoh, pengrajin dapat membuat rak berbentuk segitiga atau heksagon. 

Untuk membuatnya, pengrajin hanya perlu membuat susunan stik es krim menyerupai bentuk bangun datar yang diinginkan. Kemudian, susunlah stik es krim hingga ketebalannya sesuai dengan yang diinginkan. Saking mudahnya, pengrajin bahkan bisa membuat belasan hingga puluhan hiasan dinding unik ini dalam satu hari. 

Sementara itu, untuk membuat rak berbentuk segitiga, pengrajin dapat melakukan cara yang sama. Hanya saja, susunan stik es krim berubah membentuk pola segitiga. Sama seperti membuat rak heksagonal, ketebalan hiasan dinding ini ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


10. Pembatas Buku

 

Meskipun zaman sudah berkembang pesat, tapi masih ada banyak orang yang hobi membaca buku. Saat membaca buku, sangat sering terjadi seseorang lupa sampai dimana halamannya. Untuk itu, pengrajin dapat menjadikan pembatas buku dari bahan stik es krim ini sebagai ide bisnis.

Dalam pembuatan pembatas buku ini, pengrajin harus kreatif dan inovatif. Pembatas buku ini dapat dijadikan sebagai media untuk menuangkan bakat seni yang dimiliki pengrajin. Agar lebih unik dan menarik, gambarlah stik es krim dengan karakter kartun, hewan lucu, atau hanya sekedar motif tertentu.


11. Miniatur Karavan 

Miniatur Karavan 

Kerajinan dari bahan dasar stik es krim selanjutnya adalah pajangan meja berbentuk karavan. Meskipun terbuat dari bahan yang sederhana, tapi karavan ini terlihat sangat menarik, bukan?

Pertama-tama, pengrajin harus menyusun stik es krim secara horizontal sebagai alasnya. Kemudian, buatlah dinding karavan dengan menggunakan stik es krim yang disusun secara vertikal. Jangan lupa untuk menyisakan lubang di bagian depan dan samping sebagai pintu dan jendela karavan.

Setelah itu, buatlah atap karavan dengan menggunakan karton yang dipotong melengkung. Di setiap sisi atap, rekatkan potongan stik es krim sebagai renda agar karavan lebih cantik.

Supaya lebih mirip dengan karavan asli, pengrajin dapat membuat daun pintu, daun jendela, pagar, hingga tangga pada bagian depan miniatur karavan. Setelah itu, pasang roda karavan yang terbuat dari bahan kayu agar senada dengan bagian lainnya. Jika dijual, pajangan cantik ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup banyak.


12. Lampion

Lampion

Bagi para pecinta dekorasi unik, kerajinan dari stik es krim yang satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Layaknya lampu, lampion juga dapat digunakan untuk menerangi ruangan yang gelap. Namun, lampion dari stik es krim ini lebih unik dan memiliki daya tarik tersendiri. 

Seperti judul artikel, bahan dasar yang digunakan untuk membuat lampion ini tentu saja stik es krim. Untuk bahan tambahan, pengrajin dapat menggunakan potongan kayu, lem, dan bohlam.

Cara membuat kerajinan ini juga sangat mudah. Pengrajin hanya perlu membuat pola dengan cara menumpukkan stik es krim satu persatu. Kemudian, rekatkan setiap stik es krim dengan menggunakan lem. Ulangi cara yang sama hingga tingginya sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah itu, masukkan bohlam ke dalam lampion agar dapat mengeluarkan cahaya. Sebenarnya, sampai pada tahap ini, lampion sudah selesai dibuat. Namun, umumnya lampion diletakkan dengan cara digantung. Untuk itu, pengrajin perlu membuat gantungannya.

Caranya juga sangat mudah. Pengrajin hanya tinggal memaku atau mengelem kayu yang sudah dipotong panjang sebagai gantungan lampion. Jika dijual, pengrajin bisa mendapatkan omset mulai dari 3 hingga 5 juta rupiah setiap bulannya.


13. Tempat Permen

Kerajinan Tempat Permen Dari Kertas

Tak hanya kerajinan yang bagus dan berkelas, pengrajin juga harus membuat kerajinan dari stik es krim yang berguna. Salah satu contohnya adalah tempat permen. Kerajinan yang satu ingin sangat cocok untuk diletakkan di ruang tamu.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Pengrajin hanya perlu menyusun stik es krim secara horizontal sebagai alasnya. Setelah itu, rekatkan stik es krim secara vertikal sebagai dinding tempat permen. Sesuaikan ukuran dan tingginya dengan kebutuhan.

Untuk bagian tutupnya, pengrajin dapat mengulangi cara membuat alasnya. Namun, tambahkan potongan stik es krim dengan ketebalan tertentu sebagai pegangan pembukanya.


14. Laci Mini

Laci Mini

Ternyata, membuat laci tidak harus selalu menggunakan bahan yang kokoh, seperti kayu, besi, stainless steel, dan sebagainya. Kerajinan dari stik es krim yang satu ini sangat membuktikan bahwa limbah tak terpakai dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna.

Berbeda dari laci pada umumnya, laci dari stik es krim ini memang kurang kuat sehingga hanya dapat digunakan untuk menyimpan barang yang kecil dan ringan. Laci yang satu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan aksesori atau perhiasan.

Cara membuat laci dari stik es krim ini juga sangat mudah. Dalam pembuatan alasnya, pengrajin dapat menggunakan stik es krim yang disusun secara horizontal atau triplek agar lebih kuat. Setelah itu, pengrajin dapat langsung merekatkan stik es krim lainnya hingga mencapai tinggi yang diinginkan.

Sebagai sentuhan terakhir, pengrajin dapat menambahkan aksesoris yang cantik dan menarik. Bila perlu, pengrajin juga dapat mewarnai stik es krim dengan pilox atau cat agar lebih colorful.

Dalam proses pembuatan berbagai kerajinan dari stik es krim ini, kesabaran dan kerapian memang sangat dibutuhkan. Apalagi, dalam pembuatan kerajinan yang membutuhkan ketelitian tinggi dan detail, seperti miniatur rumah dan karavan. Bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh, hasilnya akan sangat bagus dan menarik. 

Tak hanya sekedar dipajang, kerajinan dari stik es krim di atas juga dapat dijual dan dijadikan sebagai ide bisnis. Peluang bisnis di bidang kerajinan stik es krim ini sangat terbuka lebar karena masih jarang ditemukan. Daripada dibuang, lebih baik stik es krim dijadikan sebagai kerajinan yang mendatangkan pundi-pundi uang. 

Kerajinan dari Stik Es Krim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *